Featured Post

BERAPA HONOR ILUSTRATOR DAN BAGAIMANA SKEMA KERJANYA?

1. Bukan Ilustrator Pro Sebagai ilustrator yang "tercebur" secara tiba-tiba, saya sering -eh, sombong!- maksudnya  beberapa...

THE KING OF INSTAGRAM - PENIPU YANG KAYA DARI MENJUAL IMPIAN


Gimana foto di atas?
Tampak meyakinkan sebagai "rumah gue" yak.  Tapi kalo liatnya dari jarak jauh (dan ga usah pake kacamata!)

Aaah .. terus, yang ini?

Yang ini kayaknya baru turun dari private jet abis hang out di Singapore deh, atau malah baru nonton drama Harry Potter, The Curse Child di West End Palace Theater di London.

Yah, apapun itu, semoga kehaluan ini akan cepat berlalu. Capek soalnya editingnya.

Terus... ujug-ujug ngomongin halu ini kenapa yaaa?

The King of Instagram

Jadi gini, hobiku itu adalah menikmati tayangan HGTV, di mana para desainer interior berlomba-lomba mempercantik rumah. Di antara tayangannya, ada Property Brothers yang desainernya si kembar Drew dan Jonathan.

Saat itu mereka punya acara Celebrity IOU, mendandani rumah para sahabat artis. Nah karena waktu itu aku ketinggalan  beberapa scene jadi aku cari di youtube. 

Namanya juga buka sana sini, akhirnya mendarat di rumah-rumah terrrr... di dunia, yang salah satunya adalah milik Dan Bilzerian. 

Ya udah, sebagai warga net sejati, kekepoanku pun berlanjut ke akun instagram miliknya.

Jeng jeng... followersnya banyak! 32.6 M! 

Separo penduduk net kayaknya follow si jenggot berbadan gempal ini deh.. Akun Instagram-nya, @danbilzerian, memajang banyak foto dirinya berpesta dengan wanita cantik nan seksi. 

So julukan The King of Instagram ini bukan karena ia super duper kaya saja, tapi karena emang  menggambarkan kehidupan super mewah pria kelahiran Armenia ini - di mana harta - tahta - wanita bergelimpangan di sekitarnya. 

Tentu saja di akunnya ini, para wanita di sekitar Dan berbaju kurang bahan, alias miniiim sekali. 



Bilzerian diklaim memiliki harta sebanyak US$150 juta pada tahun 2013, dari pekerjaannya sebagai pemain poker profesional.  Ia selalu terlihat di dalam sebuah mansion mega lux dengan mobil mewah, motor besar, yacht bahkan pesawat jet pribadi miliknya. 

Ayah Bilzerian, Paul Bilzerian, adalah seorang pialang saham sukses di Wall Street sebelum meninggal dunia dan menyerahkan seluruh hartanya untuk Bilzerian dan sang adik, Adam.

Pria yang masih berusia 34 tahun ini sempat masuk Angkatan Laut, pada 2000, sebelum akhirnya dipecat. Selepas Angkatan Laut, Bilzerian masuk ke University of Florida mengambil jurusan Bisnis dan Kriminologi.

Bilzerian mulai berkarier sebagai pemain poker profesional sejak 2009. Dari kemenangannya, Bilzerian membangun usaha permainan poker virtual bernama Victory Poker.

HORANG KAYAH MAH BEBAS...

Pada Juni 2015 lalu, Bilzerian juga mengajukan dirinya sebagai calon Presiden Amerika Serikat. Ia sudah merilis video kampanye yang tentu saja menyertakan wanita dan pesta.

Bilzerian saat itu akan bersaing dengan Hilary Clinton, Chris Christie, Donald Trump dan Waka Flocka Flame 
menjadi calon Presiden Amerika Serikat!

Whoaaa.. kacau kan, kalau punya President seperti ini! 

Udah gaya hidupnya kacau, kesehatannya pun juga kacau. Ia menderita serangan jantung sebanyak 3 kali sejak usia 33 tahun. 

Tidak heran, karena para followers si Dan Bilzerian bisa melihat sendiri betapa kacaunya gaya hidupnya. Ada banyak pesta, alkohol dan ketidak teraturan dalam keseharian Dan Bilzerian.

Singkat cerita, 
Dan Bilzerian ini saking kayanya, akhirnya membuat beberapa produk dan investasi besar-besaran. 

Dan Bilzerian menjual canabis (ganja), vodka, membuat banyak label fashion, hingga kartu dan peralatan bermain poker, ya secara dia kan erat dengan dunia perjudian.

