Wednesday, March 19, 2014

NEVER BEEN HONEYMOON BEFORE!

Di awal-awal pernikahan,
sering aku duduk sendiri di bangku kayu di kebun singkong menghadap ke sawah. Berteman secangkir kopi seduh dan setumpuk bacaan, memandang hamparan sawah.
Belakang rumah

Well, from the first time, 
aku dan si Abang memang tidak pernah merencanakan berbulan madu. Selain tidak sempat (kami menikah persis 5 hari menjelang puasa Ramadhan) aku juga langsung disibukkan dengan pekerjaan, sementara Abang bekerja sebagai guide orang-orang dari Brunei. Praktis, kami hanya bertemu beberapa jam setiap kali. Dan itu berlangsung hampir dua tahun!

Time flies, my friend..
and I don't wanna do that 'ceremony' anymore..^_^ beside, karena aku baru berkenalan selama sebulan, kuanggap saja sekalian hidupku adalah masa pacaran plus honey moonku hihi.. sampai satu ketika, seorang Indah Nuria Savitri menampar pipiku keras-keras dengan giveaway-nya yang shocking! My Dreamy Vacation

Haah.. tarik napas dalam dan.. bermimpi kembali.. 
Sumpah, mimpi-mimpi itu terbang di kepalaku, berdentam seolah merenggutku dari kehidupan nyata. Allright.. karena ini adalah dreamy vacation, aku merencanakan kepergianku kali ini ke Santorini, Greece. Yup, negeri para dewa. Eh, bukan karena ga pengen ibadah haji, loh.. itu mah the first list ^_^!


SANTORINI
Santorini adalah sebuah kepulauan di Laut Mediterania, Yunani, dengan kawah volkano dan anak pulau kecil ditengahnya. Bingung? Bayangkan saja Pulau Krakatau. Santorini ini sangat termahsyur dengan rumah-rumahnya yang berdinding putih, gereja ortodoksnya yang berkubah biru, yang membentuk kota bertingkat berwarna putih-biru menghadap ke kaldera luas yang terisi air laut. Pantainya fantastik dan sunsetnya terkenal ajaib.




Dengan bangunan yang dominan berwarna putih, maka warna biru pintu, warna kuning ocre di salah satu dinding dan bahkan rangkaian bunga dalam tanaman rambat, bak permainan kuas sang maestro. But, beware.. karena ada ratusan bagal atau keledai lucu sebagai transport pengangkut barang atau turis, dan .. mereka naik turun di undakannya, maka bisa dipastikan akan ada banyak kotoran keledai juga!

Asal Mula Nama SANTORINI

I took this beautiful picture from wikipedia
Dulunya, Santorini dikenal dengan nama Stongili dari bahasa Yunani yang berarti Bundar. Kota itu sangat mirip dengan Pulau Kreta di Yunani yang banyak dihiasi ornamen dinding dan tembikar bergaya Minoa.

Pada tahun 1500 SM, terjadi letusan gunung berapi yang menenggelamkan bagian tengah Santorini dan beberapa gempa bumi yang terjadi kemudian menyebabkan musnahnya sebagian besar pulau tersebut. 

Pada tahun 1200 dan 1579, pulau ini sempat berada di bawah kekuasaan Byzantium dan Venesia. Orang-orang Venesia mengganti nama Thera menjadi Santorini, yang diambil dari Saint Irene, sebuah gereja di pulau itu.

Popular Destination at SANTORINI
Ada beberapa destinasi populer di Santorini. Tentu saja dengan nama-nama unik yang sounds good in my ears, too..  Well, this is it!
  • Fira
As a blissful spot for a getaway,  Fira bisa menjadi persinggahan pertama turis yang baru datang, dan gak tau kudu ngapain dulu. Disini kita bisa duduk-duduk bengong dulu sejenak mengamati sekitar dengan teropong.
Atau kita bisa mengunjungi Archaeological Museum yang di dalamnya terdapat artefak Minoan. Standar, laah.. sebelum ur Itchy Feet brings u anywhere ^^
Beberapa gereja dan tempat peribadatan lain juga menawarkan a glimpse into the historical and contemporary religious make up of this beautiful village. 



Exploring the shops and cafes along Fira’s narrow footpaths is a leisurely way to spend an afternoon! Seems like cucok dengan type emak-emak yaa.. histeris jika mendengar kata "Shoopppiiiing!!!"
  •  Oia
Bangunan-bangunan di Oia yang seperti dipahat di batu karang berwarna putih, plus sebuah rumah dari era jajahan Venesia yang khusus dibangun untuk seorang kapten kapal menjadi acuan rumah penduduk di sini!

