DRAMA BEHIND THE DARKEST DARK PAINT!

 

Hai temans, 
pernah terpikir apa kalau mendengar kata "HITAM"? Gelap. Suram. Apa lagi?

Mari kita definisikan dahulu kata hitam itu.

Hitam dalam definisi ideal adalah representasi ketidakhadiran sedikit pun warna atau cahaya di dalam sebuah ruang gelap. 
Dalam fotografi, hal ini berarti ketidakmampuan film atau sensor menangkap cahaya akibat intensitas pembakaran terlalu rendah. Hal ini bisa dicapai dengan melakukan pengukuran under exposure dalam penggunaan pengukur cahaya (sumber : wikipedia)

 

Kontroversi Vantablack: Anish Kapoor vs Stuart Semple

BUKAN istri Anish Kapoor, apalagi kapur tulis, sama sekali bukan!


Jujur saja sebagai penggemar warna hitam,
aku malah tidak melihat kata ini sebagai sebuah kesuraman, melainkan warna baju, kaos, celana, gamis atau bahkan kebaya yang menjadi favoritku. 

Selain bersifat netral, warna kaos hitam bisa dikombinasikan dengan apa saja. Setuju? 

Tapi, ternyata buat para seniman, warna hitam bisa menjadi sebuah kontroversi! Mungkin kalian pernah tahu cat acrylic atau oil painting atau crayon berwarna hitam, dengan merek-merek tertentu?

Favoritku untuk cat hitam adalah Giotto, Reeves dan Sakura, karena selain terjangkau harganya (kisaran 30 ribuan untuk tube isi 30 ml) selain itu pigmen-pigmennya diproduksi dari bahan-bahan berkualitas untuk menciptakan warna-warna menarik. Oleh karena itu, kita bisa memakai teknik lukis layaknya teknik memakai cat minyak.

Back to the topic, jadiii alkisah ada seorang pemahat dan seniman instalasi Anish Kapoor, yang ngotot banget ingin membeli hak artistik eksklusif untuk warna hitam paling hitam di dunia pada tahun 2016. 

Keinginannya ini at the end  mengakibatkan kontroversi yang meluas dan perseteruan dengan Stuart Semple!

Kenalan sama si Anish Kapoor dulu 



Anish Kapoor adalah seorang pematung dan seniman instalasi India kelahiran Inggris kontemporer dengan karir yang panjang dan bervariasi. Pada tahun 1991, Kapoor memenangkan Turner Prize dan pada tahun 2009 menjadi seniman hidup pertama yang mengadakan pameran tunggal di Royal Academy of Arts Inggris. 

Dia mungkin paling dikenal untuk patung berskala besar dan karya seni publik yang dibuat dari bentuk biomorfik sederhana, termasuk karya patungnya yang terkenal di Millennium Park di Chicago, Cloud Gate (bahasa sehari-hari dikenal sebagai 'The Bean'). 

Cloud Gate

Sebagai ciri khas lain dari karyanya, Kapoor memiliki beberapa materi yang mencolok secara visual yang sering ia lalaikan. 

Banyak karya, seperti Cloud Gate, dibangun dengan baja yang dipoles hingga hasil akhir seperti cermin. Kecintaan Kapoor pada permukaan yang berbeda secara visual membawanya ke dalam kontroversi dengan Vantablack.


Anish Kapoor Bertarung demi "the Vantablack Controversy"


Awal mula perseteruan adalah di tahun 2014, Surrey Nano Systems merilis bahan yang disebut 'Vantablack.' 

Pada saat itu, Vantablack mempromosikan sebagai hitam paling hitam di dunia, menyerap 99,965% cahaya tampak. Pada tahun yang sama, Kapoor mulai menggunakan materi yang baru dikembangkan ini dalam karya seninya.

Meskipun dikembangkan terutama untuk aplikasi tekniknya, Kapoor segera mengenali potensi artistik untuk 'Vantablack': bahannya sangat gelap, memberikan tampilan yang benar-benar rata.

