Featured Post

BAGAIMANA SIH, CARA MENILAI SEBUAH KARYA SENI?

Lukisan ... katanya , adalah suatu karya seni yang dihasilkan dari goresan warna pada kertas, kanvas, ataupun dinding. Tapi, gimana kal...

BRUNEI DARUSSALAM GOVERNMENT SCHOLARSHIP (BDGS) 2020 - 2021


Beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam Tahun 2020 – 2021 atau BRUNEI DARUSSALAM GOVERNMENT SCHOLARSHIP (BDGS) kembali dibuka bagi pelajar internasional (termasuk dari Indonesia) untuk melanjutkan kuliah Diploma, S1, dan S2 pada universitas yang ada di Brunei Darussalam. 


Beasiswa yang diberikan bersifat beasiswa penuh. Ditutup tanggal 14 Februari 2020.


Berikut informasi selengkapnya.

CAKUPAN BEASISWA:

Bebas biaya perkuliahan hingga selesai masa kuliah (termasuk biaya pendaftaran, ujian, orientasi, dan sebagainya).

Tiket pesawat kelas Ekonomi Indonesia – Brunei Darussalam pulang-pergi (PP) pada awal dan akhir masa perkuliahan.

Tunjangan senilai BND$500.00 (± Rp 5juta) per bulan.

Tunjangan uang makan senilai BND$150.00 (± Rp 1,5juta) per bulan.

Tunjangan buku senilai BND$600.00 (± Rp 6,1juta) per tahun.

Akomodasi/tempat tinggal di asrama kampus.

Tunjangan bagasi bagi penerima beasiswa yang telah menyelesaikan masa perkuliahan, maksimum senilai BND$250.00 (± Rp 2,5juta) untuk negara di wilayah ASEAN.

Asuransi komprehensif selama masa beasiswa.

Pilihan Universitas dalam Beasiswa Brunei Darussalam adalah sebagai berikut:

1. Universiti Brunei Darussalam (UBD)
UBD merupakan universitas pertama di Brunei Darussalam sekaligus universitas terbesar di negara ini berdasarkan jumlah mahasiswa serta berbagai kurikulum yang ditawarkan.

Program dan Bidang Studi yang ditawarkan:
Undergraduate Program (S1)
a) Bachelor of Arts (Geography, Environment & Development Studies; Historical Studies; Sociology & Anthropology; English Studies; Malay Language & Linguistics; Malay Literature; Brunei Studies; Design & Creative Industries)
b) Bachelor of Science (Applied Physics; Biology; Chemistry; Computer Science, Mathematics; Geology)
c) Bachelor of Business (Business Administration; Economics; Accounting & Finance; Entrepreneurship)
d) Bachelor of Engineering (Energy Systems Engineering; Information and Communication Systems Engineering; Manufacturing Systems Engineering)
e. Bachelor of Health Science (Biomedical Science; Pharmacy; Nursing/Midwifery)

Graduate Program (S2)
a) Business & Economics (Business Administration, Management, Logistics, Applied Economics, Islamic Finance, Economics, Finance)
b) Health Science (Public Health, Primary Health Care, Biomedial Sciences, Clinical Sciences, Nursing, Midwifery)
c) Education (Counseling, Teaching, Education)
d) Arts & Social Sciences (Anthropology, Art, English Literature, English Language and Linguistics, Environmental Studies, Geography, History, Malay Language and Linguistics, Malay Literature, Sociology, Professional Communication and the Media)
e) Science (Biodiversity, Biology, Biotechnology, Chemistry, Computer Science, Mathematics, Applied Physics, Geosciences)
f) Islamic Studies (Islamic Civilisation and Contemporary Issues)
g) Integrated Technologies (Chemical Engineering, Systems Engineering)
h) Advanced Materials and Energy Studies (Energy Studies, Material Science)
i) Policy Studies (Islamic Governance)
j) Brunei Studies
k) Asian Studies

2. Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA)
UNISSA merupakan universitas kedua yang terdapat di Brunei Darussalam yang didirikan pada tahun 2007 dengan program studi yang ditawarkan berkaitan dengan Studi Islam. Bahasa pengantar dalam perkuliahan yang digunakan adalah bahasa Arab.