So, atap berwarna warni (mostly biru atau kuning) dengan dinding putih kapur cerah, typical bangunan penduduk Yunani menjadi area wisata menyenangkan mata memandang.
But don’t breeze through in an hour—you must stay for the sunset. It’s legendary. Watch from a cafĂ©, or, better yet, from a boat—you’ll be spellbound!

Selain dari Oia dan Fira,
masih ada obyek indah lain sepeti Kamari, Perissa, Imerovigli, Firostefani, Akrotiri, Perivolos, Megalochori, Karteradhos dan Pyrgos. But let's talk about the donkey first ^_^

Popular animals at Santorini : the donkey! 
Bicara tentang obyek wisata, tak lepas dari pendapatan penduduk setempat, dong yah.. dan ironis.. karena salah satu daya tarik turis untuk Santorini adalah adanya hewan yang satu ini : keledai. 

Namun enggannya para pelancong melewati jalur keledai dikarenakan cuaca panas dan hadirnya fasilitas cablecar menambah berat beban penduduk yang menyewakan keledainya. Dari ribuan turis yang datang melalui jalur laut hanya segelintir yang berminat melalui jalur keledai. 
Tarif yang dipatok seharga 5 euro untuk one way trip satu keledai dari Fira ke dermaga lama atau sebaliknya sangatlah tidak sepadan jika dibanding “pajak” perkeledai yang harus disetor ke juragannya.
Selebihnya tentu saja memakai cara yang lebih praktis, hemat waktu dan biaya dengan menaiki cablecar ke Fira. Well well.. aku akan berusaha adil kalau ke sana. Yaah.. untuk menyenangkan penduduk, aku juga akan berusaha naik keledai sebentar ^_^! 

Obyek bersejarah
Ngga komplit kan, kalo bepergian terus cuman mendekam di kamar hotel atau shopping doang? Nah, kunjungi museum dan area tempat penggalian beberapa artefak juga oke, tuh.. Sekalian hiking dan bisa melihat bunga-bunga liar marigold yang cantik di sepanjang jalan.. jangan lupa pegangan tangan ^^ #selfnote #gaksopan

Archaeological site of Akrotiri - Museum of prehistoric Thera - neolitic era


Iklim dan cuacanya
Iklim di Santorini serupa dengan iklim Mediterania, yaitu umumnya matahari ada hampir di sepanjang tahun, dengan musim panas yang relatif hangat dan kering, serta musim dingin yang ditandari hujan dan udara sejuk. 

Dalam satu tahun, Santorini terbagi ke dalam dua musim, yaitu musim kering dan hangat dari April-Oktober dan musim dingin dan hujan dari November-Maret. Selama musim panas, cuaca umumnya stabil dengan matahari bersinar dan biasanya tidak ada hujan. Di musim dingin sekalipun, hujan selama berhari-hari (berturut-turut) jarang terjadi! 

Kulineeer !
Jelas, Yunani adalah penghasil keju dan anggur. Keju yang dihasilkan di Santorini terbuat dari susu kambing yang dikeringkan dan dimatangkan di air asin. Keju tersebut dijual dengan merek Chloro. Sementara anggur ada beberapa jenis, tapi yaa.. berhubung bukan penikmat anggur, aku skip aja deh hehe..
Kalau masih di Oia, katanya sih.. jangan lupa mengunjungi warung om Nikkos. Warung ini terkenal dengan baked feta-nya. Jangan lupa, feta itu cheese yaa..

Mayoritas makanan Yunani adalah sayur-sayuran dan sea food. Ya iyalaah, ga liat apa pulau ini dikelilingi lautan segede gaban?

Nah, berhubung ini adalah honeymoon dreamy vacationku, tentu saja aku juga ingin candle light dinner. Pilihanku? Nih..
It’s on the path to the Ammoudi port
Horiatiki salad
Kryptida
Tips mengunjungi Santorini dan sekitarnya
Serasa dah pergi ke sana deh, tuh... jeng Indah siiih.... tapi ya mau gimana lagi? Ini kan my dreamy vacation, ya gak.. so, aku harus prepare dooong!
  • Gunakan baju-baju tipis dan ringan, karena cuaca yang sangat panas dan terik
  • Sedia sunscreen, lipbalm dan water spray
  • Isi dan belilah botol air mineral di tempat yang anda percaya. Jangan sembarangan mengisi
  • Selalu membawa persediaan air minum
  • Gunakan topi dan sunglasses
  • Sedia uang kecil dalam jumlah banyak
  • Hmm.. kabarnya banyak copet ulung juga di sana, so gunakan tas pinggang. Selain keren dan gaya juga.... aman!
  • Carilah dan double check hotel yang memiliki pendingin udara. Pastikan ac bekerja dengan baik!
  • Pastikan view hotel menghadap ke laut, yaa.. it is my honeymoon in my dreamy vacation, anyway ^^ ahahah..
  • Hei, selalu bawa kamera, yaa ^^ banyak obyek wisata cantik!



