Wednesday, August 26, 2015

I KNOW IT! (VIRAL part 2)

Media bukanlah industri yang bisa Anda mulai hanya dengan seorang teman dari kamar tidur Anda. Anda perlu memiliki tim penulis dari awal, jika tidak, sebuah media tidak akan pernah berkembang. Bersiaplah untuk berinvestasi pada website dan tim penulis yang Anda miliki. Dan tekunilah industri ini dalam waktu lama. Butuh waktu untuk menciptakan pembaca yang loyal. 
(Diedit oleh Enricko Lukman)
Credit
Dilanda rasa bosan dan jemu itu seperti makan jengkol tanpa sambel. 
Hambar. 
Diterusin makan bete, dilepeh sayang karena mahal. Waaks!

So, posting di blog ini tentang viral, for the God's sake is beautifully bored me, anyway. Tapi, aku sudah berjanji buat bikin bagian ke 2-nya (sapa suruh pake nulis part 1 segala! >_<) dan janji itu utang. Ya kan? Mata genit mana mata geniiit!

So, alih-alih cerita tentang viralnya artikel tentang kelakuan para barista Starbucks, pikiranku jadi melantur ke sana dan ke sini, kadang cekikikan dan kadang pasang wajah dabo ribo (damai boleh, ribut boleh). Aku pernah cupping juga di starbucks stasiun kota, jadi tahulah, pasti ada namaku di salah satu cup ituuuh!

Hmmfff. Bismillah.


Antre ngopi serasa ngantre sembako yak!
Credit from here - courtesy by me ^^
1. Kisah di balik viralnya Starbucks
Konsep Starbucks yang bertekad menjadi the third place untuk pelanggannya ini, memang bikin kita betah dan nyaman ngopi se-sruput demi se-sruput. Ngobrol ga penting, ngeliat cowok cucok lewat (konon 8 dari 10 wanita suka cowo berbadan bagus , dan 8 dari 10 cowo berbadan bagus ga suka wanita) atau mojok sambil galau, mikir kenapa masih single dan belom punya album. Hiks. 

Untuk bikin pelanggan merasa feel at home itulah, di setiap gelas yang kita terima ada nama kita. Tapi, kadang si barista SALAH mengeja namamu di gelas itu! Nah, kesalahan penulisan itu memang disengaja. Catet, disengaja. 

Kalo kamu ngerasa heran, kesal atau marah karena namamu salah eja, klik! Kamera beraksi, dan langsung deh tu brand tercetak dengan rapi di galeri akun sosmedmu. See? 

I know it, aku aja akhirnya nulis tentang ini, coba! Gimana gak makin viral tu brand

2. Kisah di balik viralnya ’Jilboobs’, Bukan Cuma Salah Wanita: Sebuah Refleksi'
Kamu nyolot bacanya? Selamat! Kamu barusan baca headline-nya hipwee yang viral. Yup, konten artikel yang kemudian dihapus ini, sanggup menyedot jutaan viewer

Hipwee adalah salah satu pelopor media online berkonsep social news site, yaitu kebanyakan tulisannya berupa artikel bertema populer, kaum urban dengan target market 'anak muda' (17 - 30 tahun?) gaya bahasanya cenderung santai dan esainya berformat listing bertabur foto. 

Ini juga strategi hipwee dalam memonetisasi artikel berbalut advertorial, yaitu berkonsep custom editorial content. Sehingga si pengiklan akan terlihat adem (baca : cool) di mata pembaca. Kalo kamu blogger dengan jam terbang tinggi dan diminta menulis job review, kamu pasti pernah ngalamin hal yang sama. 
Tulisannya jangan menyinggung nama brand, ya mbaaak.. Nanti aja di akhir artikel ada call to action buat pembaca. 
I know it.. sounds familiar, eh?

3. Kisah di balik viralnya ’Kisah Hazmi Srondol yang tulisannya dihargai sekardus Indomie'
Kisah ini, buat para blogger juga menarik perhatian. Hazmi Srondol adalah salah satu blogger senior (baca : oldies *dikeplak*) dan penulis novel "Srondol Gayus ke Italy". Tulisannya -setelah dijadikan bahan iklan oleh perusahaan terkait- dihargai sekardus Indomie. Waaaks!  

Untunglah, ia diganjar headline di media online kompasiana dengan ratusan ribu viewer dan ratusan komentar (ditambah bumbu sumpah serapah buat brand tersebut) dari para simpatisan Hazmi. 

I know it! Gugling deh tulisan Hazmi Srondol ini :D

4. Kisah di balik viralnya akun instagram DGLN di instagram - sebuah copas! 
Udah pernah dong ya ngeliat akun yang satu ini di-share dari satu linimasa ke linimasa lain? Ranah twitter heboh karena para admin DGLN suka nyuri isi blog dan twit orang lalu di-upload dengan semena-mena tanpa menyebut nara sumbernya.