Ia juga membuat Ignite International Brands, Ltd., di mana ia bekerja sama dan kongsian hingga ia memiliki 51 persen saham dan sisanya 49 persen lagi adalah milik para stake holders.


Awalnya semua orang memuji dan memuja si Bilzerian  tentu saja. Dari seorang yang tidak punya apa-apa hingga sukses bergelimang harta, adalah impian semua orang di dunia. 

Kita memang suka gampang silau yah, soalnya dari kecil udah dicekokin dongeng Alibaba ihihiii.... 

DAN BILZERIAN and FINANCIAL FRAUD 

Untunglah, kecurangan demi kecurangan Dan Bilzarian ini, akhirnya tercium oleh mantan Direktur Ignite International Brands Ltd, yaitu Curtis Heffernan. 

Suatu hari, Curtis meng-klaim gaya hidup Dan Bilzerian yang extravaganza dan aneh. Dan membeli sebuah meja ping-pong seharga US$ 15 ribu, bikin tebing untuk rock climbing seharga US$ 40 ribu, pemotretan mewah seharga US$ 130 ribu something,  dan lain-lainnya.

Dan Bilzerian bahkan pernah menghabiskan uang sejumlah 1,5 Milyar rupiah (US$ 128 ribu) dalam dua malam untuk traveling ke London!


Spektrum dari financial fraud yang dituduhkan Curtis Heffernan tentu saja berdasar.  Sebagai seorang pemilik perusahaan yang hanya memegang 51% saham, tentu saja uang perusahaan itu bukan milik si Dan Bilzerian sendirian dong... 

Nah ia dituduh melakukan penggelapan atau mark-up gede-gedean ke perusahaan miliknya sendiri, agar semua uang yang likuid itu masuk kantongnya sendiri. 

Curangnya lagi, Dan Bilzerian mengatas namakan seluruh lifestyle-nya itu kepada Ignite, sehingga saat Curtis Heffernan menolak menanda-tangani pengeluaran aneh itu, dipecatlah ia oleh Bilzerian.

Karena telah dipecat, 
Heffernan pun membuka fakta lagi bahwa ternyata Bilzerian tidak memiliki hak atas rumah mewah yang ia tempati. 


Rumah di Bel Air itu ia sewa seharga US$ 200 ribu 
per bulan (((per- bulan loh gaes.. )))  dan seluruh yacht - mobil dan banyak lagi "harta" yang digunakan Bilzarian ternyata adalah BUKAN MILIK PRIBADI!

Hah! 

Setelah ini terbongkar, akuntan perusahaan pun akhirnya melakukan sidak interogasi dan terbukalah masih banyaaaak lagi penipuan dan kecurangan yang ditagihkan oleh Bilzerian kepada Ignite.

Ini membuat perusahaannya bangkrut dan bahkan membuat Ignite menggunakan uang dari program peminjaman untuk pembayaran gaji karyawan senilai 1,2 juta dollar dari Pemerintah!

Sayang yaaa... padahal kalau dikelola beneran, kayaknya bisa aja deh, si Bilzerian ini kaya beneran.

Surga Dunia versus "Surga Di Sana"

Fiuuh.. soal conman (penipu) ini memang ada banyak di dunia.

Salah satunya, ada the Queen of Instagram, bernama Azura Luna Mangunhardjono yang cantik dan eksotis.



Azura Luna ini mengaku lulusan Harvard, cucu triliuner pemilik saham hotel Four Seasons, dan memiliki tabungan 42 T!  Ia
 sekarang jadi buronan interpol. 

Ada lagi kasus Selly Yustiawati - penipu "kecil tapi banyak" yang juga meraup milyaran rupiah dari keluguan dan kepercayaan orang di sekitarnya.

Queen of Instagram lainnya yang baru-baru ini viral, adalah Anna Sorokin atau Anna Delvey yang meraup ratusan miliar dari beberapa investornya.

Atau, masih ingat Fyre Festival yang dijanjikan menjadi surga konser bagi anak-anak orang kaya? 

Nanti kapan-kapan aku juga pengen mengulas Fyre Festival ini, secara menarik banget gitu, loh... 

PS.  Udah ditulis saking keponya

Jadi kesimpulannya,
sosmed itu tidak selalu seindah yang terlihat ya. Yang terlihat kaya banget, bisa jadi utangnya di mana-mana, atau bahkan kayak kasus-kasus di atas, mereka malah berprofesi sebagai penipu ulung.

Penipu, perampok, koruptor, maling ... dudududuu ga enak beud yaa didengar telinga!

