Featured Post

"THE COIN HOARDER"

Judulnya agak "menyeramkan" yaaa! Coin hoarder. Penimbun uang recehan. Apa sih bagusnya dari numpukin uang recehan? Kalo nu...

RAHASIA DI PESAWAT



Aku tersenyum manis pada awak kabin di pintu pesawat, yang menyapa para penumpang. Mata itu seperti memindai perilaku satu persatu "tamu" pesawat yang akan naik kali ini.

Beberapa kali kuperhatikan, ternyata mereka pun tak selalu sendiri, ada cabin crew yang juga berjaga sambil menghitung dengan counter, memastikan jumlah penumpang yang naik.



Here I am, going to somewhere..... 

As usual, aku menggeret koper ukuran mini tersebut masuk, dan menaikkannya ke bagasi di atas tempat duduk. Tidak minta tolong cabin crew, Neng? Sebisa mungkin sih, tidak. 

Selain mereka bukan pelayan pribadiku ha ha.. toh koper yang kubawa ringan banget, hanya sekitar 7 kg. Awak kabin tidak dibayar untuk membantumu mengangkat tas! Inga.. inga!



Baru setelah itu, kutaruh tas selempang di kaki, menata pantat di kursi, siapin bantal leher, dan langsung mengunci tali pinggang yang tersedia. Aku akan 'terkurung" di sini selama 1 jam 45 menit ke depan menuju bandara KLIA.

Aku tidak akan cerita pengalaman kali ini, tapi justru sedang ingin mengamati fenomena para awak kabin - penumpang dan pesawat terbang. Kalau diperhatikan sejak alinea pertama sudah bertebaran "rahasia tau sama tau" ini xi xi xi..

Pesawat terbang yang sangat ajaib ini, bisa membawamu ke tempat tujuan dengan cepat, terbang melayang di udara dan membawamu pulang kembali dengan selamat. Insya Allah.

Tapi kali ini berbeda, 
didorong ke-kepoan daku, maka kali ini daku googling tentang suasana di dalam kabin. Kali ini meluangkan waktu dengan diam memperhatikan tingkah laku para penumpang, sekaligus para cabin crew yang ganteng or cakep (dan sexy) dengan busana merah mereka. 

Merah?

Iya, kali ini aku naik Air Asia, akomodasi sejuta ummat. 

Adakah perilaku penumpang yang paling mengganggu?
Ada, tentu saja. Banyak, secara yang naik pesawat ya buanyaaak!

Apa saja sih, yang saya bicarakan ini? Satu per satu yooo, selain yang di atas itu!

1. Pelampung (life jacket) di bawah kursi, ada tidak?
Beberapa penumpang mengambil jaket pelampung dari pesawat. Life jacket-mu bisa saja tidak ada di bawah kolong tempat duduk! 

Penumpang seringkali juga bawa oleh-oleh dari pesawat, seperti majalah, peralatan makan, selimut, hingga life jacket. Meskipun sudah ada peraturan akan dikenakan denda bagi pencurian life jacket, tidak ada salahnya mengecek ketersediaannya di kolong tempat duduk.


2. Cabin crew tidak bercanda saat memintamu mematikan peralatan elektronik.
Yes, it is so obvious. Ga usah diterangin yaaa, tapi tentu berhubungan dengan pilot dan signal serta gangguan jaringan. Gitu gitu deh.

3. Jika kamu memakai kamar mandi sebelum lepas landas, awak kabin akan memberi tahu pilot. 
Hati-hati ini! Kan udah dikasih tau, jangan pake kamar mandi dulu sebelum lepas landas? Takutnya .. kalian "menyembunyikan sesuatu" di dalam sana. Ih, males..

4. Lorong pesawat bukan fashion runway
So,  jangan mempersulit tugas para awak kabin dengan berjalan-jalan di lorong pesawat setelah lepas landas. Jangan kecentilan.

Kalo mau pamer baju baru ya di Ig ajalah...


5. Kamu boleh meminta makanan lagi! 
Ya asal minta baik-baik ya, dan jangan di depan orang banyak, lah! Aku pernah minta kopi disuruh bayar sih *sigh*

6. Mereka akan kesal saat kamu memasukkan tisu bekas ke gelas. 
Aku belum nemuin korelasinya sih, tapi kira-kira ya jijik aja kali ya..

7. Toilet terkunci?
Tenang... Kamu bisa membuka pintu toilet dari luar. 

Jika kamu memerhatikan para awak kabin, mereka akan mengunci toilet dari luar pada saat lepas landas dan mendarat. 

Jika toilet dapat dikunci dari luar, maka kamu bisa membuka toilet yang terkunci tersebut dari luar. Mekanisme pengunciannya biasanya tersembunyi di belakang simbol "No Smoking" atau Dilarang Merokok yang terdapat pada pintu toilet.


8. Ada alasannya mereka memintamu membuka penutup jendela.
Ini juga alasannya sama dengan awareness keselamatan. Pada saat lepas landas dan landing, biasanya akan terlihat suasana di luar, is it safe to boarding or landing?

