Thursday, July 14, 2016

BEHIND THE SCENE BUKU COLORING "SAMANTHA THE HAT GIRL"

Hai haaai.. 

sesudah menunggu selama .. mmm sekitar 3 tahun, at last aku punya buku sendiri, yang dicetak dengan jalur resmi penerbit hingga ke percetakan! Yeaay! Senangnya!

Selama ini, memang aku sudah memiliki buku-buku antologi dan beredar juga di Toko Buku terbesar Indonesia, Gramedia dan mungkin Gunung Agung. Tapii, kalo di-search menggunakan komputer toko, sepertinya namaku nyaris hilang ditelan angin senja deh. Aku juga punya buku-buku pribadi yang diterbitkan secara indie. Dan, tetap saja mengalahkan euforia memiliki buku pribadi yang terbit dengan jalur resmi!

Alhamdulillah, semesta telah mempertemukan aku dan sahabat doodler plus blogger Winda Krisnadefa dengan mas Bambang Pribadi. Melalui dunia orat oret ini, akhirnya aku bisa menerbitkan buku coloringku. Termasuk telat, sih.. di Indonesia, the book trendsetter is like a wind blows. Whuusss.. it comes and gone! 

Proses Awal Pembuatan Coloring Book Samantha the hat Girl

Awalnya sederhana. Aku dan Winda yang sering drawing battle saling membuat gambar di media sosial kami. Namun, seiring waktu, Winda mengkhususkan diri di hand lettering dan aku back to basic, menggambar ilustrasi buku cerita anak dan doodle. 



Meet up January 2016
Singkat kata, aku pun datang dan meeting dengan team Penerbit Buku Pintar, mas Bambang dan mas Edi. Sepakat, bahwa buku mewarnai yang akan aku buat ini untuk usia teenager, karena disesuaikan dengan skill yang aku miliki. Ngga serumit punyanya mas BP .. ^_^

Setelah aku membuatnya dalam format 20 x 20 cm, dan dibuat dalam 72 halaman, maka disetor kembali. Setelah itu, gambar tersebut pun melalui serangkaian proses editing. Dikembalikan 2 kali karena tidak sesuai tema, lalu diedit kembali. 

Setelah semua rapi, maka editor pun melayangkan email persetujuan cover buku, tata letak dan lain-lain. Semua ini sebenarnya selesai dalam tempo 3 bulan, hanya saja kadang kelamaan edit gambarnya.

Setelah itu, naskah pun masuk ke percetakan. Nah, bagaimana prosesnya di percetakan?

PT. Nusantara Lestari Ceria Pratama 

Yuk, maree kenalan dengan percetakan PT Nusantara Lestari Ceria Pratama ( PT NLCP). 


PT NLCP ini didirikan pada tanggal 19 Juli 1993 sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan buku dan jasa percetakan. Bertempat di Jalan HOS Cokroaminoto Kav 57 -58, Ciledug, tadinya area perusahaan percetakan ini hanya satu kavling, dan berkembang menjadi sebesar sekarang.

Tujuan pendirian perusahaan ini adalah melayani jasa cetak dan advertising. Mereka fokus pada kepuasan pelanggan dengan memberikan barang bermutu, tapi dengan harga yang terjangkau dan tepat waktu. 

Psst.. dengar-dengar, si Big Boss ngga mau mengeluarkan dan acc kalo gak sesuai dengan perhitungan, ngga maksain kudu dicetak jika tidak standarize. Itu sebabnya, banyak yang percaya pada percetakan ini.

Produk utama dari PT Nusantara Lestari Ceria Pratama dapat dikategorikan dalam tiga (3) kategori, kategori itu terdiri dari buku, media periklanan dan barang-barang promosi. 

Produk-produk ini digunakan secara luas baik oleh perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa dengan beragam macam bentuknya yang bertujuan untuk meningkatkan nilai penjualannya. 

Didukung oleh mesin-mesin yang selalu update dan dibantu sekitar 300 karyawan mulai dari administrasi hingga ke bagian finishing product, perusahaan ini memberikan komitmen untuk memberikan hasil cetak yang berkualitas dan survive. Dalam sebulan, PT Nusantara Lestari Ceria Pratama sanggup mencetak 500.000 buku sebulan. Ah, termasuk angka fantastis ya.. 

Kunjungi aja website mereka di www.nusantaraprinting.com atau bisa menghubungi Ibu Elvira Haslim - Marketing Manager PT Nusantara Lestari Ceria Pratama di nomor (021) 58544441

Nah ini oleh-oleh kunjungan aku ke PT Nusantara Lestari Ceria Pratama  

1. PROSES PRACETAK : Setting dan desain


Masuk ke area yang super dingin ini, aku ditemani salah satu tim manajer yang cantik. Namanya... nggg.. lupa :(

Di sini proses desain akan mengira-ngira jenis kertas, ukuran dan warna, sehingga menghasilkan output berupa plat atau mika atau bahkan kalkir paper untuk dikirim ke bagian percetakan.

Plat seng ini akan diberi cairan khusus untuk mentransfer data. 


Dia neranginnya detail, aku mah teteeeuup gagal paham >_<
Cuman biar agak kelihatan cerdas, so di foto sok nunjuk-nunjuk gitu

PT NLCP ini menggunakan plate Digital Thermal Rate Energi Elite. Sangat kekinian ya? Keuntungannya apa? 
1. Daya tahan cetak dengan tinta konvensional sampai 500.000 exemplar dan tinta UV sampai 150.000 exemplar 
2. Dot yang dihasilkan lebih tajam 
3. Cetak 'raster' (tulisannya apa ya) lebih stabil.
kek gini nih penampakannya - dan itu gambarku di atasnya.. aaak!



