APAKAH KAMU SUKA SELFIE?

SUKA SELFIE? Maksud loh, suka sama si Selfie?
Eits.. jangan marah kalo ga suka, soalnya ini bukan nama orang! Yup..
Selfie', atau self portrait adalah istilah yang dipakai untuk menyebutkan foto diri yang diambil sendiri dan tidak/bukan dengan bantuan orang lain, untuk kemudian diunggah ke berbagai sosial media.
Kedua kata ini memang sedang popular digunakan oleh remaja maupun orang dewasa. Kata "selfie" sendiri  telah mendapat penobatan dari Oxford Dictionaries (Kamus Oxford) sebagai Word of The Year.  
Fenomena Selfie merupakan salah satu fenomena paling booming tahun 2013. Sedemikian fenomenalnya, sehingga Oxford Dictionaries pun menasbihkannya sebagai Word of the Year.
Oops.. frase selfie sendiri mulai populer digunakan di dunia online awal 2002 lalu di forum MySpace dan flickr, lalu ngetop abis sejak Instagram menjadi hip. Selfie pertama dilakukan oleh seorang bernama Robert Cornelius pada tahun 1839.
Well, undangan untuk menghadiri launching buku Selfie yang diadakan oleh Penerbit Gramedia di Toko Buku Kinokuniya pada tanggal 12 Agustus lalu membuat saya penasaran. Apakah nanti akan bertabur foto-foto sang Penulis yang narsis? Ternyata tidak! 

Saya malah dapat kesempatan narsis di sana, dengan penulisnya sendiri! Ha ha.. maaf ya Cutri, I don't know you before! *tutup muka pake tissue, ga ketutupan, trus ambil bantal..


PROSES KREATIF PEMBUATAN BUKU SELFIE
Setelah proses perkenalan dengan dua penulis yang dipandu MC Jansen Siahaan sore hari ini berlangsung dengan damai *lo kira demo -_-' maka acara dilanjutkan dengan sesi perkenalan, pemberian penghargaan dari Gramedia dan sesi tanya jawab.

Ide mengapa buku ini bernama Selfie, sebenernya karena saking deketnya kedua sahabat ini. Karin dan Cutri bersahabat selama 34 tahun, dan dengan begitu, tentu saja banyak kesamaan peristiwa yang mereka miliki. Menurut Karin, "You can see yourself just by looking at them," sehingga Cutri adalah semacam selfie untuk Karin dan sebaliknya. Predikat satu lagi : Cutri adalah the devil's advocate -nya Karin! Saking pedesnya kalo komentar hihi...

Proses pembuatan buku ini memakan waktu selama setahun. Karena keduanya adalah blogger, plus Karin adalah seorang jurnalis handal, maka pengumpulan cerita-cerita (yang sebagian besar kocak) ini sebenarnya mudah. Yang gak mudah sih, kata Cutri ngerem keinginan ngobrol dan shopping saat bertemu *tepok jidat sebelah..

Oya, resep hidup Karin dan Cutri serta berbagai quote mereka yang ngawur memang menjadi bumbu penyedap dalam menjalin kisah demi kisah yang disajikan. Pembaca juga diajak bernostalgia ke berbagai wahana lompat karet, kasti pake penghapus papan tulis (!!) dan dipandu oleh MC yang ga kalah kocak, ramah dan tidak sombong membuat sesi tanya jawab berlangsung seru.




So, kalo sahabat ingin tahu rasanya punya sahabat selama 34 tahun... pantengin aja tuh buku Selfie, ya.. 

Jika ingin kenal lebih dekat dengan Andari Karina Anom silahkan klik tautan ini-http://on.fb.me/1lDkZkW  dan Tjut Riana Adhani pada tautan ini- http://on.fb.me/1sknHj7


Cuplikan halaman xv - xviii :

TENTANG CUTRI - by Andari Karina Anom

Banyak yang bilang, foto bisa menipu. Saat melihat sebuah potret lama di masa Sekolah Dasar dulu, saya melihat wajah-wajah lugu dengan penampilan norak-norak bergembira. Ada yang berkuncir dua ada pula yang berkepang satu ala gadis desa nan polos.