Sebenarnya, Kapoor telah mengejar efek seperti itu dalam karya seninya sebelumnya, dengan karya seperti Descent Into Limbo, tampilan instalasi kubus berukuran 600 cm di Serralves, Porto, terdiri dari lubang melingkar di lantai, dindingnya dicat hitam untuk memberikan kesan kekosongan mutlak.

Ketertarikan Anish Kapoor  pada Vantablack menjadi kontroversial pada tahun 2016. Setelah beberapa tahun bereksperimen dengan materi tersebut, Kapoor membuat kesepakatan dengan Surrey NanoSystems: dia membeli hak eksklusif untuk penggunaan Vantablack sebagai materi seni. 

Perkembangan ini menyebabkan gesekan langsung di dunia seni, dengan banyak yang mencela tindakan Kapoor, mengklaim bahwa dia mencuri dari komunitas seni!

KENAPA? 

Karena, seorang seniman itu tidak boleh memonopoli materi apa pun!

Tapi sebenarnya Kapoor melakukan itu bukannya tanpa preseden. Di tahun 1960-an, Yves Klein pernah mematenkan campuran pigmen biru (International Klein Blue, atau IKB) yang menjadi warna khasnya dalam rangkaian lukisan monokrom. 

Karya Yves Klein
International Klein Blue

Di luar "batasan hukum", beberapa bahan seni sepanjang sejarah sebenernya sulit diakses, loh.. 

Pernah tahu tidak, terciptanya biru laut, misalnya, dulu secara tradisional dibuat dengan lapis lazuli bubuk (batu permata lazuardi). Jadi dulu sangat mahal sampai alternatif sintetis dikembangkan pada abad ke-19!

Gimana dengan "Resep untuk cat Mummy Brown"?

Mummy Brown adalah pigmen cat yang populer di Eropa pada abad ke-16. Warna coklat yang kaya dibuat dari menggiling mumi Mesir, baik manusia maupun kucing. Cat warna mummy ini sekarang dikenal dengan warna oker atau sephia, dan digunakan untuk melukis bayangan, kaca, dan "daging" manusia atau hewan dalam karya seni minyak dan cat air.

Terkesan sadis ya, karena cat ini kan digunakan untuk melukis para raja-raja itu, dan... karena harus pake mumi yang digiling beneran, produksinya langka karena pasokan mumi yang semakin menipis.....


Mengenai Vantablack, masih ada sejumlah faktor rumit yang membuatnya menjadi situasi yang agak unik. Vantablack tidak hanya mahal, tetapi tersedia secara eksklusif (untuk tujuan artistik) untuk Kapoor. 

Selanjutnya, Kapoor sendiri tidak membuat materi tersebut, dia hanya membeli haknya. Mungkin yang paling penting, Vantablack sendiri memiliki kualitas emosional yang melekat dan kuat karena apa adanya: hitam paling hitam di dunia.

Public Feud of Vantablack

Karya Anish Kapoor


Dalam kasus Kapoor dan Vantablack khususnya, kalian mungkin bertanyeaa-tanyeaa apa sih dimensi lain dari "public feud" tersebut? 

Vantablack dan efek doff-nya memiliki kekuatan estetika langsung dan mendalam untuk para penikmat seni. Untuk memahami kontroversi ini secara total, ya kita memang harus ada di depan obyeknya, sehingga bisa merasakan daya tarik emosional warna si Vantablack ini. 

Ini sama seperti si Warna biru Klein, misalnya, kalau kita lihat, kita akan langsung tahu "Oooh, ini warna biru yang itu!"

Vantablack adalah warna hitam paling murni dan paling pekat yang pernah ada di muka bumi, sehingga gagasan tentang 'si paling hitam pekat', tentunya sangat memikat. 

