JEJAK 1000 RASA DALAM 7 TAHUN BERKARYA BLOGGERCRONY COMMUNITY

Foto ini hanya ilustrasi, karena saat ananda tiada,
hanya ini satu-satunya foto yang kupunya - by Waya Komala (member Bloggerpreneur)


L o v e s t r u c k, Jejak Rasa, Asa dan Cinta


"Jangan sedih," katamu. Menatapku dengan matamu yang besar dan lembut, tersenyum riang. Aku mendesah.

"Berat... sakiit..." kataku. Ia menarik tanganku, mendekap ke dadanya. 

"Mereka sudah pulang, sudah bahagia, sudah menanti kita di ujung jalan yang indah, nun di sana," katamu lagi. 

Aku menatap matamu, tak percaya. Pandangan mataku mengabur, ketika aku menatap wajah yang duduk melingkar. Satu per satu, semua menatap dengan pandangan bersahabat. Tersenyum sabar. 

Sekali lagi, kamu menatapku. "Ada kami, mari bergandeng tangan, hadapi kenyataan!" 

Sekilas, namun menenangkan, seberkas cahaya menerobos pekat di hatiku. Ada asa di sana... 

Seberkas rasa hangat mengalir, seolah mendekap erat lukaku. Aku mengangguk. Ya.. persahabatan pertamaku dengan komunitas ini, terjadi begitu saja, justru disaat aku menerima musibah!

Ada banyaak sekali, ratusan blogger yang silih berganti hadir, memeluk, nangis bersama, hadirkan tepukan di bahu. "Kuat mak... kuat!"

Walau saat itu aku tak ingat siapa saja yang hadir, wajah kak Wawa sang founder, Nesa, mas Agung Han, dan...  entahlah siapa lagi..  aku berterimakasih dari lubuk hati terdalam pada kalian semua.

Aku percaya, Allah mendatangkan mereka semua, teman-teman yang "baru" walau sudah kukenal lama, bukan untuk menggantikan yang hilang, namun menyadarkan bahwa kehidupan akan terus berjalan, no matter what.

Jika kamu pernah merasakan lovestruck
sengatan muatan cinta yang seolah membakar dirimu dari ubun-ubun hingga ke ujung kaki, dengan efek dahsyat .....
 
Atau begini saja, sudah pernah kesambar petir? Jangan. Semoga tidak.  
Konon, jatuh cinta lebih dahsyat efeknya ketimbang sengatan petir!

Tapi tidak, jatuh cintaku dengan BCC - tak meledak-ledak. Ia mengalir, hangat namun dengan kekuatan aliran lava gunung berapi yang mengandung energi tinggi.

Sejak itu, kutahu tentang apa arti "kita" dalam sebuah hubungan. 

Tertawa bersama di saat bahagia, dan saling menyandarkan lelah di saat dunia membuatmu ingin menyerah. Saling melengkapi di tengah perbedaan yang mengakar. Bukankah itu sangat indah? 

Jejak Rasa Acara


Sebagai blogger, aku hadir di banyak acara.

Semua itu adalah momen untuk belajar, untuk bersosialisasi, sekaligus tepat jika kukatakan, aku bangkit dari aneka masalah yang menerpa, berkat kehadiranku di banyak sekali acara.

Jujur saja, tak banyak acara yang kuingat dengan jelas, namun ada beberapa yang membekas. Salah satunya adalah ketika hadir di acara Peluncuran Buku Neng Koala

Acara yang dihelat Bloggercrony Community ini, menurutku adalah pemantik semangat (lagi) setelah aku terbenam di kesibukan entah apa, dan melupakan impianku. 

Impian ingin masak Nasi Tumpeng komplit dengan lauk-pauknya, tapi ketika aku banyak alasan karena kesibukan, akhirnya cuma jadi Nasi Goreng pake telor ceplok.

Frasa walk the talk yang saat itu digaungkan, tak hanya memotivasi diri para penulisnya, namun jadi realisasi apa yang menjadi impian mereka. Mereka tahu bahwa “action speaks louder than words” - jadi, punya impian itu tak hanya diomong, tapi berusaha sekuat tenaga dibuktikan!

“It’s very easy to talk the talk, but can you walk the talk?”
Buku imut berwarna salem itu,
berisi banyak ide - motivasi hidup - hingga inspirasi. Bahwa perempuan, seperti di Kata Pengantar yang ditulis oleh Wardah Fajri, tak hanya mengejar ambisi pribadi namun juga bisa menjadi the agent of change.

Tulisan itu pula yang sukses menampar aku dan sejuta impianku, sekaligus mengantarku pada kemenangan tulisan di blog tentang Neng Koala. 

Jejak Rasa #7thBloggercrony Community


Jika ada yang dinanti para member Bloggercrony yang disebut BCC Squad, tentu saja beramah tamah, silaturahmi dengan sesama member plus founder dan admin yang selama ini bertugas jaga gawang Bloggercrony Community.

Ya, sejak awal, Bloggercrony Community memang sudah mempersiapkan diri sebagai sebuah wadah yang kelak akan diisi oleh para blogger yang jumlahnya saat ini di Indonesia sudah ribuan, sehingga para adminnya juga banyak sekali.

