Nikmati Keseruan Van Traveling Bareng Sahabat di Australia

 Sumber : Pexels

Pernah dengar tentang van traveling

Ini merupakan sebuah konsep traveling dengan menggunakan mobil karavan atau campervan. Ternyata konsep traveling seperti ini sangat populer di Australia dan bisa jadi pilihan saat kamu ingin berpetualang.

Tidak perlu khawatir soal budget, KTA bisa jadi solusi tepat bagi siapa saja yang ingin traveling ke suatu tempat dan butuh dana tambahan. Termasuk bagi kamu yang ingin jalan-jalan dengan konsep van traveling di Australia.
Persiapan sebelum Van Traveling di Australia

Australia sendiri ternyata menjadi negara yang memberi fasilitas cukup memadai bagi van traveler. Sebelum berangkat, tentu saja kamu harus mempersiapkan banyak hal. Dikutip dari laman eastcoasttours.com, berikut beberapa persiapan yang diperlukan:

  • Sewa Mobil Van

Hal pertama yang harus kamu lakukan tentu saja menyewa mobil van untuk dipakai berkeliling di Australia. Perlu kamu tahu bahwa gaya traveling seperti ini sangat populer di sana jadi kamu bisa dengan mudah menemukan persewaan van.

Tentunya setiap jasa yang menyewakan mobil van untuk traveling memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Rate harga yang ditawarkan juga bisa jadi tidak sama. Jadi pastikan kamu benar-benar memperhatikan penawaran yang diberikan oleh mereka.

  • Buatlah Itinerary

Selama melakukan van traveling, kamu harus punya rencana atau itinerary yang jelas. Ini penting sekali karena akan sulit jika kamu hanya mengemudi tanpa tujuan. Lebih baik pelajari dulu tentang kebiasaan van traveling orang-orang di Australia.

Selanjutnya kamu bisa cari tahu dimana saja destinasi para van traveler yang menjelajah di Australia. Ikuti jalurnya dan tentukan dimana saja kamu akan berhenti untuk menikmati pemandangan.

Jangan lupa buat juga rencana yang matang mengenai total hari kamu akan berpetualang. Ini penting untuk membantu kamu menentukan berapa banyak persiapan bahan makanan yang harus dibawa.
Ketahui Titik Camp

Australia merupakan negara yang ramah bagi van traveler. Mereka menyediakan banyak titik atau area camp khusus untuk van. Biasanya area tersebut sudah dilengkapi fasilitas toilet, pembuangan kotoran dan pengisian air bersih.

Sebaiknya kamu pelajari dulu jalur mana saja yang cocok untuk dilalui mobil van. Lalu temukan titik pemberhentian atau titik camp yang dirasa paling nyaman. Jadi kamu nanti tidak akan kebingungan saat harus berhenti.

Perlu kamu tahu juga bahwa tidak semua titik camp itu gratis dan bebas dimasuki. Ada beberapa titik dimana kamu harus membayar untuk masuk ke sana. Hal seperti ini juga perlu kamu ketahui agar bisa mempersiapkan budget-nya.

  • Bawalah Barang Secukupnya

Mobil van merupakan jenis mobil traveling yang berukuran besar. Namun bukan berarti kamu bisa bebas membawa berbagai jenis barang. Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah mencatat barang apa saja yang perlu dibawa.

Usahakan untuk tidak membawa terlalu banyak benda, apalagi jika fasilitas di van sudah cukup lengkap. Selain itu kamu juga perlu menyediakan bahan makanan dan memakai fasilitas dapur di dalam van agar lebih hemat.

Jadikan perjalananmu van traveling ini simple dan menyenangkan. Tidak perlu terikat dengan terlalu banyak barang agar tidak ribet. Selain itu ini juga bisa membuatmu lebih nyaman karena ruangan di dalam van jadi terasa lebih luas.
Persiapkan Kemungkinan Terburuk

Sebagai van traveler, nanti kamu akan menemui banyak hal. Bisa jadi kamu harus berhadapan dengan hal-hal buruk yang menguji kemampuanmu untuk bertahan hidup. Jadi usahakan kamu mempersiapkan diri untuk hal tersebut.

Cari tahu apa saja hal-hal buruk yang bisa terjadi selama van traveling. Kamu bisa membaca lebih banyak pengalaman para traveler saat berpetualang naik mobil van. Lalu kamu juga harus mempersiapkan diri dengan solusinya.


Sumber : Pexels

Rincian Dana yang Dibutuhkan untuk Van Traveling di Australia


Sudah pasti kamu harus mempersiapkan dana agar bisa menikmati serunya van traveling di Australia. Persiapan dana ini harus dilakukan dengan matang karena bagaimanapun juga butuh uang yang tidak sedikit untuk van traveling.

Jika kamu perlu mendapatkan tambahan dana, maka bisa mulai mempertimbangkan KTA dari bank. Namun pastikan nilainya sesuai dengan anggaran budget yang kamu butuhkan.

Pertama-tama kamu harus sediakan budget untuk tiket pesawat menuju Australia. Rate-nya bervariasi tergantung maskapai dan waktu keberangkatan. Paling tidak kamu perlu menyediakan Rp19 jutaan sampai Rp28 jutaan untuk sekali terbang.

Lanjut ke biaya sewa van yang pastinya harus kamu siapkan karena ini merupakan tujuan utamamu datang ke Australia. Tipe mobilnya sangat beragam, namun sangat direkomendasikan untuk memakai van dengan fasilitas lengkap.

Rate sewa van di Australia cukup bervariasi, kurang lebih Rp1 jutaan hingga Rp2 jutaan per hari. Tinggal dikalikan saja dengan jumlah hari kamu akan menyewa. Paling tidak kamu butuh 10 hari untuk menikmati petualangan van traveling.

Perhitungkan juga biaya lain-lain selama perjalanan. Mulai dari belanja persiapan bahan makanan hingga bahan bakar. Selain itu kamu juga harus menyediakan dana khusus untuk menginap di camp yang tarifnya mulai dari Rp600 ribuan per malam.

Sediakan juga cukup dana untuk biaya hidup selama menjelajah di Australia. Tentu nominalnya sangat bervariasi tergantung pada gaya hidupmu selama di sana. Lebih baik kamu menyediakan dana Rp100 hingga Rp150 jutaan untuk berangkat.

Tak ada salahnya mengandalkan KTA online proses cepat dari digibank KTA untuk modal van traveling di Australia bersama sahabat. Kamu bisa menikmati petualangan berkeliling naik mobil van dengan bebas.

Proses pengajuannya online dan cukup mengandalkan e-KTP. Limitnya juga besar bisa mencapai Rp200 juta jadi sangat cukup untuk modal van traveling. Klik di sini untuk mengakses informasi lebih lengkap mengenai KTA digibank by DBS.

1 komentar

  1. Wah seru banget nih ya pastinya perjalanan traveling bersama dengan temannya

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)