RAMADAN 2024, INGATLAH UNTUK KEMBALI DI JALUR YANG TEPAT

ilustrasi by Tanti Amelia

Siapa di sini yang excited karena Ramadan tiba? 
Ya, jangankan saat puasanya, persiapan menjelang Ramadan seringkali menjadi momen yang penuh antusiasme dan kegembiraan bagi umat Muslim di seluruh dunia!
Oya sebelum Ramadan tiba, jangan lupa berdoa dulu memohon agar diberikan kesempatan untuk menggapai bulan penuh kemenangan ini yaa!

Doa Memohon Kebaikan di Bulan Ramadan: 
"Allahumma balighna Ramadan" Artinya: "Ya Allah, izinkanlah kami mencapai Ramadan."
Lantas apa saja persiapan plus pengalaman indah dan berkesan yang kudapat selama Ramadan 2024? Let's bounce to my family!

Persiapan Fisik dan Mental


ilustrasi by Tanti Amelia

Banyak orang mulai mempersiapkan diri secara fisik dan mental jauh sebelum bulan Ramadan tiba. Tak terkecuali aku, yang "langganan" sakit kepala akibat detoks setiap Ramadan tiba.

Agak aneh sih, karena aku juga kadang menjalankan ibadah puasa Senin Kamis atau mendadak puasa sehari sebelum Muharram. Tapi ini memang beneran membuat badan jadi lebih enteng, sehingga saat Ramadan aku tak lagi terima komplain dari tubuhku!

Selain itu, mempersiapkan diri secara mental juga perlu. Berdasarkan pengalaman, saat Ramadan tiba itu emosi jiwa juga meningkat, loh. Dulu sih kepikirannya pengeluaran yang melonjak tajam karena jajan iftaar seperti kolak, es buah, plus aneka gorengan yang menggoda. Belum lagi, jika ternyata job sepi, apa iya ada rejeki untuk anak-anak beli baju baru untuk lebaran?

Subhanallah, dengan adanya perang di Jalur Gaza, kepikiran untuk beli takjil  menggiurkan tiap sore plus bayangan bakalan memakai aneka bentuk fashion yang bentuknya indah semua itu, sirna seketika! 

Insya Allah, Ramadan tahun 2024 niat kembali diluruskan. Semata untuk meningkatkan ibadah, menetapkan tujuan spiritual, dan merencanakan waktu dengan bijak untuk dapat memaksimalkan manfaat dari bulan suci ini. Jadi dengan musibah dan fitnah terbesar abad ini, semoga kita semua diingatkan untuk kembali di jalur yang tepat!

Persiapan Kuliner 

ilustrasi by Tanti Amelia


Di rumah, aku membagi persiapan kuliner untuk menyambut Ramadan itu menjadi dua meal time. Yang pertama iftaar dan yang kedua sahur. 

Jadi, di dalam kulkas akan kutaruh beberapa thinwall berisi kolang-kaling, nutrijel kelapa, cincau dan nata de coco. Selanjutnya sebuah wadah bertutup besar yang berisi buah, tergantung dapatnya apa di pasar yaa. Bisa melon, timun suri atau blewah.

Sedangkan untuk sahur, jelas wajib ada telur! Jadi anggaran belanjanya untuk telur, bawang bombay (lagi naik ya bun, harganya..) dan wortel serta daun bawang. Tak lupa aku siapkan sambal di dalam wadah-wadah kecil. Jadi jelas yaaa.. keluargaku penyuka telur dadar isi wortel parut dan telur balado, mudah bukan?

Di wadah lain untuk sayur, aku hanya membeli timun dan labu siam kecil, tinggal direbus saat sahur. 


Persiapan Spiritual

ilustrasi by Tanti Amelia


Ramadan tidak hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang meningkatkan hubungan spiritual dengan Allah SWT. Apalagi aku, dengan sejarah panjang perkenalan menjadi muslimah yang tentu tak mudah yaaa bestie, jadi aku menikmati sekali momen-momen lucu, indah, asem, manis saat Ramadan dan lebaran!