Oke, ada juga yang tanya, so what
Toh, tiap hari kita saling berkirim foto meme di twitter, line, fb, path, whatsapp masing-masing. Ribet karena "Ah, cuma copas beginian doang, kok," ?

Coba gimana rasanya, kalo ide kamu, quote hasil ngegalau kamu sebulan ditinggal pacar, twit kamu (hasil berantem ama mantan) dicopas, dan si akun tersebut yang meng-copas malah dapat kuweh iklan senilai puluhan juta sekali upload? Aha... I know it! 

5. Kisah di balik viralnya kemarahan Ibu Ani Yudhoyono terhadap followers instagram-nya, "Bodoh kamu!" 
Ngok! Apalagi saat kejadian, beliau masih menjabat sebagai Ibu Negara!
Di akun instagramnya, beliau (@aniyudhoyono) -yang hobi fotografi itu- mengunggah satu foto keluarga saat berkunjung ke sebuah pantai, mengenakan batik resmi. 

Seorang follower dengan akun@erie_nya berkomentar sesuatu yang lalu dihapus oleh bu Ani, dan seperti bisa kita baca di nasional.tempo.co :
@erie_nya Subhanallah, komentar anda yang sangat bodoh. Kok anda tidak berpikir bahwa kami sedang melakukan kunjungan dan mampir sebentar ke pantai itu sekalian lewat? Come on, apa tak ada komentar lain yang lebih bisa diterima siapa saja?" tulis Ani dalam kolom komentar Instagram-nya pada Rabu, 16 Oktober 2013.
Oya, syukurlah kisah ini berakhir bahagia, bu Ani minta maaf di akun tersebut. I know it!

Kisah di balik viralnya artikel-artikel di blog, vlog di youtube, dan lain sebagainya 

Udah pernah dengar dari Safir Senduk, kan.. kalo kita udah cape ngebahas ini dan itu, tutup saja dengan kalimat : dan lain-lain *trus cengengesan sendiri di depan Vaio*

Dari teman-teman blogger, ada beberapa cerita menarik lainnya yang juga dianggap viral atau menimbulkan kehebohan. Simak nih.. 
  • Maya Siswadi (dari status FB Syahidah Aulia)
Ada pasangan berusia 25 tahun (suami) yang memiliki istri usia 47 tahun dengan anak 7, tidak berharta pula istrinya! Hebat kan.. meleleh deh para wanita yang baca... I know it!

Secara gitu, mak Icoel -panggilan sayang si mak satu ini- demam K Drama, jadi arti heboh buatnya adalah waktu  Lee Min Ho ketahuan pacaran sama Suzy Miss A di Eropa, dan reporternya bela-belain nguntit di Paris dan London. #potek hati para drama fans ^^ I know it!

  • Yulia Rahmawati (dari media online dan TV)
Ada KTP seseorang bernama Tuhan! Oh my... speechless. Terus.... Satria Baja Hitam! Doh.. apa yang sedang dipikir ortunya? I know it!

  • Sally Fauzi (dari media online dan TV)
Pak JK ga hormat bendera juga menjadi salah satu berita hits! Lah, terus emang kenapa ya, kan Pak JK juga pasang posisi hormat? Ah.. sudahlah.. bisa panjang kali lebar ini ngebahas beginian. Bisa melibatkan haters dan lovers juga. I know it! No doubt!

  • Emak emak heboh tentang status facebook ( Nunik, Istiadzah, Echa, E. Novia) 
    Rupanya beneran viral, sampe beneran memancing komentar pedas para emak, ya.. buktinya aja, yang share status ini (Arham - Kalimantan) sampe ngebelain menghapus postingannya! 
  • Moral of the story: kalo kamu belum siap mental, jangan posting sesuatu yang aneh bin ajaib. Noted.
credit
Seperti ini bunyi status wanita tersebut;
“Ngeliat cowok ganteng banget lagi ngajak main anaknya sambil nyuapin makan, sedangkan istirnya lagi sibuk milih baju. Rasanya pengen gue samperin tuh cowok terus gue bisikin, “Mas, dalam Islam poligami itu boleh loh!”
Status itu kini masih mendapatkan beragam komentar dari netizen. Bahkan ada seseorang pemilik akun Facebook dengan nama Arham Rasyid yang kembali memposting status wanita itu dengan komentar,
“Sekadar pencerahan dan peringatan buat para istri. Apalagi istri-istri yang suaminya ganteng “
Untuk para wanita di luar sana, kalau tingkahmu seperti ini dan ternyata diluar rumah suamimu selingkuh. Kesalahan bukan sepenuhnya milik suamimu. I know it!

