Brain Academy Online, Tingkatkan Efektifitas Proses Belajar Siswa



Selamat datang di era new normal.

Era di mana para pelajar di seluruh dunia mengenal kata homeschooling, belajar virtual dan melakukan segala sesuatu secara online.


Alhamdulillahnya, peserta didik di Indonesia tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut. Soalnya, Ruangguru sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pendidikan, sudah membuat berbagai macam sistem belajar online, yang interaktif, lengkap, dan sangat mudah digunakan.

Salah satu inovasi yang dilakukan Ruangguru selama sistem belajar mengajar dilakukan secara online adalah Brain Academy Online. 

Sekilas tentang Brain Academy Online



Berada di bawah atap ruangguru, maka brain Academy adalah sebuah bimbel online dengan live Teaching interaktif yang terjadwal bersama Star Master Teacher secara langsung via aplikasi dan desktop.

Dengan tujuan meningkatkan efektifitas proses belajar siswa di era new normal, Brain Academy Online menyediakan berbagai macam fitur menarik yang mendukung peningkatan semangat belajar anak-anak di Indonesia. 

Para peserta didik akan lebih mudah dalam berinteraksi dengan guru melalui live teaching dan juga diskusi online.

Laiknya sekolah offline,
di Brain Academy, siswa juga akan menerima raport perkembangan proses belajar mengajar dan bahkan bisa bertanya jawab kepada guru-gurunya.

Melalui Brain Academy Online, peserta didik dapat berkomunikasi langsung dan belajar bersama Star Master Teachers, para pengajar dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia, dengan berbagai fitur, yaitu:

1. Klinik PR Intensif


Pada klinik PR ini, secara individu kamu dapat menjadwalkan sesi konsultasi 1 kali seminggu dalam bentuk diskusi secara daring (video conference call), untuk membahas pekerjaan rumah (PR) dari guru, bukan yang dari orang tuamu ya, dan juga soal-soal persiapan ujian bersama Star Master Teachers melalui aplikasi Google Meet.

2. Kelas Live Teaching Interaktif Plus Klinik UTBK


Kamu dan teman Brain Academy Online lainnya dapat mengikuti webinar, yang nantinya, Star Master Teacher-mu akan membahas materi ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri dan mata pelajaran sekolah seperti Matematika, Ekonomi, Fisika, Kimia, Bahasa Inggris dan lainnya, dengan metode live teaching melalui aplikasi Ruangguru.

Kamu juga bisa menjadwalkan Kelas Live Teaching Interaktif sebanyak 3 sampai 16 kali seminggu dengan durasi kelas selama 90 menit.

Selain itu, dalam mendukung dan menyukseskan usaha kamu menghadapi UTBK 2021, Brain Academy Online juga punya Klinik UTBK. Dengan fasilitas ini, kamu akan mendapat informasi seputar persiapan UTBK, materi apa saja yang akan keluar, bagaimana sistem penilaiannya, tryout menjelang UTBK, juga tips dan strategi belajar persiapan UTBK.

3. Konsultasi Belajar

Secara individu, kamu bebas menjadwalkan sesi konsultasi setiap saat dalam bentuk diskusi secara daring (video conference call) terkait strategi belajar, pemilihan jurusan, dan topik-topik penunjang lainnya bersama Master Teachers, Guru Wali, dan konselor pendidikan Brain Academy, melalui chatting WhatsApp.


4. Kelas Pengembangan Diri

amu bersama teman Brain Academy Online lainnya akan berada di dalam webinar, kemudian selama 120 menit mereka mendapatkan materi yang berkaitan dengan soft skills, seperti cara berbicara di depan umum, tips dan trik SNMPTN, karir, atau membuat konten kreatif yang menarik. Para peserta didik akan didampingi fasilitator dengan metode live teaching melalui aplikasi Zoom.

