BACA KOMIK BIOGRAFI JOHN LENNON, KISAH HIDUP YANG INDAH

BIOGRAPHIC OF JOHN LENNON
JULIA & YOKO ONO
Cerita & Ilustrasi : Harry Adhie
60 halaman
Editor : Kiki Pea
Diterbitkan oleh : KOMIKKOMUK Publishing
Cetakan 2 - 2022


Imagine there's no heaven 
It's easy if you try 
No hell below us Above us only sky 
Imagine all the people

Living for today... Aha-ah...
John Lennon sudah 42 tahun meninggal dunia. Namun tak sedikit orang yang masih mengenang sosok mantan personel The Beatles itu.

*listen to the beautiful lyrics here...


John Lennon meninggal dunia usai ditembak seorang penggemarnya, David Chapman. Peristiwa itu terjadi tak jauh dari apartemen sang musisi di tangga apartemen Dakota, Manhattan, New Yok pada 8 Desember 1980.


Di balik sosok The Beatles itu sendiri, sepanjang hidupnya John Lennon telah membuat banyak karya yang hits dan legendaris. Musisi yang memiliki nama lengkap John Winston Ono Lennon tersebut, merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, musisi dan juga saktivis perdamaian.

Ia mencapai ketenaran di seluruh dunia sebagai pendiri, penulis lagu, co-vokalis dan gitaris dari The Beatles.


Dikutip dari grammy.com, Lennon meraih penghargaan pertamanya pada GRAMMY untuk Artis Pendatang Baru Terbaik dan Penampilan Terbaik Grup Vokal dalam Hard Day's Night sebagai anggota The Beatles.
Lennon memperoleh penghargaan secara anumerta, dan mendapatkan satu-satunya GRAMMY pada album solonya Double Fantasy, yang dirilis hanya beberapa minggu sebelum kematiannya pada 1980.

Walaupun sudah meninggal, namun beberapa karyanya masih populer sampai saat ini, dan masih menjadi favorit bagi sebagian orang. Salah satu karya yang paling populer yakni lagu yang berjudul Imagine.

Lagu Imagine menceritakan tentang keinginan John Lennon yang ingin hidup damai tanpa ada perbedaan. Selain Imagine, masih ada lagu John Lennon lain yang masih menjadi lagu populer hingga saat ini.

Dan ini beberapa lagu karya John Lennon yang aku suka; selain Imagine tentu saja
  • #9 Dream
  • Instant karma
  • MOTHER (tentu saja!)
  • W O M A N   (dan ini adalah my best favorite song, karena alm Bapak sering menyanyikan lagu ini, dengan gitarnya - dinyanyikan di teras di depan my beautiful mom)

My lovely Mom & my beloved Father
( dear pops,.. Al Fatehah for you)

Kenalan dengan Harry Adhie, sang graphic designer


Ketika tahu bahwa sepupuku mas Harry Adhie membuat komik biografi John Lennon the series ini, tentu saja aku surprise

PS. Sekilat Info
Eh ya btw, jangan heran ya man-teman, 
circle-ku memang dikelilingi oleh para seniman. Sepupu-sepupuku rata-rata adalah ilustrator, penyanyi, pemain musik, penulis lagu, novelis. Adikku pemain drum, anakku pemain gitar dan penulis lagu, sementara Mas Harry Adhie sendiri memiliki anak yang juga penulis dan musisi, bernama Kiki Pea, yang sekarang domisili di Yogyakarta. 
Oya, alm. Bapakku adalah musisi, jadi walau beliau adalah ASN Kehutanan, tapi sepanjang hidupku, aku menikmati senja dengan melihat beliau mendengar musik, atau main gitar dan ibuku kadang mengiringi dengan organ. Lagu-lagu yang disetel biasanya lagu-lagu balad atau country. 

Back to the comic,
mas Harry Adhie lebih suka menyebut komik karyanya ini dengan cergam, atau secara umum kita kenal dengan graphic novel (novel grafis). 

Novel grafis ini, ditulis dan diilustrasi untuk menceritakan kilas balik seorang musisi terkenal yang mengubah sudut pandang dunia tentang musik Rock 'n Roll. John Lennon adalah musisi yang berasal dari keluarga sederhana, dan tidak harmonis.

Sebagai musisi, John Lennon terpengaruh oleh musik rockabilly - sejenis genre yang diperkenalkan musisi dunia bernama Elvis Presley dan Chuck Berry. Musik ini sangat kuat dengan gegap keceriaan, namun sebenarnya berlirik satir dan bahkan balad! 

Lah kok bisa? Mari kita telusuri ceritanya, yaaa!

Komik Biografi John Lennon berjudul JULIA, menceritakan masa kecil John Lennon 

Novel grafis JULIA isinya memang menceritakan tentang sejarah singkat John Lennon. Masa kecilnya, hingga dukungan kedua bibi dan pamannya pada musik.

Dalam novel grafis JULIA, terekam jelas di ingatan John Lennon kegelisahan - kepedihan hatinya atas perceraian kedua orangtuanya. Ia menuliskan lirik itu di lagu bertajuk MOTHER.

Jadi - jangan nangis yaaa kalau dengar lagu ini, karena ini memang berasal dari jeritan hati seorang anak yang dipaksa berpisah dengan ibunya :( - ini ada di halaman 21 buku JULIA.
John Lennon yang memiliki kelainan mata myopia akut (sehingga ia harus berkacamata tebal ke mana-mana karena waktu itu belum ada LASIK) - juga banyak merekam jejak Ibu di ingatannya, terutama saat bermusik. Ibunya suka dengan genre lagu rock 'n roll - dan tingkahnya lucu saat bernyanyi dan menari, sehingga John mengingat sosok Ibu dengan sangat indah.
Sosok Ibu di mata John Lennon, sangat rock 'n roll dan fun

Tapi, siapa sih sebenarnya yang mendukung awal karier John di musik?




Kalian benar!

Dukungan terbesar untuk John Lennon ternyata bukan dari kedua orangtuanya melainkan dari paman dan bibinya yang membesarkan John!

Aaah .. pokoknya, sat membaca kalian bakalan hanyut ke dalam kisah hidup musisi besar ini! Ya, karena di akhir cerita kita akan menemui banyak sekali fakta - yang diceritakan dengan indah melalui ilustrasi mas Harry Adhie sehingga kita akan bisa membayangkan apa yang terjadi - dengan sangat mudah.

Nah, kalau kalian termasuk penikmat musik The Beatles - dan penasaran ingin tahu kisah masa kecil John Lennon, kisah tragisnya bersama keluarga yang ia tuangkan dalam beberapa lagunya, termasuk alasan penggantian nama band The Beatles, kalian wajib banget punya buku ini!

Harga Buku Komik Biografi John Lennon ?

Buku ini bisa dipesan langsung ke mas Harry Adhie authornya langsung - melalui laman FB atau instagramnya yaaa, kutaruh linknya di sini




Serial komik biografi John Lennon

Judul JULIA (cetakan ke-2)
Isi 60 halaman b/w.
Cover full colour soft cover
Harga Rp.50.000,- (belum ongkir)

Judul OH YOKO
Isi 80 halaman b/w
Cover full colour soft cover
Harga Rp.65.000,- (belum ongkir)

2 komentar

  1. Wah...darah seni mu kentel banget yak. Pantesan aja apa yg kamu lukis bagus. Secara aku baru tau klu ada biografi berupa komik. Asyik juga ya bacanya tau2 dah tamat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilllaaaah makasih mbak Ety, iya aku dikelilingin sepupu yang jago jago
      gambarku mah cemen hahahaaa

      Hapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)