9. Bisa minta upgrade kelas? yang bener?
Bisa jika kamu adalah seorang frequent flier, bepergian sendiri, dalam kondisi khusus misalnya sedang hamil, sakit, berbulan madu, cabin entertainment di kursi Anda tidak berfungsi, atau coba saja minta baik-baik pada awak kabin.

10. Awak kabin memiliki bahasa rahasia sendiri. 
Misalnya jika ada kata air pocket (kantung udara).
Itu artinya penumpang akan segera menghadapi turbulensi. Turbulensi sebenarnya bukan apa-apa bagi para pilot. Hal ini juga gak benar-benar menyangkut pada timbulnya masalah atau hilangnya kendali pada pesawat.

Tapi bukan berarti pilot dan awak kabin tidak terganggu dengan turbulensi ini. Jika penumpang mendengar air pocket, maka tandanya penumpang akan segera merasakan guncangan turbulensi namun di saat bersamaan sang pilot juga sedang berusaha menghindarinya, jad tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

11. Pilih pakaian yang nyaman kayak Incess
Ha ha ha .. tapi emang bener, saat di pesawat terbang, pilihlah pakaian yang nyaman dengan kain yang bersirkulasi udara baik.

Biasanya aku akan memakai kemeja yang nyaman - celana sport serut yang tidak ketat 
untuk mencegah timbulnya trombosis vena dalam- serta sedia bergo nyaman untuk sewaktu-waktu ganti jilbab. Karena biasanya kalau tidur aku tidak bisa memakai ikat rambut. Untuk pelengkap, selalu sediakan kaos kaki dan syal tebal untuk ganti selimut. 

Pakaian semacam ini sangat membantu saat berusaha tidur.

Aku juga menghindari kafein, sebisa mungkin. Gunanya adalah agar lebih mudah terlelap di kendaraan!


Nah, 
sekian tips singkat ala aku, nanti kapan-kapan aku berbagi cerita tentang tips duduk di pesawat atau bus yang nyaman, okeeeh!

44 comments

  1. parfume pramugara kenapa enak wanginya ya?..#eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiiih .. soalnya jualannya parfum LN yang mahaaal

      Delete
  2. Pakaian nyaman itu emang wajib banget ya mbak. Kalau aku anaknya nggak terlalu bisa pake AC, jadi tiap masuk kabin pesawat selalu bawa jaket biar ndak kedinginan. Sama masker sih, biar kalo tidur sambil mangap nggak ketahuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya, karena aku malas bawa jaket (tebel) dan menuh menuhin tas, jadi aku bawa pashmina yang diikat gitu aja ke tali tas

      haha iya ya aku kok lupa bawa masker. sip sip noted

      Delete
  3. Pengamatan yang warbiyasaaakkk!
    Pantesan dirimu produktif menghasilkan aneka fiksi dan doodles yang keren, Mbaaa
    Observasimu gokil siiih :D
    Aku berkali2 terbang, tapi kok ga kepikiran buat observasi sampe sedetail ini :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ealaaaah.. efek delay selama 7 jam ini di KLIA, Tanya kenapa?

      Aku percaya dirimu lebih gokil kalo review Nuruk

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Wuih judulnya "Rahasia di Pesawat" kalau rahasia dirimu, mbak? hihhi

    Boleh minta upgrade kelas ya? Baru tahu akuh. Dan soal toilet, aku baru sekali masuk toilet pesawat, entah kanapa kalau di pesawat malas mau buang air kecil apalagi besar :D. mungkin sudah PW kali ya, hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah loh, jangan ah, ditahan aja kalo BAB, serem denger suaranya aku hahahahaha

      Delete
  6. Tipsnya mantul banget Makneng, yang kadang suka diabaikan ya. Apalagi paling sebel kalo udah disuruh matikan hp ini masih oprek2, pengen nyentil deh hahhaaa..

    Kalo aku pasti ngopi di pesawat, biar ga bobo kebalikan dari Makneng.
    Woii..mau bobo mah di rumah ajaaaaaah ..*kabooor

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar apa coba melotot di pesawat? mending save energy buat tempat tujuan tauuuu

      Delete
  7. Pokoknya jangan jadi penumpang ngeselin ya, Mbak hahaha. Saya tuh suka deg-degan kalau masih ada yang main hp di pesawat. Ya meskipun ngakunya udah diubah ke mode airplane, tetap aja bikin saya was-was

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kadang ngeliatin dari atas ke bawah, tujuan orang ini hidup apa ya, kan udah tau sama sama bahayanya, gak cuman buat gue, buat elo jugaaak (eh emosi)

      Delete
  8. Ah okeeh, Mbak Tantiii, ditunggu cerita selanjutnya.

    Untuk yang ini topiknya cukup seru ternyata ya dibahas dalam satu tulisan. Makasih sharing-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cerita selanjutnya disimpen buat buku hihihihii ... seru sedap dengernya Niar

      Delete
  9. Bener Mba, suka gemes kalau pas di pesawat ada yang bolak-balik lewat lorong macam fashion runaway hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Armitaaaa... daku ga bisa berkunjung ke blogmu, SSl nya masih dibenerin ya?