Kepikiran ga sih, si Anish Kapoor sudah membayangkan bahwa ketika orang melihat sebuah karya seni yang "sangat hitam", orang akan mengaitkan dengan dirinya? 
"Ooh, ini hitamnya si Kapoor itu kan?" dan boom! Beritanya akan bombastis. Itu menurut dia loh yaaa...
Hihi.. buat para penikmat seni tingkat tinggi, memang semua serba penting ya? Padahal buat kita yang awam, hitam ya hitam. Bedanya hitamnya masih baru apa udah bludush aja....

The Art World Reacts

Tindakan Kapoor ini, tentu saja mengundang jempol netijen, ygy. Salah satu pengejeknya adalah seorang seniman bernama Christian Furr. Ia menyatakan bahwa Kapoor menyakiti komunitas seni dalam sebuah wawancara: 
“Saya belum pernah mendengar seorang seniman memonopoli materi. Semua seniman terbaik memiliki sesuatu yang murni. Ada Turner, Manet, Goya. Hitam ini seperti dinamit di dunia seni. Kita harus bisa menggunakannya bersama-sama. Tidak benar itu milik satu orang.” 

Sebagai catatan Furr, para seniman selama bertahun-tahun telah menggunakan warna, terutama kulit hitam murni, untuk berbagai efek yang hebat. Makanya ia menolak keras gagasan Kapoor karena menurutnya Kapoor serakah dan dengki!

Hah? Dengki?

Ehem... ya Kapoor kan terkenal sebagai salah satu pematung dengan standar bayaran tertinggi dunia yaaa, pastilah hatersnya banyak!

Tak mau mundur, Kapoor mencoba menjelaskan tindakannya itu. Bela diri lah yaaa.....
"Kenapa eksklusif? Karena ini adalah kolaborasi, karena saya ingin mendorong mereka untuk tujuan tertentu. Saya telah berkolaborasi dengan orang-orang yang membuat benda dari baja tahan karat selama bertahun-tahun dan itu eksklusif.” 

Meskipun Kapoor merasa bahwa dia harus bekerja sama dengan pembuat 'Vantablack' untuk mewujudkan potensi artistiknya, banyak yang masih merasa pilihannya untuk mempertahankan hak eksklusif atas warna tersebut salah!

Stuart Semple’s pink




Namun, reaksi paling frontal dan "menggigit" terhadap monopoli Kapoor di Vantablack adalah reaksi Stuart Semple. Sebagai seniman Inggris lainnya, Semple mendapati dirinya juga terpikat oleh warna abyssal. Menyusul penemuannya tentang monopoli artistik Kapoor atas materi tersebut, Semple menyusun sebuah rencana. 

Pada Desember 2016, Semple ingin membalas penemuan Kapoor ini. Ia merencanakan membuat pigmen baru yang tak kalah dramatis. Ia mengklaim sebagai "Pinkest Pink" dan diposting untuk dijual di situs web pribadinya, https://culturehustle.com/

Disclaimer di dalam web tersebut adalah : 




This ultra-bright paint by Stuart Semple is available to everyone except Anish Kapoor! (who won't share his black!). 

“Dengan menambahkan produk ini ke troli Anda, Anda mengonfirmasi bahwa Anda bukan Anish Kapoor, Anda sama sekali tidak berafiliasi dengan Anish Kapoor, Anda tidak membeli item ini atas nama Anish Kapoor atau rekanan Anish Kapoor. Sejauh pengetahuan, informasi, dan keyakinan Anda, cat ini tidak akan sampai ke tangan Anish Kapoor.”

Dhuaaar! Tujuan Semple sebenernya sih hanya untuk memancing kontroversi.
 Katanya, "Saya pikir saya mungkin akan menjual satu atau dua tube saja, tapi website kan hampir seperti karya seni pertunjukan, dan si merah muda bintang seninya."

Okeh fain, apapun itu, para haters seneng, jadi mereka rame-rame ngeborong "Si paling pink"-nya Semple!