Jadiii santuy aja. Ngeliat seolah-olah orang lain kok lebih sukses daripada kita. Kok kita cuman jadi "manusia setengah salmon" doang..

Ga usahlah merasa gagal, karena merasa hidup kok gini amat. Gak pernah ngerasain yang namanya sukses dengan huruf kapital.  SUKSES .. (((ugh sedap))). Bisa jadi itu emang hanya ilusi. Social gap. 

Ya memang sosial media banyak sisi positifnya, tapi menimbulkan sisi negatif buat mereka yang .. ya, emang mencari kesempatan untuk berbuat negatif. 

Di sisi lain, beberapa jutawan atau miliarder yang kukenal cukup dekat, seperti mbak M - kang MS - dan beberapa mbak cantik yang juga sering isi beberapa acara - dan kebetulan aku pernah sepanggung dengan mereka, malah gak mau upload apa pun di sosmed!

Mereka geli melihat "gaya hidup" dipamerkan terpampang manjyah seperti itu, karena akan mengurangi efek kenikmatan beribadah dan kenyenyakan bobo ciang!

Untuk kata sukses, semua orang akan sukses pada waktunya, dan di bidangnya masing-masing. 

Pesan moral. Mengejar surga dunia emang seolah-olah indah, tapi di balik itu semua mengundang mudharat. Mending kejar surga di sana, semua dapat. 

Atu lagi, jangan teriming-iming dengan persona seseorang, yang menawarkan investasi dengan return 30-40 persen yang kalo sepintas bisa bikin kita kaya mendadak. Yaa ya yaaa... 

So, kamu mau jadi yang kayak apa? 
Komen di bawah, yaaa...

...

Oya, sambil komen kalian juga boleh untuk like dan subscribe youtube channel nengtantidoodle 

*eh apa siiiih*  

*ya namanya juga usahaaa*

*kali aja mampir, yekaaan....

45 comments

  1. Keren ulasannya dan gaya bahasanya ga njlimet. Continued sist

    ReplyDelete
  2. Setuju banget, karena pada hakekatnya, Orang kaya adalah orang yg paling banyak bersedekah, karena Allah membangunkan dia rumah spesial d Syurga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya betul Ummi .. beda kan antara surga dunia dan surga yang onooo

      Delete
  3. Jadi penasaran, akhirnya aku liat IG nya Dan Bilzerian. Aduh! Ngeri mbak huhu. Astagfirullah.

    Pengguna IG, banyak yang kaya beneran, dan pandai mengemas apa yang dia punya menjadi sesuatu yang baik dan menginspirasi.
    Tapi, banyak lagi yang sekedar untuk pamer agar dapat pengakuan bahwa hidupnya super WOW dari pada orang lain, padahal bohong ya mbak.




    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang kita tuh berubah menjadi seseorang yang berbeda saat di sosmed. Miapaaaah?

      Demi terlihat sukses. Terlihat kaya. Terlihat banyak job. Terlihat. Terlihat. Terlihat... Padahal yang tak terlihat di mata manusia lebih terlihat mulia di mata Allah .. wallahualambissawaab

      Delete
  4. Iya bangeeettt. Kadang kalau mampir ke instagram dan kayaknya kok doi hidupnya enak banget ya, nggak pernah diambil pusing sih. Dia punya hidupnya yang nggak diumbar di medsos juga pastinya, yang kalau mungkin kita akhirnya tau, bakalan bersyukur banget sama hidup yang kita punya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersyukur dan emang di medsos itu harus diyakini adalah "panggung sandiwara" ya mbak

      Delete
  5. Gilaaak, si Bilzerian ini masih 34 tahun? Nyaris seumuran akoooh. wkwkwk. Ternyata penipu ulung. Kalo saya pribadi, hidup penuh kepura-puraan itu bikin capek. Emang lebih enak jadi diri sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat kaaaan 34 tahun dan uangnya udah ga berseri. Tapi ternyata bener, uang tidak menjamin KEBAHAGIAAN DAN KEPUASAN

      Delete
  6. Waduh di Dan Bilzerian ini, memang truly keblinger kali yaa, hehhee demi gaya hidup loh jadi fraud sana-sini, ih serem banget dehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dia lakukan literally mengikuti jejak bapaknya loh ..