TULISAN INI DIIKUTKAN DALAM GIVEAWAY INDAH NURIA SAVITRI


The picture sources is came from :

http: //id.wikipedia.org/wiki/Santorini

http: //lalatdunia.wordpress.com/ 

http:/ /www.volcanodiscovery.com/id/photos/santorini/
Santorini adalah sebuah kepulauan di Laut Mediterania, Yunani, yang merupakan kawah volkano dengan anak pulau kecil ditengahnya. Bingung? Bayangkan saja Pulau Krakatau. Santorini ini sangat termahsyur dengan rumah-rumahnya yang berdinding putih, gereja ortodoksnya yang berkubah biru, yang membentuk kota bertingkat berwarna putih-biru menghadap ke kaldera luas yang terisi air laut. Pantainya fantastik dan sunsetnya ajaib. Tidak heran sunsetnya begitu terkenal, memang sangat mencengangkan. Tapi melihat sunset yang satu ini ada pengorbanannya juga lho, bagiku. Kami harus turun ke kapal setelah matahari tenggelam. Ratusan anak tangga yang licin harus kami lalui dalam keremangan senja. Licin? Licin akan kotoran puluhan keledai yang setiap hari mengangkut turis naik turun tangga ini. Dan sialnya, aku jatuh di tangga tersebut! Dengan pantat mendarat pada kotoran keledai! Ah… sial!!! (Hubby, bantuin daku dong, jangan ketawa aja!) - See more at: http://www.duaransel.com/oseania/australia/top-sunset-terindah-dari-berbagai-pojok-dunia/#sthash.3zDYAS5e.dpuf
Santorini adalah sebuah kepulauan di Laut Mediterania, Yunani, yang merupakan kawah volkano dengan anak pulau kecil ditengahnya. Bingung? Bayangkan saja Pulau Krakatau. Santorini ini sangat termahsyur dengan rumah-rumahnya yang berdinding putih, gereja ortodoksnya yang berkubah biru, yang membentuk kota bertingkat berwarna putih-biru menghadap ke kaldera luas yang terisi air laut. Pantainya fantastik dan sunsetnya ajaib. Tidak heran sunsetnya begitu terkenal, memang sangat mencengangkan. Tapi melihat sunset yang satu ini ada pengorbanannya juga lho, bagiku. Kami harus turun ke kapal setelah matahari tenggelam. Ratusan anak tangga yang licin harus kami lalui dalam keremangan senja. Licin? Licin akan kotoran puluhan keledai yang setiap hari mengangkut turis naik turun tangga ini. Dan sialnya, aku jatuh di tangga tersebut! Dengan pantat mendarat pada kotoran keledai! Ah… sial!!! (Hubby, bantuin daku dong, jangan ketawa aja!) - See more at: http://www.duaransel.com/oseania/australia/top-sunset-terindah-dari-berbagai-pojok-dunia/#sthash.3zDYAS5e.dpuf

29 comments:

  1. suka dengan tata kotanya....
    tapi kalau Yunani.... Olympus dan Athena saya lebih suka :D

    ReplyDelete
  2. Ya betul Eruvierda, tapi karena belum pernah ke Yunani at all,
    hanya bisa membayangkan saja ^^ thanks sudah berkunjung

    ReplyDelete
  3. Aku juga belom pernah honeymoon. Hehehehe.... maklum di kampung mah gak ada tradisi begitu. Ya di rumah aja akhirnya.
    Semoga terwujud ya dream vacationnya. Wuih... tempat-tempatnya kereeeeen. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak Nia Kurnianingsih jiaaahahaha *songong mentang2 dah tau..

      honeymoon di rumah, mmm... Tangerang rasanya sih sama aja dari tahun ke tahun.. bahkan mungkin menerbitkan rasa selalu sayang karena belum pernah "honeymoon" ^^ hihihi.. kalaupun ini terkabul, ya wes boyongan aja ama anak2 4 biji malah lebih indah!
      thx mak Nia

