Sunday, July 14, 2013

MENULIS NOVEL DALAM 10 HARI ? (1)



Beberapa  penulis (baca : saya) mendambakan satu saat bisa menciptakan novel yang ciamik seperti serial Harry Potter atau tetralogi Twilight . Novel-novel itu best-seller di dunia, dan menjadi koleksi pribadi yang unik. 

Di dalam negeri saat ini kita mengenal nama-nama besar seperti kang Abik, Andrea Hirata (sudah diterjemahkan ke beberapa bahasa), Dewi Dee Lestari, Ayu Utami, dan masih banyak lagi.

Menulis novel adalah hobby yang mendatangkan banyak keuntungan. Walaupun saya hobby menulis, tapi hingga saat ini masih juga belum ‘bertelor’. Ada yang merasakan hal yang sama ngga? Nah.. karena rasa penasaran dengan resep menulis novel yang ‘secepat kilat’ itu, jadilah saya berkelana ke blog demi blog untuk mengetahui ‘resep’ menulis novel standard

Tips yang saya kutip dari wikihow.com antara lain :
1.    Mulailah menulis cerita detektif. Alasannya? Jika anda adalah penulis pemula, maka memudahkan saat menulis karakter tokoh dan detail.
2.    Pastikan bahwa waktu untuk menulis cukup. Ingat, jika kita bukan penulis profesional, untuk menulis cerita sepanjang kira-kira 10.000 kata (sekitar 25-30 lembar) dibutuhkan sekitar 12-15 jam konsentrasi, diluar editing ya.. 

Nah, sekarang kita mulai…

Hari Pertama : Perencanaan.
Anda harus merencanakan novel anda. Mulailah membuat mind mapping¹, menentukan tokoh dan karakternya, plot kasar dan estimasi halaman. Survey membuktikan, 95% penulis tak merencanakan novelnya dengan baik. Jadi, jelas kan.. di dunia ini hanya ada seorang Dan Brown dan sejuta penulis tak terkenal yang hanya punya 1 (satu) artikel di blog-nya..
Lakukan brainstorming²  di beberapa kertas kosong. Tuliskan ide-ide yang berbeda yang Anda inginkan dalam cerita Anda.  Gunakan beberapa alur kemungkinan untuk konflik dan akhir cerita Anda. Ingat, plot yang baik memuat 4 K : karakterisasi, konflik, klimaks dan kesimpulan.
Khusus untuk tokoh dan karakter : catat setiap sifat yang ingin Anda masukkan sebagai kekuatan tokoh Anda. Bayangkan penampilan fisik mereka, cara mereka bicara, berpikir dan menyelesaikan masalah. Jangan lupa, setiap tokoh itu unik. 

Kasih contoh dikit..
Note : Karakter yang berasal dari bahasa Yunani ini  berarti mengaplikasikan nilai dalam bentuk tindakan atau tingkah laku, sehingga orang yang tidak jujur, kejam, rakus dan perilaku jelek lainnya dikatakan orang berkarakter jelek. Sebaliknya, orang yang perilakunya sesuai dengan kaidah moral disebut dengan berkarakter mulia.

Aimee Hendrawan

Wanita, usia 35 tahun – tinggi 170 cm – cantik – seksi – rambutnya lurus sebahu. Suku Padang, kulit putih. Matanya sayu dengan bola mata cokelat dan bulu mata lentik. Pembawaannya feminin dan suaranya cenderung serak serak basah karena banyak merokok.

Kalau berbicara teratur dan alisnya sering terangkat sebelah, fashionable dan menyukai tas-tas branded. Bekerja di radio di kawasan MH Thamrin. Penyuka clubbing dan hobby mendengarkan music jazz serta membaca majalah wanita.

Latar belakang : Lahir dan besar di Jakarta dari keluarga pegawai negeri. Ayahnya seorang dokter bedah tulang dan ibunya dosen di sebuah Perguruan tinggi Negeri.

Setiap kali menulis, sediakan sebuah buku catatan di samping computer atau laptop, sehingga jika satu ide terasa ‘melompat’, dapat diselipkan ide-ide baru untuk menyumpal ‘lubang’ di cerita Anda.

bersambung..
------------------------------------------------------------------------------------footnote-------------
mind mapping¹ adalah pemetaan pikiran, dilakukan agar memudahkan kita melihat keseluruhan cerita. Contoh  mind mapping akan diulas khusus. 

 brainstorming² yaitu metode untuk menghasilkan ide atau gagasan yang banyak mengenai topik tertentu secara kreatif dan efisien.Gunanya untuk menggali kreativitas dan ide-ide yang lebih luas dan inovativ.

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^