Thursday, March 24, 2016

RUANG GURU, SOLUSI BELAJAR KEKINIAN

Lancarnya lalu lintas pagi ini, membuat saya tepat waktu sampai ke venue acara Ruang Guru di Omah Sendok yang terletak di Jl. Mpu Sendok Senopati Jakarta Selatan. 

Seperti di briefing oleh Mak Icoel (Ketua Emak Bloggers), sebelum mengikuti acara, kami wajib men download aplikasi Ruang Guru. Tujuannya biar pas acara berlangsung, kita bisa langsung aplikasikan.

Sukses download, saya coba dan merasa bahwa aplikasi ini sangat mudah digunakan. Kalo ada soal-soal yang ingin didiskusikan, tinggal foto soal terus dijawab...... eits, sebelumnya.. ini ngobrol apaan sih? 

Kamu masuk ke Ruang yang ada gurunya gitu, apa  ruang ini penuh guru, apa gimana? 

Yuk, kita cari tahu. 

RUANG GURU, SOLUSI BUAT BELAJAR
RuangGuru ini adalah salah satu startup yang menghadirkan aplikasi berbasis smartphone untuk menggerakkan pendidikan secara online di Indonesia. Aplikasi ini memudahkan para siswa untuk berkonsultasi tanpa batas ruang dan waktu.

Fungsinya adalah sebagai sarana belajar siswa, sekaligus menjadi tempat kita mencari bimbingan belajar yang qualified. Secara mudah, soal-soal tinggal diupload ke aplikasi ruangguru, trus kita tinggal diskusi dengan guru yang tersedia. 

Di ruangguru.com kita bisa mendapatkan testimoni dari para orangtua, sekaligus membandingkan harga les privat yang signifikan. Guru-gurunya diverifikasi, profil dan identitas diri, serta rekam jejaknya bisa kita ketahui langsung.

Kalo kita ingin les matpel tertentu, kita bisa request dengan kirim email  info@ruangguru.com

Biaya guru, durasi, dan paket belajar dapat ditentukan sendiri oleh Guru. Meskipun begitu, Ruangguru.com memonitor proses belajar mengajar yang ada. Guru dan murid tidak perlu pusing dengan masalah teknis dan administrasi pembiayaan, karna semuanya akan diurus oleh pihak Ruangguru.com. 

IDE AWAL RUANG GURU
 “Idenya berawal dari kami berdua yang kesulitan dalam menemukan tutor berkualitas saat akan mengikuti ujian masuk universitas. Di Indonesia, menemukan tutor berkualitas selalu menjadi masalah karena hanya mendapat referensi dari teman dan keluarga yang seringkali tutor tersebut memiliki kualitas standar.” 
Iman dan Belva (founder dan co founder) berpendapat,  mengatakan bahwa kepercayaannya terhadap ide ini semakin kuat setelah keduanya lulus universitas. 
“Kami melihat bahwa orang berhenti belajar saat lulus universitas, namun rasanya setiap orang tetap membutuhkan bimbingan untuk belajar selama mereka dewasa,” tambahnya.
Secara gampangnya, RuangGuru ini adalah website yang menghubungkan calon murid dengan calon guru yang tepat. Pelajarannya bisa nego, mau online atau offline, dan kita bisa cek dulu harganya yang signifikan.

Tapi jangan takut, karena mata pelajaran pada umumnya hingga pendidikan khusus seperti bimbingan komputer atau olahraga tertentu ada. Kalo kata Iman, bahkan ada yang ingin belajar yoyo atau yoga secara online, loh! 

Berasanya sih kita beneran hidup di era digital jadinya. Karena anak anak cukup ada di rumah, dan tutor khusus pun hadir dan  dapat membimbing persiapan ujian, ngaji, belajar bahasa asing, dan teori musik. Amazing kaaan! 
courtesy : career step
Imajinasiku pun melayang. Ngebayangin anak-anak belajar dari rumah di depan layar segede gaban, menampilkan guru, alat-alat laboratorium komplit. 

Terus, udah bel berbunyi, trampolin plus guru olahraga terpampang di layar. Jeng jeeeng.. 

Kata mas Iman, “Siapa saja boleh kok,  mendaftar jadi guru di website kami selama mereka memiliki kemampuan atau keahlian dalam mengajar,” ujarnya. 

