Jadilah Blogger Serius, Bukan Blogger Sekadarnya


    Secara simbolis, angka 9 mewakili puncak kebijaksanaan dan pengalaman. Berdasarkan informasi dari laman Numerology, sebagai angka terakhir dalam kelompok angka tunggal, angka 9 menandakan akhir dan awal yang baru.

    
Setiap tahun, rasanya aku tak pernah melewatkan perhelatan akbar Bloggercrony, termasuk perhelatan akbar anniversary mereka ke 9. Angka ini berperan sebagai pengantar dalam proses transisi kehidupan yang baru. 

    Selain di beberapa komunitas blogger, Bloggercrony adalah salah satu komunitas yang turut andil dalam membesarkan namaku. BCC juga terkenal kuat dalam berjejaring antar anggota komunitas. 

Komunitas Bloggercrony Indonesia yang digawangi trio founder (Wardah Fajri - Satto Raji - Annesa Nisa) berdiri pada 24 Februari 2015. 
Sejak awal, mereka telah mengusung misi menemani pekerja kreatif berbasis digital dengan pelbagai program pengembangan diri dan peningkatan kompetensi, yang bertujuan meningkatkan kualitas kreator konten dalam kemampuan, pengalaman, wawasan, kepribadian, branding serta membuka kesempatan untuk para kreator untuk bertumbuh dan belajar bersama.

    Bloggercrony tadinya adalah wadah bagi blogger yang berbasis di Jakarta, memfasilitasi kreator konten multiplatform (blog dan sosial media), namun seiring berjalannya waktu, anggotanya saat ini tersebar di lebih dari 25 kota di Indonesia.

    Dengan basis member sebanyak itu, maka tahun 2024 ini perayaan BloggerDay ke sembilan pun dilaksanakan secara hybrid di Carro Square building, Jl Sultan Iskandar Muda, Pondok Indah Jakarta Selatan.

Rayakan BloggerDay ke-9, Tema Bloggercrony  Bukan Blogger Sekadarnya dan #9rowand9ive 


    Mengangkat tema #9rowand9ive dengan acara hybrid yang berlangsung selama 7 jam, Bloggercrony punya banyak agenda seru. Selain berbagi banyak sekali ilmu juga hadiah tentunya kepada para blogger. Yuk kita lihat, apa saja yang didapat dari pertemuan kali ini.

- Free Workshop : Analisis SWOT Bisnis dan Personal dengan Grafologi

- Blogger Gathering bersama #CarroIndonesia #CarroCertified

- Meet & Greet BCC BloggerPreneurs & BCN Squad

- Annual award Bloggercrony Most Wanted Blog Award

- Soft Launch Buku Perdana Bloggercrony

Bertabur Hadiah!

    Bukan Bloggercrony jika tak mendahulukan kepentingan membernya. Tahun ini,  #BCCSquad yang hadir di acara #BloggerDay2024 dan aktif serta mengikuti seluruh kegiatan hingga selesai akan mendapatkan hadiah menarik. Bahkan tak hanya itu, yang hadir secara online pun, berkesempatan mendapatkan benefit segudang tersebut.

    Untuk rangkaian kegiatan BloggerDay 2024 tahun ini akan dibagikan total hadiah dan benefit lebih dari Rp 10.000.000 dari Lucky Draw, Doorprizes, Kompetisi Medsos, dan Lomba Blog.

Selain itu, yang hadir sebagai partisipan BloggerDay 2024 berhak mendapatkan 
- Pin
- Snack
- Coffee
- Lunch Box
- Goodiebags


Andini Harsono, Ketua Panitia Blogger Day 2024

Wardah Fajri, Founder Bloggercrony
“Tema #9rowand9ive ini juga kami pilih karena BCC ingin mendekatkan diri dengan Blogger,” ujar Wardah Fajri selaku Founder Bloggercrony Indonesia, dalam sambutannya.

Mengenal Carro, Platform Jual Beli Mobil

    Oya tadi kan sudah kusebut ya di paragraf terakhir pembukaan tulisan, kalau acara ini dilaksanakan secara hybrid di Carro Square building, Jl Sultan Iskandar Muda, Pondok Indah Jakarta Selatan.