Program dan Bidang Studi yang ditawarkan:
Bachelor Program (S1)
– Bachelor of Usuluddin (Tafsir & Hadith)
– Bachelor of Usuluddin (Aqidah & Da’awah)
– Bachelor of Shariah (Fiqh & Usul)
– Bachelor of Arabic Language
– Bachelor of Islamic History & Civilisation
– Bachelor of Science in Islamic Finance
– Bachelor of Business Management
– Bachelor of Islamic Economics
– Bachelor of Halal Science

Postgraduate Programmes
a) Faculty of Usuluddin (Master of Usuluddin)
b) Faculty of Shariah and Law (Master of Shariah, Master of Laws)
c) Faculty of Arabic Language (Master of Arabic Language)
d) Faculty of Islamic Development Management (Master of Islamic History and Civilization)
e) Faculty of Economics and Islamic Finance (Master of Islamic Banking and Finance, Master of Islamic Economics)
f) Mazhab Shafi’i Research Centre (Master of Mazhab Shafi’i)
g) Halalan Thayyiban Research Centre (Master of Halal Management, Master of Halal Laws)

3. Universiti Teknologi Brunei (UTB)
UTB adalah universitas teknik dan teknologi yang terdapat di Brunei Darussalam dengan spesialisasi pada bidang Teknik (Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Listrik, Teknik Mesin, Perminyakan dan Teknik Kimia), Bisnis (Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen) serta Komputer.

Untuk Program dan Bidang Studi yang ditawarkan bisa dilihat pada website resminya: www.utb.edu.bn

4. Politeknik Brunei (PB)
PB merupakan Politeknik yang didirikan untuk mempercepat pengembangan sumber daya manusia dalam memproduksi tenaga kerja yang memiliki kemampuan dan pendidikan tinggi.

Program dan Bidang Studi yang ditawarkan:
a) School of Information and Communication Technology (Diploma in Digital Media, Diploma in IT Network, Digital in Information Systems, Diploma in Web Development, Diploma in Data Analytics)

b) School of Business (Diploma in Business Accounting & Finance, Diploma in Business Studies, Diploma in Business Studies (Entrepreneurship), Diploma in Business Studies (Human Resource Management), Diploma in Business Studies (Marketing))

c) School of Science and Engineering (Diploma in Architecture, Diploma in Civil Engineering, Diploma in Electrical and Electronics Engineering, Diploma in Interior Design, Diploma in Mechanical Engineering, Diploma in Petroleum Engineering, Diploma in Science Technology (Chemical Laboratory Technology), Diploma in Telecommunications and Systems Engineering)

d) School of Health Sciences (Diploma in Health Science (Nursing))

Untuk tahun akademik 2020, perkuliahan akan dimulai pada bulan Juli / Agustus 2020.

PERSYARATAN BEASISWA BRUNEI DARUSSALAM:

Merupakan warganegara anggota ASEAN (termasuk Indonesia) atau Commonwealth atau OIC.

  • Telah mendapatkan endorse (nominasi) bisa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta/ Dinas Pendidikan di wilayah Kota/ Kabupaten tempat tinggal asal. Menggunakan Format Nominasi yang terdapat pada Formulir Pendaftaran halaman 13-14.
  • Pelamar dinyatakan dalam kondisi yang sehat. Bisa mendapatkan Surat Keterangan Sehat dari dokter di puskesmas.
  • Untuk pelamar program Diploma dan S1 berusia antara 18 s/d 25 tahun, dan bagi pelamar program S2 berusia maksimal 35 tahun per tanggal 31 Juli 2020.
  • Beasiswa ini tidak berlaku bagi penduduk tetap Brunei Darussalam.
  • Penerima beasiswa tidak diperbolehkan mendapatkan beasiswa, fellowship, grant, atau pinjaman dari pihak lain tanpa persetujuan dari Kementerian Luar Negeri Brunei Darussalam.
  • Penerima beasiswa sebaiknya tidak membawa anggota keluarga selama masa penerimaan beasiswa. Tidak disediakan tunjangan bagi pasangan atau anak bagi keluarga yang ikut menemani.
  • Penerima beasiswa tidak diizinkan untuk melakukan pekerjaan yang dibayar atau bekerja pada perwakilan negara manapun di Brunei Darussalam selama masa penerimaan beasiswa.
  • Setelah menyelesaikan perkuliahan, diharapkan penerima beasiswa dapat segera kembali ke negara asal.
  • Pelamar memenuhi persyaratan selengkapnya dari universitas dan program studi yang dituju (Lihat persyaratan selengkapnya pada link berikut: Program Studi BDGS. Kemudian pada bagian kiri pilih nama universitas/politeknik yang dituju untuk mendownload file PDF).