Intinya, di balik sebuah cerita viral,  tentu saja ada sebuah media yang menjembatani semua itu. Media yang berkonsep social news site, atau berbasis user generated content sekelas kompasiana, detikcom, hipwee dan lain-lain. 

Melibatkan segenap netizen atau citizen journalist mulai dari kelas "ga ngehits" sampe kelas "ngehits" (eh, standar patokan atau ukuran 'ngehits' ini masih sumir sih.. mungkin terkait jumlah followers juga ahaha.. let's talk about it later!)

So, berita apa yang menurut Anda viral, saudaraku? 

42 comments:

  1. viral banget....tercengang karena ada nama orang yg namanya Tuhan..OMG :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya apalagi satria baja hitam

      Delete
    2. ada juga yang namanya innalillahi wainnalillahi rojiun mba :)

      Delete
    3. Haaah!!! Itu orang tuanya sedang mikir apa ya waktu bikin namaaaa

      Delete
  2. kalau saya sih beritanya emak yang mengatakan poligami dan elianto si penghadang moge :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuuh iya ya, kok malah kelupaan, baiklah.. baiklah... yang menghadang moge itu oke banget!

      Delete
  3. Replies
    1. Waaaks... tulisan viral itu yang isinya mengaduk emosi pembaca, Yuri. Pengen sih tapi backup nyali masih kurang ternyata..

      Delete
  4. Yang status poligami itu boleh... malah di-copas oleh admin salah satu grup blogger mbak :)
    Konyol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, status yang di atas itu? Atau status lainnya, mbak.Nurul?

      BRB ngecek status >_<

      Delete
  5. Aku lumayan teraduk lo emosinya baca ink... berarti calon viral sukses lah postingan.ini :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heu heu... ini kan pengamat jarak jauh... yang viral itu yang dialami sendiri gitu mbak Muna!

      Delete
  6. Ngeri ah, mending aku kalo posting dipikir 1000 kali heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sih pingin viral asal konteksnya positif :) .. setuju kan, padaku?

      Delete
  7. iya yang menghadang moge itu sampai memenya banyak bangeet ya mba...lupa juga tadi bilang di WA...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren sangat itu.... ck ck ck, salahutu pisan euy dengan keberanian nya!

      Delete
  8. Pengin bisa menulis artikel beviral-viral
    Terima kasih sajiannya yang menarik
    Salam sayang dari Jombang

    ReplyDelete
  9. yang status di facebook lagi hot di forum-forum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Status yang m an a nih, yang orang gendong anak itu yah... hw eh nih

      Delete
  10. Berita yang nyerempet2 poligami biasanya cenderung viral :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya mas, pantesan Surga Yang Tak Dirindukan laris manis filmnya

      Delete
  11. intinya harus kontroversial dulu yah kalo mau viral. heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga juga mbak, justru katanya yang kontennya positif lebih viral loh .. Coba baca part 1 nya

      Delete
  12. udaaaah gapapaaa
    jangan malu-maluuuuu
    komen aja lagiiii.... ihik... ihik

    ReplyDelete
  13. viraaal oh viraaal...kalau punya tulisan going viral tuh memaaaang heboh yaaah..dan temanya juga suka bikin panas dingin hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pingin sih mbak Indah, tapi.. atuuut.... (blom siap mental buat terkenal :p )

      Delete
  14. yang pasti kudu wise nyikapi viral..boleh nggak sama pemikiran tapi yang penting kalau g setuju ya wes.. walau dalam hati gondokkkk
    makasiiihhh pulsaneee

    ReplyDelete
  15. saking mudahnya membuat viral content di medsos kudu hati2 juga ya mak, kalo viralnya positif oke banget, kalo yang sampai di bully ampundeh

    mak Tanti, itu saya suka sama headernya, tito alba nan manis, ganti themes yak? waktu berkunjung terakhir masih nuansa pinky

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Evrina kalo belum ku at mental di caci maki orang banyak mending berbuat positif dan mainstream

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Nah, mending.share hal positif ya Evrina dan biarkan waktu yang menjawabnya...

      Iya iiih kamu kok tau siiih ... Aku suka bosen jadi hobi gonta ganti header emang .:)

      :-)& tito alba adalah burung imut yang kysuka

      Delete
  16. yang viral biasanya bikin perang heheh

    ReplyDelete
  17. Ohh iyaa tuhh ada juga admin blogger hits yang copas status viral, parahnya nihh gak ngakuu kalo itu status orang laen. Gedekkk duhh virall ewww



    Maanfaat bangett mbakkk, aku share yaakk :*

    ReplyDelete
  18. viral itu berkaitan dengan perasaan. Sayangnya sesuatu yang viral seringkali untuk sebuah artikel yang melibatkan emosi marah. Oarang langsung share sana-sini karena merasa marah. Walopun ada juga viral untuk sesuatu yang baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mami Chi kalo yang positif agak susyah ya

      Delete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^