Featured Post

BERAPA HONOR ILUSTRATOR DAN BAGAIMANA SKEMA KERJANYA?

1. Bukan Ilustrator Pro Sebagai ilustrator yang "tercebur" secara tiba-tiba, saya sering -eh, sombong!- maksudnya  beberapa...

Operasi Lutut yang Harus Kita Ketahui


Operasi Lutut yang Harus Kita Ketahui

Operasi penggantian lutut adalah prosedur medis yang dilakukan dengan cara mengganti sendi lutut yang sudah rusak dengan sendi lutut buatan (prostetik). Tujuannya adalah untuk menghilangkan nyeri dan mengembalikan fungsi sendi lutut, agar pasien tetap dapat menggunakan lututnya seperti biasa.



Sebelum menjalani operasi penggantian lutut, pasien terlebih dahulu akan menjalani pengobatan nonbedah. Pengobatan tersebut dapat berupa pemberian obat-obatan ataupun pemberian alat penyangga untuk membantu pasien beraktivitas menggunakan lututnya. 


Jika metode pengobatan nonbedah sudah tidak efektif meredakan nyeri dan meringankan keluhan, pasien dapat menjalani operasi penggantian lutut. Dokter akan menginformasikan kepada pasien kapan dapat menjalani prosedur ini.



Sendi lutut pasien yang sudah rusak akan diganti menggunakan sendi prostetik yang terbuat dari bahan logam. Melalui operasi penggantian lutut, dokter akan mengganti ujung dari tulang paha, tulang kering, tulang betis, dan tulang tempurung lutut dengan prostetik tersebut. 

Pasien yang menjalani prosedur ini biasanya adalah pasien berusia lanjut atau pasien yang menderita radang sendi berat.

Osteoartritis


Penyakit ini dikenal juga sebagai artritis degeneratif, degeneratif sendi adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri, dampak dari inflamasi ringan yang muncul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.

Pada bagian sendi, dalam suatu jaringan tulang rawan yang disebut kartilago biasanya menutup ujung-ujung tulang penyusun sendi. 

Suatu lapisan cairan yang biasa disebut cairan sinovial berada di antara tulang-tulang tersebut dan berfungsi sebagai bahan pelumas yang mencegah bagian ujung-ujung tulang tersebut saling bergesekan dan saling mengikis satu dengan yang lainya.


Indikasi Operasi Penggantian Lutut

Penyebab umum seseorang harus menjalani operasi penggantian lutut adalah radang sendi. Akan tetapi, radang sendi sendiri banyak sekali jenisnya, dan jenis radang sendi yang seringkali menyebabkan seseorang harus menjalani operasi penggantian lutut adalah:

- Rheumatoid artritis
Rheumatoid arthritis terjadi ketika sendi lutut seseorang mengalami radang kronis akibat penyakit autoimun yang menyebabkan lutut menjadi sulit berfungsi.

- Osteoarthritis
Osteoarthritis terjadi ketika sendi lutut seseorang mengalami peradangan yang diakibatkan penambahan usia (degenerasi). Kondisi ini kebanyakan dialami oleh lansia. Namun pada beberapa kasus, terjadi juga di usia muda.

- Artritis pasca trauma (post-traumatic arthritis)
Radang sendi jenis ini dapat terjadi akibat cedera serius pada sendi lutut.

Penderita radang sendi lutut akan sulit melakukan aktivitas yang mengandalkan lutut, seperti berjalan, menaiki tangga, atau bangun dari posisi duduk, berjongkok, dan tidur. 

Jika arthritis yang terjadi sudah cukup parah, nyeri lutut akan tetap terasa meskipun pasien sedang tidak menggunakan lututnya, misalnya ketika beristirahat.


Kapan kita harus ke dokter.my

Saat telah bertemu dengan dokter (biasanya dokter langganan) dan melakukan beberapa tes dan menurut kamu perlu “Second Opinion”. 


Nah setelah dirasa perlu oleh dokter, maka segera hubungi dokter.my dengan mudah melalui layanan telepon, Aplikasi WhatsApp, juga dapat melalui website dengan menyertakan rekam medis (X-ray, MRI)..

Nantinya kita akan dirujuk ke Rumah Sakit untuk dilakukan tindakan.

3 comments

  1. Terima kasih informasi berharganya mba, nanti kalau butuh info lanjutan soal operasi sendi lutut akan saya visit websitenya :D

    However semoga kita selalu sehat sampai tua, amiiiin~

    ReplyDelete
  2. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya kak sudah berbagi tips:)

    ReplyDelete
  3. nampaknya saya sakit "Artritis pasca trauma" ini deh mbak

    awalny mau tusuk jarum aja, tapi baca tulisannya mbak Tanti kayanya lebih baik ke dokter ya?

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat (^_^)

Btw, jika ada link hidup dengan berat hati saya hapus \(*_*)/