Selain itu, kegiatan rutin mereka yang padat, bisa terjalin rapi, ya tentu saja karena koordinasi yang apik di antara admin BCC.

Oya kegiatan BCC yang sering kuikuti antara lain :

#Monday2Follow
yaitu kegiatan saling follow akun twitter di setiap hari Senin yang diinfokan pada akun twitter @bloggercrony

#BWTuesday
yaitu kegiatan untuk saling blogwalking secara sehat antara sesama blogger yang dilakukan di WA Group setiap hari Selasa.

#W60
yaitu kegiatan mempromosikan akun instagram blogger di group facebook setiap hari Rabu.

#InspirasiKamis
yaitu kegiatan mempromosikan konten blog organik di Fancpage Bloggercrony Community pada setiap Kamis.

#SundayVlog
yaitu kegiatan saling vlogwalking di group facebook pada hari Jumat.

#MarketDay
yaitu kegiatan jual beli produk lokal usaha teman-teman blogger pada hari Sabtu.

#Updateblog
yaitu kegiatan rutin setiap hari untuk share link artikel para blogger di group facebook.


Hari yang dinanti tiba!

Selebrasi Virtual BloggerDay 2022 sebagai perhelatan akbar dari si empunya rumah Bloggercrony ini, tanggal 24 Februari 2022 genap berusia ke 7 tahun.

Tapi tenang... walau diadakan secara virtual, 
para admin dan founder (pak lur, bu lur serta bu Nesa) hadir di sebuah hotel keren yaitu Hotel Aston Simatupang.

Dan, tentu saja bertabur pembicara keren... seperti terlihat di flyer di bawah, pembicaranya sudah dinantikan ilmunya oleh para blogger. 


Hebatnya, perhelatan akbar yang dipandu oleh Kak Akbar Muhibar (yang selalu menganggap dirinya tak terlalu terkenal ini) sudah di-arrange dengan rapi. 

Para admin yang bertugas sebagai moderator ada kek Nesa, kak Fawwaz dan MC yang suaranya renyah kemripik ceria adalah kak Febri Silaen, yang dengan sombong bangga memperlihatkan kaos barunya!

Terbukti dengan 100 BCC Squad terpilih, 
semua mendapat gift berupa PIN dan sticker produksi Cera Production. Dan.. ini dia nih, yang bikin iri : para pengurus mendapat kaos BCC yang baru dan kece! 



Cera Production ini memang bergerak dalam production service (layanan produksi) untuk kantor swasta dan instansi yang memproduksi Premium Gift Set, souvenir kantor, seminar kit kantor, seragam kerja dan kebutuhan cetak (percetakan). Istilah kerennya, mereka adalah one stop shopping corporate gift.

Selama lebih dari 10 tahun, Cera telah dipercaya oleh lebih dari 350 kantor perusahaan dan instansi. Saat ini Cera dapat dijumpai di 13 kota di Indonesia.

Kalau kalian penasaran, produk apa saja yang dibuat, bisa kok cuuus meluncur follow IG nya @ceraproduction. Ada banyak display produk souvenir dengan penawaran harga menarik.

Jejak Rasa #ScaleUpYourSkill 


Kali ini untuk pembicara ada :

  • Tuhu Nugraha (Digital Business Consultans & Trainer), 
  • Anwari Nai (Editor dan Dosen Bahasa Indonesia), 
  • Tsurayya Syarif Zain, S.Pd.I,S.Psi, M.A, 
  • Matahari Timoer (Blogger &Content Creator) dan 
  • Joe Candra P (Blogger & CEO of Seven Creative Media).

Di session pertama hadir Kak Anwari dan Mas Tuhu yang mengangkat topik viral yaitu seputar Metavarse.

Metaverse adalah  dunia virtual di mana seseorang dapat membuat dan menjelajah dengan pengguna internet lainnya dalam bentuk avatar dirinya sendiri. 

Di kutip dari KOMPAS.com – Metaverse adalah suatu teknologi Augmented Reality (AR) yang memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan individu lainnya secara virtual. Metaverse kerap diartikan sebagai simulasi dunia nyata manusia yang diimplementasikan di dunia maya atau internet.

Bagaimana cara kerja Metaverse?

Metaverse adalah dunia komunitas virtual yang dibangun saling terhubung satu sama lain, di mana orang dapat bertemu, bekerja, dan bermain, bahkan bertransaksi jual-beli layaknya dunia nyata berkat bantuan teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality

Menurut mas Tuhu semua interaksi sosial bisa dilakukan melalui Metaverse misalkan saja dalam hal pelayanan tidak lagi membutuhkan sistem administratif.

“Mungkin nanti melalui Metaverse kehidupan di dunia nyata perlahan-lahan berpindah ke Metaverse. Keuntungannya adalah secara waktu bisa dipercepat”, ujar pemilik akun IG @tuhunugraha ini.
“Kita tidak perlu takut dengan perubahan teknologi menjadi lebih baik/ buruk tergantung sudut pandang dan kita menyikapinya. Jika kita melihat ini sebagai ancaman maka kita akan merasa takut. Namun kalau kita melihatnya sebagai peluang maka kita akan mengikuti”, ucap Kak Anwari.
Aku juga sudah pernah mengulas dunia metaverse ini, boleh kok ditengok...

