Saturday, March 5, 2016

TETAP LANGSING DAN SEHAT DENGAN #SARAPANSEMPURNA




Five little monkeys jumping on the bed 
One fell off and bumped his head 
Mama called the doctor, 
And the doctor said 
No more monkeys 
jumping on the bed!

"Kalau ibu-ibu yang dibegitukan, bagaimana? Diperlakukan seperti monkey di depan semua mata yang memandang?"

Ibu psikolog Roslina Verauli yang cantik itu menatap tandas mata kami semua. 

Satu persatu. 

Kami yang tadinya terbahak-bahak melihat ulah salah seorang netizen Mirna Kei Raharjo menirukan monyet, mendadak mengurangi tawa dan berangsur terdiam. This 'mak beugh moment' ini digunakan oleh Ibu Verauli untuk melanjutkan,
"Itu yang anak-anak selama ini rasakan. Disuruh, tapi orangtuanya tidak turut mengerjakan!" 
Oke sip. Habis "mak beugh", sekarang "mak plak" dweh. 

SARAPAN.. GA PENTING?
Sarapan memang sering dianggap satu masalah sepele. Buat yang ke sekolah, pasti mikirnya, "Ah, gampang, nanti tinggal jajan saja,"

Sementara yang ke kantor, mikirnya juga nyaris serupa. "Beli nasi uduk Mak Ipeh di ujung jalan kantor enak juga,"

Padahal nih, "Kebersamaan keluarga itu adalah sumber kekuatan anggotanya. Pagi hari adalah opsi momen kebersamaan, bisa membuat "our time" yang saling mengingatkan, dan berlanjut menjadi ritual untuk psychological-wellbeing,"

Faktanya, orang-orang yang mayoritas hidup di kota besar memang mengabaikan sarapan. Bahkan, SEANUTS -Southeast Asian Nutrition Survey- sebuah studi multicenter yang digagas Friesland Campina, menemukan, hanya 1 dibanding 10 anak Indonesia usia 2-12 tahun yang sarapan dengan kualitas yang baik.

Itu sebabnya, issue ini yang diangkat ke permukaan oleh Frisian Flag, satu produsen penghasil susu yang cukup terkenal. 


”Sarapan sangat penting bagi kesehatan tubuh. Melalui kampanye Bulan Sarapan Sempurna, Frisian Flag mengajak keluarga Indonesia menerapkan kebiasaan sarapan teratur bergizi dilengkapi segelas susu kental manis, dan menyempurnakan sarapan dengan sedapat mungkin menikmatinya bersama keluarga,”~ Ramjeet Kaur Virik~ 
Dengan diadakannya kampanye ini, 
Frisian Flag berharap dapat mengajak seluruh orangtua untuk kembali memperhatikan kualitas dan gizi sarapan.

SARAPAN SEHAT ITU YANG SEPERTI APA?
Proporsi sarapan sehat seperti yang ditunjukkan dalam pertemuan kali ini - ditandaskan oleh dr. Samuel Oentoro - lihat gambar di bawah ini:




Lihat juga komposisi gizi susu
yang akan mencukupi #SarapanSempurna anda yaa
DAN, KIRA-KIRA ISI #SARAPANSEMPURNA TUH KAYAK GINI...


GAK MAU SARAPAN, AH NANTI GEMUK!
Ee.. kata siapa? Kecukupan kalori manusia dewasa itu sekitar 2000 kalori per-hari. Dan, sebaiknya di pagi hari ada karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Gunanya untuk membakar cadangan lemak di dalam tubuh.

Selain itu, karena sarapan, asupan kalori di siang hari cenderung berkurang, dibanding yang tidak sarapan. Malah, karena tubuh sudah tidur sekitar 5 - 7 jam, dan dibiarkan kelaparan dipagi hari, cenderung akan menyantap banyak makanan yang tidak penting!

BLOGGER GATHERING DI RUMAH ALEXANDRA - KEMANG

Pagi-pagi banget, aku dan kawan-kawan dari Tangerang udah sampai duluan, karena menghindari macet, tentu saja. Bisa ditebak : kami semua belum sarapan!
Menu sebelum sarapan = welcome drink
coffee or tea,
 dan aku mengambil roti 2 buah -__-
Memasuki venue, terlihat desain Rumah Alexandra yang semi etnik Jawa dan bergaya art deco, sudah berhias dengan taplak satin warna biru dipadu mawar putih yang ditata di hampir semua meja. 

Di bagian belakang rumah, pelatarannya yang berkeramik biru dibuat mozaik dengan sentuhan Spanyol. Sebuah kolam renang terlihat di ujung taman yang dipenuhi tanaman tropis. Sebuah mushola dan kamar mandi yang apik, berdekatan dengan kolam renang tersebut.

Rumah Alexandra berdiri di atas lahan seluas 3.000 meter persegi, dengan luas bangunan sekitar 1.000 meter. Rumah ini adalah milik mbak Ratih Soe, mantan peragawati terkenal era 80-an. Sekarang, rumah itu dapat disewakan untuk acara yang terkesan intim seperti ini. Atmosfer rumah yang nyaman, membuat semua tamu merasa disambut di rumah sendiri. 

Memang, saat ini masyarakat urban yang hari-harinya nyaris padat dengan berbagai acara, menuntut atmosfer baru setiap kali. Dan, multifunction house menjadi jawaban untuk itu. Harga sewanya berkisar dari IDR 10juta untuk satu even. 

