Monday, June 6, 2016

SEWINDU WAKAF AL QURAN BERSAMA SIAPP


Adilla memandang mushaf Al Quran di mushola kecil itu. Matanya nanar memandang buku yang dipandang suci bagi ummat muslim di dunia. Miris.

Ya.. yaa.. sebagai penduduk di negara yang mayoritas beragama Islam, Adilla patut merasa sedih. Apalagi, konon kabarnya kertas terbaik untuk mencetak Al Quranul karim di dunia adalah produksi Indonesia!

Sekilas cerita di atas adalah bukan karangan. Cerita itu dituturkan oleh Ibu Chitra dari Area Manager Indah Kiat Pulp and Paper siang ini (6 Juni 2016) di Gedung Sinarmas Land Tower II, Jakarta.

KEBUTUHAN WAKAF Mushaf Al Quran, 2 JUTA BUAH!
Sejak tahun 2007, APP sebagai produsen kertas AlQuran (QPP) memang telah tergerak untuk wakaf Alquran. Bahkan, Sinarmas Grup mengagendakan rutin sejak tahun 2008. Jadi, tahun ini tepat sewindu SiAPP mengadakan wakaf Al Quran.

Bapak Suhendra Wiriadinata, selaku Corporate Affairs & Communication Director APP membuka slide presentasi dalam acara Sewindu Wakaf AlQuran Sinar Mas APP. Dengan hampir 850.000 buah mesjid - belum lagi mushola kecil di mana-mana, sebenarnya, Indonesia membutuhkan tak kurang dari 2 juta (((dua juta)))mushaf Al Quran setiap tahunnya. *Data; Kementerian Agama - 2011*

Kebutuhan itu tak tercukupi karena tak semua mesjid mendapatkan donatur yang menyumbang mushaf Al Quran. Untuk itu, Sinar Mas menyumbang seratus ribu mushaf Al Quran setiap tahunnya. Bahkan pada tahun 2016, telah tercapai 1 juta buah mushaf Al Quran diwakafkan. 

Benarkah? 
Duh, kemana aja ya aku selama ini.. sampai tak tahu! Dalam benakku berkelebat rasa bersalah. Sebagai anak yang hidupnya besar di kota, mushaf Al Quran yang kulihat selalu dalam keadaan cantik jelita, bersih dan terpelihara. Di tempatku belajar mengaji, mushaf Al Quran tertata rapih di rak-rak indah dengan kaca. 

Tapi tidak demikian rupanya di daerah, terutama daerah terpencil. Konon, kata pak Suhendra, di Papua sana, jika ada donatur yang menyumbang mushaf Al Quran, harus dijaga ketat karena mereka berebut memilikinya! Oh my.... aku jadi teringat tumpukan mushaf Al Quran milikku yang berdebu. Di belahan pulau sana, mereka rindu membacanya, sementara aku? Aku nyaris tak pernah menyentuhnya!

Yaa Allah, maafkan aku ya, I promise to read it everyday from now on... hiks hiks...


SUHENDRA WIRIADINATA
*courtesy Republika*

Menurut pak Suhendra, 
“Tahun ini APP Sinarmas akan mewakafkan 100.000 Alquran, 500 Alquran braille dan juz Amma yang disebar di seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua,” 

SEKELUMIT CERITA DI BALIK KUALITAS KERTAS MUSHAF AL QURAN 
Mushaf Al Quran dengan huruf Braille
1 mushaf hanya memuat 1 juz, dengan kisaran harga
IDR 1,6 juta - IDR 2 juta per set
They give me this! Yeaay!
Sepintas, pak Direktur menjelaskan, Alquran yang diberikan dicetak di atas kertas berkualitas sangat baik atau sama seperti kertas yang diekspor APP Sinarmas ke negara-negara Timur Tengah untuk pencetakan Alquran. Bekerjasama dengan Hati Emas, sebagai desain dan isi. 

Seberapa "baik"nya kah?
“Dengan pemakaian normal, Alquran ini bisa bertahan hingga 100 tahun didukung dengan standar percetakan yang sangat baik, dan terverifikasi isinya oleh lembaga yang memiliki otoritas,” ujar Suhendra Wiriadinata.

Sebagai perusahaan terdepan di bidangnya, Indah Kiat Pulp & Paper Tbk sebagai anak perusahaan Sinar Mas Grup, didirikan pada tanggal 7 Desember 1976, memiliki pabrik berlokasi di Tangerang dan Serang.

Indah Kiat Pulp & Paper memproduksi bubur kertas (pulp), berbagai jenis produk kertas yang terdiri dari kertas untuk keperluan tulis dan cetak, kertas fotocopy, kertas industri seperti kertas kemasan yang mencakup container board (liner board dan corrugated medium), corrugated shipping containers (konversi dari containerboard), food packaging, boxboard dan kertas berwarna.

Ibu Citra, sebagai perwakilan dari PT Indah Kiat Paper banyak bercerita mengenai kualitas mushaf Al Quran yang diproduksi di pabriknya.
Sinar Tech Royale, a special creamish woodfree offset paper fabricated with excellent high smoothness to achiece first class printing result
Terkonsentrasi di pabrik Tangerang, kertas kualitas premium ini memiliki ciri sebagai berikut; kertas QPP sangat tipis tetapi tidak tembus air dan minyak, dengan kualitas ketebalan tinta dan ketahanan yang sangat baik. Ia juga mendapat berbagai penghargaan dan sertifikat ISO 9706. Harga per-tonnya adalah US$1.000.

Kertas ini diekspor ke berbagai negara Timur Tengah. Bahkan, Beirut yang terkenal dengan pencetak mushaf Al Quran terbaik di dunia, pun memesannya dari Indonesia... ck ck ck! 

Kertas QPP juga diproduksi dengan memperhatikan segi kehalalan menurut standar MUI. Bukan cuma kualitas kertas dalam bentuk jadi saja, tapi raw material hingga finishing juga ikut disorot. Bahkan, sambil tersenyum Ibu Chitra mengatakan bahwa container yang mengangkut QPP harus ikut "dimandikan" dan didoakan oleh para ustadz! Bravo!

Oya, di masa yang akan datang, 
akan diproduksi juga kertas dengan wangi gaharu atau cendana. Aah.. ngga sabar ingin memilikinya!

BISAKAH KITA BERPARTISIPASI DALAM WAKAF ALQURAN INI? 

BISA!

Caranya? Buka saja http://www.wakafquran.org. Dengan target tahun 2016 ini SiAPP akan mewakafkan 100.000 Al Quran, 50.000 CBM dan Juz Amma, dan 200 set Al Quran Braille, kita bisa kok berpartisipasi di dalamnya.

Oh ya, SiAPP juga bekerjasama dengan Act for Humanity, buka saja twitternya untuk mendapatkan informasi tentang ketersediaan dan siapa saja yang membutuhkannya. 

At the end,
from the bottom of my heart, I also pray for this program to succeed. Amiin yra.

2 comments:

  1. hm penasaran, cek ah. Makasih infonya ya :)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^