LOCKDOWN ARTI DAN PEMAHAMAN SEBENARNYA

Beberapa negara telah menerapkan kebijakan lockdown, seperti Italia, Mongolia, dan Filipina. Daripada kemakan hoax, ketahui dulu artinya.
Virus corona sendiri mulai muncul pada Desember 2019 lalu di China dan mulai menyebar ke seluruh dunia. Pemerintah China sebelumnya telah melakukan lockdown di kota Wuhan atau tempat pertama kali virus tersebut muncul.

Berdasarkan kamus Bahasa Inggris, lockdown artinya kuncian. Maksudnya, negara yang terinfeksi virus corona mengunci akses masuk dan keluar sebagai pengamanan ketat untuk mencegah penyebaran virus corona.
Lockdown juga dilakukan dengan larangan mengadakan pertemuan yang melibatkan banyak orang, penutupan sekolah, hingga tempat-tempat umum. Dengan begitu, risiko penularan virus corona pada masyarakat di luar wilayah lockdown bisa berkurang.
Lockdown memiliki arti yang sama dengan isolasi. 
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, isolasi berarti pemisahan suatu hal dari hal lain atau usaha untuk memencilkan manusia dari manusia yang lain.
Sedangkan, karantina merupakan tempat penampungan yang lokasinya terpencil guna mencegah terjadinya penularan (pengaruh dan sebagainya) penyakit dan sebagainya. Hal itu, seperti yang dilakukan pemerintah Indonesia ketika memulangkan WNI dari Wuhan China.
WNI dari China tersebut dikarantina selama 2 minggu di Natuna, Kepulauan Riau. Selama karantina, para WNI diawasi ketat kesehatannya serta diberikan vitamin serta gizi untuk daya tahan tubuhnya
Pemerintah Indonesia belum berencana untuk melakukan lockdown seperti di negara-negara lain. Sebab, pemerintah menilai cara tersebut memiliki risiko yang tinggi, seperti meningkatnya jumlah kasus virus corona.
"Meski konsekuensinya dengan lockdown bisa saja kasus di situ naik dengan cepat. Pengalaman kapal Diamond Princess begitu lockdown, naik dengan cepat jumlahnya karena nggak bisa ke mana-mana. Yang sakit dan nggak sakit campur jadi satu," jelas juru bicara pemerintah untuk penanganan Corona, Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan.
Untunglah saat ini setelah Gubernur DKI Anies Baswedan memberikan instruksi menutup daerah-daerah pariwisata DKI dan sekitarnya, Pemerintah RI melakukan lockdown di Indonesia.

Anak-anak sekolah diliburkan hingga tanggal 30 Maret 2020 mendatang.

Semoga tindakan pengamanan ini tepat, ya.. mari kita berdoa bersama.


4 komentar

  1. Yaa semoga dengan adanya Lockdown bisa menjadi perubahan terhadap virus Corona yang kini boleh dikatakan cukup mengkhawatirkan.😊😊


    Tetapi meski begitu kita harus tetap semangat dan berpikir positif agar tidak mudah juga termakan akan berita-berita Hoaxs tentang Corona yang belum tentu keakuratannya.😊😊


    Ok thanks ulasan menariknya tentang Lockdown dan Virus Corona.😊😊

    BalasHapus
  2. peritiwa ini pemerintah hanya ingin membuat rasa aman, tenang saja. semua baik baik saaja :D

    BalasHapus
  3. Dengan lockdown kok disebutkan malah bisa menambah jumlah penderita yang kena Corona, bukannya lockdown itu untuk mengurangi penderita Corona,

    Tapi beberapa negara yang menerapkan lockdown juga masih parah penyebarannya seperti Italia, sehari bisa lebih dari 1000 kasus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya utk mengurangi penyebaran korona, jadi di lockdown deh

      Hapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)