Sunday, February 11, 2018

APAKAH BLOGMU PUNYA CIRI KHAS?

Pic from http://oneshetwoshe.com 
Sebagai blogger, tentunya ingin punya ciri khas, termasuk menciptakan trend sendiri. Walau belum nge-top, langkah apa yang dilakukan supaya bukan sekadar menjadi follower namun menjadi pencipta trend yang inovatif?
Temanya ringan tapi nulisnya bakalan buanyaaak ini!

Oke. Bismillah.

"Apa sih, isi blog kamu?"
Tentang masak-memasak? Kuliner? Parenting? Jalan-jalan? Program pemerintah? Kesehatan? Seni? 
Bloggers.. Whatever it is, make sure it’s “you.” 
Mempertahankan "isi" blog yang elo banget itu adalah satu pekerjaan yang memerlukan kontiyuitas. Isinya harus spesifik, gak melulu cuman majang tulisan sponsor. Karena, kalo engga... dijamin, pembaca lo akan kabur seketika setelah membaca beberapa konten yang isinya tok iklan.. iklan en iklan... 

Well, minimal luangkan waktu seminggu sekali - 2 kali untuk nulis konten yang elo banget itu, deh.. untuk mempertahankan the readers!  Aku udah pernah ada di satu posisi dimana tulisanku cukup bernas untuk dibaca - diserap - diambil manfaat ketika aku tergoda terus-terusan ikut segala macam kegiatan dan tulisan bersponsor .. -___-

Akibatnya?
Pembacaku kabuuurrrr!

Coba deh, 
kira-kira nih ya, segmen pembacamu dari arah mana sih? 

Aku suka membaca blog tentang seni, tentu saja. Lalu tentang segala macam yang berhubungan dengan.. diet. Aku juga senang baca yang curhat-curhat galau tapi ada penyelesaiannya. Trus yang isinya tentang hadits dan quotes. 

Dan, oya aku juga suka baca blog kuliner, sama tips menulis. Bisa tips tentang cerita anak - novel dan cerpen. Dan yang paling penting ya itu.. tips ngeblog itu sendiri.

"Kira-kira bisa gak ya kita kehabisan ide?"
Banyak teman-teman blogger bertanya apa aku pernah kehabisan bahan untuk menulis, atau gagasan untuk dibagikan di blog, dan aku bisa bilang, "Hampir tidak pernah". 

Ngeblog sama dengan bicara. 

Ngeblog juga sama dengan berbagi. 

Ngeblog itu curhat colongan.

So, mana mungkin blogger bisa kehabisan ide? 

"Perlukah giveaway untuk menaikkan traffic?"
Dulu aku sering ikutan giveaway. Yang terkenal adalah seorang blogger senior yang kami panggil Pak Dhe Abdul Cholik.

Duh, hujan hadiah menyenangkan deh, untuk para blogger, dan pertama kali aku punya buku adalah atas prakarsa Pakdhe ini. Udah gitu, Pak Dhe ini seneng banget bikin misteri deh, jadi pada penasaran nungguin.

Sayang itu gak berlaku buat aku dan blogku, dan beberapa blogger yang "b" aja. Sesudah giveaway usai, ya dadah babay gitu deh readersnya.

Jadi balik lagi, intinya ... tulis saja apa yang kamu suka, dan tetap setia pada blog yang elo banget itu.

"Blog kamu gak unik? Ya udah, buat saja blog yang beda."

Ada jutaan blog di tata surya pada topik yang sama. 

Jadi, luangkan waktu untuk memikirkan cara blog Anda bisa berbeda dari yang lain. 

Misal... Kalau kamu senang dengan parenting, buatlah parenting yang fokus pada mainan atau dari segi kerajinan untuk anak-anak balita misalnya. 

Ada juga yang menarik. 
Ini tuh datang dari genre mamak-mamak muda jaman now semacam blognya Annisa Steviani (annisast.com) - Istiana Sutanti (istiana.sutanti.com)- Nahla (haloterong) - Grace Melia (gracemelia.com) 

Mereka ini blognya parenting loh, tapi yang bahasanya gaoel tapi santun. Banyak banget pelajaran yang bisa kuambil dari blog mereka ini. Kagum ama cara berpikirnya. Yaaah, sesekali memaki wajarlah, namanya juga anak muda, yekan?

Etapi, blog kamu sendiri apaan Neng?
Sejak setahun ini, 
blogku berubah. Kebanyakan membahas tutorial menggambar - doodle - ilustrasi sederhana. Mostly, bukan buat ngajarin orang loh... 

