KITCHEN DECLUTTERING DENGAN BOX CONTAINER, MEMILAH BARANG DENGAN EFISIEN



KITCHEN DECLUTTERING DENGAN BOX CONTAINER, MEMILAH BARANG DENGAN EFISIEN

Semua pasti sepakat, jika kegiatan bebenah rumah apalagi area dapur adalah area tersulit! Selain area dapur ini pernak-perniknya banyak, juga terbagi ke dalam beberapa kriteria.

Aku sendiri punya pengalaman bongkar dapur dan membereskan kembali ini, setelah ada  peristiwa tak enak; ada jejak tikus  di sink cuci piring! Hiiy!

Jadilah, seharian sibuk mencari pembasmi tikus. Memasang jebakan, mulai dari lem tikus hingga jebakan kawat. Dan, tentu saja aku tak berani melihatnya, mengandalkan bantuan pak suami dan seorang mekanik bengkel yang kebetulan tinggal di sebelah rumahku!

Setelah itu, aku mengeluarkan semua (literally semua!) perabotan dapur, dan melakukan deep cleaning, satu per satu barang dikeluarkan dari tempatnya, dari rak dan dari laci dapur.

Ketika barang sudah berantakan tak karuan, baru kusadari, aku memiliki terlalu banyak barang! Dan itu tentu saja makin menyulitkan ketika ditata ulang. 

Alhasil, aku mengobrak-abrik pinterest dan mengingat-ingat kembali metode Konmari yang pernah kupelajari. Dan... tadaaa ini dia hasilnya!
Persiapan decluttering

Mula-mula, siapkan beberapa container box dan kardus bekas

Siapkan container box dan kardus tak terpakai


Yes. meskipun kita memiliki rak-rak piring dan mungkin kitchen set, namun pada saat mengeluarkan semua barang, kita akan dibuat pusing jika tak langsung mengklasifikasikannya terlebih dahulu.

Untuk itu aku menyiapkan 4 buah container box berukuran sedang dan 2 buah container box berukuran besar.

Selain itu, aku juga menyiapkan 3-4 buah kardus bekas (ini dapatnya dari bengkel ya, bekas membeli oli botolan, tentu saja dalam kondisi bersih)

Memilah dan Mengklasifikasi Jenis Barang

Secara general, aku memisahkan peralatan di dapur sebagai berikut :
  1. Lemari berisi peralatan makan : Piring, gelas, mangkok
  2. Peralatan masak seperti wajan, panci dan rantang
  3. Wadah plastik
  4. Wadah besi / aluminium/ stainless steel
  5. Tas kresek dan wadah plastik sekali pakai
  6. Sendok, aneka pisau, sutil, penyaring teh, dll
  7. Aneka tutup 
Nah sesudah dibagi menjadi beberapa bagian, maka aku mulai memasukkan satu persatu sesuai klasifikasinya. Oya untuk container box, aku  hanya menggunakan satu buah merek yaitu container box merek Shinpo. 

Alasan Menggunakan Kontainer Box Shinpo


1. Bahan berkualitas

Hal ini bisa di lihat dari ketebalan bahan dan daya tahan dalam menahan beban. Bahan container dari shinpo kokoh dan kuat. Sehingga kita tidak khawatir saat menaruh barang dalam jumlah banyak.




2. Awet, tidak mudah pecah

Ini juga merupakan keunggulan tersendiri dari produk shinpo. Kualitas produk yang awet serta tidak mudah pecah membuat kita tenang dalam menggunakan produk tersebut. Sebab produknya tidak mudah rusak.

3. Ada seal karet silikon di tutup atau cover, dilengkapi 4 klip yang kuat

Tutup silikon ini membuat barang yang kita simpan tidak mudah tumpah. Karena keempat  klip tadi akan menutup dengan rapat dan juga kuat.

4. Kedap udara dan air (anti-bocor), sehingga isi bersih dan aman


Karena kedap udara maka makanan yang disimpan akan tetap terjaga kerenyahannya. Selain itu juga makanan tetap terjaga kebersihannya.