2. PROSES OFFSET DAN CETAK

Operator di mesin mesin Offset dan Percetakan
Di sini, plat akan dipasang di mesin pencetak dahulu. Nah, semua data di plat akan digandakan dengan kecepatan tinggi. Kecepatan percetakan ini bisa diatur. Bisa 10.000 lembar per sekian menitnya, bahkan!







Mesin-mesin percetakan ini beroperasi 24 jam full, dengan beberapa operator. Oya, percetakan ini tidak langsung tercetak sekian jenis warna tapi bisa berulang kali hingga didapat warna yang diinginkan. Jadi, jumlah plat dan filmnya beberapa buah, sesuai dengan jumlah warna. 

Kebayang kan, mengapa percetakan itu mahal? Kalo mau murah, ya seperti bukuku ini, cetak aja 10.000 kopi.. ihik! *keselek* best seller atuh da itu namanya mah... amiiiin!





PT. NLCP memiliki mesin-mesin cetak antara lain :
• Mesin cetak 4 warna Roland 200

• Mesin cetak 2 warna SORM Z

• Mesin cetak 1 warna Roland Parva dan Record

Dengan didukung oleh mesin-mesin cetak tersebut, maka kapasitas produksi dapat mencapai jutaan eksemplar per bulan. Semua mesin-mesin dikendalikan oleh operator dan team yang ahli dan berpengalaman dibidangnya sehingga menjamin hasil cetakan yang berkualitas tinggi.

2. PROSES FINISHING DAN BINDING

Terakhir, sesudah semua oke, kertas dijilid atau dibinding, dan dipotong agar rata kanan kiri atas bawah. Lalu ditanda-tangani oleh penulis (jika mau) serta di-press, di-wrapping dengan menggunakan plastik dan di-packing!

PT. NLCP memiliki mesin-mesin finishing antara lain :
• Mesin potong Polar dan Wohlenberg

• Mesin lipat MBO & STAHL

• Mesin jahit benang

• Mesin jahit kawat

• Mesin binding (Muller Martini)

• Mesin pon

Proses finishing ditangani secara teliti dan cermat untuk menjamin hasil assembling yang berkualitas. Dengan didukung berbagai mesin finishing tersebut, memungkinkan seluruh rangkaian proses produksi dari awal sampai akhir dapat diselesaikan di pabrik sehingga ketepatan waktu pengiriman barang dapat terpenuhi dengan baik.




PT. NLCP memiliki mesin-mesin packing antara lain :
• Mesin strapping band

• Mesin plastic wrapping

Dengan didukung berbagai mesin packing tersebut, pengepakan dilakukan secara rapih dan kuat untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pelanggan agar hasil cetakannya dapat sampai ditangan pelanggan dalam keadaan baik dan utuh.


whoaaa ... selesai sudah!

Tinggaaaal... tanda tangaaan!




Nah, 
itu dia oleh-oleh aku berkunjung ke PT Nusantara Lestari Ceria Pratama 

Nantikan buku-bukuku selanjutnya yaaa *halah gayane*

21 comments:

  1. Hapal bener soal mesin cetak .. jangan-jangan bentar lagi buka percetakan nih mak tanti ... hehehehehhee

    ReplyDelete
  2. aku jadi kangen main ke percetakan, makasih mak tanti infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di percetakan, syukur syukur dapat buku buku gratis ya Maria Soraya

      Delete
  3. Selamat ya Mbak atas terbit bukunya.

    Nusantara ini memang langganan banyak penerbit. Bahkan penerbit temen dari Bogor un cetak ke sana walaupun agak jauh. Sukses ya semoga laris manis dan diikuti buku-buku berikutnya jadi royaltinya gede buat beli pulau di Malibu.

    #bukanhumblebragmurnidoa

    ReplyDelete
  4. laris manisss, 10ribu exp ya? keceeee

    ReplyDelete
  5. amiiin, smeoga buku selanjutnya segra keluar lagi ya mba

    ReplyDelete
  6. Wah hebat mbak :) selamat atas terbitnya buku2 mbak ya ... Sukses terus, salam kenal.

    ReplyDelete
  7. Kereeenn, selamat Mak Tanti. Moga segera menyusul buku2 berikutnya :D

    ReplyDelete
  8. Keren bs liat lgs proses nyetak bukunya. Selamat ya mbak moga berkah

    ReplyDelete
  9. Jadi kapan buku pesenanku dikirim?kami udah ga sabar nih :)

    ReplyDelete
  10. Gara-gara mak Tanti, Hana jadi suka gambar-gamabr lucu. pasti nanti kalo ke gramed minta buku diatas he he he

    ReplyDelete
  11. Selamat yaaa kak ... Sukses terus, ntar aku cari buku nya di gramed buat ponakan ku

    ReplyDelete
  12. Omaaaaa... buku pesananku manaaahhhh ???

    ReplyDelete
  13. Aku bangga dan ikut seneng mak, coloring book banyak manfaatnya, melatih banyak indera juga kesabaran, keteliatian, kreatifitas, dll. Gimana cara pesannya? Nanti aku PM yaaaa hihihihi. Makasih makkkk

    ReplyDelete
  14. Ponakanku jadi ikutan mewarnai The Hat Girl hihi... tapi aku juga suka. Masih kayak abg, ga aku? *plisss jangan tabok*

    Abis The Hat Girl, aku mau beli coloring book yang versi adult ah.

    ReplyDelete
  15. Aku mauuu dong colouring booknya mak Neng..
    Anw, congrats yaaa utk buku barunyaa..

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^