Di sinilah saya mulai terkecoh. Si kepang satu itu ternyata tak sepolos penampakannya. Pertemuan pertama saya dengannya—kemudian saya tahu bernama Cutri-- terjadi sekitar Juni 1980. Saat itu kami sama-sama menjadi murid baru di Sekolah Dasar.

Saya tahu dia anak pintar. Juga ambisius. Dia pernah kesal karena kalah ranking dengan seorang murid lelaki di kelas. Syukurlah anak itu kemudian pindah sekolah ke lain kota. Saya curiga dia sebenarnya hengkang karena diancam atau disantet diam-diam oleh Cutri. *mulai menebar fitnah*
Cutri termasuk teman yang galak dan pedes. Cabe rawit aja sih, lewat. Dia tidak segan-segan menegur, memarahi, bahkan melabrak orang. Saya termasuk yang pernah dilabrak Cut karena dituduh terlibat menyebarkan gosip tentang seorang teman-- padahal tidak. Untunglah saya tabah *walau hampir pipis di celana* dan tidak melaporkan kasus bullying ini ke Mahkamah Internasional.

Berawal dari bully berakhir jadi mesra. Sejak masih imut-imut, kami berdua sudah punya chemistry. Dan kimiawi itu bertahan hingga tiga puluh empat tahun kemudian...

Teman datang dan pergi. Tapi kami nyaris selalu bersama di tiap fase kehidupan. Dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, kuliah, masa kerja dan masa kini (baca: masa jompo). Di saat rekan-rekan sebaya mulai berpacaran, kami tetap berduaan kian kemari. Termasuk di malam Minggu. Kami bahkan menyiapkan contigency plan: jika tak jua mendapat jodoh, kami akan tinggal bersama sampai nenek-nenek. Seperti di serial The Golden Girls itu, lho.

Syukurlah the golden girls are finally sold out (baca: ada juga lelaki yang khilaf naksir kami). Akhirnya ada juga alasan memutus persahabatan yang memprihatinkan dengan Cutri. Yaaaay. Horeeeeee. Hip hip huraaaa.... *buka sampanye*

Ternyata oh ternyata, hubungan kami sudah telanjur akut. Baru saya sadar: kedekatan kami tak semata-mata karena solidaritas sesama jomblo. Bukan pula karena letak geografis rumah atau kesamaan almamater. Kami tetap mesra meski terpisah jarak, waktu dan alam *kenapa jadi horor?* Bahkan ketika sudah bekerja, menikah, beranak pinak dan resign dari kantor.

Tiada kesibukan yang sanggup memisahkan kami dari aneka kencan -- baik yang terencana maupun yang dadakan. Jika Cutri menelepon dan mengajak bertemu-- makan siang, ngopi-ngopi atau shopping-- saya langsung mau tanpa perlawanan. Begitu juga sebaliknya. Urusan lain boleh ditunda dan dicarikan alasannya, tapi tidak dengan kencan kami. Cutri is indeed a friend I can't cancel on.

Cutri adalah orang pertama --setelah keluarga-- yang ingin saya beritahu kabar gembira atau sedih yang aku alami. Dulu, waktu SD saya gemetar dengan kata-kata pedasnya, sekarang saya justru menanti tanggapan sadisnya dalam setiap problem yang saya hadapi. Kalau teman lain lebih banyak memberi masukan indah, Cutri adalah my devil advocate. Di saat saya down atau sedih, Cutri-lah yang melecut dengan kata-katanya yang setajam silet.

Kami selalu berbagi kabar penting (seperti: sepatu Everbest promo buy 1 get 1 atau Starbuck's diskon 50 persen untuk mug) maupun yang tidak penting. Kami selalu melakukan live report –saingan dengan CNN-- soal apa yang kami alami. Percakapan Blackberry Messenger dan Whatsapp kami nyaris tak kenal waktu. Bahkan sampai tengah malam. Kami sempat waswas para suami curiga istrinya punya pacar gelap! Kami tak pernah saling menghakimi. Paling-paling hanya menjaksai. *maaf garing*.

