CARAKU MENULIS KISAH FANTASI


Suka baca atau nonton film fantasi?
Aku suka banget. Pasti langsung terbayang segambreng buku seperti Harry Potter the series, Bliss the series, bukan? 

Untuk film, inget sama Star Trek, Lord of The Ring, Games of Thrones de el el. It's all the massive pop culture phenomenon.

Jangan lupa juga dengan para superhero yang berbaju minim : Superman, Batman, Spiderman, Gatotkaca, Khrisna ... ya pokoke yang dalam kehidupan sehari-hari itu sebenernya gak ada.

Aku ditolak beberapa penerbit ketika ingin menawarkan naskah buku fantasi. Katanya sih, subgenre ini kurang peminat. 

Really? 

Ga salah juga sih, novel dan film fantasi yang kita ciptakan, sejauh ini masih kalah jauh ama novel dan film fantasi dari luar negeri.

Tapi dengan tekad bulat, aku tetap memberanikan diri untuk ikutan kelas menulis khusus fantasi. 

Why? 

Karena buatku, tokoh yang meloncat-loncat liar di kepala, butuh satu media untuk mewujudkan mereka!

Walaupun aku juga adalah seorang emak blogger, tapi kadang aku juga ingin menulis tentang sesuatu yang di luar kebiasaan!

Beside, untuk tokoh realistis sudah banyak kok, penulis yang hebat dan keren. Ini salah satu posting tentang caraku menulis, hasil dari aku menyerap ilmu dari beberapa mentor menulisku. Para mentor ini, memiliki cara mengajar yang berbeda, namun jadinya aku mendapat ilmu yang berbeda juga. 


TIGA ELEMEN PENTING SAAT MENULIS KISAH FANTASI 



Saat baru mulai mau menulis, kita diperkenalkan dahulu dengan unsur dari genre fiksi fantasi. Ada banyak banget unsurnya.


Unsur-unsur khas dalam fantasi:
  • kekuatan supranatural
  • sihir
  • makhluk-makhluk rekaan atau gaib,
  • setting waktu yang bisa masa lalu atau masa depan.
Buat plot konspirasi secanggih mungkin. Baru kemudian dipecah menjadi beberapa sub plot.

Misalnya :
Premis : 
Perebutan ginseng emas Kerajaan Teh dan Kerajaan Dark Tea.


Outline :
Bab 1
Suasana Kerajaan Dark Tea – ulangtahun ke 777 dan dendam Raja Bailin Gongfu.

Flashback : 
  • Ibunda Ratu Dianhong meninggal terkena virus mematikan saat akan melahirkan, adik bayi juga tak bertahan hidup lama. 
  • Ayahanda raja meninggalkan kerajaan, bertapa di Gua Tipucino di Pegunungan Teh Tha-Reeq.
  • Ai Li Shan memakan DNA ikan salmon, untuk mendapatkan energi 
Suasana Kerajaan Oolong Tea – Siapa Ai Li Shan, si Pendekar cantik?


Bab 2
Professor Lan menemukan formula baru Ginseng Tea Emas. Kali ini, formula itu memiliki khasiat energi untuk lima desa dengan kapasitas penduduk @ 1000 orang

Buatlah karakter dinamis - lengkap dengan detail dan ciri-cirinya

Misalnya :



Ai Li Shan (itu tokoh utamaku) - perempuan berusia 117 tahun lunar. Berperawakan tinggi dan langsing, lincah serta hobby memainkan har gui no (modifikasi harpa gitar). Kalau bicara cepat dan serius. Ia cocok menjadi ksatria penjaga Kura-kura Marin Emas.

Membuat karakter 

Oya, seringnya kita tertukar dengan dongeng atau legenda, ya. Ingat saja, dongeng cenderung cerita yang sifatnya konservatif. Sederhana, membawa pesan moral dan alurnya cepat. Karakter juga tidak diceritakan detail.
Contoh dongeng adalah mite, sage, fabel, legenda, cerita jenaka, cerita pelipur lara dan cerita perumpamaan.

Sebagai penulis fiksi fantasi, imajinasi adalah the best sparepart that we have. Tapi jangan lupa, kalo ga pengen get lost di tengah-tengah, sediakan plot dan sub plot yang tertata apik ya #selftalk.

Eksekusi ide

Selain mengadaptasi beberapa film sci-fi, aku juga banyak belajar dari istilah-istilah yang kuciptakan sendiri. Aku juga banyak googling dan searching tentang setting tempat dan waktu (karena latar belakang yang kubuat adalah kerajaan teh).

Jadilah, sebagian besar yang kucari adalah : nama-nama teh, cara pembuatan teh herbal (aku menyelipkan beberapa resep dan kegunaannya di sini) dan karena sci-fi, aku juga mencari tahu saat mereka perang, mengendap-endap dan lain sebagainya.

So, itu sekelumit behind the scene caraku menulis dan mengilustrasi kisah fantasi. 

22 komentar

  1. Mak Tanti kreatifnya kefikiran deh cakep nih sampe ada nelen DNA Salmon wkwk..aku sendiri suka loh cerita fantasi kyk Harry Potter dan Lord Of the Rings..