Tapiii bukan Kapoor namanya, kalau gak berbalas pantun. Kapoor langsung posting satu gambar sederhana ke Instagram-nya.


Black 2.0


Tumbuhnya antagonisme publik antara Semple dan Kapoor, membuat Semple  semakin nekad. 

Untuk menghindari klaim eksklusif lawannya atas warna hitam paling hitam di dunia ini, Semple membuat dalih. Ia menjelaskan, "Sejak itu naik [postingan instagram Kapoor maksdunya] aku jadi menaikkan taruhan. Semua orang mulai komen dan meminta saya untuk membuat warna hitam lainnya!" 

Maka si Semple lalu mengembangkan prototipe cat hitam pada awal 2017, dan ia bawa ke banyak seniman dan pembuat cat lainnya, berkolaborasi untuk meningkatkan pigmen dan menggelapkan warnanya. 

Akhirnya, "Black 2.0" diluncurkan dan tersedia untuk umum, sama seperti pink paling merah muda, dan si Black 2.0 ini dijual untuk semua KECUALI Anish Kapoor.

Setelah itu, Stuart Semple membuat rilis lagi. 

Kali ini ia membuat Diamond Dust atau Debu Berlian, sebuah cat glitter yang ia sebut sebagai "Gemerlap Paling Berkilauan di Dunia" atau the most glittery glitter.

Dan apa yang terjadi?

Tepat! Tidak satu pun dari produk ini BOLEH DIBELI OLEH Anish Kapoor.

Hebatnya, Black 2.0 di dalam tabung 150ml dan Black 3.0 Semple dapat dibeli dengan harga wajar £ 21,99 (sekitar 450 ribuan) dan katanya sih, efek hitamnya sama dengan Vantablack yang sangat mahal. 

Sampai saat ini, Kapoor hanya dapat menggunakan Vantablack untuk sparring karena biaya yang sangat mahal dan kesulitan untuk memproduksi material dalam jumlah besar!


Lebih Hitam Dari Vantablack?



Setelah Vantablack apakah di dunia ini gak akan ada produk si paling hitam?

ADA! 

Diemut Strebe di tahun 2019, membuatnya dan menamai produk cat baru ini dengan The redemption of vanity.

Vantablack bukan lagi hitam paling hitam di pasaran karena bahan baru ini dikembangkan di MIT dan sanggup menyerap 99,995% cahaya. 

Materi baru ini diresmikan oleh Diemut Strebe, dan dipajang di Bursa Efek New York, berjudul The Redemption of Vanity. Potongan itu terdiri dari satu berlian, dilapisi dengan bahan baru yang paling gelap ini, sehingga tampak seperti kekosongan mutlak.




Selanjutnya, Strebe dan tim insinyur di MIT Boston merilis pernyataan ini di samping karya seni si Strebe: 

“Proyek ini juga dapat ditafsirkan sebagai pernyataan menentang pembelian hak eksklusif seniman Inggris Anish Kapoor atas formula tabung nano karbon sebagai bahan untuk karya seni. Strebe dan Wardle menggunakan komposisi karbon nanotube yang berbeda, yang akan tersedia untuk digunakan oleh seniman mana pun.” 

Ini, tampaknya, mengakhiri kontroversi seputar Kapoor dan Vantablack, Black 2.0 Semple karenaaaaa.... ya karena produk baru ini didesain secara fungsional dengan efek serupa, daaaaan .. tentunya harga catnya jauh lebih murah.

Dengan bahan yang secara objektif lebih gelap, para seniman dunia sekarang bisa menggunakannya.

And they live happily ever after...

*PS. Keduanya - baik Semple dan Strebe & Wardle ternyata teteeeeuup menentang monopoli hitam Anish Kapoor!