Saya dan Cutri memegang prinsip: Best friends don't judge each other. They judge other people....together! Saya yang sudah mengenakan jilbab selama sekitar 8 tahun tak pernah memaksa atau sekadar membujuk Cutri untuk berhijab. Selama ini, Cutri bilang belum memakai jilbab karena mudah gerah lah, merasa kecekek lah, kesulitan karena naik turun kereta lah, dan sejuta alasan lain. Ya biar saja, itu kan urusan pribadi. Hingga di hari ulang tahun Cutri ke 40, kami bertemu di Starbuck's Grand Indonesia. Tanpa mukadima, Cutri langsung menyatakan: minggu depan akan memakai jilbab! Saya pun melongo (antara terharu dan lapar). Lalu Cutri memaksa saya memberi petunjuk apa yang harus dibeli dan disiapkan sebagai newbie di urusan kerudung. Sungguh tak disangka, Cutri selama ini diam-diam menjadikan saya suri tauladan dan role model dalam berjilbab. Betul-betul salah dia memilih idola!

Ahamdulillah, di tahun ke-34 persahabatan ini, bertambah satu lagi kesamaan kami: jilbab. Tapi, lagi-lagi, jangan tertipu penampakan. Meskipun kami nampak suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan *ini bukannya Dasadarma Pramuka ya?*, kerudung tak membuat kami sok alim. Keakraban kami tak berganti menjadi persahabatan syariah *bank kaleeee*. Dengan hijab, kami makin berlomba-lomba dalam kebajikan. Dan kami sepakat, kebajikan itu datang dalam bentuk big sale atau 50 percent off di mall-mall Jakarta.

Kata orang pintar (yang tidak minum Tolak Angin): Friends are like mirrors. You can see yourself just by looking at them. Begitupun persahabatan kami. Dengan banyaknya persamaan saya dan Cutri, kami kadang-kadang kami merasa seperti “saudara kembar”-- meskipun beda bapak, beda ibu dan beda saldo ATM (damn, kenapa harus bawa-bawa tabungan sih?). 

Dengan banyaknya persamaan di antara kami, rasanya tak berlebihan jika saya bilang Cutri bukan hanya seorang sahabat. Dia adalah semacam selfie: sebuah “potret diri” saya dalam sosok orang lain.
----------------------------------------------------------------------------------

Tentang Karin - by Tjut Riana Adhani
Mengenang Karin sebagai siswi SD amat mudah, pertama carilah gadis kecil kerempeng berkacamata dengan rantai kacamata menjurai di telinga. Ya, Karin adalah teman pertama saya yang mengenakan kacamata. Di saat saya dan teman-teman SD lainnya kelebihan energi berlarian kian kemari, Karin adalah satu-satunya anak yang ikut berlarian sambil tak lupa menjaga kacamatanya jangan sampai terpelanting.

Saya dan Karin masih satu sekolah di SMP walau tidak pernah. Keakraban kami berlanjut ketika kami menjajal aneka kegiatan ekstra kurikuler di sekolah. Jadilah momen-momen SMP kami terisi dengan berkemah, latihan pencinta alam dan Palang Merah Remaja (PMR) serta aneka aktivitas sok sibuk lainnya. Menjelang SMA, kami tidak terlalu sering berhubungan. Selain karena SMA yang berbeda, kami juga sibuk mencari jati diri dan... pacar (walau lebih sering gagal).

Syukur alhamdulillah, kami berdua diterima di UI walau berbeda fakultas. Dengan energinya yang berlebih, Karin aktif di aneka kegiatan: di remaja mesjid di dekat rumahnya, wartawan di media kampus, penyiar dan copy writer di sebuah radio swasta dan banyak lagi. Walhasil saya selalu kesulitan apabila ingin mengatur janji kencan dengannya. Kegiatan boleh banyak, teman boleh tak terhitung, networking amat luas, namun pacar? Next question, please...
Setelah mendapat surat cinta dari fakultas mengenai masa belajar di kampus yang makin menipis waktunya, Karin berjibaku menyelesaikan kuliahnya hingga lulus. Cita-citanya menjadi wartawan tercapai: Karin diterima di majalah Tempo. Selanjutnya Karin mendapat beasiswa dan melanjutkan S2 di London. Kerja sebagai wartawan nampaknya memang melelahkan *pasang wajah prihatin*.