5. Bisa ditumpuk, sehingga rapi dan hemat tempat


Inilah salah satu kelebihan container box dari yang shinpo yang membuat ruangan kita terasa lebih luas dan lega.

6. Desain yang minimalis dan praktis


Desain ini sangat memudahkan kita untuk membawa container box mudah sebab handlenya kuat  dan nyaman

7. Aman untuk menyimpan makanan


Sebab kontainer box dari shinpo Food Safe, BPA-Free, dan tidak bau kimia (odorless)

8. Serbaguna

Tidak hanya untuk menyimpan barang-barang ataupun mainan kita. Tetapi container box dari shinpo juga tersedia untuk menaruh bumbu-bumbu dapur.

Mulai dari beras, tepung, hingga botol saos. Sehingga ruangan dapur kita menjadi bersih dan tertata rapi. Dengan demikian makanan kita bisa terjaga kebersihannya.

Untuk selanjutnya, agar rumah terlihat rapi dan terorganisir dengan baik, 
gunakan selalu beberapa container box plastik berkualitas yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang seperti mainan anak, buku, pakaian, dan lain sebagainya.


Kenapa? 
Karena saat ini, lahan juga terbatas, dan bentuk hunian semakin minimalis dan kadang keluarga muda lebih suka memilih tinggal di apartement.

Mengandalkan container box plastik adalah pilihan tepat, karena tempat penyimpanannya bersifat praktis dan fleksibel sehingga dapat menciptakan rumah nyaman dan tidak memakan banyak ruang.

Nah sekalian ingetin,
karena udah terlanjur jatuh hati sama merek Shinpo ini, aku rekomendasikan beberapa houseware yang bisa dipilih seperti di bawah ini!


Rumah yang bersih dan barang-barang tertata rapi membuat penghuninya merasa nyaman. 

Melihat kondisi ruangan rumah yang demikian pastinya akan memunculkan perasaan yang lebih segar. Selain itu juga saat ada teman yang berkunjung ke rumah, kita akan lebih percaya diri.

Yuk ah, lanjut decluttering kamar! 


24 comments

  1. Beneran Mbak Tanti..lihat barang numpuk tuh rasanya..penginnya rapi baiar ada tempat lapang di rumah yang lu lagi lu lagi ini hihii
    Shinpo container box bisa nih jadi jawaban buat tempat penyimpanan yang praktis dan fleksibel agar rumah makin nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya membantu banget nih mbak Dian
      apalagi transparan dan keren tampilannnya

      Delete
  2. Hihihi ternyata nggak hanya aku yang memanfaatkan box container sampe ke dapur. Soalnya lumayan nih buat nyimpen-nyimpen barang dan memang jadi terlihat rapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pake untuk kertas kertas juga, soalnya ga tahan berantakan mbake

      Delete
  3. Wah, asik bangett kalo ada container box kayak gini.
    acara bersih2/rapih2 rumah bakal menyenangkan banget
    yg mau decluttering juga makin gampil, ye kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa beli ya ada yang gede banget sampe kecil loh,
      semua sesuai kebutuhan

      Delete
  4. Akku juga selalu mengandalkan container box untuk urusan beres-beres. Apalagi ngeberesin mainan anak-anak. Aku masukin smeua ke container. Jadi klo selesai dimainin, tinggal brak bruk aja masuk ke dalam container.

    ReplyDelete
  5. Jujur aku baru tau nih mak merek Shinpo, selama ini di rumah barang-barang ibuku ternyata beberapa merek Shinpo nggak ngeh banget. Tempat kerupuk, tempat donat, pokoknya banyak Shinpo hihi

    ReplyDelete
  6. Saya punya banyak box Shinpo di rumah. Apalagi pas mau pindahan. Beli beberapa box berukuran besar. Buat saya lebih enak pakai box begini daripada kardus kalau untuk tempat penyimpanan

    ReplyDelete
  7. Aku banget nih. Suka pake container box ini buat beres2. Tinggal cemplungin beres. Dan kotaknya transparan. Jd kalo mau nyari sesuatu tinggal liat dulu ada gak nya

