Monday, May 26, 2014

ORABOO & COFEE GINSENG

ORABOO APAAN SIH, MAK?







Aku sendiri waktu dapat undangan sebenernya senyum-senyum ga jelas, wong kudet banget kok jadi emak-emak *curcol sekalian..


Mbak Ani Berta sharing - courtesy of Teddy Rustandi









So, 18 Mei 2014 lalu, bertempat di museum Sumpah Pemuda Kramat Raya,
diadakan sharing tentang blogging dan social media campaign oleh mbak Ani Berta, salah seorang seleb blog ^_^. Ooh, ternyata komunitas Oraboo.com adalah sebuah situs yang memberikan informasi kegiatan, event sekaligus promo acara yang diadakan di Indonesia.

Mas Niko dari Oraboo.com meminta mbak Ani Berta untuk mengisi materi tentang cara menulis di blog dan menghasilkan materi dari akun sosial media kita.
Ini mas Niko - courtesy Teddy Rustandi
JADI, TUJUAN KITA MENULIS DI BLOG ITU....
Banyak, ga cuma curcol ga jelas (baca : mengungkapkan isi hati dan pikiran alias ide),  tapi juga menuliskan rekam jejak langkah kita dalam kehidupan, sehingga dapat memberi manfaat buat orang lain jika dibaca, otomatis kita bisa menambah kawan! Oya, menulis juga bisa menambah wawasan karena mau tak mau kita jadi rajin baca, kan? Aku udah pernah kok, menulis "Mengapa aku ingin jadi penulis?"

Disamping itu, seorang blogger senior yang pensiunan jenderal *jiah, sapa hayoo.. mengatakan; 
"Tulisan membuat kita bisa mengabadikan penggalan-penggalan sejarah hidup dalam buku sehingga bisa dikenang anak-cucu, sahabat, tetangga, kakak, teteh dan.. aku sendiri!"
MEMANGNYA, MENULIS DI BLOG ITU ADA UANGNYA?
Ada, dong! Blogging berbeda dengan menulis sebuah novel. Ia lebih erat dengan jurnalistik atau reportase. Dengan semakin pesatnya teknologi komunikasi *udah kayak dosen -_-' -banyak perusahaan yang meminati promosi produk dengan menggunakan blog. Para blogger diundang ke dalam satu event, lalu dipersilakan mengambil data dan mengemasnya ke dalam blog masing-masing dengan gaya bahasa sendiri. 
Walaupun ada juga blogger yang murni bekerja dari rumah, dan mengambil data survey dari media internet. Tapi kebanyakan perusahaan mengapresiasi blogger yang melakukan campaign sesuai pengalaman sendiri. Istilahnya, ada testimoni, jadi ga sekedar nulis thok!

Hmm.. ada sebuah buku yang menguraikan cara mendulang uang dengan menulis artikel. Karena judulnya saja blog mini, tentu saja artikel yang terdapat di dalam blog isinya kurang lebih hanya 20 hingga 30 artikel, tapi boleh ditambah juga, sih.. Blogger yang ingin me-monetize blognya, tapi khawatir tidak bisa konsisten meng-update blog, bisa membangun blog mini yang berisi everlasting articles, atau artikel yang tak akan lekang oleh waktu.
 