Memiliki kemampuan bahasa Inggris.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN (SOFTCOPY):
  • Formulir pendaftaran (Download). Formulir Pendaftaran yang telah didownload, diisi dengan cara diketik (tidak diperbolehkan tulis tangan).
  • Pasfoto ukuran paspor (4 cm x 6 cm) terbaru diletakkan pada Formulir Pendaftaran halaman awal.
  • Salinan resmi Ijazah/Surat Keterangan Lulus Sementara dan transkrip nilai yang telah dilegalisir (lampirkan bahasa Indonesia dan terjemahan dalam bahasa Inggris).
  • Statement of Purpose (lihat di Formulir Pendaftaran).
  • Salinan resmi Akte Kelahiran dan paspor yang telah dilegalisir. Paspor tidak perlu diterjemahkan. Akte Kelahiran juga tidak perlu diterjemahkan jika sudah tercantum bahasa Inggrisnya.
  • Salinan sertifikat Tes Bahasa Asing/Inggris (TOEFL/TOAFL/IELTS/dll) tergantung persyaratan dari program studi yang dituju. Skor minimal TOEFL 550 / IELTS 6.0.
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
  • Surat Rekomendasi dari dua orang pemberi rekomendasi (menggunakan formulir C1 dan C2 pada Formulir Pendaftaran halaman 9-12) yang diisi dalam bahasa Inggris. Pemberi rekomendasi bisa merupakan pengasuh pondok pesantren, kepala sekolah, dosen/dosen pembimbing/profesor, atasan di organisasi, dan sebagainya.
  • Surat Nominasi (endorse) dari pemerintah, bisa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta/ Dinas Pendidikan di wilayah Kota/ Kabupaten tempat tinggal asal. Menggunakan Format Nominasi yang terdapat pada Formulir Pendaftaran halaman 13-14.
  • Sertifikat bahasa/prestasi/organisasi/penghargaan yang berkaitan dengan fakultas/program studi yang dituju. Apabila menggunakan bahasa Indonesia bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris/Arab.

Catatan:
– Untuk menerjemahkan dokumen, sebaiknya perhatikan juga bahasa pengantar dari fakultas/program studi yang dituju. Contoh: di UNISSA seluruh fakultas menggunakan bahasa Arab. Sehingga berkas dokumen diterjemahkan ke dalam bahasa Arab. Sedangkan di UBD beberapa fakultas menggunakan bahasa pengantar Inggris, sehingga berkas dokumen diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
– Untuk menerjemahkan dokumen dapat menggunakan jasa penerjemah tersumpah atau terjemahan langsung dari pihak universitas.



CARA PENDAFTARAN:

Untuk mendaftar Beasiswa Brunei Darussalam 2020 – 2021, pelamar dapat melengkapi seluruh persyaratan dan berkas dokumen di atas (termasuk persyaratan dari pihak universitas/politeknik yang dituju). Seluruh berkas di-scan kemudian jadikan satu file PDF dan kirimkan kepada email: applyBDGS2020@mfa.gov.bn. Ukuran email dan file lampiran tidak lebih dari 10 MB.

Khusus bagi pelamar yang mendaftar ke Universiti Brunei Darussalam, juga harus mengisi Formulir Pendaftaran Online pada link berikut: apply.ubd.edu.bn

Batas waktu pendaftaran Beasiswa Brunei Darussalam paling lambat tanggal 14 FEBRUARI 2020. Bagi peserta yang lolos seleksi berkas akan mendapatkan pemberitahuan via email dan akan mendapatkan informasi mengenai jadwal seleksi wawancara. 

Seleksi wawancara dapat dilaksanakan melalui Skype (secara online/video call). Informasi pengumuman pemenang biasanya akan diberitahukan melalui email atau dihubungi langsung oleh pihak Kedutaan Besar.

Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai Beasiswa Brunei Darussalam 2020 – 2021, dapat menghubungi Kementerian Luar Negeri Brunei Darussalam melalui Technical Assistance Division pada kontak berikut:

Technical Assistance Unit
Department of Administration
Ministry of Foreign Affairs
Bandar Seri Begawan, BD2710
Brunei Darussalam

Tel: +673 2261177 ext. 310 / 684
Fax: + 673 2261250

E-mail: scholarship@mfa.gov.bn
Sumber Informasi Resmi: http://www.mfa.gov.bn/Pages/BDGS.aspx

Silakan dibagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

24 comments

  1. Aku udah buka postingan ini dua kali. Maklum, pas banget dua orang ponakanku lagi nyari beasiswa untuk tahun ini. Ya kali aja cocok dan memenuhi kualifikasinya. Udah tak kirim juga link-nya ke mereka. Semoga bermanfaat juga buat teman-temannya. Makasih untuk infonya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  2. Dulu aku tuh suka nyari beasiswa ke luar negeri gini nih, karena kepengen banget ceritanya sekolah diluar. Coba ini aku tawarkan ke keponakan yang sedang mencari sekolah dengan beasiswa juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Chi dulu kan arus informasi kita gak sederas sekarang ya, jadi kita harus ke kedutaan