Intinya sih, tak perlu takut pada perubahan teknologi. Zaman semakin berkembang, dan perubahan itu pasti terjadi. Yang penting cara kita menyikapi agar tak menjadi bumerang di kelak kemudian hari.

Selanjutnya adalah kang Matahari Timoer dan Joe Chandra, yang terkenal sebagai blogger yang sudah berpengalaman, dan berbagi saat mereka nge-blog dan berbagi tips dalam menulis.

Sebagai penggemar ig (baca : tukang kepoin)  Mas MT ini menulis secara organik. Niatnya sederhana saja biar waras, butuh ruang pelampiasan.

“Dengan menulis organik di blog organik saya bebas mengutarakan apa saja yang bergejolak di hati saya. Entah tentang situasi negara ini, masyarakat bawah dengan kemiskinannya. 
Apa saja yang ada di benak kepala saya ingin tulis ya saya tulis. Makanya kalau ada partai politik yang mengajak kerjasama saya tolak. Karena tulisan saya ini tidak berpihak ke siapapun, murni dari kecintaan saya pada negeri ini dan jika ada yang perlu dibenahi ya dibenahi”

Bagaimana dengan tren monetisasi blog?
Menulis organik tak mesti identik ga punya pundi yang tebal loh kawan! 

Buktinya, buku Mas MT diterbitkan oleh penerbit Mizan Bandung dengan judul Radikalisme. Belum lagi dari penerbit-penerbit lain yang tertarik membuku-kan tulisannya yang semuanya organik.

Tips Menulis Organik:
  • Ketika menulis jangan jauh dari kamus karena akan sangat membantu dalam menulis sesuai kaidah KBBI dan pemilihan diksi
  • Belajar dari teman-teman blogger yang comment. Kita akan tahu kekurangan apa yang harus dibenahi
  • Blog adalah reprentasi diri kita. Jadi, menulislah sesuai dengan kata hati kita

Joe Chandra adalah blogger yang langganan juara lomba penulisan, dan ia juga dikenal sebagai influencer di tiktok. 

Dengan blak-blakan, Joe menerangkan cara memonetisasi blog agar menjadi penghasilan sampingan (atau malah penghasilan utama, aka profesional). 

Tips ala Joe Candra memonetisasi blog:
  • Pasang Google Adsense
  • Menulis dalam bentuk sponsor post /review
  • Mengikuti blog competition
  • Menjual produk digital
  • Affiliate marketing

”Kenali brand yang mengadakan lomba. Apa yang dikehendaki apakah kita harus menulis secara soft/ hard selling? lebih bagus lagi kalau blogger juga dibekali dengan keahlian info grafis. Dan tentunya jangan mudah menyerah ketika gagal sekali ikut lomba ikutin lagi, lagi dan lagi hingga suatu hari bisa tampil sebagai pemenang”

Tsurayya Syarif Zain, S.Pd.I,S.Psi, M.A adalah pembicara terakhir di Bloggerday 2022. Ia juga beranjak dari menulis di blog dengan tema parenting, dan kali ini ia mengangkat tema menggali potensi diri. 

Penting mana duluan, minat atau bakat?
jadi sumber motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan apa yang mereka inginkan saat diberi kesempatan untuk memilih (Elizabeth Hurlock).

Intinya adalah bakat itu bisa diasah dan dilatih, sementara membangun minat jauh lebih sulit dari bakat.


Ada 2 Tipe Mindset yang perlu diketahui yaitu:

Growth Mindset: melihat situasi sulit sebagai tantangan

Fixed Mindset:
situasi sulit tidak dapat diubah dengan cara apapun.

Jejak Rasa, Sisakan Kesan, Pesan dan Makna



Talkshow bertabur hadiah kuis, hingga doorprize, diseling dengan duet maut dari penyanyi yang juga blogger, yaitu kak Mel dan kak Uwan, membuat aku betah dan tak merasa lelah!

Perhelatan akbar ini, akhirnya toh usai juga... 

Happy 7th Anniversary, semoga tambah sukses ya Bloggercrony Community! 

Para Sponsor Jejak Rasa , Terimakasih ^_^

Akhirul kata, terimakasih tak terhingga untuk para sponsor yang turut membantu dalam suksesnya perhelatan akbar Selebrasi Virtual BloggerDay 2022 #7thBloggercrony

Bloggercrony Community, seluruh panitia acara, para narasumber, MC, Moderator, the new singer debut 

Teman-teman BloggerPreuner yang juga sudah menyumbangkan banyak hadiah di acara BloggerDay2022 ini, semoga usahanya semakin lancar dan sukses ya. Aamiin... :


    @katalensaku.photoworks
    @alagyoza_id
    @digiefood.id
    @nyipedesouvenir
    @ceraproduction
    @idcloudhost

Tidak ada komentar

Posting Komentar

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)