Acara #BulanSarapanSempurna kali ini emang antik. Ga ada duanya! Gak bosan aku menekan tombol kamera. Kalo ga mau dibilang ga sopan.. ha ha.. 









 ACARA GATHERING YANG MENGESANKAN!



Persiapan acara games Pairing the Breakfast
Mbak Tyas, yang cantik dan energik
KAMPANYE BULAN SARAPAN SEMPURNA
Masyarakat dapat berpartisipasi dengan mendaftarkan diri mulai 1 Maret 2016 di www.bulansarapansempurna.com yang dapat diakses via ponsel dan mengisi buku harian tentang sarapan sempurna di akun masing-masing. 

Unggah foto dan update status Anda setiap hari dan dapatkan kesempatan memenangkan hadiah harian berupa voucher belanja bagi 10 akun buku harian paling seru, hadiah mingguan berupa 7 breakfast table bergaya bagi 7 akun buku harian paling menarik, dan hadiah utama berupa ‘pengalaman sarapan keluarga fantastis’ bagi 3 keluarga dengan akun buku harian terbaik.

Pemenang hadiah utama akan diumumkan pada akhir April 2016. Untuk mengetahui informasi terbaru tentang serunya Bulan Sarapan Sempurna masyarakat dapat bergabung di laman :

Facebook Frisian Flag Indonesia, 
akun Instagram @susu.frisianflag 
Twitter @SusuFrisianFlag dengan tagar #sarapansempurna.

FAKTA PENTING TENTANG SARAPAN

  1. Sarapan yang kaya karbohidrat adalah sumber energi prima bagi otak yang berdampak pada kesehatan fisik dan mental yang baik. Emosi pun biasanya menjadi lebih stabil
  2. Di AS 1 dari 8 anak tidak suka sarapan, sedangkan jumlah pada remaja yang tidak sarapan mencapai 15 persen. Sementara para orang dewasa yang enggan sarapan lebih banyak lagi, diperkirakan sampai sepertiga.
  3. Penelitian menunjukkan, anak yang tidak sarapan kadar zat besi, seng, serat, kalsium, vitamin B2-nya lebih rendah, dibanding anak-anak yang selalu sarapan.
  4. Mereka yang biasanya tidak sarapan, sebaiknya mulai membiasakan diri untuk sarapan. Memang pada awalnya tubuh akan menolak. Tapi setelah 2-3 minggu tubuh bisa kok menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru ini.
  5. Tidak sarapan berisiko obesitas? Lo, kokEnggak makan ‘kan akan mengurangi cadangan lemak di tubuh? Betul! Tapi, gara-gara tidak sarapan perut akan terasa lapar sehingga ketika makan siang akan “balas dendam”. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang sarapan pagi mempunyai asupan kalori harian yang lebih rendah dibanding orang yang tidak sarapan.
  6. Mereka yang tidak suka sarapan cenderung kadar kolesterolnya tinggi karena metabolisme tubuh terganggu.
  7. Para karyawan yang sarapan biasanya performa kerjanya lebih baik pada pagi hari dan mood-nya pun lebih baik.
  8. Para remaja putri usia 9-19 yang rutin sarapan, Indeks Massa Tubuhnya lebih rendah daripada yang tidak suka sarapan.
  9. Menurut Wayne Campbel, Ph.D dari Universitas Purdue, saat sarapan masukkan unsur protein karena akan memberikan rasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.
  10. Anak yang sering tidak sarapan, otak besarnya yang sedang berkembang bisa mengalami penyusutan (atrofi) yang berdampak pada terganggunya pertumbuhan intelegensia.

    sumber : Intisari  

15 comments:

  1. Ayo selalubsarapan Mak,biar langsing dan sehat

    ReplyDelete
  2. Ayo selalubsarapan Mak,biar langsing dan sehat

    ReplyDelete
  3. Waaaah fotonya lengkap. Hihi. Ayo sarapaaaaan! Semoga menang ya Maaaaaak. Hehehe

    ReplyDelete
  4. yuhuuu..asik lihat foto2nya...
    hari ini sudah sarapankan Mak tanti?

    ReplyDelete
  5. Alasannya bagus.. Fotonya lengkap... Hehe sukses ya mak...

    ReplyDelete
  6. Blognya kereeeeennnn :D Sarapannya juga oke, Mak Tanti.

    ReplyDelete
  7. Fotonya kompliit.. Tapi sayang.. Gak ada fotoku :P

    ReplyDelete
  8. tsakeppp... pantesan mak tanti tetep langsinggg....

    ReplyDelete
  9. Saya dan anak saya biasa sarapan oat dan olahan telur, sempurna gak ya. Jam 10an baru makan buah.

    ReplyDelete
  10. ada benarnya jg sih mbak. Kl gak sarapan itu pas makan siang maunya ngamuk diabisin semua :)))))

    ReplyDelete
  11. nah aku jarang sarapan, makanya badanku melarrr

    ReplyDelete
  12. Aku nyarap nasi mba hehe, orang Indonesa :) itu asik banget yaa mba rumahnya, cakep, naksir

    ReplyDelete
  13. Aktifitas gatheringnya menyenangkan yah,,, rame, banyak kawannya, jadi kepingin ikutan nih,,, gak ada kah acaranya di malang?

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^