    Apa sih, CARRO? Sejenis wortel? Itu mah carrot... #humorbapack-bapack 
Yuk kita ke kantornya, tanya-tanya apa sih Carro itu! Let's get it on, guys!



    Carro adalah sebuah platform jual beli mobil dan unicorn otomotif pertama di Asia Tenggara.  Carro telah merayakan hari jadinya yang keenam di Indonesia dengan meresmikan Carro Square. Berlokasi strategis di Jalan Sultan Iskandar Muda, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Carro Square merupakan konsep bangunan yang menaungi Carro Automall, kantor pusat dan juga service center

“Carro Square adalah salah satu bentuk komitmen kami dalam memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas,” ucap Aditya Lesmana, Co-Founder Carro. 

    Di Carro Automall, konsumen dapat konsultasi, mengakses riwayat lengkap kendaraan, melakukan test-drive, transaksi jual beli mobil, hingga layanan purna jual. 

    Carro Square juga akan menjadi tempat bagi Carro untuk melakukan berbagai macam kegiatan, mulai dari workshop untuk mengembangkan keterampilan mekanik hingga acara yang diadakan khusus untuk para konsumen.

Ngopi Enak, Serasa di Teras Rumah bersama Ngafe.in Teras

Sumber : @ngafe.interas

    Lately, ngopi sudah menjadi gaya hidup kaum urban. Sebagai salah satu sponsor utama acara BCC Blogger Day 2024, tak salah jika seluruh partisipan mendapatkan sebotol kopi yang uenak dan seger ini.

    Ide mengapa akhirnya ngafe.interas menyajikan kopi dengan sederhana, serasa di teras rumah sendiri ini tertuang di salah satu post feed instagramnya;
"Rumah adalah tempat di mana kita memulai perjalanan hidup. Karena itu kami memulai lagi dari teras rumah sederhana ini. Banyak cerita ingin dibagi melalui perjalanan ini dan selalu berharap kalian nyaman disini. Salam sayang untuk orang terkasih kalian dirumah."

Hmm... beruntung bukan, yang bisa hadir di acara BloggerDay 2024 kali ini!


 

Peserta Dianter Jemput oleh Armada Bluebird? Aaah... Sesuatu!




    BCC bener-bener memanjakan #BCCSquad ya gaes yaaa...

    Kebayang gak sih, dari Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, telah tersedia armada Bluebird yaitu Bigbird untuk mengantar jemput para partisipan ini! Wow, sesuatu! Rasanya pengen deh join mereka karena terbayang happy-ya saat berada di jalan bersama para sahabat blogger kechayangan ini!


Jadilah Blogger Serius, Bukan Blogger Sekadarnya!


    Aku adalah orang yang beruntung, bisa menjadi blogger, bisa kenal dan menjadi bagian dari beberapa komunitas blogger. 

    Menjadi bagian dari sebuah komunitas yang bergengsi, dan bisa berkarya menulis tanpa henti tak kenal usia, adalah cita-citaku sejak mula aku kuliah. 

    Menyadari bahwa aku tak tahan berada di bawah tekanan "boss" dan dalam rules kerja rutin nan membosankan - karena basicly aku lebih suka berkarya dari rumah, dan bisa menuangkan imajinasi di sehelai kertas atau kanvas - membuat aku sangat suka berada di dunia blogging sebagai blogger. 

Salah satu karya yang bisa dikerjakan dari rumah


Eeeh.. bukan berarti di metaverse tak ada peraturan tak bertuan ya! Apalagi jika kamu mentahbiskan diri sebagai P.E.N.U.L.I.S.

Menulis malah membuatku menjadi disiplin, membuat to do list setiap hari dan memaksa diri untuk selalu update berita, serta membaca banyak hal, karena ini adalah salah satu dari kunci kesuksesan seorang blogger.

Foto-foto di bawah ini menunjukkan ketika eksistensi aku sebagai blogger  yang serius membuahkan hasil yang juga tak kalah serius!

Undangan ke negara tetangga beberapa kali 
sebagai narasumber dan menikmati wisata gratis



Menjadi tamu undangan khusus dari beberapa brand

Selalu punya teman banyak di mana saja!

Punya sahabat di kala suka dan duka!