“Tujuan kami adalah membuat satu sistem pendidikan agar kita dapat belajar apapun dari siapapun.”

Oya, startup RuangGuru ini mendapat bibit pendanaan secara bootstrap dari East Ventures1, which means meski tidak mengungkapkan nilai yang diberikan, Ruang Guru berpeluang untuk membesarkan nama di kancah pendidikan internasional . Yuk, kita doain biar bisnis pendidikan ini sukses. Hya eyalah, sebagai emak emak, penting itu!

FAKTA PENDIDIKAN DI INDONESIA
1. Di Indonesia, mungkin ada sekitar 15.000 lembaga swasta kecil yang menawarkan jasa bimbingan belajar dengan jumlah siswa mencapai 1,4 juta  (data tahun 2015). 

2. Jasa bimbingan belajar tersebut biasanya hanya beroperasi secara offline tanpa adanya sistem yang memungkinkan review dan feedback bagi para guru.

3. Nah, ini FAKTA PENTING : Ibu2 di Indonesia mah, seneng kalo anaknya ikutan bimbel!

Tau lagu anak anak TIK TIK TIK, kan? Di lirik lagunya kan ada, bunyinya :" Cobalah tengok, dahan dan ranting, pohon di kebun pamflet semuaaa..." 

Tuh. 

Saking banyaknya les dan bimbingan belajar, sampai seluruh ruang terbuka ditempeli brosur dan pamflet. 

POTENSI RUANG GURU
Sebagai satu aplikasi berbasis pendidikan, di Indonesia, model bisnis Ruang Guru sangat prospektif. Meski baru seumur jagung, Ruang Guru sudah menarik minat investor.

Pada bulan Agustus 2014 lalu, start up pertama di bidang pendidikan itu mendapat modal, karena berpotensi mengumpulkan database 50 juta siswa, 3 juta guru, dan 200 ribu sekolah di Indonesia!


Iman lulus bergelar sarjana dari jurusan hubungan internasional di Universitas Indonesia tahun lalu dan saat ini mengejar gelar Master di pengembangan pendidikan dari Colombia University di New York. Iman juga pernah bekerja dua tahun lalu di perusahaan nonprofit di New York. 

Di kesempatan kali ini, Iman menjelaskan teknik dan sistem kerja ruang guru. 


SISTEM TRY OUT DI RUANGGURU
Try out mencakup berbagai jenis mata pelajaran. Untuk kelas 6 SD, mata pelajaran yang dapat diakses adalah pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA. Bagi siswa SMP, ada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA.

Sementara bagi siswa SMA jurusan IPA terdapat mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi. Untuk siswa SMA jurusan IPS berisi mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi.

Setelah mencoba try out online sampai tuntas, para peserta akan mengetahui hasil nilai tiap jenis mata pelajaran yang dikerjakan setelah periode try out selesai.

TANYA JAWAB SEPUTAR RUANGGURU.COM DAN APLIKASI RUANG GURU
  • Bagaimana cara murid mencari guru yang sesuai?
Murid bisa mencari guru dengan cara login, lalu mencari kriteria guru yang diinginkan. Konfirmasi dilakukan 2x24 jam.
  • Mata pelajaran apa aja yang ditawarkan ?
 Murid bisa mencari melalui daftar mata pelajaran, lalu cari guru di sini
 Jika masih ada yang ingin ditanyakan -maklumlah, emak-emak kalo nanya banyak- maka telepon ke
021 9200 3040 atau 0812-1361-3070 setiap hari Senin - Jumat pada waktu jam kerja.
  • Guru kan, dibayar yah.. kalo engga, dia mau makan apa coba.. cara menego harga dan melakukan pembayarannya gimana?
Setelah memilih guru yang diinginkan, Ruangguru.com akan melakukan konfirmasi kepada guru yang dipilih. Jika guru pilihan pertama tidak tersedia, maka pihak Ruang Guru akan meneruskan ke pilihan kedua, dan seterusnya hingga pilihan ketiga. Jika ketiga pilihan yang ditetapkan tidak tersedia, maka Ruangguru.com akan mencarikan opsi lain dan menawarkannya kepada murid.

Jika murid telah menyepakati guru yang dipilih, selanjutnya pihak Ruangguru.com akan mengirimkan invoice (tagihan pembayaran), dan kemudian murid dapat melakukan pembayaran 100% dari biaya paket belajar yang ditetapkan melalui Rekening Ruangguru.com.

