KREASI BONEKA CANTIK WASHI NINGYO

Washi Ningyō (和紙人形)

Washi ningyō terdiri dari kata washi dan ningyō, dimana washi (和紙) adalah boneka kertas yang pertama kali dibuat di Jepang. 


Washi dahulu dibuat menggunakan serat dari kulit pohon gampi, semak mitsumata (Edgeworthia chrysantha), atau kertas murbei. Namun selain itu juga dapat dibuat dengan menggunakan bambu, rami, beras, dan gandum. 
 
kertas washi
ragam kertas washi

Washi terdiri dari "wa" (和) dan "shi" (紙) yang berarti kertas, dan istilah ini digunakan untuk menggambarkan kertas yang dibuat dengan tangan dengan cara tradisional. 

Ningyō dalam kanji (人形) berarti dua karakter yang terpisah, yang berarti orang dan bentuk, sehingga dapat diterjemahkan sebagai boneka atau patung.
Washi ningyō dapat berbentuk 3D (tiga dimensi) maupun 2D (dua dimensi). Corak washi pun bermacam-macam, seperti bunga, kipas, dan sebagainya.


BEBERAPA JENIS WASHI NINGYO :
1. Ganpishi (雁皮紙) = Pada zaman kuno disebut Hishi (斐紙). Ganpishi memiliki permukaan halus dan mengkilat serta di gunakan untuk buku dan kerajinan.
 
2. Kozogami (楮紙) = Kozogami terbuat dari serat murbei dan kozo. Ini adalah jenis washi yang paling banyak digunakan orang. Kekuatannya sama dengan kain daripada kertas biasa dan tidak robek jika disiram air.
 
3. Mitsumatagami (三椏紙) = Mitsumatagami memiliki permukaan berwarna krem halus dan biasanya digunakan untuk shodo serta percetakan. Selain itu juga digunakan untuk mencetak uang kertas pada periode Meiji

CARA MEMBUAT WASHI 3D SEDERHANA








Sumber :
  • Wikipedia.com
  • The Japanese Foundation
  • arkiearkie.blogspot.com
  • berbagai sumber di google

27 komentar

  1. saya pernah bikin washi doll tapi yang 2D. Seneng sih bikinnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampuun, mommy Chi ini kreatif banget!

      saya baru kenalan dengan washi ningyo, dikau sudah pernah bikin
      baru melihat cara membuat bunga di puding juga dari blog dikau

      .. ck ck ck hebaat, ini juga baru bermain di lahan kreatif ini^^

      Hapus
  2. Pohon murbei banyak manfaatnya rupanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kita ga rajin membaca - kita gak akan pernah tau ya mbak Nunu ^^ makasih kunjungannya mbak!

      Hapus
  3. Yaay keren. Jadi pengen bikin. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin aja mbak Nia, gampang kan? pake yang 2 D aja dulu, oya sekarang kertasnya dijual di Gramedia seharga Rp. 7500 untuk 10 corak dan Rp 12.000 untuk yang besar dan 10 corak juga, sementara untuk kertas jagungnya kita beli lembaran, jadi bukan gulungan lagi. kalau hard papernya Rp 10.000 per lembar

      Modal Total untuk membuat washi ningyo awal sekitar Rp 100.000 bisa untuk membuat sekitar 10 desain boneka berbeda. lhoo

      Hapus
  4. keren banget... coba ah, sapa tau bisa jadi ladang baru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan m,odal sederhana, murah dan mudah -- dibutuhkan ketelitian dan ragam imajinasi warna bisa jadi puluhan boneka washi, loh jeng Ninit!

