Dengan ASUS Vivobook 14X (K3405VF) , Kreator Jadi Rajin Berkarya

ASUS Blogger Gathering Jakarta 2023, Grand Zuri BSD

Suhu bumi yang sedang tak bersahabat, tak membuat langkahku surut untuk hadir di acara ASUS Blogger Gathering Jakarta 2023, Sabtu 16 September 2023.

Kali ini, acara bergengsi tersebut bertempat di Restoran Katarasa Grand Zuri  Hotel yang terletak di BSD City. Resto ini, terletak di lantai dasar, dan dapat langsung terlihat jika kita memasuki grand lobby hotel.

Kali ini, acara ASUS Indonesia dikoordinir oleh kak Katerina yang mengundang kami para blogger untuk mencoba langsung (hands-on) produk-produk laptop ASUS.


Kesempatan menarik ini, tentu saja tak kusia-siakan, karena ada beberapa laptop yang baru launching, dan menjadi andalan ASUS. 

Laptop yang akan kami lihat dan jajal tersebut antara lain adalah:
  • ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)
  • ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402)
  • ASUS Vivobook GO 14 (E1404F)
  • ASUS Vivobook 14X (M1403)
  • ASUS Vivobook 14X (K3405VF)
Aku dan beberapa teman,  kebagian untuk mencoba langsung ASUS Vivobook 14X (K3405VF). Hmmm.. pasti penasaran bagaimana reviewnya. Yuk kita uprek laptop kece dan canggih ini!

Kenapa Memilih Laptop Seribet Memilih Jodoh?


Karierku sebagai penulis, dimulai sebagai asisten mas Harry Adhie, seorang sepupu yang telah berkecimpung lama di majalah anak, ANANDA lalu ia berinisiatif membuat majalah anak online, Halo Nanda.

Dulu beliau memintaku untuk menulis tips & trik untuk segmen usia SD kelas 4, 5 dan 6. Kenapa usia itu? Karena di usia itu, anak sudah bisa memnaca dan bernalar, berbeda jika aku menulis untuk anak usia kelas 1, 2 dan 3. Baru kutahu, bahwa menulis untuk anak pra sekolah, bahkan harus memiliki imajinasi dan butuh seni yang tinggi. 

Singkat cerita, setelah magang selama dua tahun di halonanda.com, mas Harry membuatkan aku sebuah blog. Dari situlah, aku belajar cara menulis artikel dan belajar bersosialisasi dengan sesama blogger. 

Aku beruntung, karena dengan berkecimpung di dunia blogging, akhirnya skill menulis, memotret, dan sense of urgency aku terhadap event atau peristiwa sehari-hari di sekitarku bertambah.

Jujur aja, sejak itu, semua pekerjaanku bergantung dan di-handle oleh gadget, sehingga laptop adalah sebuah perangkat kerja yang tak boleh dan tak bisa ditinggalkan!

Untuk itu, yang pertama kucari pasti adalah laptop yang powerful. Dan itu tak mudah, kawan. 

Memilih laptop bukan easy things to do, karena sejalan dengan bertambahnya skill-ku, ditambah pergaulan dengan anak blogger milenial yang sat set dengan skill dan gadget mereka, aku merasa gengsi jika tak memiliki peralatan yang memadai! 

*sungkem sama para suhu-ku yang muda-muda, inisialnya KS - IA - BS - RA - TQ hahahaha banyaaak! 

(terus pada kepo nyariin orang-orang berinisial itu...)

Yes, memilih laptop bisa seribet kayak milih jodoh, karena aku menuntut "pasangan kerjaku" ini dapat diandalkan. 
  • Layar harus lebar - karena aku anaknya visual
  • Aku suka main game, jadi laptop yang kuincar pastinya harus memiliki prosesor dengan performa tinggi
  • Ga gampang panas - berarti harus efisiensi energi
  • kalo mengunggah foto or video (seringnya aku compile di aplikasi canva) terlihat jelas, selain itu kalau meng-scan hasil gambar juga warnanya jelas, sejelas aku saat memilih menu Kopi Kenangan Mantan di kedai kopi, dan ini berarti aku menuntut punya layar OLED Nanoedge (banyak maunya luh!) 
Sayangnya, hingga kini,  laptop dengan performa kencang biasanya ada di segmen perangkat premium sehingga sebagian besar dibanderol dengan harga yang tinggi. Itu sebabnya, hati berdebar ketika tahu di depanku berderet laptop berperforma kencang dengan harga terjangkau. 


Nah ini dia salah satunya!

Kenalan Dengan ASUS Vivobook 14X (K3405VF)




Ini dia jawabannya!

Vivobook 14X (K3405VF) adalah salah satu seri laptop mainstream dari ASUS karena sudah dibekali dengan hardware generasi terkini. Selain powerful maka para kreator pemula - bahkan gamer bisa menggunakannya. 

Kenapa demikian? 

1. Sudah Ditenagai Prosesor 13th Gen Intel® Core™

Vivobook 14X (K3405VF) adalah laptop yang ditenagai prosesor 13th Gen Intel® Core™ H-Series - jadi ia adalah  salah satu prosesor laptop yang paling canggih dan powerful saat ini. 

Intel telah merancang prosesor tersebut dengan arsitektur hybrid yang menggabungkan performa tinggi dan efisiensi energi, memastikan bahwa laptop ini mampu menangani berbagai tugas dengan lancar tanpa menguras banyak energi.

Salah satu keunggulan utama dari 13th Gen Intel® Core™ H-Series adalah arsitektur hybrid-nya yang memungkinkan prosesor untuk secara dinamis memilih antara CPU core yang berfokus pada efisiensi (E-core) atau performa (P-core), tergantung pada kebutuhan komputasinya. Dengan demikian, laptop ini tidak hanya powerful tetapi juga efisien dari segi konsumsi energi. 