      Delete
  7. Mba tanti orang kedua setelah nitalanaf, yg baca blognya asyik banget. Kayak ngobrol. Xixixi.. baca artikel ini jadi mau nyanyi lagu nike ardila.. secercah cahaya terang, menyinari hidupku dan sejuk embun embun dipagi hari.. harapan insan di dunia ini... (bener ga sih syairnya.. hahaha) semua pasti mau hidup ala ala Dan ya, Mba. Tapi klo ga tenang ya buat apa. Klo ade sih menikmati hidup ini apa adanya dan lebih memilih gaya temen Mba Tanti yang jutawan itu. Jadi bisa boci nyenyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuh makasiiiiih .. I'm so happy to read ur compliment

      he eh aku belajar banyaaak dari orang yang "KAYA BENERAN" daripada para conman yang silau dan inginnya hidup dia tuh membuat silau orang lain juga. MAKSAIN!

      Delete
  8. Ya ampun... Silaunya ketenaran dunia maya tuh bisa sampai melakukan penipuan yah. Serem amat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. capeeee deh ya kita bacanya, harusnya ybs juga cape ya? Dia ngejar apaan coba? ujung ujungnya toh dipenjara

      Delete
    2. Nah, itu lah. Kaya butuh pengakuan banget ya. Padahal yang "kaya beneran" nggak heboh pamer di medsos. Jadi inget yang lagi viral nongrong di mall mevvah hehehe.

      Delete
  9. Selly Yustiawati ini pernah trending topic di twitter ya Mak. Banyak selebtwit dan travel blogger yg jadi korban doi

    Sepakat bgt dgn kalimat ini Maaakk--> Pesan moral. Mengejar surga dunia emang seolah-olah indah, tapi di balik itu semua mengundang mudharat. Mending kejar surga di sana, semua dapat.

    ReplyDelete
  10. wiks ngabisin 1.5 M dalam waktu 2 hari? buat foya-foya aja tuh. Tapi ternyata bukan duitnya sendiri ya.

    Iya, saya yakin semua orang akan sukses pada waktunya. Ukuran suksesnya juga beda-beda.

    Hihi... ada iklan di akhirnya. Iya deh, nanti saya mampir

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiks hiks.. bisa dapat rumah semi mewah itu kalo di kampung ya mbak Nanik .. eh cuman dipake buat apa itu entahlah

      Delete
  11. Gaya hidup yang glamor memang biasanya membawa seseorang untuk terus hidup bergelimang harta. Kalau ga bisa hidup seperti itu misal hartanya berkurang dan habis, maka ia akan mencari jalan pintas dengan cara menipu. Pinter juga cara nipunya ya, kayak meyakinkan gitu. Kursus ga dia yach hahahaha :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kan baca deh, doi bapak nya pialang saham yang tentu saja punya bakat gambling. Terus dia masuk AL pasti belajar strategi perang deh dikit dikit

      Nah terus terakhir dia kuliah di Kriminologi dan Bisnis.ditambah otak yang emang niatnya udah ambyar... Mateng deh

      Delete
  12. Semua pasti berawal dari keinginannya yang begitu banya dan besar akan sesuatu, lalu bagaimana cara mewujudkankan? ketika tidak ada lagi yang bisa dilakukan maka akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya seperti dengan menipu huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah tu dia maketu, aku sampe heran padahal ni orang bisa banget kaya beneran loh seara usahanya kan udah ada juga

      Delete
  13. Makanya saya mah gak mau baperan kalau main medsos. Atau kalau ada yang kelihatan tajir banget malah dinyinyirin. Biarin aja lah sesukanya dia hahaha.

    Beberapa waktu lalu, saya sempat membaca beberapa artikel dari luar. Memang di sana ada beberapa studio foto yang suka dipakai Instagramer yang selalu pengen tampil mewah. Jadi, kalau ada netizen yang kayaknya lagi ada di dalam private jet belum tentu faktanya seperti itu. Bisa jadi sebetulnya hanya di studio foto yang bentuknya kayak private jet hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. OOOH keren juga yaaaak hahahhaa

      apa kita pinjem studionya mereka buat merasakan aura "rich girl" ala Incess?

      Delete
  14. bener-bener ironis ya mba, kalo baca kisah-kisah begini jadi kayak mikir segitunya ya manusia bisa melakukan apapun hanya supaya pencitraannya mulus di media sosial.

    ReplyDelete
  15. Waaah baru tau ada yang bergaya hidup hedon di Instagram tapi dari hasil nipu. Kalau IG nggak begitu tau sih Mbak. Eh tapi ada juga loh yang pamer kehidupan mewahnya di tiktok. Baru tau juga kalau IG dan Tiktok itu buat sarana pamer. Selaama ini buat urusan kerjaan aja sih kalau IG

    ReplyDelete
  16. aku ga ngerti mereka, Neng. Hihi ... ada yaa yang begitu demi kenikmatan sesaat malah jadi sesat.
    Btw itu ciwi-ciwi ga masuk angin apa yak?
    semoga kita terhindar dari yang beginian lah. Inget akhirat...