    ReplyDelete
  8. Aku punya nih beberapa kontainer box Shinpo Sealfresh, awalanya untuk simpan mainan anak-anak biar ngak tercecer dan kelihatan berantakan apalagi dengan kontainer box ini mudah dipilah-pilah berdasarkan jenis mainannya. Tapi sekarang sudah beralih fungsi jadi tempat menyimpan buku anak-anak dan perlengkapan sekolahnya, soalnya kontainernya masih bagus banget dan awet...jadi pingin beli lagi biar rumah ngak terlihat berantakan.

    ReplyDelete
  9. Saya juga punya kontainer box seperti ini, paling banyak buat nyimpen mainan anakku, tapi ini multifungsi juga sih bisa buat nyimpen aneka macam barang lainnya

    ReplyDelete
  10. box container tuh emang penyelamat banget kalau ku bilang, karena aku pakai juga di rumah untuk properti foto biar pada gak berantakan dan bisa disimpan sesuai dengan kategorinya juga.

    ReplyDelete
  11. Box container itu praktis banget, kapan hari aku baru beli. Barang yang berantakan aku rapikan dan ditaruh di box container. Sekarnag alhamdulillah dapur rapi

    ReplyDelete
  12. pakai container box ini emang praktis ya mbak
    bikin urusan beberes makin mudah dan praktis
    klo aku biasanya pakai container box buat beresin mainan anak-anak

    ReplyDelete
  13. Nah, bener. Enaknya pakek container box tuh bisa ditumpuk-tumpuk. Jadi rumah lebih rapi dan gak makan tempat. Cocok buat mainan anak, properti foto, juga barang-barang lain yang gak dipakai setiap hari.

    ReplyDelete
  14. Zaman anak masih kecil juga suka nyimpan mainan di box kayak gini, jadi pengen beli Kontainer Box Shinpo buat simpan perlengkapan masak dll

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah saya punya banyak containerkayak gini mak dari berbagai ukuran. Sangat membantu banget apalagi pas banjir kemarin berfaedah sekali

    ReplyDelete
  16. Aduh, container begini nih yang memang aku perlukan. Kalo aku sih buat tempat mainan bocah. Biar gampang beresin dan gak berantakan. Pas nih kayaknya. Nyari ah di sini. Semoga ada.

    ReplyDelete
  17. Baca ini aku jadi terinspirasi juga untuk ikut merapikan barang-barang di rumah, terutama mainan anak-anak yang menumpuk campur aduk begitu saja di bawah tangga. Yang bagus dan sudah rusak campur, yang jarang dipakai pun sampai berdebu.

    Enak kalau ada kontainer box gini ya, bisa tertata rapi sesuai klasifikasi barang, nyimpannya juga bisa di tumpuk jadi nggak banyak makan tempat

    ReplyDelete
  18. Wah...pilihan produknya ada banyak.
    Ibuku banget nih.. Di rumah Surabaya andalan Ibuku beli kontainer box. Maklum yaa..Ibu suka menjahit. Jadi agar lebih rapih, kain dan semua kelengkapan seperti renda juga alat-alat jahit, dimasukkan ke kontainer box.

    ReplyDelete
  19. Andalan banget ini buat aku save barang-batang lama tapi penting, kayak kenangan alm anakku, bajuny atersimpan rapi di sana, beberapa aja sih karena sebagian sudah dihibahkan. Awet dan bikin rumah rapi deh kontainer box

    ReplyDelete
  20. Aku juga pakai kontainer box shinpo di rumah. Sangat membantu buat wadah setelah beberes. Semua jadi lebih tertata dan lebih rapi

    ReplyDelete
  21. aku pakai kardus mba duh kok ga kepikir pakai kontainer ya secara kan bisa bersih barang2 declutteingnya. tapi box ini aku pakai buat mainan anak enak langsung jleb masukin semua trus besooknyaaa diberantakin lagi sama anak2 wkwkkw

    ReplyDelete

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)