Wednesday, February 15, 2017

MENGGAMBAR ALAM DI OMKARA RESORT

Menggambar adalah hobiku sejak mulai tau alat tulis.
Dan sejak itu, Ibu dan almarhum Bapak sepertinya tak henti menghujaniku dengan aneka spidol.


Waktu aku masih tinggal di Nunukan, perbatasan Kaltara,
Bapak berangkat ke Eropa dan Jepang cukup lama, sekitar 5 tahun beliau wira wiri di dua negara itu untuk melanjutkan studi. Nah, sejak itu peralatan tulisku makin lengkap. 


Ketika semakin dewasa,
cintaku pada dunia seni lukis dan gambar semakin dalam. Mungkin karena kepedean, bahwa "aku bisa" menjadi seorang pelukis atau ilustrator, membuat aku berhasrat untuk menekuni bidang yang satu ini.

Beruntung, aku selalu tinggal di daerah-daerah yang sepi dan tenang. Samarinda, Balikpapan, Nunukan dan terakhir Tarakan, Bapak selalu mendapat rumah dinas yang besar dan terletak di pinggir hutan atau laut. 

Bahkan, waktu pindah ke Jakarta di bilangan Pondok Indah (Kartika Alam) perumahan itu masih sangat sunyi dan sepi. Keluargaku kemudian pindah ke daerah pinggiran lagi, Ciputat, yang juga ketika itu masih berupa rawa.. haha.. buatku, sih gak masalah, memang aku juga tidak terlalu suka rumah yang ramai kok..

Yogya dan Bali adalah dua daerah kesayanganku, juga semua wisatawan dunia -nah kalo ini bener- tapi Bali sekarang belum terjangkau lagi. Punya anak banyak, kalo pergi kudu berondong petong gitu.. Destinasi terdekat adalah Yogya.

Tapi, nginep di mana kalau sudah di Yogya?

Hotel dan homestay bagus banyaaak banget di Yogya. Unik-unik, pula!
Ada yang penuh mural (mulai dari mural yang lucu, bersih, sampe jorok ada)


Selain homestay favorit milik sahabat bloggerku, 
ternyata ada sebuah resort terpencil yang memiliki konsep menyatu dengan alam, namanya Omkara Resort. 

Ketika pertama kali dibawa ke daerah ini, 
kami masuuuuk... teruuuusss .. sekitar 5 kilometer dari jalan besar, sampai tiba di tepi sawah dengan jalanan yang gelap gulita, minim lampu jalan. Kaget tentu saja, karena tak menyangka akan ke tempat "jin buang anak"

Namun,
begitu tiba, suaraku menangkap gemericik air pegunungan dan udara berhawa sejuk. Sebuah gapura batu menyambut kami, dengan tulisan Omkara Resort.

Omkara Resort
courtesy of Jun Joe Winanto 

Dibangun pada tahun 2013, 
konsep dasar dari resort ini memang menyatu dengan alam. Aku bahkan berjalan di atas aliran sungai ketika memasuki gapura. Konon, dalam pembuatan resort ini, pembangunannya diupayakan seminim mungkin menebang pohon.

Omkara adalah aksara suci agama Hindu, yang berarti sinar, sebagai wujud penghormatan pada Yang Maha Tinggi. Tak salah, karena pengucapan "Om" ini berfungsi membersihkan diri dan pikiran saat bersatu dengan sang Brahma. Tak salah jika dijadikan nama hunian yang jaraknya sekitar 35 KM dari Borobudur dan 25 KM dari Prambanan ini.

Omkara Resort  berada di wilayah utara Yogyakarta, tepatnya berada di Dusun Ngepas, Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Menempati lahan seluas 6000 meter persegi, resort ini berada di lingkungan pedesaan dan dikelilingi oleh persawahan, dan pada sisi baratnya mengalir sungai yang menambah ketenangan di Omkara Resort ini.


Omkara dining room -
courtesy Prima Hapsari 




Omkara Resort saat ini menawarkan dua tipe tempat menginap, yakni Deluxe Villa dan Private Villa  dengan dua pilihan, single bed dan double bed. Semua didominasi dengan material batu alam, kayu dan kaca.

Ada enam villa untuk tipe Deluxe dengan view langsung menghadap ke arah sungai. Namun jika diperlukan, kita boleh menambah extra bed seharga IDR 150K

Fasilitas Omkara, walaupun hunian alam namun memiliki fasilitas moderen berupa TV dan DVD Player, koneksi WIFI, breakfast, kolam renang. 
Dibandrol dengan harga IDR 775K per-malam.




2 unit Private villa Omkara Resort, masing-masing memiliki satu ruang tamu dan dua buah kamar, di mana setiap kamarnya bisa diisi tiga orang.

Seluruh tamu juga boleh menggunakan swiming pool, dan yang penting, jika booking sebelumnya di booking.com akan mendapat layanan antar jemput menuju bandara.

Berapa? Oh ya, saya lupa.. Menginap di Private Villa Omkara Resort, tarifnya sebesar IDR 2,3M per malam.



Apalagi ya, 
pokoknya saya bahagia ada di resort Omkara yang sejuk dan cantik ini... membuat saya berbinar-binar membayangkan menghabiskan hari dengan berenang bersama keluarga atau teman, dan makan makanan organik khas resto Omkara Resort... dan melukis sepanjang hariii...



6 comments:

  1. Aku suka banget dengan suasana di Omkara Resort. Back to nature banget. Suara gemercik air bikin nuansa alamnya makin kental. Kapan-kapan ke sana lagi yuks.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuksss... setuju pake banget, tapi maunya lamaaaa biar bisa bikin banyak lukisan

      Delete
  2. Mbak, pengen lihat hasil gambarnya boleh?

    ReplyDelete
  3. Tempatnya sweet. :D Cocok buat me time

    ReplyDelete
  4. Maakkk bikin gagal fokus. Buru2 cek kantong buat liburan ke omkara ahh..

    ReplyDelete
  5. Membayangkan gemericik airnya dan suasana alamnya bikin adem ya mak Tanti. Benar2 suasana alam yg merilekskan kalau menginap di Omkara ya.

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan ke email amelia_tanti@yahoo.com