    ReplyDelete
  17. gilaaaa... gilllaaa... ini ucapanku pas baca tentang mereka, sebegitu parahnya mereka ya. Tapi waktu aku tau cerita tentang si Azura Luna Mangunhardjono juga sempat amazed banget dan gak taunya... byeeeeee!!!

    ReplyDelete
  18. benar ya mbak..
    tidak semua yg ditampipkan di sosmed itu nyata...
    bisa jadi hanya kamuflase

    ReplyDelete
  19. Betul banget Makneng, jangan mudah tersepona eh terpesona dengan feed IG dan medsos orang, nikmati saja medsos untuk menyenangkan hati, Alhamdulillah kalau dapat penghasilan juga sekalian hihihi..ngeri pisan ya kisah Bilzerian ini...

    ReplyDelete
  20. Seru banget baca ceritanya mak, parah ya si dan bilzerian ini... Semoga kita dijauhkan dari sifat seperti itu...

    ReplyDelete
  21. Hadeuh...
    Ya begitulah ya..
    yang namanya medsos emang melenakan, kita kadang ngliatnya mereka kayak wah-wah'o tapi njeketek sama2 kisminnya hoho

    ReplyDelete
  22. Bagosss banget ulasannya. Menarik, renyah dan apa adanya. Ya memang begitulah sosial media. Bisa jadi panggung yang menjatuhkan, tapi bisa juga menjadi panggung awal kesuksesan. Emang kudu pinter-pinter main sosmed nih. Kudu waras karena sosmed sangatlah ganas.

    ReplyDelete
  23. Sayang juga ya gaya hidup borju jadi bikin orang yang halu melakukan segala cara.
    Aku mah apa adanya aja kalo di sosmed, trus nggak mau baperan juga kalo lihat kondisi orang dengan kelebihan harta dunianya. Nantinya juga nggak bakal dibawa mati, hihihiii

    ReplyDelete
  24. aku sih maunya yang wajar aja..kalo dapetnya mudah dan banyak cenderug cepet juga habisnya haha...

    ReplyDelete
  25. Nggak pernah dengar nama-nama tersebut jadi memang tulisan ini membuka pengetahuan jadi menambah insight dari berbagai sisi. Keren ulasannya Mbak.

    ReplyDelete
  26. iya memang sosmed gak usah dibawa terlalu serius ya dan jangan mengumbar hal-hal pribadi supaya gak kerasa yang aneh2

    ReplyDelete
  27. Kak Tanti...
    Nuhun atas insight nya.
    Aku selalu senang baca cerita kak Tanti. Kaya hari ini, aku jadi belajar satu hal bahwa semua yang ada di sosial media adalah bukan sebuah cerminan. Itu hanya ilusi dan maukah kita memberikan ilusi kepada orang lain?

    ReplyDelete
  28. Iya mba, bukannya takjub sih kalau lihat orang pada pamer kekayaan gitu. Konyol banget malahan ya kesannya, walaupun itu ya hak mereka sih mau pamer apa aja boleh. Medsos mereka sendiri juga. :) Orang yang kaya beneran malah biasanya jengah kalau ketahuan ada yang upload kekayaan mereka.

    ReplyDelete
  29. Uwoo..memang king and queen Instagram dan medsos ini, menghalalkan segala cara biar terlihat punya segalanya
    Gosah jauh-jauh sih, teman atau orang yang kita kenal aja, gayanya duh selangit di medsos, giliran ketemu menghindar karena masih ada sangkutan ke kita hohoho
    Zonk banget ga sih!

    ReplyDelete
  30. Keknya memang benar, sih. Orang kaya beneran justru tidak memamerkan kekayaannya. Sayang banget, kaya tapi nipu. Nggak berkah dan tenang hidupnya, haha . BTW, saya suka intip YouTube nya. Suka sama Doodle nya. Saya juga sedang belajar nge-doodle, hihi

    ReplyDelete
  31. dari semua yang dibahas cuma tahu yang azura ini karena sempat penasaran sih hehe. menilai postingan orang di sosmed bisa juga dari sudut pandang yang baik, gak melulu buruk. lihat teman punya mobil baru gak lantas harus iri tapi ikut bahagia dong
    hal tersebut juga bisa memotivasi orang lain untuk berusaha bila menginginkan hal yang sama

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat (^_^)

Btw, jika ada link hidup dengan berat hati saya hapus \(*_*)/