Sumber : 
  • dari berbagai sumber - media sosial dan youtube - 
  • behind the darkest paint, Anish Kapoor and Stuart Semple
  • website https://culturehustle.com/


47 komentar

  1. Beberapa waktu lalu aku pernah baca bahwa ada warna2 yang sudah jadi merk dagang dari merk seperti Barbie, UPS, Tiffany & Co. Tapi aku gak sangka mengenai warna bisa jadi serumit dan setajam ini. Dan baru tahu ada vantablack, yang paling hitam warnanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa menarik ini buat diulik, ahshiaaap mbak Ria!

      Hapus
  2. Leeendyyyyy

    kita kan sama sama saling mengagumi! Kalo ada drakor seputar seni plis plis colek aku yak

    BalasHapus
  3. Untuk seorang seniman. 1 warna aja bisa banyak ya? Saya yg org biasa mah liatnya sama2 aja.. Hahaha.. Digetok mba tanti. Serius deh dr tadi ade baca scroll up and down.. Kayaknya warna itemnya sama aja. Tapi kok dibilang lebih pekat the refemption of vanity dari vantablack?

    Mgkn kalau ade lihatnya dari kacamata video kali ya. Yg bida terlihat gradasi warnanya berbeda walau 1 warna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini kan pas di pameran kita baru ber "oooh!" dan "aaah!" Ade

      Hapus
  4. Masya Allah ternyata satu warna saja bisa banyak gini yah dalam kacamata orang seni, jadi penasaran ingin belajar tentang warna ini nih, seorang seniman tuh luas ya wawasannya dan out of the box aja kacamata penglihatannya, terpukau saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru yaaaaa tapiiii jangan salah, ini kan yang udah pada punya nama
      kalo seniman yang belum punya nama ya dicuekin

      Hapus
  5. Mummy manusia dan kucing digiling demi hasil lukisan yang fantastis, tapi sadis 😭

    Bahasan tentang Vantablack ini dalam sekali Mbak Tanti. Sebagai bukan seniman, aku terkagum-kagum dengan wawasan Mbak Tanti yang amat kaya. Dan satu hal yang pasti, dari sini jadi tahu ada drama behind darkest dark paint.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiiiy... tau dooong warna MERAH-nya berasal dari mana kalau begitu? Horor lah pokoke. Makasiiih, aku tersanjung!

      Hapus
  6. Aku tahu kalau satu warna tu bisa macem2 seteah sering pakai aplikasi edit video atau foto di HP. Tapi baru ngeh kalau dalam dunia seni itu tuh mempengaruhi banget ya mak.
    Kupikir vantablack akan jadi hitam yang paling hitam tapi ternyata mulai ada penemuan2 warna berikutnya juga ya. Apalagi namanya seni kadang jg mengikuti zaman. TFS pengetahuannya mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsepnya warna dasar memang hanya mejikuhibiniu tapi ada turunan naikan gitu April hehehe nanti ya kapan kapan tak bahas

      Hapus
  7. Saat tinggal di US, aku pernah ke Millenium Park,Chicago di tahun 2009 dan mengunjungi Cloud Gate..terkagum-kagum akutu, mana terbilang baru 2-3 tahun saat itu, jadi masih cakep banget
    keren sekali karya Anish Kapoor ini. Lalu pernah juga tahun 2015 pas ke Versailles Palace, Perancis ada pameran seni Anish Kapoor di sana. Asliii unik!
    Aku jadi tahu banyak tentangnya dari artikel ini. Makasih Mbak Tanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaaa! Aku envy!
      Satu saat ke US aku akan puas puasin nontn pameran kalo gitu!

      Hapus
  8. Hehehe... iya sih bagi yang nggak ngerti seni, hitamnya emang pekat karena masih baru atau hitam yang mulai mbludush karena sering di cuci dan setrika.

    Tapi bagi seniman, satu warna itu bisa menjadi ciri khas, identik dengan dirinya. Bisa sebagai wahana untuk menunjukkan eksistensi dirinya dalam sebuah karya.