Konfirmasi setelah pembayaran, ke :  021 9200 3040
Kirim bukti resi pembayaran melalui e-mail ke bayar@ruangguru.com

Kalau sudah semua, murid dapat memulai kegiatan belajar sesuai yang sudah dijadwalkan. Kegiatan belajar tidak akan dimulai jika murid belum melakukan pembayaran biaya paket belajar yang dipilih. 
  •  Berapa sih, harga yang signifikan dan rata-rata untuk guru les privat?
Sebenernya tergantung kesepakatan, yah. Tapi rata-rata guru menetapkan tarif IDR 50K - IDR 100K perjam. Kalo untuk masukan, saya membayar guru les anak-anak sebagai berikut :
  • Les mata pelajaran 2-3 kali seminggu (8-10x sebulan) = IDR 350K
  • Les renang 1x seminggu (4x sebulan) = IDR 500K
  • Les Bahasa Arab - tahfiz AlQuran 2x seminggu (8x sebulan) = IDR 500K  
  • Les robotic 1x seminggu (4x sebulan) - tanpa membeli alat atau instrumen = IDR 500K  
Kurang lebihnya gitu, tapi jaman saya dulu SMA (tahun 1988) saya juga pernah kok, les Kimia yang gurunya dibayar IDR 175K sekali datang, namanya pak Jimmy. Karena jaman tahun itu mahal banget (setara dengan IDR500K hare gene) jadi kita belajarnya kelompok, satu kelompok isinya 7-8 orang.

Dia tuh pinternya minta ampun, metode mengajarnya juga keren, tapi.... perasaan, saya tetep bego maksimal deh sama Kimia *kayang*

EMAK BLOGGER'S HANGOUT WITH RUANGGURU
Keseruan sepanjang pagi bersama emak blogger..








17 comments:

  1. bener banget... saya berhenti belajar total abis kuliah.. kayaknya ini otak udah sumpek banget buat belajar lagi :)))) tp melihat pembahasan di sini menarik juga Ruang Guru ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka belajar, loh mbak Ria. Abis kuliah itu sempat mengambil aneka kursus.

      Mulai dari perdalam TOEFL (mau ke Amrik ga jadi) peradilan Mandarin (alhamdulillah berangkat) dan Management Development Program nya McDonald

      Belajar itu menyenangkan!

      Delete
  2. mantaff mak tanti, hiduup tangerang eee oops hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ha huusyyyy .... Yang penting laporan duluuu

      Delete
  3. Sekarang saya gak perlu nunggu Sang Ayah pulang kerja untuk membatu anak mengerjakan PR, tinggal klik Ruangguru.

    ReplyDelete
  4. Aku dah nyoba nih ama anakku dan anakku sukaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius aku ga dijawab :( mungkin gurunya lelah ...

      Delete
  5. Tik tik tik ...pohon dan kebun pamflet semua he he.Suka suka..aplikasi ini ngebantu emak emak banget yang ga bisa mondar mandir nganter anak bimbel ,cukup buka aplikasi trus belajar deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kikikiiikkk tiada pohon nganggur tanpa kehadiran sebuah brosur yaaa

      Nah, coba bayangkan kalo malam malam ditanya PR matematika penuh rumus ama anak! Rasanya... grrrrr....

      Delete
  6. Aih ini keren yah mak, tapi bener deh bimbel sekarang mah uda kaya mkn nasi, jadi kaya kebutuhan...
    Oh bisa bljr ngaji juga yah :) coba ke tkp ah..ciee fotonya, itu lorong kekinian bgt ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kita masuk ke aplikasi, terus gurunya nyaut.

      Nah... masalahnya, kalo ngaji aku ndak jelas, kan anaknya kudu denger yah *~*

      Delete
  7. Dulu zaman masih sekolah, ruang guru adalah tempat paling menakutkan hahaha
    tapi kalo sekarang guru nya cakep2 mah bikin betah yaaaa #KagakNyambung

    ReplyDelete
  8. Sudah download app nya. Tapi anakku lebih seneng nyobain soal-soal di test Ruangguru buat persiapan ujian :)

    ReplyDelete
  9. Ini membantu bangeeet ya mba.. Aku catat dengan baik nih

    ReplyDelete
  10. ayo o udah mulai belajar tes online belum mbak? semoga lulus ya :)

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^