5. Modul Belajar

Kamu akan mendapat sebuah modul berisi materi belajar selama 1 tahun. Modul tersebut akan dicetak dan dikirim ke rumah masing-masing.

6. Bergabung dengan Komunitas Pelajar Se-Indonesia


Kamu dapat mengakses grup yang berisi seluruh peserta didik di Indonesia. Dalam grup tersebut, kamu bisa berdiskusi, melempar pertanyaan, atau bahkan sharing hobi, minat, dan juga bakat. Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jenuh dan memperluas pengetahuan umum.

Selain fitur-fitur tersebut, peserta didik yang mendaftarkan diri di Brain Academy Online juga akan mendapat akses ke ratusan ribu video belajar, bank soal, rangkuman, infografis, dan quiz dalam fitur ruangbelajar di aplikasi belajar Ruangguru.

Gimana, menarik banget kan? Sistem belajar di rumah yang awalnya dirasa sangat menyulitkan dan membuat jenuh, sekarang sudah bisa teratasi dengan adanya fasilitas belajar digital seperti Brain Academy Online.



Referensi tulisan dari :

23 comments

  1. Ruang Guru ini ternyata produknya banyak juga ya, tapi dengan begini para orangtua juga punya pilihan untuk memberikan kelas online tambahan untuk anak-anaknya ya mbak. Ini anakku juga baru ku kasih kelas tambahan online di rumah.

    ReplyDelete
  2. parah sih emang Ruangguru inovasinya selalu keren memberikan yang terbaik buat masyarakat Indonesia, termasuk dengan hadirnya Brain Academy Online yang menyediakan fitur keren untuk memudahkan pelajar juga mahasiswa mengasah skill yang dimiliki ataupun skill baru

    ReplyDelete
  3. Anak saya udah masuk tahun ketiga belajar di Brain Academy. Malah kayaknya dia lebih serius belajar di sini daripada PJJ ma sekolah. Udah cocok banget hehehe

    ReplyDelete
  4. Sudah ga diragukan lagi kalo produk Ruangguru tuh, apalagi fitur2nya Brain Academy yang membantu banget anak2 saat daring
    Menarik juga adanya akses ke ratusan ribu video belajar, bank soal, rangkuman, infografis, dan quiz dalam fitur ruangbelajar di aplikasi belajar Ruangguru.

    ReplyDelete
  5. Anakku yg sulung sama yg kedua pake ruang guru pas mau ujian. Sekarang malah ada fitur BRain Academy juga ya. Sepertinya anakku butuh ini, apalagi sekarang sdh kelas 9

    ReplyDelete
  6. BRAIN Academy memang sangat bisa diandalkan di era online online ini.
    Anak2 kan tetep kudu belajar.
    ortu terkadang ga menguasai materi, ataupun ga bakat jadi guru.
    Yak cuss langsung ke BRAIN Academy ajaaa

    ReplyDelete
  7. Kalau masih PJJ, Brain Academy Online ini bantu banget sih apalagi buat yang berada di akhir tahun pelajaran. Banyak kelebihannya termasuk klinik PR

    ReplyDelete
  8. Belajar secara virtual jadi pengalaman baru buat semua murid di Indonesia ya mbak selama pandemi ini. Meskipun ga semua bisa mengikuti perubahan ini tapi tetap semangat belajar. Untuk mengatasi pembelajaran banyak orang tua yang kasih dukungan lewat brain academy untuk menambah materi supaya lebih dikuasai anaknya

    ReplyDelete
  9. naksir nih sama kelas pengembangan diri, tapi si kakak kayaknya udah sibuk banget dengan jadwal sekolahnya, sudah tatap muka sih meski gak setiap hari. terima kasih ya mak ulasannya, btw itu amu aku pikir nama orang eh, baca di bawahnya kamu, hehehe ke delete huruf K kayaknya

    ReplyDelete
  10. Brain Academy ini memang andalan ya mbak Tanti, biar anak tetap fokus belajar
    apalagi Brain Academy ini menggunakan sistem blended learning, gabungin belajar online dan offline, makin mantep jadinya

    ReplyDelete
  11. Pengembangan ruang guru makin ke sini makin inovatif banget. Sekarang ada Brain Academy yang bisa menjadi sarana belajar anak. Terlebih di sini ada pembelajaran soft skills dan lainnya. Makin mantaap daah.