    Pas pertama baca judulnya, kirain mau bahas drakor lho, ternyata sebuah pengetahuan baru bagiku dari dunia seni

    BalasHapus
  9. Aku tahu warna punya turunan yang buanyak banget. Tapi baru ngeh kalo perdebatannya bisa sesengit ini. Buat seniman, apalagi kelas dunia perbedaan warna memang penting banget karena berhubungan dengan karya.

    BalasHapus
  10. he eh mbak, berhubungan sama nama besar mereka ya

    BalasHapus
  11. kalo baca ini aku kok jadi keinget drama korea Connect, yang pelakunya memang punya masalah dalam dirinya dan itu so dark mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. OOH! ada yaaa! aku mau nonton ah

      Hapus
    2. Aku udah liat trailer COnnect, nggg ini salah komen apa gimana ya

      Hapus
  12. Warna hitam selain warna netral juga menjadi warna elegan, menjadikan kelihatan langsing jadilah warna kesukaan emak-emak🤭.

    Btw ulasan Bunda tanti tentang warna hitam ini kereen banget ternyata banyak kisah warna hitam ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiiih mbak Yeni, ya saya juga terpukau dengan drama behind their artwork

      Hapus
  13. Mom Tanti, aku banyak diuntungkan dengan warna hitam walaupun itu bukan warna favoritku (aku lebih suka yang jreng warna/i). Sebagai wanita berbadan big, nah pakai hitam terlihat kecilan dikit,he...he...he.. pakai sepatu hitam juga tidak terlihat noda kotornya. Keren deh tulisanmu mom, aku baru tahu loh detail tentang seniman India Anish Kapoor disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. Dennise kan gak BIG tapi beautiful padet bergizi

      Hapus
  14. Kirain Anish Kapoor bintang bollywood makneng
    Ternyata artist yg bidangnya beda.
    Btw seniman mah unikk2 yaa smp warna aja diperseterukan secara kontroversial. Hahha hitam paling hitam..what,? Sedalem ituh yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa tiap seniman itu "gila" di mata awam. Ngapain coba debatin warna hitam!

      Hapus
  15. Wah pertama baca judul aku kira drakor, ternyata bukaan. Kalo warna emang banyak turunannya ya mbak. Tapi aku baru tahu dengan perseteruan artist dengan penetapan warna yang dimonopoli. Nah jadinya si Vantablack gak laku dong, karena ada hitam si paling hitam yaitu The redemption of vanity. Harganya pun lebih murah karena nggak eksklusif. Si Anish tetep pede tapi yaa, namanya juga seniman

    BalasHapus
  16. Aku taunya pink Fanta... Hehehehee... Tapi kalau ngobrolin soal seni tuh kadang memang akan mendapatkan persepsi yang berbeda ya. Lalu melihat seni itu memang harus dinikmati benar-benar kalau aku.

    BalasHapus
  17. Masalah wana pun bisa jadi perseteruan ya, Mak, hehe. Memang dunia ini kaya sudut pandang. Bagi orang biasa seperti saya, ya apa masalahnya gitu. tapi bagi mereka yg dunianya tidak bisa jauh dari warna dengan berbagai turunannya, tentu ini menjadi suatu hal yang layak dipikirkan kemudian diperbincangkan. Saya sendiri suka hitam yang pekat. Entahlah itu masuk kategori hitam yg mana, hehe. Tapi kalau melihat dari material kain, hitam ini pun memang sangat beragam. Biasanya saya selalu banding-bandingkan dulu sebelum memilih warna hitam yg saya mau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wooow .. kok sama, aku pun punya ragam hitam. Ada yang hitam bangeeet ada yang cuman hitam, ada yang memang pake teknik bludush

      Hapus
  18. Ternyata nggak bisa serta merta mengklaim warna ya, ada aturannya. Aku baru tau lo mak.. Keren banget ini bahasannya. Aku pecinta warna hitam mak, nggak hitam aja pokoknya warna gelap gitu deh.