      Delete
  3. Agak menyesal nggak ngejar beasiswa luar negeri, karena dulu terlalu takut jauh dari rumah. Sekalinya sudah berani, sudah punya anak dan umur pun sudah bhay. Hahahah. Link-nya coba saya share ke keponakan ya, Mak. Terima kasih infonya lengkap banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha ini keponakan keponakan yang beruntung judulnya ya, aku pun langsung share ke keponakan aku loh

      Delete
  4. Pengen kuliah lagi tapi suka gak pede saya Mak. Hehe.

    ReplyDelete
  5. Mbak ini baru tau ada beasiswa dari Brunei Darussalam. Mau aq share ke ponakan sama sepupu dah. Beasiswa full banget ini mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iyaaa semoga tembus yaaa S&K nya kan lumayan ribet itu

      Delete
  6. wah infonya komplit. semoga berjodoh dg yg membutuhkan beasiswa dan diterima untuk belajar di sana, aamiin

    ReplyDelete
  7. ada beasiswa doktoral juga gak mbak..pengen nih bisa sekolah di brunei..tapi kebanyakan memang yang s1 dan master

    ReplyDelete
  8. Ah sayang usia tak lagi masoookk pak Eko hahaha. Aku kapan2 ke Brunei untuk tujuan kerjaan atau jalan2 aja deh, penasaran sama negeri yang katanya kecil tapi kaya itu :D

    ReplyDelete
  9. Baru tahu nih kalau di Brunei juga buka beasiswa untuk kelas Internasional. Itu tunjangannya macam-macam banget ya. Nilainya juga cukup gede. Wah wah.. mantap nih. Jadi pengen kuliah lagi tapi udah malas belajar. 🤭🤭🤣🤣

    ReplyDelete
  10. Wah, semoga pada saatnya anakku masuk kuliah nanti, program beasiswa ini masih ada. Keren ya belajar sekalian mencoba hidup di perantauan. Brunei niihh.. mantap.

    ReplyDelete
  11. Klo aku...pasti mesti nimbang2 banyak hal mba utk kuliah lagi, apalagi di luar negeri mba. Tapi info2 seeprti ini pasti bermanfaat sekali buat anak2 muda yang kesempatan mereka masih terbuka lebar. Anak2ku nanti...semoga bisa tingkat pndidikannya lbh baik dr ortunya..

    Makasih infonya mba..

    ReplyDelete
  12. MashaAllah informasinya bermanfaat banget nih mbak, buat adik-adik yang ingin mengejar beasiswa sampai ke luar negeri, izin share ya mbak

    ReplyDelete
  13. dulu sebelum lulus kuliah rajin banget datang ke pameran pendidikan internasional,, browsing2 beasiswa, dan ternyata belum kesampaian sampe sekarang

    ReplyDelete
  14. Siapa yang gak mau mendapatkan beasiswa untuk sekolah lagi...
    Semoga semakin banyak kaum cendekiawan yang terlahir dengan ketulusan dalam menuntut ilmu.

    ReplyDelete
  15. Mbak Tanti, apa ini program tahunan pemerintah Brunei? Ponakanku baru tahun depan lulusnya. Kalau ada lagi, boleh deh dia coba. Ada jurusan idamannya di UBD.

    ReplyDelete
  16. Aku pengen banget ambil program S2nya UBD mak Tanti tapi nungguin anak-anak gede dulu deh hehehe tapi kayaknya kendala usia yah wah sayang banget ini padahal cita-citaku pengen banget kuliah beasiswa di luar

    ReplyDelete
  17. Beasiswa sekarang, memang beragam ya, Bunda. Ini tadi, baru juga aku nerima kabar beasiswa UIN Malang krn aku alumni sana.
    Tinggal kemauan ajah ya, mau ambil, atau ngga

    ReplyDelete
  18. Waahh mantep emang beasiswa sekarang sudah mudah dan banyak cara.. dari dulu pengen dapet beasiswa tp ko gak PD yaa.. hhed

    ReplyDelete
  19. Menarik ini ..cocok untuk yang sedang cari info pendidikan lanjutan untuk diri sendiri atau keluarga. Sekolah di luar negeri dengan banyak pilihan jurusan plus biayanya ditanggung pula..nanti aku infoin ke ponakan ah

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat (^_^)

Btw, jika ada link hidup dengan berat hati saya hapus \(*_*)/