Tiap kali kami berkencan sepulang kantor, saya sebagai karyawan bank tampil kinclong dengan blazer dan high heels, Karin sebagai wartawan tampil lusuh kelelahan sehabis meliput. Kisah persahabatan kami tidak melulu tentang hal-hal indah. Ada suatu masa ketika Karin mengidap suatu penyakit serius. Yang saya kagumi dari Karin adalah ketegaran dan ketabahannya. Sifatnya yang penuh semangat tidak berubah, dengan segala keterbatasannya dia tetap beraktifitas seperti biasa. Tak heran kalau akhirnya Karin sembuh total seperti sekarang. Memang, pikiran positif adalah obat yang mujarab. Alhamdulillah.

Setelah kini kami menikah dan beranak-pinak, tidak ada yang berubah dari Karin. Dia tetap teman saya yang selalu tergoda dengan tulisan ‘sale’ atau ‘buy one get one free’. Biasanya dia mengambil aneka barang (hingga saya stres melihatnya), namun begitu mendekati meja kasir biasanya dia bimbang dan bertanya: “Eh, ini bagus enggak? Eh ini perlu enggak?’ Ending dari sesi belanja ini adalah: Karin hanya membeli 1 jenis barang atau malah kadang-kadang tidak ada yang dibeli. She is really decisive!!!

Setelah barang dibeli, Karin akan memasuki sesi bolak-balik mengeluarkan barang baru dan mengamatinya dengan suka cita-- termasuk saat menyetir! Dia bahkan sering mencoba sepatu yang baru dibeli sambil menyetir! Boys and girls, dont try this at home! Its very dangerous!

Memiliki sahabat selama 34 tahun adalah berkah tersendiri. Karin ada di momen-momen penting hidup saya: saat memutuskan pindah kerja, menikah, cari rumah, keguguran, melahirkan, berburu babysitter, dan saat saya memutuskan jadi full time mom, Karin ada di situ. Bahkan kini semakin menikmatinya karena saya semakin “murahan” tiap diajak ngupi-ngupi dan traveling. Tak heran apabila kebiasaan bertegur sapa diantara kami sudah seperti bernafas, menjadi kebutuhan, apalagi di era BBM dan Whatsapp ini.
Sejak subuh hingga tengah malam, ada saja hal-hal yang kami diskusikan, mulai hal-hal urgent (jarang banget) hingga hal-hal ecek-ecek (hampir semua). Termasuk saat akhirnya saya mengenakan jilbab.

Karin adalah orang pertama yang saya mintai petunjuk dan bimbingan soal hijab for dummies. Baru belakangan saya sadar telah memilih guru yang salah. Bukannya mengajarkan jilbab yang modis ala Dian Pelangi, Karin malah memberi advis-advis mengerikan. Petuahnya, antara lain, jangan sampai leher bolong tertusuk peniti, jangan pakai jilbab ninja karena bikin sesak nafas, jangan pakai model yang “berpunuk” (berkonde tinggi) karena bikin sakit kepala. Saya sadar, petunjuk-petunjuk Karin itu justru lantaran she knows me too well. Dia tahu, bagi wanita renta seperti kami, kenyamanan adalah nomor satu. Kini, jadilah kami berdua sama-sama berjilbab: meski tidak modis, namun murah. *lho?*

Dengan penampakan baru ini, hobi kami pun bertambah dua: berburu jilbab dan berpose dengan kamera iPhone *sekalian pamer kalau saya punya iPhone*. Dulu, jiwa narsis kami tersalurkan melalui photobox di mall-mall. Kini, Karin selalu punya ide-ide kreatif dan tidak tahu malu: selfie dimana saja dan kapan saja. Kalau aksinya terlalu memalukan, saya belagak pura-pura tidak kenal Karin. Saya kadang-kadang memutuskan menyamar menjadi Nadine Chandrawinata atau Bunga Citra Lestari (walaupun tidak ada yang percaya).
Dengan atau tanpa kebiasaan selfie-nya, Karin adalah partner in crime terbaik yang pernah saya miliki. Harta benda dan tahta bisa dicari, namun sahabat sejati adalah berkah tersendiri.

