BETADINE THROAT SPRAY, UNTUK ATASI RADANG TENGGOROKAN

ematian adalah ujung dari perjuangan, akhir dari kemenangan, pintu dari kehidupan.


Betadine Throat Spray Solusi Mengatasi Radang Tenggorokan?

    Hai semuanya, semoga yang baca tulisanku, hari ini diberikan kesehatan yaaa...

    Well yeah, beberapa minggu lalu, cobaan  hidup akhirnya menyapa kembali. Allah menunjukkan kasih sayangNYA dengan cara lain,  yaitu ia meminta salah satu adikku untuk pulang ke haribaanNYA.

    Karena sebelumnya almarhum terkena stroke, aku mondar mandir dan berjaga di rumah sakit setiap hari, dan ketika ia diperbolehkan pulang oleh dokter, ternyata itu adalah kata "pulang" yang sesungguhnya...

    Yah begitulah hidup ya, ada kala kita semua senang, ada kalanya kita harus tetap tegak berdiri walau terasa pedih di hati.  Well, sedih tentu saja, dan itu menyebabkan aku tak memperhatikan kesehatan. Dan karenanya terkena radang tenggorokan. 

Radang Tenggorokan dan Gejalanya


Gejala sakit tenggorokan adalah rasa nyeri, tidak nyaman, 
atau kering pada tenggorokan. Jika terjadi infeksi, akan menyebabkan demam dan ngilu di persendian.

Kondisi ini merupakan gejala atau keluhan yang bisa disebabkan oleh beragam gangguan atau penyakit, salah satunya adalah infeksi virus. 



    Secara umum, beberapa penyakit yang bisa menimbulkan gejala berupa sakit tenggorokan adalah:
  • Tonsilitis, yaitu peradangan pada amandel atau tonsil

  • Faringitis, yaitu peradangan pada saluran yang menghubungkan hidung atau mulut dengan kerongkongan (esofagus) atau saluran tempat pita suara (laring)

  • Laringitis, yaitu peradangan pada laring

    Pada beberapa kasus, sakit tenggorokan juga bisa menjadi pertanda dari penyakit yang lebih serius, seperti:

  • Infeksi mononukleosis, yaitu infeksi virus Epstein Barr yang ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening, demam, dan sakit tenggorokan

  • Abses peritonsil, yaitu pembengkakan bernanah yang timbul pada langit-langit tenggorokan dan bagian belakang amandel

  • Epiglotitis, yaitu peradangan pada epiglottis atau katup yang memisahkan saluran pernapasan dengan saluran pencernaan

  • COVID-19, yaitu infeksi virus Corona yang menyerang saluran pernapasan dan menimbulkan gejala yang beragam, termasuk flu, sakit tenggorokan, demam, batuk, dan sesak napas

    Dalam istilah kedokteran, radang tenggorokan (faringitis) adalah peradangan yang terjadi di faring (tenggorokan). Kondisi ini bisa disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Kondisiku itu mengganggu banget, karena di saat demam, aku juga masih harus wira-wiri Tangerang, Slipi, dan Ciputat mengurus pemakaman, bantu-bantu Ibunda yang sekarang tinggal sendirian di Ciputat. 

    Yang kutakutkan adalah jika penyakit radang tenggorokanku ini menular, karena kan saat itu semua sedang merasakan lelah mental dan fisik. Selain itu,  saat ini kita kan juga masih harus berjuang melawan virus Omicron ya. Benar saja, tak lama, anak-anak dan pak suami tertular!

    Untunglah, pak suami mendapat obat semprot dari adiknya yang lama bermukim di Singapore. Berdasarkan pengalaman selama pandemi, ia menggunakan produk ini juga, dan  ia juga membeli beberapa untuk stok obat-obatan. Nah  ini dia obatnya Betadine Throat Spray. 

    Produk ini sebenarnya juga sudah ada di Indonesia, namun tidak pernah terpikir untuk mencoba karena merasa belum perlu!

BETADINE THROAT SPRAY, UNTUK ATASI RADANG TENGGOROKAN


Betadine Throat Spray dan Manfaatnya 

BETADINE THROAT SPRAY, UNTUK ATASI RADANG TENGGOROKAN

BETADINE THROAT SPRAY, UNTUK ATASI RADANG TENGGOROKAN


1. Betadine throat spray, dengan bentuk spray, lebih praktis

    Sekarang ini obat sakit tenggorokan dalam bentuk spray menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi sakit tenggorokan.  Produk ini dinilai lebih praktis digunakan daripada obat oral atau berkumur. Bahkan, botol spray sakit tenggorokan ini lebih efektif untuk mengatasi infeksi yang menyebabkan sakit atau radang tenggorokan. 