Dalam pengujian menggunakan PCMark 10 Battery Test, laptop ini bahkan bisa bertahan lebih dari 10 jam saat digunakan untuk memutar video. Hasil pengujian tersebut tentunya sangat baik untuk sebuah laptop yang menggunakan prosesor kelas gaming.

Biasanya prosesor 13th Gen Intel® Core™ H-Series ini lebih sering ditemukan di laptop gaming, karena performa tinggi sangat dibutuhkan untuk menghadirkan pengalaman gaming yang optimal. 

Tangguh

Vivobook 14X (K3405VF) jelas adalah laptop modern yang didesain tangguh. 

Gak main-main, laptop ini telah mendapatkan sertifikasi US Military Grade MIL-STD-810H, standar ketahanan militer yang diakui secara internasional. Untuk mendapatkan sertifikasi ini, laptop harus melewati serangkaian tes ketat yang meliputi uji terhadap tahan guncangan, suhu ekstrim, kelembaban, dan banyak lagi.

A close-up of a computer

Description automatically generated


Dengan sertifikasi US Military Grade, Vivobook 14X (K3405VF) membuktikan bahwa ia adalah laptop yang andal dan tangguh, cocok untuk para kreator konten yang sering bekerja di lingkungan yang menuntut atau sering berpindah tempat. 

Untuk aku yang sering kerja di luar rmah, laptop yang dirancang dengan desain modern ini, selain tangguh juga menawarkan keseimbangan antara estetika dan durabilitas.

Selain ketahanan fisik, salah satu perhatian utama pengguna laptop adalah kebersihan perangkat. Menyadari hal ini, ASUS telah melengkapi Vivobook 14X (K3405VF) dengan fitur ASUS Antibacterial Guard. Ini adalah lapisan khusus yang diterapkan pada bodi laptop, termasuk pada keyboard dan touchpad, yang efektif mencegah perkembangan bakteri.

Higienis kaaan!

A close-up of a computer

Description automatically generated

Dilengkapi Fitur Modern

Vivobook 14X (K3405VF) dirancang dengan fokus pada kebutuhan komputasi yang semakin kompleks, multitasking, rendering video, hingga gaming. Dengan bodi yang ramping dan berbahan premium, laptop ini tidak hanya mudah untuk dibawa kemanapun, tetapi juga cukup kuat untuk menangani berbagai tugas komputasi tanpa hambatan.

Boot sistem, memuat aplikasi, dan mentransfer data 
juga speed-nya sangat cepat.

Ada satu yang aku suka, yaitu karena meeting hingga training, bahkan interview saat ini bergantung pada koneksi internet, fitur WiFi 6 pada Vivobook 14X (K3405VF) adalah sebuah keunggulan yang sangat berarti. 

Layar dan Fitur Wi-Fi 6

Karena tadi kubilang layar dengan high resolution is a must buatku, maka akurasi warna yang sudah tervalidasi Pantone, Vivobook 14X (K3405VF) ini bisa diandalkan untuk produktivitas hingga konten kreasi.

ASUS juga memberikan fitur eye care, sehingga untuk tukang gambar sepertiku, spektrum cahaya biru yang membahayakan mata bisa dikurangi secara drastis, tapi tanpa mengorbankan visual layar!

WiFi 6 tidak hanya menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat, tetapi juga lebih efisien dalam mengelola banyak perangkat dalam jaringan yang sama. Ini sangat membantu untukku yang sering melakukan video conferencing atau streaming.

*sibuk kali kakak ini

A close up of a device

Description automatically generated


Port USB Type-C pada Vivobook 14X (K3405VF) bukan hanya sekadar port untuk transfer data. 

Port ini juga mendukung pengisian daya, mengisi baterai laptop dengan lebih cepat dan efisien. Fitur ini sangat berguna untuk mereka yang sering bepergian dan membutuhkan solusi pengisian daya yang fleksibel.

Oya untuk si paling main game, 
ada fitur keren namanya ASUS ice cool yang kipasnya terbuat dari liquid crystal polymer. Kipas ini bisa bekerja optimal mendinginkan hardware, tapi dengan tingkat kebisingan rendah.

Apa? 
Laptopmu ga punya fitur itu? Gunakan kipas Doraemon aja, sama kok fungsinya.


A close up of a computer

Description automatically generated

Bisa Upgrade RAM

Memori dan penyimpanan pada laptop ini dirancang agar bisa di-upgrade. Ini memberi keleluasaan bagi pengguna untuk menambah RAM atau kapasitas penyimpanan sesuai dengan kebutuhan mereka, membuat laptop ini tetap relevan seiring dengan perkembangan kebutuhan komputasi.

Ya, RAM 8GB onboard yang digunakan masih bisa ditingkatkan dengan menambah satu modul RAM 16GB hingga kapasitas totalnya menjadi 24GB.

Harga Terjangkau

Performa komplit dan powerful ini, gak bikin kantong bolong kok gaes... 

Harganya cukup terjangkau, yaitu dibanderol mulai dari Rp13.399.000. Untuk kualitas dan fitur yang komplit, sepertinya sabi ya bray! 

Kuy, pantengin info-info ASUS ini, selain bisa intip website ASUS kalian juga bisa mantengin media sosialnya di instagram @asusid.

Cuusss!

Picture source : Katerina S


1 komentar

  1. Memang bagus banget nih, Kak laptop keluaran dari Asus. Saya juga menggunakan laptop Asus hihi

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)