Wednesday, May 20, 2015

CARA MEMBUAT FLOWER RIBBONS TOPPIARY

"Ma, hari Jumat ini, kita mau ngadain lomba masak Nasi Goreng antar kelas, yaa," seorang ibu menepuk pundakku. Oh, ternyata Mama Yudha, kordinator kelas 5 di kelas Dio, anakku.
"Waduh, aku gak begitu jago masak, Mam. Aku partisipan aja deh," jawabku. 
"Ya sudah, kalau begitu Mama Dio yang bawa taplak meja dan hiasan bunga ya?" Aku mengangguk, padahal... aku tuh type ibu-ibu yang rumahnya kering kerontang gak punya hiasan! 
Selain memang tidak terlalu suka, anak-anakku sejak kecil gemar memecahkan pernak-pernik berupa porselen mungil yang aku punya. Hmm...  beli pot bunga berikut isinya? Lebay, ah.. akhirnya aku membuka internet dan menemukan hiasan bunga pita. Sepertinya bisa deh kubuat dalam sekejab. 

Dengan semangat kuubek-ubek laci kerajinan tangan, dan menemukan aneka pita dan jarum pentul. Sejam mengutak-atik, tadaaa.... jadi, deh!


Ah, iya .. perlengkapan yang kusiapkan antara lain :

  • aneka pita berbagai ukuran, disukai yang lebarnya minimal 5 cm
  • jarum pentul
  • gunting
  • setereofoam atau busa hijau atau kaos kaki bekas
  • kapas atau bahan pengisi bantal (dacron)
  • sebatang lidi besar
  • potongan kertas sewarna untuk 'rumput' buatan
  • pot bunga mungil atau kalo ga ada pake mangkok atau gelas
Nah, step by step-nya sederhana :
1. siapkan stereofoam berbentuk bulatan

2. tancapkan busa ke lidi di dalam pot

3. gunting pita-pita; dipotong sepanjang kurang lebih 10 cm

4. bentuk bulatan dengan telunjuk dan jempol

5. sematkan ke stereofoam dengan jarum pentul

6. isi setiap bidang hingga penuh

7. gunting kecil-kecil kertas berwarna senada untuk rumput buatan

8. lilit batang lidi dengan pita

Selesaaai! 

Nah, ini contoh beberapa flower ribbon toppiary yang sebagian kudapat dari pinterest. Selamat mencobaaa!








Sumber : dari berbagai sumber

7 comments:

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^