    Akhirnya aku dan pak suami mencari di beberapa apotik, dan..... tepat, sodara-sodara! Hampir semua mengatakan tidak tersedia atau habis! Alhamdulillah ketemu di sebuah apotek besar di daerah Mangga Dua!


2. Pengalaman Menggunakan Betadine throat spray yang mengandung Povidone iodine

    Setelah dicoba, ya memang sepraktis itu sih.. sehari aku menyemprot Betadine throat spray ini langsung ke rongga mulut. Rasanya ... hmmm... kamu yang pernah mencoba berkumur dengan Betadine obat kumur, pasti tahu. Yah selain terasa pedas juga berbau obat (ya, karena memang obat yhiaaa Wahyu!) 

    Secara berangsur-angsur, tenggorokan yang kering membaik. Aku menyemprot sehari 3-4 kali, dengan jeda waktu 4 jam sekali. Tenggorokan yang gatal dan kering, berkurang dengan cepat, walau tidak seketika. 

    Jadi aku merekomendasikan kalian yang sedang mencari obat sakit tenggorokan, cobain deh Betadine Throat Spray. Obat semprot  throat spray keluaran Betadine ini telah mengandung Povidone Iodine 0,45% yang mampu mengatasi sakit tenggorokan, gusi bengkak, sariawan, bau mulut dan bau tidak sedap. 

    Kemasan botol spray yang kecil, juga mudah untuk disimpan atau dibawa kemanapun untuk mencegah sakit tenggorokan terutama setelah mengkonsumsi makanan berminyak dan pedas.

Harga Betadine Throat Spray

    Karena produk ini memang belum meluas di Indonesia, dan kandungannya masih impor, Betadine Throat Spray ini di-bundling dengan harga Rp. 200rb. Bandingin ama Betadine kumur yang sebotol cuma Rp. 50 rb. 

    Ya tapi walau sebenarnya menurutku sama saja fungsinya, tapi dari segi kepraktisan, aku sih merekomendasikan yang spray produk ini. Btw, aku sudah pernah pake Betadine kumur, karena saat itu terkena sariawan dan gusi berdarah.

    Nah untuk tes bedanya, aku semprotin dikit Betadine Throat Spray ke kertas. Terus aku tuangin juga dikit Betadine kumur. Kalau diperhatikan yang betadine kumur lebih pekat dengan warna merah, sedangkan Betadine Throat Spray lebih encer dan warnanya kuning. 

Kandungan Povidone Iodine nya 0.45% sedangkan kalau
Betadine kumur itu 1%.



Cara Menggunakan Betadine Sore Throat Spray

  • Caranya pas mau nyemprot itu, buang napas kenceng sampai ada suara “HAAA” gitu. Jangan ambil napas, karena takutnya si cairan malah masuk ke dalam paru-paru.

  • Jangan sampai ketelan!  

  • Semprot Betadine Throat Spray 3-4 kali saat radangnya sakit sekali, untuk selanjutnya cukup 1-2 kali saja

  • Setelah disemprot, diamkan dulu - tidak usah kumur atau minum-minum air dulu

  • Oya, khusus ibu hamil menyusui dan yang ada penyakit tiroid, jangan pake ini yah!
  • Kalau udah pake ini selama 2 minggu berturut-turut dan gak sembuh, STOP! karena itu udah batas maksimum pemakaian. Jangan sampai overdose.
Nah itu pengalamanku menggunakan Betadine Throat Spray, jika kalian sedang  terkena radang tenggorokan boleh dicoba ya... semoga bermanfaat sharing kali ini. 

38 komentar

  1. Praktis banget nih cuma disemprot, ya. Biasanya kan kalau radang tenggorokan dikasih obat ga cukup satu.

    BalasHapus
  2. Pas banget nemu tulisan ini. Udah beberapa hari ini bangun tidur tenggorokan saya rasanya kering banget. Udah minum juga masih terasa kering. Terus kadang terasa gatal juga, jadi sering batuk-batuk.

    Jadi betadine throat spray ini belum banyak ya peredarannya di Indonesia, ntar coba saya cari di apotik besar di sini deh.

    BalasHapus
  3. Sering banget tenggorokan ngerasa serak dan gatal, susah banget kalau udah gitu ternyata ada solusi mudahnya nih gak perlu sampai batuk-batuk karena udah ada betadine yang bantu atasi. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  4. Turut berdukacita ya, Mbak Tanti .... ujian dari Allah tidak terduga.