    ReplyDelete
  12. Wah, keren banget ini Brain Academy...ini versi bimbel komplit ya mbak, bisa konsultasi,ada kelas pengembangan dirinya juga ternyata.

    ReplyDelete
  13. Wah.. Ada klinik UTBK ya, mbak. Oke, bisa kurekomendasikan ke muridku. Dia cari info-info seputar UTBK dan tips2 supaya bisa lolos

    ReplyDelete
  14. Yang paling aku suka dari Brain Academy krna ada klinik PR nya, serasa pengen kembali sekolah hahaha dlu di jaman sy gk ad kyk gini. Beruntunglah anak jaman now dilengkapi banyak fasilitas

    ReplyDelete
  15. Siswa (dan ortu) jadi terbantu dengan mengikuti Brain Academy ini. Apalagi sekarang tuh bobot pelajaran makin susah, makin tinggi kelas makin bikin pening orangtua jika bantu anak belajar. Tips, materi, konsultasi belajar di Brain Academy akan jadi solusi

    ReplyDelete
  16. Wah kebetulan ini anakku yang kelas 5 SD sudah langganan Brain Academy di Ruangguru, keren banget Star Masternya soalnya aku sering nemenin anakku pas jadwal Live Teaching. Cara mengajarnya enak dan merangsang anak-anak untuk mau belajar dengan antusias apalagi ada bonus bintang atau starnya yang bikin poin belajar nambah. Pokoknya aku rekomendasiin banget Brain Academy ini, anakku lebih ngerti diajarin Kakak-kakak di Brain Academy daripada gurunya...wkwkwkw.

    ReplyDelete
  17. Fitur yang lengkap dari Brain Academy ini yang membedakan dengan bimbingan online lainnya. Terlebih ada juga video pembelajaran, bank soal, infografis, juga kuis yang menarik untuk siswanya gunakan.

    ReplyDelete
  18. bagus ya brain academy ini, nggak cuma fokus meningkatkan kemampuan kognitif anak, tapi juga softskillnya dengan menyediakan fitur pengembangan diri. Coba lah sejak awal pandemi ada ini, pasti nggak bakal banyak ibu yang mengeluh dan jadi darting saat menemani anak-anaknya belajar di rumah

    ReplyDelete
  19. kebantu banget pakai brain acadedmy ini ya mak. di sini pakai ruang guru yang biasa. nunggu diskonan gede biar murah hahahha
    tapi kalau ada konsulnya kayak brain lebih anak jadi anak ngerti apa yang dikerjakan

    ReplyDelete
  20. Wah zaman sekarang keren2 ya kelas online. Fitur konsultasi privatnya oke punya. Yg jelas ga judging. Lalu ada pengembangan diri dengan webinar. Juara sih menurutku

    ReplyDelete
  21. Ini nih solusi belajar masa kini dan kehadirannya tepat sekali dengan adanya pandemi. Belajar daring semakin terbantukan dengan kehadiran Brain Academy ini.

    ReplyDelete
  22. Aku juga pernah cek brain Academy mba, memang cocok banget nih buat bimbel online. Live interaktif dengan para Master Pengajar pasti bikin anak memahami pelajaraan yang diikuti.

    ReplyDelete
  23. Bimbel bisa live interaktif dan bisa gabungin antara offline dan online..ini bisa maksimal hasil belajarnya ya mak..dan pastinya disiplin belajar gal main2..udah deh pilih brain academy aja..

    ReplyDelete

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)