Ini tuh semacam pengingat buat diri sendiri sebenernya. Kalo gak ditulis pasti dalam tempo sekejap aku lupa. 

Tidak, aku bukan sejenis prosopagnosia, seorang pelupa parah. Ya, aku ngaku aja aku emang tidak pernah hapal jalan. Aku agak blind map. Aku juga sering lupa sama wajah orang. hiks... Untung sama Allah aku ini diberi wajah melesak lebar dan mudah tersenyum. 

So, back to the topic, 
Aku sih tidak menjadi pencipta euphoria doodling dengan semena-mena. Tidak. Nyaliku kurang besar untuk jadi pendoodle inovatif, semata karena kemampuan fotosintesis eh.. fotografik memoriku rendah. Ada hubungannya? Jelas ada. 

Untuk jadi seorang yang inovatif, kamu tuh harus punya ciri khas. Satu label atau signature yang membuat orang seketika ingat dirimu atau tahu, bahwa itu adalah karyamu. Nah, aku masih level "kebanyakan" dan masih nggeladrah, suka ini dan itu. Jadi... dengan sangat menyesal kukatakan, ciri khas, belum punya. Pun, menciptakan trend sendiri . 

Sebisa mungkin next time kubuat seperti itu yaaa..

Janji?

Janji. 

Cross finger.


16 comments:

  1. kalo blog saya apaa yahh ciri khasnya? soalnya gado-gado..hikhikhik

    ReplyDelete
  2. Baca ini sesekali mikir,duh blogku ciri khasnya apa ya??huhuhu

    ReplyDelete
  3. Ciri khas ini bisa disebut branding juga kan, Mbak? Huhu. Aku juga masih kocar kacir nih, apa2 aku tulis aja.

    ReplyDelete
  4. Wah, pertanyaan pd judul ini benar-benar mengingatkanku pada keinginan yang blm terealisasi :D
    Tapi itu memang PR yang lumayan karena saya sendiri (selama ini) agak sulit brainstorming ide menulis. Karena konsentrasi yg terbagi bagi juga, sih...
    Untungnya ada #ODOP yg menstimulasi ide ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  5. Bila blog isinya "gado-gado" berarti ciri khasnya gado-gado ya, Mbak, hehe...

    ReplyDelete
  6. Aduduuu....bunda mau komentar di sini, tapi komentar tentang komentarnya Mas Akhmad Muhaimin Azzet tuuu yang berkomentar dengan komentarnya yang katanya kalo blog isinya "gado-gado" berarti ciri khasnya gado-gado. Hayuuu...kita makan gado-gado boplo atuh...hehehe...

    ReplyDelete
  7. Mbak Tanti, blogger unik yang baiknya banget. Suka share pengalaman tentang pengasuhan anak saat jumpo offline. Isi blognya juga seramah orangnya, ramai dan emang gak bakalan habis ide mah. Suka Mbak,

    ReplyDelete
  8. Apalah dayaku yang blognya campur aduk :D

    ReplyDelete
  9. Jadi menengok blogku yang tidak jelas apa ciri khasnya 😂

    ReplyDelete
  10. Salam kenal, mba Tanti.
    Nggak tahu deh mau komen apa.
    Nyimak aja.
    Eh, mba Yuli, mba Anisa dan mba Risda ada di sini juga.

    ReplyDelete
  11. PR banget mak menemukan genre dan tulisan kita ituh, aku sampe sekarang masih mikirin ini terus. Makasih mak artikelnya. Passs.

    ReplyDelete
  12. Terus terang.. saya sendiri nggak tahu apakah blog saya punya ciri khas :-D. Selain karena memang agak tidak pedulian sama yang urusan seperti ini, juga karena blog saya lumayan banyak.

    Jadi, mungkin ciri khasnya tersebar secara tidak merata. Hahahahaha.. Tapi kata rekan-rekan sesama blogger sih, yang pernah maen ke semua blog saya, mereka bisa mengetahui itu "saya" dari cara penulisannya.

    Mungkin itu yah yang namanya ciri khas..

    ReplyDelete
  13. Lagi nyari kekhasan blog nih Mbak hehehe...semoga bisa

    ReplyDelete
  14. My blog is me! Benera banget tuh mba..aku cari khasnya apa yaaa

    ReplyDelete
  15. Semakin ke sini justru saya kehilangan "apa sih blog saya?".
    malah semakin bertanya, aku ini masih bisa disebut blogger ga sih.. hehe

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan email amelia_tanti@yahoo.com