Sunday, April 19, 2015

BLOGGER BICARA BISNIS DI KEDAI KETAN SUSU CILANDAK


Tampak depan Kedai Ketan Susu
Pagi itu, Minggu tanggal 19 April 2015, kendaraanku meluncur menuju Kedai Ketan Susu. Bertempat persis di sebuah jalan  masuk sebelum Citos, Cilandak Town Square. Jl Cilandak Tengah no 3. Tapi ga usah tertipu dengan nomornya ya, karena lokasi tempat ini agak masuk ke dalam, lurus aja, nanti terlihat plang bertuliskan Ketan Susu. 

Kata orang.... Sekali anda makan ketan susu Cilandak pasti bakalan balik lagi, lagi dan... lagi! Benarkah?


The famous Ketan Susu Duren dan Sarikaya
t


Aku terpana dengan konsep Kedai Ketan Susu yang seperti rumah tradisional jaman dulu. Apalagi di tengah kedai, berdiri sebatang pohon yang menembus atap. Wow... kesannya sangat back to nature dan mencintai alam!



Pak Iman Julian Harahap mulai bisnis sejak tahun 2002, walaupun beliau berasal dari keluarga birokrat. Sebelumnya, pak Iman adalah pegawai di sebuah bank asing. Namun, satu saat beliau jenuh dan memutuskan untuk memulai bisnis salon mobil. Sayang, pak Iman yang berpikiran filosofis, melihat bahwa sebagian besar obat kimia yang digunakan merusak alam. Ia akhirnya memutuskan untuk memberikan prosedur dan standar kualitas yang tinggi. 

Buat pak Iman, semua butuh perjuangan karena akhirnya salon mobil pak Iman menjadi high cost but also high quality. 

Orang tua pak Iman tadinya ragu, karena beliau seorang rektor di sebuah Perguruan tinggi. Namun, dengan ketekunannya, ia terus berusaha bisnis. Hingga satu ketika, Pak Iman merasa, bahwa di keluarga kok banyak yang bisa masak masakan yang enak.


Nasi Ayam Goreng Madu Idr 37K

Pangsit Goreng ala Ketan Susu IDR 20K

Teh Serai dan Wedang Jahe Asem @IDR 18K

Nasi Burih IDR 27K
Akhirnya, Februari 2011, setelah berkeliling ia menemukan sebuah rumah yang terbengkalai. Ia memutuskan untuk membuka restoran berkonsep warung kopi atau kedai. Untunglah, dengan filosofi Pak Iman yang tak terlalu kagum dengan konsep cafe ala western.. berdirilah Kedai Ketan Susu.



Kedai yang nyaman, bersih, dengan akses internet gratis, mushola yang cozy (dekat kolam mungil yang ada dua ekor penyunya), melemparkan pengunjung dari hiruk pikuk suasana kota. Aku bisa membayangkan bahwa aku akan jadi pengunjung reguler Kedai Ketan Susu! 

Apa yang disajikan hanya ketan susu? Oooh tentu tidak! Aku eh.. pengunjung juga bisa menikmati aneka minuman ringan tradisional, mulai dari Wedang uwuh, es jahe asem yang .. sumpah enak banget, Es Lida Boeaya yang bukan buaya darat... plus aneka menu nasi.

Menarik, karena filosofi dan keteguhan serta disiplin adalah modal utama yang menjadikan Iman seorang pebisnis sukses. Sukses dalam arti sebenarnya. Bukan dengan kapital bermodal dan berskala raksasa, namun sukses ada dalam hatiku.. eaaaa.... 

Acara penutup setelah semua blogger diberi makanan dan minuman yang mereka pesan, ada sesi yang tak kalah menarik.Mas Yunus, seorang blogger handal berbagi ilmu pengetahuan tentang dunia blog. Mulai dari CARA meningkatkan traffic pengunjung, hingga HARGA YANG PANTAS untuk ....JOB REVIEW! 


Kedai Ketan Susu, sukses ya dengan launchingnya... semoga menjadi gerai jajan plus #tempathangoutasyik yang bakal jadi favorit pengunjung! 

KETERANGAN

Ketan Susu:
Ketan dikukus dengan susu, disajikan biasa atau dibakar. Diberi topping duren kinca atau sarikaya. Ketannya harum khas dan pulen. 

Nasi burih
Nasi yang dipepes (kukus) dengan rempah2 dan campuran jeroan ayam. Simple, mengenyangkan dan pastinya lezat.