24 komentar

  1. Ohoho...ternyata selfie pun bisa jadi bahan tulisan ya.. Btw, aky gak pede lho ikut2an selfie apalagi dishare ke medsos.. .hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, keren yaak, yuk kita ikutan, buat apa saja menjadi tulisan!

      Hapus
  2. wow..pertemanan selama 34 tahun dijadikan bahan pembuatan sebuah buku...luarbiasa keren...
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inspirasi yang luar biasa, kurasa juga dari mas Hariyanto bisa -- soalnya blog nya padat bermutu!

      Hapus
  3. Ahh bukunya seru banget kayanya mbak..kebayang 34th persahabatan.cant wait to read it ^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak Muna, alhamdulillaah aku dapat 3 buku sekaligus berbeda beda waktu liputan ..
      isi bukunya lucu mbak, menggelitik untuk bernostalgia, dan sangat humanis

      Hapus
  4. mau komen tapi yg komen pertama itu udah menyuarakan isi hati. hahahha. selfie juga bisa jadi bahan tulisan & buku? kereeeen!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... jadi menyuarakan isi hati? Yang mana? Ga pernah selfie trus diunggah ke sosmed yaa... hahahaaa

      Hapus
  5. salut dengan pertemanan Mbak Karin & Cutri, bukan waktu yg sebentar hingga aakhirnya mereka bisa "selfie".

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk aaah Riski Fi, kita tunjukkan jalinan persahabatan kita di twitter dan kita bukukan!!! #eeh....

      Hapus
  6. Ini bener2 sahabat sejati namanya, 34 tahun tetap bersahabat wow...alangkah indahnya sebuah persahabatan, apalagi dr persahabatan itu muncul topik menarik yang dapat diangkat menjadi tulisan menarik, tentunya tambah wow lagi xixixi aku suka bgt berselfie ria

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak Yuni, gila yaaa.... hebat itu!

      Mbak Yuni, kayaknya kita bisa minta pakde membukukan SELFIE kita deeeehhhh

      Hapus
  7. Dari gaya tulisannya daku sudah bisa mengakui kalo buku ini.. KEREN. Layak dibeli buat koleksi nih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dateng langsung .. dapet gratis plus td tangan penulis hihi....

      Hapus
  8. hahhahaha.... kreatif... cuman fenomena dan satu kata ini saja bisa dijadikan bahan sampai 1 buku. mantab.
    ============================
    makanan kelinci pedaging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kreatif banget mas, tu liat aja contoh tulisannya beliau berdua... kocak dan cerdas

      Hapus
  9. Tulisan mbak Karin dan Cutri kocak banget yaaa, Mak Neng. Suka deh, pasti novelnya itu juga asyik dan bikin ketawa ketiwi deh. Jadi pengen punya novelnya ih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mak Al. Tweet @TjutRiana dan @Andarikarina ... hihi... kali aja dikirim langsung... btw turut berduka untuk kaca mobilnya yaa

      Hapus
  10. mba Tanti, thanks sudah hadir di book launching Selfie & menuliskan review yg begitu padat, rinci & menggoda (pembaca lain untuk ikutan baca) hehe...senang rasanya ternyata buku Selfie bisa menghibur sekaligus menginspirasi :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... penulis nya berkunjung .. ihik.. makasih ya mbak Tjutri...

      Saya tunggu buku selanjutnya loooh.. good luck!!!

      Hapus
  11. Baca reviewnya aja seru banget, apalagi baca novelnya.......hummm....mba tanti emang pinter mempengaruhi pembaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi tersanjung nih... terima kasih kunjungannya ya Lita....
      It is nice to have you as a friend!!!

      Hapus
  12. Banyak cerita di balik si Selfie ini ya..
    Siapa sih selfie ini? Rumahnya dmana? :-D

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)