Thursday, July 28, 2016

FAKTA TENTANG ORANG KREATIF : THINK OUT OF THE BOX

Sudah pernah mencoba makan kadal goreng saos Padang? Kecoa rebus asam manis?

Belum? Aku juga belum. 

Tapi, itu tak berarti kamu tak bisa membuat tulisan mengenai Resto Cepat Saji dengan "Menu Unik dan Aneh Warbiyasak", bukan?

Aha!

Get the point?  Jika menulis adalah sebuah perjalanan, cobalah menempuhnya dari jalan yang lain. 

Masih bingung? Jika ke rumah Nenek adalah menempuh perjalanan melalui Jalan Ahmad Yani, cobalah memintasnya melalui Gang Senggol Kiri, alih-alih melewati Jalan Ahmad Dahlan.

So, alih-alih bercerita tentang kucing lucu bernama Pussy Cat, mari kita rombak total gambaran seekor kucing itu menjadi Garfield, si kucing pemalas!

Cobalah berkreasi.

Dulu, seorang ahli marketing berwajah ceria bernama James Gwee pernah mencobakannya pada pendengar yang hadir. Cobalah membuat seratus buah kegunaan dari sebuah garpu.

Intinya kreatif. Tunggu, seberapa penting kreatif kalo ternyata aku anak jenius?

Kamu bisa saja jenius, punya IQ 200. Tapi, tanpa kreativitas, sejuta kepintaran tak berarti apa-apa. 


FAKTA PENTING TENTANG KREATIVITAS 


  • Orang-orang kreatif bekerja keras tanpa disadari. Dalam hidupnya, tujuan ia "menciptakan" sesuatu adalah  karena ia suka. Ada yang menyebutnya iseng-iseng berhadiah, tapi sebenarnya tidak begitu.

    Contohnya? Di dunia maya ada Mark Zuckerberg - pencetus facebook. Ada juga Peter Versterbacka, si pencipta Angry Bird - game sejuta umat.

    Di dunia pencipta lagu dan tarik suara, yang terkenal di Indonesia ada Eyang Titik Puspa, ada Melly Goeslaw, dan lain-lain.

    Di dunia orat-oret, tentu saja masternya Afandi. No doubt. Di dunia doodle, ada ... ada neng Tanti *dijitakin sekelurahan* *ya kaleee* *usaha, kan boleh*
  • Orang kreatif tidak pernah berpikir bahwa fungsi gelas cuma buat minum. Mungkin saja, ia menciptakan aneka jenis wadah puding di dalam gelas, atau bahkan pot bunga kaktus mungil didalamnya.

    Intinya, mereka tidak melihat dengan cara yang sama seperti kita memandang sesuatu.
  • Kreativitas adalah kata sederhana namun kompleks, ia mengandung sesuatu yang multi dimension dan majemuk, implikasi yang nyaris tak berguna namun ternyata jitu.

    Nah. Keriting bukan, membacanya?
" Suatu ide adalah kombinasi baru dari unsur-unsur lama.  Tidak ada elemen-elemen baru.  Yang ada hanyalah kombinasi-kombinasi baru".
Kata para ahli nih,
  • Kreativitas adalah pengalaman mengekpresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam, dan dengan orang lain (Clark Moustatis) 
  • Kreativitas merupakan kemampuan untuk memberi gagasan baru yang menerapkannya dalam pemecahan masalah (Conny R. Semiawan)
  • Kreativitas adalah kecenderungan untuk mengaktualisasikan diri, mewujudkan potensi, dorongan untuk berkembang dan menjadi matang, kecenderungan untuk mengekpresikan dan mengaktifkan semua kemampuan organisme (Rogers)
So, berpikir kreatif sebenernya seperti kita membuka katup keran ide yang mengalir liar. 

Berpikir kreatif mampu menjadikan kita melihat MASALAH ---- as another solution. 

Dih! Enak aja ngomong. Kalo sedang ketimpa masalah, mana bisa kita berpikir solusi? 

Tapi bener, deh. Misalnya kita ketimpa masalah kejatuhan laci lemari. Nah, abis nangis karena sakit dan nyengir karena kudu ngeberesin isi laci, pasti kita akan berpikir : "Gimana ya, caranya supaya tidak kejatuhan laci lemari lagi?"

Seperti itu. 


Atau, sudah pernah mencoba mengikat tali sepatumu dengan serbet kotak mama yang kau gunting? Cobain deh.