    BalasHapus
  2. Keren sih yang pinter nulis genre fantasi. Aku masih belajar soal ini karena dasarnya aku orangnya realistis

    BalasHapus
  3. mba kamu tuh keren banget sih, aku selalu suka melihat hasil ilustrasinya

    BalasHapus
  4. Aku fokus ama kalimat awal 'para superhero yang berpakaian minim'. EH iya bener juga ya. Hehhehe. Aku agak lemah soal fantasy mba. Hehhe. Keren Mak Tanti juga bisa imajinasi dengan kreatif :)

    BalasHapus
  5. Tulung Tangerang panas, oolong tea bisa kali 🤣 mba Tantii. Kapan ketemu lagi ya kita 😆
    Gambarnya cakep amatan. Aku nggak bisa nulis fiksi lagi kayaknya mba.. seru ya nguliknya, sampai detil gitu

    BalasHapus
  6. Mbak, saya juga suka nulis kisah fantasi, nulis di platform baca. Baru tau ada elemen-elemen dalam fiksi fantasi gini. Waktu itu nulis ya nulis aja. Penasaran dengan ceritanya, suka nih dengan tema perteh-teh-an.

    BalasHapus
  7. Hebat banget mbak tanti, keren banget bisa menulis dan menggambar cerita fantasi, gak semua orang punya fantasi yang keren banget, seru juga ngulik cerita fantasi yaa.

    BalasHapus
  8. Masyaallah ilustrasimu selalu cantik mbak.aku penggemar berat deh pokoknya. Imaginasinya juga kece

    BalasHapus
  9. penulis atau penulis naskah utk film di genre fiksi fantasi tuh menurut aku kadar kreatifitasnya pasti super duper deh apa ya ga terbayang sama orang awam tuh bisa divisualisasikan baik dengan kata maupun dengan penampakan/perwujudan visual. suka terkagum2 aku tuh makneng

    BalasHapus
  10. Mak Tanti mah kereeen! Penutor, penulis yang juga jadi ilustrator. Saluut!
    Untuk nulis kisah fantasi itu memang harus kreatif ya, Mak. Tapi tetep aja harus logis, jadi perlu riset juga. Seperti riset nama-nama teh dan cara pembuatan teh herbal, yaa...

    BalasHapus
  11. Kalo ditanya suka apa tidak, mohon maaf saya agak kurang suka baik buku, film atau drama, kalo ada beberapa pilihan judul yang fantasi nggak bakal masuk list aku, hehehe. Tapi ada banyak juga yang suka, teman kantorku,aku suka aja dengar dia bercerita soal film atau buku.

    BalasHapus
  12. Menis genre fantasy itu puny tantangan sendiri lho. Karena harus berpikir keras fantasy gimana, belum lagi kalau ada hal-hal ajaib.

    BalasHapus
  13. Gak semua kisah fantasy saya suka. Sampai sekarang saya masih belum bisa menikmati jalan cerita The Lord of The Ring. Tapi, suka banget sama Harry Potter. Kayaknya tergantung jalan ceritanya juga kalau untuk saya.

    BalasHapus
  14. Waaah kalo MakNeng sih jagonya niih menulis cerita fantasi yaa, apalagi baca langkah2nya ahh makin salut sama pembuat kisah2 fantasy sekelas Harru Potter ati LROTR .
    Aku penikmat pelem2nya ajaa Makneeeng 😍

    BalasHapus
  15. Hebat banget Mba Tanti..ga semua bisa menulis cerita fantasi, sulit ini! Keren, bayangin masih outline aja dah pengin baca akutuuuu. Belum lagi ilustrasinya jago! Salut!

    BalasHapus
  16. Keren banget makneeng, kebayang deh kalau makneng jadi penulis dan ilustrator cerita fantasi pastinya cakep banget hasilnya.. Indonesia kekurangan bangeett cerita anak fantasi ya

    BalasHapus
  17. Waw keren banget Mak Tanti.. aku gak bisa bikin cerita fantasi gitu, karena memang ya gak begitu suka cerita fantasi. Kalo cerpen biasa masih bisa dikit-dikit, hihi.
    Keren banget tuh tentang kerajaan teh. Semoga jadinya nanti luar biasa, asyik buat dibaca dan dilihat (ilustrasinya gemesinnn) :D

    BalasHapus
  18. Karakternyaaa... cantiik sekali.
    MashaAllaa~
    Mengingatkanku akan Mulan ya.. Karakter perempuan, China dengan kelebihannya.
    Karakter seperti ini membuat perempuan Indonesia jangan puas kalau uda bisa satu hal, kudu mencoba banyak hal lain dan menjadikannya hebat.

    BalasHapus
  19. Kereeen bangeeet...Aku suka takjub kalau baca kisah fantasi, ini imajinasinya kok bisa segitunyaa yaaa.. Bisa menciptakan nama-nama dan plot di luar naila itu bener2 bikin saya herman hahaha. Belum lagi sub-sub plotnya, bisa bikin tak habis fikri.

    BalasHapus
  20. di novel ade kemarin juga dimasukkan sedikit kisah fantasinya mba. Tapi bentuknya benda. Macam mission imposible gitu. tapi kerennya mba tanti ini tokoh fantasinya bisa dilukis sesuai dengan keinginan mba tanti sebagai penulis. Kalau model ade kudu ngawang2 untuk melukisnya. ga jago ade ngelukis

    BalasHapus
  21. Wah keren sekali memang ide dan fantasinya mak Tanti yah.

    BalasHapus
  22. Mantapp mba keren sekali gambar-gambarnyaa.. gak mudah lho bikin cerita fantasi terutama buatku.. wkwk

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)