    Btwm baru tahu nih saya tentang Betadine Throat Spray ... saya alau capek gampang kena radang tenggorokan. Sudah tahu dari sini, nanti bisa dicari.

    BalasHapus
  5. Wah, kok pas banget ya, aku dua hari ini kena radang tenggorokan, makasih Mak Tantikuu.., aku cus ah beli betadine throat spray.

    BalasHapus
  6. Praktis ya tinggal spray aja gitu. Gak kena tangan langsung pastinya kehigienisannya juga terjaga ya

    BalasHapus
  7. praktis ya menggunakan betadine throat spray, tapi perlu tahu cara penggunaanya agar tidak ketelan dan merusak paru-paru. Kalau selama ini, suamiku sih pakai obat kumur kalau sudah merasa sakit tenggorokan. Nanti aku bilangin pak suami pakai spray betadine ini, terutama kalau udah parah banget sakit tenggorokannya.

    BalasHapus
  8. Mom, ini produk baru dari Betadine ya? Simple banget ya. Saat tenggorakan kering dan gatel tinggal semprot Betadine Throat Spray ya

    BalasHapus
  9. Wah, bisa dijadikan senjata andalan nih Betadine Throat Spray ini... Secara akupaling suka makan gorengan macam kacang goreng, keripik, apalagi kerupuk...
    biasanya aku langsung makan permen merah legendaris itu sih, tapi keknya bagusan betadine spray ini deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai penyuka gorengan juga, walau sadar kalau habis makan gorengan tenggorokan ngerasa nggak nyaman, tapi nggak berhenti juga makan gorengan, saya pun ngerasa butuh ini Pak. Tinggal semprot-semprot aja, tenggorokan udah lega lagi

      Hapus
    2. Sama nih aku juga penyuka gorengan, padahal gak baik ya karena banyak kolesterolnya. Hehe, sy juga kadang ngimbangin dengan makanan yang dikukus. Nah, betul sih, selepas makan gorengan mungkin baiknya pake betadine throat ini kali ya, bisa nuntaskan minyak di tenggorokan yang kadang bisa bikin batuk dan radang tenggorokan.

      Hapus
  10. makasih bgt mba udah diajarin cara pake betadine throat ini, karena maju mundur pas kerasa butuh waktu itu, rada sedikit sakit tenggorokan. klo begini insya Allah gak ragu lagi

    BalasHapus
  11. kayanya saya juga harus pakai Betadine Throat Spray.

    tenggorokan sering tiba tiba sakit, kering dan batuk batuk

    tapi bingung penyebabnya, apakah virus atau alergi

    BalasHapus
  12. Eh, ada ya betadine buat tenggorokan, hiks kudet nih saya mb, selama ini tahunya betadine hanya untuk ulka itu. Kalau ada kayak gini, bisa nih jadi pilihan.

    BalasHapus
  13. Harganya memang 4x Betadine kumur tapi dari segi kepraktisan worthed to buy. Tinggal bawa kemana saja saat radang tenggorokan menghampiri kita dan semprotkan Betadine Sore Throat Spray di sana

    BalasHapus
  14. Innalillahi wa innailaihi roji'un.. Turut berduka mbak Tanti.. Semoga Adeknya diberikan tempat terbaik oleh Allah.

    MasyaAllah.. bener radang tenggorokan ini momok banget, suami kalau stres dikit, langsung kena radang yang deamnya itu sampe 3 hari lebih. Belum pernah nyobain betadine semprot ini, kayakya saya juga harus nyetok dirumah nih, lumayan juga harganya.. kayaknya bakalan manjur juga ^. semoga sehat selalu Mbak Tanti.. dan bahagia hehe..

    BalasHapus
  15. Betadine produk andalan keluarga sejak dulu kala ya maak, seneng Betadine menambah varian bukan hanya obat antiseptic tapi untuk semprot, plester luka juga ada.

    Semoga sehat selalu maak turut berduka cita ya mak atas meninggalnya adik tercinta.

    BalasHapus
  16. Jika mengalami permasalahan dengan tenggorokan karena makanan gorengan dan menyemprot menggunakan betadine throat spray dapat mengobati

    BalasHapus
  17. Radang tenggorakan itu nyebelin bangett bikin susah fokus beraktivitas aja, tapi syukur sekarang udah ada betadine throat spray yaa��

    BalasHapus
  18. Aku juga sering terkena radang tenggorokan nih mba. Rasanya sangat mengganggu dan tidak nyaman. Kalau sudah begitu, makan kerupuk satu aja pasti aku batuk. Wah, untung ada Betadine throat spray ya. Praktis tinggal semprot-semprot..