Sumber : alldaychic.com


26 comments:

  1. Saya kenal bbrp tmn yg kreatif suka terpana juga sama ide2nya. Kalau kebanyakan kumpul2 ma org kyk gini biasanya ketularan, minimal semangatnya lha, biar bisa mikir ke arah lain, gak mandang satu pintu mulu hehehe

    Nice post Mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya apalagi.. seringnya ngumpul sama seniman seniman itu loh.. ck ck ck''ide mereka nggilani hihihi

      Delete
  2. Klau kadal goreng saus padang gue masih ketelen kali mbak .. tapi kalau kecoa asam manis baru lihat juga langsung mutah kali gue mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat kita kan gitu, tapi ya kali ada yangmau nyoba.. *hueeek*

      Delete
  3. suka terkagum kagum dengan para kreatif ini makneng...
    maklumlah daku ini kadar kreatifnya keknya rendah sekali hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhauahaahhahahhahahaaaa


      *pengakuan*
      *ga berani komentar*

      Delete
  4. tante saya kreatif pake banget, semua barang bekas disulapnya menjadi cantik dan unik

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, aku boleh kenalan gak ama tantemu?

      Delete
  5. Awal nya gak enak banget tuh kadal goreng sama kecoa asam manis :D kirain admin udah pernah nyobain, ternyata belum juga :D

    Bener tuh orang tidak berpikir bahwa gelas hanya berfingi untuk alat minum saja bisa jadi wadah puding atau yang lainnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anu.. maaf, adminnya jijikan

      Punya ide lain gak mas

      Delete
  6. Saya kreatif. Kayanya...hahaha#dijitakin orang sekecamatan. Tinggian dikit dr komen sang penulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakaaa, baiklah, sesama yang abis dijitakin kita tooossss

      Delete
  7. Aku ngefans banget seh sama org2 kek gini mbak kadang suka wow aja gtu kok ya kepikiran buat ide gini soalnya kadar kreativitasku ada dilevel bawah hehehe...jd seneng klo gaul ama yg keeatif pengennya sih trs nular hahhaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ....


      *takut komen*
      *sebaiknya gaul terus*

      Delete
  8. kecoak saos padang kali enak
    btw lucu sandalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixiixixixii.. sementara admin baru berani walangkekek goreng garing

      Delete
    2. sendalnya orang, nyari di mesjid yang ginian belum ada -__-

      Delete
  9. Aku suka sama manusia kreatif
    Btw..syukaaa ama sandal balinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga .. secara gitu aku kurang kreatif dan kurang kerjaan

      Delete
  10. Gimana mengasah kreatifitas kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai haiiii Winny,

      Gordon Dryden (2000: 185) dalam buku Revolusi Cara Belajar mengatakan bahwa, " Suatu ide adalah kombinasi baru dari unsur-unsur lama. Tidak ada elemen-elemen baru. Yang ada hanyalah kombinasi-kombinasi baru"

      Caranya :
      1. selalu melihat kemungkinan lain dari satu kesempatan.
      2. Jangan Terlalu Mengikuti Pendapat Orang Lain Sepenuhnya.
      3. Jangan takut untuk mengkritik diri sendiri.
      4. Jangan menjadi perfeksionis

      Misalnya :
      Lihatlah kemungkinan sebuah WARTEG - warung tegal - menjadi sebuah franchise bernama "Warung Warteg Mbah Jingkrak Super Pedas"

      atau
      ciptakan kemungkinan sebuah bajaj menjadi mobil mini terbaru ber AC dan dijadikan alternatif Go-Jaj (go bajaj)


      Delete
  11. Orang kreatif katanya pemalas, mak. #kikirkuku #leyeh2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup.

      Kerjaannya itu milir, melamun sambil doodling.... *guwe banget*

      Delete
  12. analogi eyang titik pupa atau teh melly itu kena banget mbak, mungkin dari sisi skill bermusik atau kualitas suara banyak yang lebih mumpuni dari mereka, tapi kreatifitas yang membedakan seorang pencipta dengan guru musik di tempat kursus atau kritikus musik di majalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Mereka mengolah sebuah lagu menjadi karya, tidak hanya dengan menyanyikannya tapi sekaligus membuatnya menjadi drama, pertunjukan musik tari, dll

      Delete
  13. Mak tanti, jadi kreatif itu memang nyeleneh tapi dari situ datang ide yang tidak terpikir orang lain. Dan dari pengalaman saya, orang kreatif itu mood swingnya cihuy bangettttt..... semoga makin banyak orang2 kreatif yang datang dari negara kita tercinta ini ah.

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^