Nasi sayur Medan:
Nasi dikombinasi dengan sayur, rendang dan krupuk Medan sangat kaya rasa.

Pempek Palembang:  
Pempek ini langsung dikirim dari Palembang. Digoreng hingga kering dan crunchy di luar, namun teksturnya lembut di dalam.

Untuk minuman
Terutama ada kopi dan teh panas, es kopi spesial, jus lidah buaya, jus asem jahe, wedang uwuh, wedang teh sereh, dan Bandrek lada hitam..

Camilan
Pingin porsi cemal cemil? Ada mi godok nyemek, bitter ballen, roti bakar, telor manggung (mateng nanggung) & pangsit goreng. 

Kedai Ketan Susu juga bikin menu menu spesial loh buat week end. Lihat saja update instagramnya @ketansusu  karena tiap minggu diganti!

Pojok Buah "RajaFresh"

Salut dengan pak Iman, beliau juga menjual buah-buahan hasil kebun sendiri. Pak Iman juga menjual Abon Jambrong Unia yang dibuat oleh Oktomelanda dan istrinya.

Sayang, pojok buah ini  blom banyak ragamnya, dan terkesan pajangan biasa. Mungkin akan lebih menarik jika gerai khusus buah disediakan kios khusus! Soalnya orang kan... pasti beli buah... pssst ..cuma usul loh, pak Iman! 

Alamat Ketan Susu:
Jl.Cilandak Tengah No.3, Jakarta. (pertigaan jl. Cilandak Tengah -jalan belakang CITOS)

[Masuk dari jalan setelah Citos -sederetan] .963-13585

Jam Buka: senin-jumat 11.00-22.00, sabtu dan minggu: 07.30 - 22.00

21 comments:

  1. Penasaran sama Nasi Burih dan Ketan Susunya 😄

    ReplyDelete
  2. Penasaran sama Nasi Burih dan Ketan Susunya 😄

    ReplyDelete
  3. Cuma satu kata baca ini...LAPAR!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiiiik!!! Sukseeees bikin mama Uwi lapaaarrrrr

      Delete
  4. ehm sepertinya maknyus nih, saya jadi penasaran rasa keten susu cilandak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketannya legit dan berpadu rasa asin ketan plus manis kinca duren ato sarikaya!

      Mungkin dah pernah makan lemper? Ada rasa asin ketan, tinggal disiram kuah saja

      Delete
  5. wah, aku tadinya penasaran pgn liat penampakan s ketan susu :D

    Tapi makanan lainnya sprtinya jg enak ya... sayang cilandak mah jauhhh bgt dr rumahku -__-.

    ReplyDelete
  6. setuju..., makanannya enak-enak. Minumannya juga. TOP bangetlah ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mskanannya juara! Terkesan dibuat dengan sangat seksama dan hati hati. sayang, aku lupa ngobrol dengan chef nya. Next time I will!

      Delete
  7. Terima kasih banyak mba tanti reviewnya tentang Kedai Ketan Susu Cilandak. Mohon maaf ya pabila ada kekurangannya...saya lupa kasih goody bag hasil kebun Pak Iman, ketan susu, dan kenang2an kaosnya...maaf banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaakk.. ada goody bag! Hihiii.. maaf ya, aku pulang duluan, anak anak ku rewel dan Bang Dho harus tutup bengkel (makluuum... wiraswasta, mbak)

      sumpah terkesan dengan host nya yang cantik dan ramah serta pengertian ini! Sukses yaaa....

      Delete
  8. Hiksss...menyesal banget kemarin ngga jadi datang. Jadi ngilerrr deh :)

    ReplyDelete
  9. Pengen ngincipi nasi burih, jadi laper lihat penampakannya.

    Btw, Pak Imam pantas jadi tokoh inspirasi nih, moga laris deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. naah.... penting ya ternyata membaca kisah sukses ini.. terima kasih maaak

      Delete
  10. Mba maaf komen lagi...Pak Iman bukan yang bikin Abon Jambrong Unia...hehhe Abon Jambrong Unia dibuat oleh Mas Oktomelanda dan istrinya, klienku juga heheh..Mereka temenan dekat, jadi abon jambrong dititipkan di sana ;)..makasih banget atas kunjungannya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mbak untuk koreksi nya

      , Saya sudah edit yaa...

      Delete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^