Wednesday, October 25, 2017

MENGGAMBAR ITU MUDAH KOK, BEIB! (1)

Sumber Gambar :
It's hard to believe these 3d illusions are created with just a pencil
"Menggambar itu susah!"


"Aduh, gimana sih caranya membayangkan obyek berupa binatang?"



"Males ah, aku gak bisa gambar rumah, soalnya.."




Pernah dengar keluhan kek gitu, gak?
Aku sering!

Buat sebagian orang, menggambar adalah hal paling malesin. Tapi, ketika melihat seseorang menggambar, kok terlihat mudah dan keren, gitu ya?

Eh, jangan salaaah!
Dulu, jaman Mbah Jingkrak belom buka warung, tante Neng juga sering kok, ngerasa gitu. Sedih aja, karena melihat orang lain bisa gambar, dan aku enggak!

Gambarku jelek. Bisanya cuman gambar sticky princess.. hiks...

Menyedihkaaaan...
Jangan dikira aku gak jungkir balik saat berproses dan belajar, deh... 

Ibuku sama Bapak almarhum sampe pusing, anaknya minta kertas, spidol, cat air, pensil warna. Beli baju aja kalau ngga karna sobek juga enggak mau!

Okeh, back to basic.  
Ada persoalan pola pikir atau mind set yang kira-kira begini... 

Dalam keseharian, pengalaman visual kita terlalu sering dimanjakan oleh citra visual produk-produk yang sudah jadi. Sangat jarang kita (mau) berpikir bahwa produk jadi itu juga mengalami proses. 

Nah, meski masih dalam tahap pikiran, seharusnya kita memahami bahwa produk itu memiliki tahapan proses. Misal saja produk rumah tangga, alat elektronik, mobil, baju, dan lain-lain.

Kita kadang sering lupa, bahwa ada proses pengungkapan gagasan seseorang melalui bahasa gambar. Misalnya, seorang desainer ingin membuat guci, tentu ia akan membuat rancangan dalam bentuk gambar sebelum dibuat bentuk guci yang sesungguhnya. 


"Drawing" diartikan sebagai "gambar/menggambar". Namun, dalam terminologi kesenirupaan "drawing" tak sekadar sebagai gambar, namun ia menjangkau lebih dari sekadar "gambar" itu. 
Drawing merupakan salah satu bentuk ekspresi seni rupa yang menggunakan (sejumlah) alat gambar dengan yang berkaitan dengan goresan garis dan bidang. Alat gores ini biasanya berupa pensil grafit (karbon, salah satunya secara umum dikenal jenis pensil B=Black (2B, 3B, 4B dst.), HB=Hard Black dan lain-lain), tinta dan pena, charcoal, kapur, pastel, akrilik, penghapus dan beberapa lainnya. Selain itu material yang lain untuk medium drawing biasanya kertas, karton, kanvas, plastik, papan kayu dan lainnya. 
- Toni Malakian- 

Begitu juga, untuk dapat membuat gambar yang baik, seseorang harus menguasai kemampuan menggambar terutama menggambar bentuk. 

Gini cara belajar pertama
Menggambar bentuk adalah cara menggambar dengan meniru objek dan mengutamakan kemiripan rupa. Semakin mendekati kemiripan rupa, berarti gambar bentuk yang dibuat semakin sempurna. Objek gambar bentuk bisa dari benda-benda mati, flora, fauna, manusia, atau alam sekitar.
bersambung... 

5 comments:

  1. Saya juga begitu mikirnya ketika lihat orang2 jago gambar. Kok kayak gampang bgt. Coret-coret sebentar bisa menghasilkan gambar yg bagus. Ternyata para artis pun berproses, gak ujug2 langsung jago. Ditunggu lanjutannya, Mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. siaaap, serial menggambar aja mau yaaaa

      Delete
  2. Oh, ternyata udah ada lanjutannya. Maaf ya, Mbak, kurang teliti. ^^'

    ReplyDelete
  3. I agree with u mak,take it easy n enjoy drawing

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan email amelia_tanti@yahoo.com