    BalasHapus
  19. uwow harganya mayan mahal juga ya. Kukira dikisaran harga 50k. Aku biasa pake FG Troches si buat radang

    BalasHapus
  20. Selama ini tahunya produk Betadine ya untuk luka. Eh makin ke sini ternyata mereka berinovasi melahirkan produk untuk atasi radang tenggorokan yaa. Lagi pandemi sekarang tuh gampang banget ngerasain yang namanya radang tenggorokan. Huhuhu

    BalasHapus
  21. Aku sakit tenggorokan biasanya kalau mau flu yang diawali sakit tenggorokan..serak, biasanya langsung cari obat..baru tau nih ada obat spray buat tenggorokan..thank ulasannya mak...

    BalasHapus
  22. ini solusi praktis yaa buat mereka yang sedang menderita radang tenggorokan. Sepertinya saya mesti siapin ini juga di rumah soalnya kalo udah makan yang manis-manis tenggorokan saya sering sakit

    BalasHapus
  23. Enak juga ya mbak sakit tenggorokan bisa diatasi nyerinya pakai betadine throat spray, aku belum nyobain nih soalnya kadanh radang tenggorokan juga nih. Aku cari deh nanti mbak produknya kayanya butuh untuk stok di rumah

    BalasHapus
  24. Aku juga pakai nih mak setiap keluar rumah selalu semprot dan selalu dibawa sepasang dengan semprot hidung. Eh tapi aku nggak tau juga saat semprot itu ketelan masuk paru atau enggak soalnya berasa di tenggorokan

    BalasHapus
  25. Inna lillahi wa inna lillahi roji'un.
    Turut berduka cita atas kepulangan adik tercinta kak Tanti. Semoga Allah limpahkan kemudahan dan kelapangan bagi keluarga yang ditinggalkan.

    Kami sekeluarga jadi suka banget sama semua produk Betadine.
    Penting banget untuk stok Betadine Throat Spray, pertolongan pertama ketika tenggorokan rasa-rasa berat.

    BalasHapus
  26. Bisa banget ini jadi stok di rumah ya ada Betadine Throat Spray. Sering banget kalau udah perjalanan jauh tenggorokan jadi sakit, kalau ada betadine lebih diatasi

    BalasHapus
  27. Penggunaan throat spray ini setau saya memang sangat efektif mbak untuk mengatasi radang tenggorokan. Suami sering pakai.

    BalasHapus
  28. Bulan lalu aku kena sakit radang tenggorokan, lumayan mengganggu banget. Baru tau ada obat spray untuk radang tenggorokan, ini lumayan praktis ya tinggal semprot aja

    BalasHapus
  29. Mbak tanti, saya turut berduka cita atas wafatnya adik tercinta. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Memang sakit tenggorokan pun tidak boleh ditemukan ya mbak. Untung ada betadine throat spray yg bisa dibawa kemana mana

    BalasHapus
  30. Radang tenggorokan itu sangat menyebalkan. Dulu saya sering ngerasain ini karena sering masak yang serba digoreng. Sekarang sudah jarang. Tapi tetap harus diingat produk ini secara saya cukup mudah flu dan batuk.

    BalasHapus
  31. Nggak enak radang tenggorokan, karena efeknya itu ya bikin demam, dan paling resahnya mau makan jadi kurang nikmat.
    Semoga kita sehat selalu ya Mak, apalagi dalam menyambut bulan Ramadhan sebentar lagi

    BalasHapus
  32. Saya belum nyoba nih mba betadine spray, biasanya pake betadine kumur. Mau stok juga betadine spray buat jaga jaga kalau kena radang

    BalasHapus
  33. Betadine Spray ini Produk barukah ini mbak?.bermanfaat banget ini kalau lagi radang tenggorokan secara ekarang musimnya lagi pancaroba ..boleh nih nanti saya beli untuk persediaan

    BalasHapus
  34. Jika belum ada tanda-tanda infeksi tapi mau pakai betadine ini bisa juga kan ya mba? Misalya untuk pencegahan gitu.

    BalasHapus
  35. Produk Betadine banyak jenisnya ya mbak, bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti kalau sakit tenggorokan udah ada produk betadine throat spray jadi sewaktu-waktu kambung atau sakit udah tersedia

    BalasHapus
  36. Saya baru tau loh mba kalau betadine itu ada obat spray buat tenggorrokan. Taunya ya buat obat luka dan kumur oiya utk kebersihan area intim juga. Perlu dicoba nih kalau memang pas kena radang tenggorokkan.

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)