      Mungkin Pink suka ^^

      Hapus
  5. cakep ya mak, cucok nih buat nyenengin Selma, makasih tipsnya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama bun ^^ syukurlah kalo bermanfaat, makasih ya bun

      Hapus
  6. Aku gak paham liat gambar di atas, mba.. :( Itu kepalanya dari apa? trus badannya yg kayu itu juga dari apa? Pengin juga bisa bikin yg cantik kayak gituuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake stereofoam aja mak Uniek terus kayunya pake batangan es krim, gampang tho...
      coba buka linknya yang ada di bawah itu

      Hapus
  7. Wah bagus mbak... aku gak yakin aku bisa telaten buat spt itu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling gampang yang 2 D mak Reni, kalo mau ikutan ada kursusnya bayar 100K untuk sehari, di Kedutaan Jepang minggu depan (28 April 2014)

      Hapus
  8. uwoooo... ribet banget, kalo saya milih beli jadi aja lah.. hehhehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaaa..... ini kan hasil kepo di Kedutaan Jepang jeng, aku juga ga yakin bisa bikin sebagus itu *melet-melet

      Hapus
  9. bonekanya keren..tapi dimana saya bisa mendapatkan semak mitsumata..atau bahan2 yang ada dalam artikel ini....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk kertas, seperti saran saya di atas mas, gunakan kertas sejenis kertas origami yang ada di Gramedia- dalam 1 plastik seharga Rp 7K - isi 20-30 lembar dengan corak 10 jenis, hingga Rp 12 - 15 K isi 20 - 30 lembar

      Untuk selembar kertas washi berukuran A4 (21 x 29,7 cm) dihargai 20 ribu rupiah. Harga ini naik menjadi 80-150 ribu rupiah untuk ukuran kertas A0 (80 x 60 cm). Semakin rumit dan indah pola kertas, harganya makin tinggi,
      Bisa didapatkan di toko kerajinan tangan Jepang, kalau di Tangerang ada di Summarecon Mal lantai 3

      Bahan lain yang dibutuhkan membuat Washi Ningyo adalah sterofoam, kawat, dan kertas krep - dan untuk kursus bisa mengunjungi :
      KERAJINAN TANGAN WASHI NINGYO
      Jl. Raharja No.7 Pondok Pinang
      Jakarta Selatan 12310

      Cp : Sri Indah Wahyuni
      Hp : 08161887838/ 021-7509628

      Hapus
  10. cantik banget maak :D seneng deh liatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang juga cara membuatnya yaa mbak yulia, saya kunbal yaa ke lapaknyaa

      Hapus
  11. Cantiikk
    Aku sama sulungku Zahra seneng handycraft, nanti siang aku tunjukkin page ini sama zahra pasti sorak2 dia. Cumaaa, bel kertas washi di Bogor dimana yaa ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Kalau untuk kertas, teteh bisa gunakan kertas sejenis kertas origami yang ada di Gramedia- dalam 1 plastik seharga Rp 7K - isi 20-30 lembar dengan corak 10 jenis, hingga Rp 12 - 15 K isi 20 - 30 lembar

      Untuk selembar kertas washi berukuran A4 (21 x 29,7 cm) dihargai 20 ribu rupiah. Harga ini naik menjadi 80-150 ribu rupiah untuk ukuran kertas A0 (80 x 60 cm). Semakin rumit dan indah pola kertas, harganya makin tinggi,
      Bisa didapatkan di toko kerajinan tangan Jepang, kalau di Tangerang ada di Summarecon Mal lantai 3

      Bahan lain yang dibutuhkan membuat Washi Ningyo adalah sterofoam, kawat, dan kertas krep -

      Atau di Gramedia cari kertas chiyogami (sejenis kertas origami di Jepang).
      Kertas ini disebut juga washi chiyogami, atau printed washi. Memiliki tekstur, corak, pola, dan warna yang sangat beragam

      Kalau masih susah juga, gunakan sisa kertas kado saja teh Winny

      Hapus
  12. Wah menginspirasi sekali, saya jadi mau mencobanya. Tapi postingan ini sangat menyedihkan, mengingatkan saya pada adik saya di kampung, suka juga membuat kerajinan dari berbagai kertas, wah perlu disimpan nih linknya, bagus menginspirasi

    Yang lucu tuh boneka jepangnya. Lucu Abis!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo coba kang Dana! mudah dan murah meriah, bernilai ekonomis

      Hapus
  13. Kirei desu ne... buat ahh.. (^-^)

    BalasHapus
  14. Kirei desu ne... buat ahh.. (^-^)

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)