Buku ini mengulas secara jelas bagaimana membangun sebuah blog mini yang low maintenance tapi high profit. Mulai dari pengertian blog mini itu sendiri, beragam pilihan topik, cara promosi dan optimasi, serta beragam tips praktis untuk mendulang uang melalui blog mini.
Penampakan buku 'mini' dengan penghasilan 'maksi'
Lantas, dari mana uangnya? Ya itu tadi, perusahaan yang mengundang biasanya membuat product review atau lomba blog dengan mengaitkan link nama produk dengan website perusahaan.
EEH, BUZZER ITU APAAN, SIH?
c r e d i t
Nhaa.. pertanyaannya keren tuh. Gini, selain blog berbayar maupun tidak, saat ini bertebaran fasilitas sosial media di dunia maya. Ada facebook, twitter, instagram, path, tumblr, linkedin -yang punya tujuan dan keunikan tersendiri- salah satu atau salah dua nilainya 70 ini dapat kita manfaatkan untuk mengisi kantong. Asyiiik! Aku udah punya semua, kok ga ada yang isi? Tenaaang, ini syarat-syaratnya :
  • Jika punya blog, usahakan terindeks google. Caranya? Sering posting atau update blog trus dishare di sosial media. Selain itu, rajin blogwalking sambil meninggalkan jejak dengan cara komentar. Ini bisa meningkatkan penyebaran link blog anda! Hayuuk.. tinggalin komen dibawah yaak ^_^ *kesempataaan...
  • Isi blog dengan konten bermanfaat, ga porno, ga SARA, lucu kayak aku dan optimasi SEO (Search Engine Optimation) juga boleeeh...  
  • Rajin belajar, supaya kamu ga kudet *iish.. kamu? Aku kalee..
  • Bergabung dalam komunitas, agar dapat banyak undangan kopdar, informasi lomba dan macam-macam. Ups! Jangan lupa bergabung di Oorabo.com yak, di sini juga banyak info penting! 
  • Jika memiliki akun facebook atau twitter,  atau apalah.. usahakan buat status atau nge-twit yang menyenangkan, bermanfaat atau bisa juga memberi solusi dengan kul-twit
  • Nah, kalau follower atau friends list sudah buanyaaak, dengan aktifitas signifikan, so pasti jasa advertising akan masuk. Hei, jangan beli follower juga yah, biar gimana pasti ada 'spy' di sosmed ^_^
  • Disinilah peranan buzzer, yaitu seorang netizen dengan akun twitter lebih dari 2,000 followers. Biasanya buzzer ini mengirim pesan promosi brand atau produk tertentu kepada follower mereka. Tweet berbayar ini dilakukan pada jam sibuk, antara 7 hingga 10 pagi atau 4 sore hingga 8 malam. Tau kan, bayaran buzzer? Psst.. @ernestprakasa itu dibayar 7 juta perak untuk 10 twit! Kabarnya siiih.. ada seorang comic yang menembus hingga 12 juta perak per 10 twit!
SEANDAINYA GA DAPAT JOB JUGA, GIMANA?
Well.. balik lagi ke tujuan awal nge-blog.Trus perhatiin juga para jawara dan banci kontes itu. Perhatikan konten apa aja yang ga ada, trus bandingin ama blog sendiri. *Duh, jadi malu liat blog eike!


Kata mbak Ani Berta sih, jangan malu-malu berkenalan dan perluas jaringan pertemanan. Mosok sih, ga ada juga rumors beredar tentang review job? Jangan lupa, sedia kartu nama yaa.. 

Oya ada satu tips lagi (mbak Ani Berta banyak amat yaa tipsnya, makacih mbaaak..) kita bisa kunjungi penyedia jasa seperti :
  • IdBlognetwork.com,
  • BBlog.web.id,
  • Freelancer.co.id,
  • SITTI.ID,
  • sponsoredreview.com,
  • payperpost.com  
Kopdar Oraboo - courtesy Oraboo.com
JANGAN LUPA! Lihat selalu kredibilitas ybs, dan saat terima job pun ga sembarangan, nanti ada iklan aneh muncul di sidebar pulak!

Terus kalo udah dapat job, usahakan agar menjaga etika dengan tak mempromosikan produk kompetitor ^_^ dan... tenggat waktu kalo bisa ya gak kelewat, deh..


Usai menampung ilmu yang bejibun, blogger disuguhin kopi ginseng dari CNI. Tau dooong.. kopi yang satu ini, selain aromanya harum, rasanya enak (sebagai penikmat kopi, saya acung jempol!) dan yang penting bikin mata jadi melotot kembali!
Secangkir kopi ginseng - courtesy Rahab Ganendra
Yang jelas, usai acara banyak yang langsung praktik on the spot, dengan saling bertukar kartu nama, BB, handphone *ups! Nomornya doang loh....dan mulai sering update.. hihi.. termasuk yang nulis ini, laaah..

Yang lebih jelas lagi, mulai sekarang saya ga akan cuek dengan BW, bikin mini kuis, nempel-nempel mbak Ani Berta *eeh... dan merasakan manfaat yang indah dari berselancar di sosial media!

4 comments:

  1. Acara seperti bagus banget untuk menambah wawasan
    Jangan lupa mempromosikan buku Blog Mini Penghasilan Maksimal karangan Abdul Cholik
    Salam sayang selalu

    ReplyDelete
  2. Iya pakde, buku itu sangat berjasa buat teman-teman memahami ada penghasilan maksi yang bisa kita dapatkan di dumay..
    thanks ^_^

    ReplyDelete
  3. dan mendapatkan penghasilan dari blog itu harus dengan kerja keras dan tekun ya Mak.. :)

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^