      Delete
  10. Aku ya kalau udah terndengar air pocket dan dalam cuaca kurang baik, udah deh berasa panik :(. Bagi pilot semua emang wajar sih ya mba turbulensi tapi ya tetap aja aku deg2an. Hehhe

    ReplyDelete
  11. Kalau aku justru ga bisa tidur dalam perjalanan Mba. Maunya siaga terus. Kalo ga ngantuk ga bakalan tidur. Aku kayanya ada sedikit anxiety, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampuuun.. aku malah pelor, pesawat belum take off daku sudah pules wkwkwkwkwk

      Delete
  12. selain kulit jadi lebih lembap dan glowing, bonusnya wangi nempel seharian yang kayak mandi parfum

    ReplyDelete
  13. Kalau perjalanan sebentar saya kurang bisa tidur huhuh biasanya suka seneng aja ngapain gitu, sambil baca buku juga oke. Tapi belum pernah sih saya terbang lebih dari 3 jam, mungkin lebih dari 3 jam bakalan tidur hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus dong, kalo aku mah pesawat take off udah ...zzzzz karena kan selalu dapat penerbangan diatas jam cinderella bobok

      Delete
  14. Upgrade kelas di bawah mbak, bukan sama cabin crew tapi check ini crew. Kalau kita frequent flyer member, bisa di upgrade kadang di masa promosi atau tercukupi miles-nya. Atau jika ada overbooking di kelas ekonomi, kita yang member frequent flyer di upgrade sama mereka ke kelas bisnis.
    *pernah pengalaman di upgrade karena suami member di salah satu maskapai pas jadi TKI hihi

    Oh ya, pengamatannya keren nih, detil banget:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyiiik.. oke oke makasiiiih infonya, daku kasih notes di blog yaa

      Delete
  15. Seumur-umur naik pesawat yang penerbangan nggak lebih dari 4 jam baru ke toiletnya sekali doang. Aku anaknya mageran gitu dan ngerasa kurang nyaman sama toilet pesawat, sebisa mungkin aku nggak ke toilet kalo ga tahan-tahan banget. Belom lagi kalo antri karena toilet cuma 1. Beuh males.. haha!

    Eh tapi ntar kalo ke Eropa ya pasti ke toilet sih wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkkk iya aku nahan sampe bandara aja sih, karena di kereta - bus - pesawat kalo ga urgent ga usah

      kecuali pas umroh, aku mandi di toilet! Jangan tanya GIMANA CARANYAAAA

      Delete
  16. Daku susah tidur di pesawat bawaannya tegang melulu haha norak sekali sayaaa..bete kalau ada penumpang yang tetap nyalain hp di pesawat...

    ReplyDelete
  17. Baca postingan rahasia di pesawat ini aku jadi inget aslinya aku harus pulang kampung ke malang deh...

    ReplyDelete
  18. Kalo bepergian, bergo, pakaian nyaman its a must buat aku. Supaya bisa tidur di perjalanan. And ya gak usah pakai ikat rambut biar bisa bobo di jalan :))

    ReplyDelete
  19. Luar biasaa.. Jeli sekali dirimu mbaak. Coba deh aku, baru naik pesawatnya aja udah gugup luar biasa. Haha. Karena saking jarangnya naik emang. Bahkan bisa mabokan gitu. Eh btw, itu serius boleh minta makan lagi. Ntar coba ah..

    ReplyDelete
  20. Informatif sekali mbak, aku belum pernah naik pesawat jadi punya bayangan rahasia yang ada di pesawat, jadi nanti kalau naik pesawat gak katro, hehehe

    ReplyDelete
  21. Kok seru ya bacanya..dibikin lanjutannya dong mbak. rahasia-rahasia yang lain yang lain gitu.

    ReplyDelete
  22. Perlu diperhatikan juga mengikat rambut jangan tinggi-tinggi jadi kalau nyandar ke kursi belakang suka mengganjal. Pengalaman.

    ReplyDelete
  23. Aku suka sungkan gitu yaa...ke toilet di pesawat terbang.
    Makluumm~
    Hehhee...kalo gak kepaksaa banget.
    Soalnya suka rada gimana gituu...goyangannya kadang suka bikin panik ihh...

    ReplyDelete
  24. Iya ya rahasia kecil yanh dilupakan karena sudah biasa
    Mba aku kenapa kalau naik pesawat. Baru ceklekin seat belt saja langsung tidurrrr

    ReplyDelete
  25. Kalau perjalanan sebentar naik pesawat, enaknya sambil baca buku aja. Tau tau nyampe deh. Hahaha

    ReplyDelete
  26. Eh, ade baru tau, Mba kunci tersembunyi toilet dibalik kata no smoking. Besok kalau naik pesawat, cek aaah..
    *pembuktian.. hahaa

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat (^_^)

Btw, jika ada link hidup dengan berat hati saya hapus \(*_*)/