      Delete
  4. Aih ikut-ikutan pengen bulan madu....tapi kalau udah kesampaian ke santorini jangan terjun ke jurang ya...... :D
    Sesuatu yang menantang itu adalah mewujutkan mimpi, segera wujutkan mimpi-mimpi itu dengan mulai menabung karena semua mimpi kita itu terukur dan terhitung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. injiiih maaassss... mengingatkan diriku untuk terus menabung ^^

      Delete
  5. Santo Rini...here we comeeee....aku mbaaa..aku juga beluuum dan ppengeen bangeeet :(..ini masuk wish listku waktu di Eropa...tapi sekarang harus bealih halian sepertinya...anyway, it's such a lovely place to visit and spend some time with your other-half :)..semoga Tuhan mendengar doa kita ya maak..Best of luck...

    But don’t breeze through in an hour—you must stay for the sunset. It’s legendary! - sooo true...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Indaaaah... gilaaa GAnya bikin deg-degaaaan!

      Delete
  6. ah,,aku juga belom pernah bulan madu...

    aih, itu fira jadi inget pura ulu watu di Bali. cuma buat foto doang, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Ermayani,
      jangan-jangan turis Yunani mampir sejenak ke Bali, trus ngikut2 yaa :p

      Delete
  7. Aku seneng banget mampir di tulisan2 peserta my dreamy vacation ini karena aku jadi banyak tahu tentang tempat2 wisata di dalam dan luar negeri dan semuanya keren2....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul, GA kali ini bener2 membuatku mau bermimpi lagi ^^ makasih mak Reni ^_^

      Delete
  8. Menjelang detlen tapi lengkaaaaap. Heuheu.. aku jg ngiler nih liat fotonya, btw... abis berapa ya buat kesana hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata harga sewa kamar hotel disana adalah Rp 3,6 juta per malam. Harga tersebut belum termasuk untuk makan, minum dan kebutuhan lainnya.

      12 days vacation trip with travel agent costs :

      Flight EK $ 3,238 per pax (adult)
      Airport tax : Rp 150 K
      Visa Rp 1.450K + sin$25
      YQ tax $325
      CHD twin/xtra bed : start from $ 3,828

      check this out @ http://bit.ly/1dAkvId

      Delete
  9. Mak, aku malah baru tahu soal Santorini ini gara2 baca postingan di atas.
    Semoga impiannya terwujud... Aamiin
    Oya, semoga menang GAnya juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh loh.. mak aku baru berkunjung, ternyata blog dikau banyak yaaa ^_^ makasih doanya maaak

      Delete
  10. Untung aku gak jadi nulis Santorini juga, soalnya gak mungkin sebagus dan sekumplit tulisan ini hehehee...
    Mupeng, aku mupeng juga ke sonoooo, pengin hanimun juga dooongg... anak2 titipin dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaaa..
      mbak Uniek aah, kalah sebelom berperang itu maaah

      Delete
  11. Santo sama Rini to Mak Tanti....

    Iya ampyuuuun lengkap padat dan seperti ke sana langsung dirimu Mak..hihii sukses yo GAnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hyaa ampuuuun... mbikinnya kilat banget, habis kita pulang kopdar di Chipmunk playland jam 9 mantengin kompie mbak Astin Astantiii

      Delete
  12. Huaaa...keren bangeeeets,,,pengen juga deeeh...***amiiin :) sama2 amin yukks

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiie, putri amarilis.. eh, amarilis itusejenis bunga kan yaaa

      Delete
  13. Mbakke... U Red my mind.. Santorini sdh msk Wish listrik ku sejak, dlu. Aku smp simpan bbrp foto kota ini saking mupeng nya... Moga2 kita nyampe sono yq... Amiinn...
    Thanks for joining this GA :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeh? Begitukah makjur? alhamdulillaah.... berarti kita sehati yaaaa *peluk mak juur

      Delete
  14. saya juga gak pernah honeymoon :))) semoga impiannya tercapai, ya, mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, mana tau ya, sesudah rajin ikut GA dapet hadiah honeymoon ^^ makasih maaak

      Delete
  15. kl kesampean honeymoonnya, jangan lupa ajak2 saya *eh. Maksudnya saya juga mupeng pengen jalan2, Mak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hyaaa yaaa... kalo rame2 kata mak..mmm.... sapa yaa oiya, mak Icha, namanya bukan honeymoon tapi emak2 backpackers kikikiiiikkkk... Chi aaaah...!

      Delete
  16. Duuuh...foto-fotonya the best dah...ceritanya juga komplit, seperti udah kesono. Moga menang ya mak ^^

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^