    Karya Anish ini keren keren banget ya mak

    BalasHapus
  19. Wah ternyata di dunia seni ada juga perebutan warna ya, Mak. Aku yang orang awam seni ini setuju sih sama Christian Furr yang bilang bahwa Anish Kapoor serakah. Hihi. Tapi akhirnya ada solusi dari kontroversi itu ya, Mak.
    Suka deh baca soal seni gini dari praktisi seni langsung :)

    BalasHapus
  20. wah menarik dan baru kenal deh Anish Kapoor ini ini aku orang yang gak terlalu paham mengenai seni dan mengenal warna, baca ini jadi terbuka wawasan

    BalasHapus
  21. Warna hitam aku syukaa...tp nggak maniak banget sih. Cuma seneng aja karena bikin kita kelihatan langsing, trus dipadupandankan dengan warna lain pasti masuk. Mba nih keren tahun istilah2 warna ya hehe

    BalasHapus
  22. Waduuh kalau 1 warna didominasi eh dibeli haknya oleh 1 seniman ya mbeling alias curang ya? Gak heran kalau dia banyak hatersnya. Bukannya seni itu bebas?
    Dan ketawa pas bagian bawah tulisan ini kalo ada yang bikin warna hitam lebih gelap, Kapoor gigit jari deh.

    Eh abang Kapoor yang satu ini apa masih sodara ama Karina Kapoor?

    BalasHapus
  23. Woow..ngeri juga perseteruan di dunia seniman ya mba? Tapi aneh juga memang pengajuan klaim eksklusif atas warna tertentu seperti itu ya.. Eh mba..aku yg awam seni ini tdnta mengira nama seniman yg mba sebut adlh aktor India! Wkwk .katrok sekali akuu ..

    BalasHapus
  24. Sekilas namanya kayak nama artis terkenal itu mbak yang namanya Kapoor, apakah bersaudara? Hehe. Perjuangan seniman sangat ruwet ya, perebutan warna pun jadi perdebatan. Terlepas dari perdebatan itu, karyanya sangat mengagumkan.

    BalasHapus
  25. Sungguh soal warna saja bisa sangat rumit seperti ini ya, hehe.. hitam yang lebih hitam itu seperti apa ya? apakah hanya bisa dilihat oleh alat tertentu? kalau di dunia industri, kira-kira yang dipakai oleh brand apa ya? Kalau orang awam biasanya cuma tahu warna biru BCA, merah coca cola, dll

    BalasHapus
  26. Wah, saya baru tahu kalo di dunia seni, warna hitam itu ada beberapa macam. dan ternyata ada orang-orang tertentu yang ingin mempatenkan warna tersebut. Menarik juga nih.

    BalasHapus
  27. keahlian seni itu memang hanya bisa dimiliki oleh beberapa orang tertentu saja ya, dan apapun jika sudah ditangan ahlinya akan selalu luar biasa, menghasilkan karya yang unpredictable, termasuk urusan 1 warna bisa menjadi berbagai warna lainnya dan penuh dengan citarasa seni

    BalasHapus
  28. Aku klo pake hitam hitam kadang kurang pede mbak, tapi kalo udah dikombinasikan dengan warna lain jadi lebih hidup juga ya, kayak outfit

    Aku juga baru tahu klo ada warna yang mau dipatenkan oleh seniman sebagai bagian dari kayanya ya

    Padahal.kalau dilihat dari seni yang dihasilkan dari Anish tuh bagus ya tapi ya itu mahal banget ihiii

    BalasHapus
  29. ya ampun ternyata dunia seni juga seru ya, mbak gonjang ganjingnya. hihi. perkara warna hitam aja sampai jadi besar kayak gini. hihi. trus sekarang si anish kapoor masih pakai vanta black itu nggak ya atau makai cat yang lain/

    BalasHapus
  30. seni memang universal yaa, tapi untuk menjadi seniman yaa gak segampang yang orang pikirkan. harus memiliki bakat yang tentu aja gak semua orang miliki

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)