    Menjadi seorang blogger serius memerlukan komitmen, konsistensi, dan dedikasi yang tinggi. Berikut adalah beberapa tips dari pengalaman pribadiku untuk menjadi seorang blogger yang serius:

1. Memiliki niche

Pilih topik atau niche yang kamu minati dan memiliki pengetahuan yang cukup. Hal ini akan memungkinkan kita untuk memberikan konten yang bermanfaat dan menarik bagi pembaca.

Kalau di blog tantiamelia.com ini, kalian akan dengan mudah melihat bahwa minatku tertinggi adalah di bidang seni, ilustrasi, kesehatan dan terakhir aku juga suka sekali menulis tentang artikel keuangan, karena pernah beberapa kali menang di lomba blog milik bank pemerintah (uhuk!)

2. Buat Rencana Konten

Buatlah jadwal posting yang konsisten dan rencanakan konten-konten yang akan ditulis. Hal ini akan membantu kamu untuk tetap terorganisir dan menjaga konsistensi dalam menghasilkan konten.

Cara lain, buat beberapa topik di laman blog, sehingga minat kita tetap terjaga karena harus mengisi topik-topik tersebut.

3. Tingkatkan Keterampilan Menulis!

Untuk yang satu ini, aku memiliki pengalaman lucu dan menggemaskan!

Merasa sebagai blogger yang -konon- senior karena menulis serius di blog lebih dari satu dekade (>_<) membuatku pede untuk melamar sebagai penulis artikel lepas di sebuah website milik unicorn yang saat itu didanai oleh Jeff Bezos.

Karena sang ketua tim riset adalah teman dari teman yang juga penulis, maka aku pun langsung diterima. 

Tapiii tahukah kalian? 

Artikel-artikelku itu (tak hanya satu ya gengs) ditolak mentah-mentah, revisi berkali-kali hingga membuatku malu!

Dari situ aku banyak belajar. Belajar lagi tentang teknik penulisan yang baik, melampaui 1000 kata di setiap artikel dan membaca serta nonton kanal Youtube, agar diksi serta data yang kumiliki padat bergizi.

Jadi, terus latih dan asah keterampilan menulis ya gengs, karena semakin baik kita dalam menulis, semakin menarik konten yang dapat dihasilkan, juga  kita bisa menarik pembaca, karena pembaca kita itu terus berkembang loh. 

Ada banyaaak sekali istilah-istilah, serta diksi yang berubah. Jika kita tak rajin mengikuti perkembangan dunia menulis bisa dipastikan, banyak job kece baday  tak lagi menghampiri!


4. Gunakan platform blogging yang nyaman kalian gunakan, pastikan platform tersebut memiliki fitur yang memungkinkan untuk mengelola konten dengan mudah dan memiliki potensi untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

5. Fokus pada kualitas konten yang informatif, relevan, dan bermanfaat bagi pembaca. 

Jangan lupa, latih diri dan emosi agar kata yang tertuang di laman blog, konten di media sosial dan caption kalian bernada sopan dan netral, serta anti hoax. Penting itu!

6. Jangan lupa berinteraksi dengan pembaca dengan cara membuat konten di media sosial, dan forum-forum diskusi terkait. Bangun komunitas yang aktif di sekitar blog untuk meningkatkan keterlibatan pembaca dan membangun hubungan yang kuat.

7. Lagi-lagi tentang SEO!

Pelajari dasar-dasar optimasi mesin pencari (SEO) untuk meningkatkan visibilitas blog di hasil pencarian. Hal ini dapat membantu meningkatkan jumlah pembaca yang mengunjungi blog.

8. Evaluasi kinerja blog dengan cara membaca feedback dari pembaca, jangan lupa menjawab di kolom komentar (plak!) 

9. Monetisasi blog di berbagai opsi monetisasi seperti iklan, sponsor, afiliasi, atau penjualan produk digital.

Last but not least..

    Ingatlah bahwa menjadi seorang blogger serius memerlukan waktu dan usaha yang besar, tetapi dengan dedikasi yang tepat, kita dapat mencapai kesuksesan dalam dunia blogging!

Salam sayang!

PS.
Sumber foto dari koleksi pribadi dan koleksi foto Bloggercrony

Tidak ada komentar

Posting Komentar

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)