Saat Ramadan, membaca Quran tadinya adalah saat tersulit, karena hari biasa saja males kan bacanya (eh itu aku loh, yaa!) apalagi saat puasa, bawaannya ngantuk terus!

Sedikit tips dari aku, persiapannya tentu saja : buku jurnal sebagai pencatat harian dan tiap pagi mewajibkan diri menyetel murotal atau shalawat. Tentu saja jadi lebih mudah, karena bisa disambi dengan menulis atau menggambar misalnya. 

Ah itu mah biasa, mak Neng. Yang rada spesifik lagi ada nggak?

Bersyukur aku itu blogger dan ilustrator ya bestie, so waktuku di depan komputer jauh lebih banyak. Nah, di saat lagi ga ada orang, aku biasanya menyetel musik yang menenangkan seperti ancient healing sound (googling aja ya) - dan berdiam diri sejenak selama kurang lebih 15 menitan - untuk relaksasi dan membayangkan memperbaiki hubungan dengan sesama, memaafkan orang lain, dan membersihkan hati dari kebencian dan prasangka!

Hebatnya, saat kita berserah itu, suka banyak sekali kejadian ajaib terjadi. Really. Nanti aku akan ceritain di tulisan tersendiri yaaa. Tapi yang jelas, untuk orang dengan sumbu pendek sepertiku, itu mujarab sekali. 15 menit yang sangat berarti itu mengubah hidupku!


Lebih Aware di Kegiatan Sosial 

Kesempatan emas ini, hanya terjadi setahun sekali loh Bun, saat Ramadan! Meningkatkan silaturahmi dan kegiatan sosial, serta berbagi dengan sesama.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seumpama pahala orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikitpun.” (HR. Tirmidzi)


Daripada bingung mau ke mana, sekarang kan banyak komunitas Muslim yang mengatur program-program amal seperti pembagian makanan untuk kaum yang kurang mampu, penggalangan dana untuk yayasan amal, dan kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk membantu mereka yang membutuhkan. Bisa juga ke mesjid terdekat, Insya Allah disalurkan kepada orang di sekitar yang membutuhkan.

Udah Hari ke-8 aja!

Di balik jaim-nya "si paling sok prepare", ternyata selama seminggu ini, banyak juga kejadian seru yang bikin me-riang gembira. 

Ada juga insiden:

- sajadah ketinggalan habis tarawih,

- hijab pembatas shalat antara ikhwan dan akhwat ketiup kipas angin gelebug mana aku shaf depan alhasil pas bangun dari sujud.. jeng jeng... kenapa pemandanganku barisan ikhwan semua ( >_< )

- ⁠insiden tarawih terkantuk-kantuk mau jatuh soalnya kekenyangan pas berbuka *yamaap 

- ⁠jalan-jalan bareng pak su naik motor cari goreng pisang yang dulu terkenal uenak - sok sokan cari jalan muter daaan.... tersesat di sebuah komplek perumahan! 

- ⁠Numis daging cincang tapi wortelnya lupa dikukus alhasil masih mentah, raw and fresh! 

- Alhamdulillaah selama Ramadhan ini belum pernah shalat di masjid terus ujung mukena kita keinjek jama'ah lain jadi mukena atas ketarik sampe jenong kita keliatan. (>_<)


Nah itu dia beberapa persiapan 
menjelang Ramadan dan selama seminggu hari-hariku berkegiatan di awal Ramadan 2024. Bagaimana dengan kegiatan  mbak, mas, bro sis dan Emak-emak? Semoga dimudahkan ibadahnya yaaa!



2 komentar

  1. Ending tulisannya cukup lucu😄 memang ada aja ya cerita ramadan yang bikin terasa lebih istimewa. Samaa di sini kalau sahur juga wajib masak telorrrr soalnya praktis.

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)