Makanan Terbaik Cegah Kanker Prostat

Sumber gambar : detikcom


Makanan Terbaik Cegah Kanker Prostat

Kanker prostat bukanlah momok penyebab kematian meskipun tetap harus dihindari. Penyakit ini menjadi salah satu pembunuh terbesar pria di Amerika Serikat dan negara-negara maju. Di Indonesia, penyakit ini juga banyak terjadi meskipun tidak banyak menimbulkan kematian. Ada beberapa sebab mengapa hal ini terjadi yaitu karena sumber makanan yang menjadi penangkal kanker ini yaitu sebagai berikut.

Sayuran Hijau

pic courtesy : 
deliciousmagazine.co.uk


Indonesia sangat kaya dengan makanan kaya serat. Kita tidak pernah kesulitan menjadi sayur-sayuran berwarna hijau. Pada dasarnya, sayuran berwarna hijau menjadi sumber nutrisi dan mineral yang sangat tinggi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Hampir semua sayuran berwarna hijau sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung zinc. Mineral ini sangat penting untuk kesehatan prostat. Penelitian menunjukkan bahwa penderita kanker prostat tidak memiliki kandungan zinc dalam tubuh.

Bayam, kangkung dan sawi sangat mudah didapatkan di Indonesia. Mengapa kita tidak memanfaatkannya? Bahkan, saat ini penelitian akan kesaktian daun kelor pun sudah terbukti. Daun kelor atau moringa leaves bahkan dijual dengan harga mahal di Amerika Serikat dalam bentuk serbuk atau kapsul. Padahal, kita bisa mendapatkannya dengan mudah dan gratis.

Salmon

Pan Seared Salmon
pic courtesy : Jessica Gavin Recipe


Indonesia juga sangat kaya akan hasil laut yaitu ikan dengan kadar protein yang sangat tinggi. Protein tinggi dapat mengenyangkan perut, sehingga seseorang tidak asal makan.

Obesitas merupakan akibat dari perut yang tidak kenyang karena asupan makanan tidak bergizi. Perut yang lapar cenderung mengkonsumsi makanan asin atau manis.

Untuk itulah, perlu kandungan protein dari ikan, terutama salmon dan beberapa ikan yang mengandung omega-3. Kadar lemaknya aman dan dapat melindungi tubuh dari banyak penyakit, termasuk kanker prostat. Bagi mereka yang tidak suka ikan, mereka dapat mengkonsumsi kacang-kacangan dan telur.

Tomat

pic courtesy :eatwell101.com
Marinated Tomatoes – Full of summer flavors 
these healthy tomatoes are soaked up with olive oil, balsamic vinegar and fresh herbs.


Komoditas yang satu ini lebih mudah lagi kita temukan. Harganya pun sangat murah. Siapa yang menyangka bahwa komoditas ini sangat ampuh untuk mengurangi tumbuhnya prostate specific antigen (PSA) yang berpotensi dapat menyebabkan infeksi pada kelenjar prostat.

Selain baik untuk pencegahan kanker prostat, tomat juga sangat baik untuk proses penyembuhan. Tomat dapat dimakan secara langsung atau diolah sebagai jus. Tetapi ingat, kukus sejenak tomat untuk mendapatkan lycopene yang memberikan efek pengurangan sel kanker. Sebenarnya, lycopene juga terdapat pada semangka dan pepaya.

Paprika


Geffiillte Paprikaschoten 
courtesy : emmikochteinfach.de


Vitamin C yang ada pada sayuran berpotensi mengurangi segala macam kanker. Paprika mengandung banyak vitamin C terutama jika benar pengolahannya. Sayuran dengan kadar vitamin C tinggi lainnya adalah brokoli, kol, kubis.

Alpukat

Avocado toast with cream cheese, avocado, and Everything Bagel Seasoning.
 If you like Everything bagels, you will love this easy avocado toast
courtesy : twopeasandtheirpod.com


Alpukat sarat dengan beta-sitosterol, sterol nabati yang berpotensi mengurangi gejala yang berhubungan dengan BPH. Mereka yang mengkonsumsi suplemen beta-sitosterol di negara-negara maju mengklaim bahwa mereka tidak mengalami masalah dengan urin dan proses buang air kecil. Namun, tentu suplemen masih memiliki risiko bukan? Lebih baik mengkonsumsi bahan alami untuk asupan beta-sitosterol teraman.

Tahu

Teriyaki Tofu Balls
The tofu balls are made from firm tofu that has great crunch from infusesd vegetables and nuts
pic courtesy : woonheng.com


Tahu mengandung isoflavone yang sangat berfungsi mengurangi risiko kanker apapun. Namun demikian, tahu bukan satu-satunya bahan baku dengan isoflavone. Siapapun dapat mendapatkannya dari sumber makanan lain seperti susu kedelai, tempe, edamame, dan juga yoghurt kedelai.

Mari mulai hidup sehat serta bebas dari kanker prostat!

Banyak waktu untuk melakukan pencegahan, bahkan untuk mereka yang saat ini sudah berusia di atas 50 tahun. Tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai mengkonsumsi makanan sehat serta meningkatkan olahraga.

23 comments

  1. Hiks, ini penyakit yang paling ditakutkan oleh kaum pria yaa, menjaga asupan nutrisi mulai dari sekarang perbanyak makan serat, buah dan sayur. Truuss aku tergoda banget sma penampakan SAlmon itu looh sama Avocadoo, Mauuu Makneng!!

    ReplyDelete
  2. Salmon mihil ya Mbak Tanti. Ada teman yang nge-share kandungan gizi bandeng, ternyata tinggi Omega 3 juga. Btw kanker prostat ini memang jadi momok buat lelaki ya. Salah satu kuncinya ya di makanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi kan ini info dari luar negeri ya,
      jadi ya salmon, padahal bandeng juga sama kan ya Niar

      Delete
  3. Semoga kita semua sehat selalu ya...
    Jadi makin semangat menyajikan makanan sehat di rumah nih... Supaya para cowok kesayangan di rumah terhindar dari kanker prostat..

    ReplyDelete
  4. Kalau makanannya enak2 dan sehat begini aku mau banget nih mbak, Insyaallah kalau diolah secara menarik jadinya memang menambah nafsu untuk mengkonsumsinya secara rutin

    ReplyDelete
  5. Bapak mertua sempat sakit tapi alhamdulillah sehat lagi mbaa.
    Aku keinget beliau nggak terlalu suka sayuran yg beragam, agak milih. Nah jadi belajar lebih buat nyediain makanan sehat, lumayan susah emang deh cuma klo inget kudu biar sehat, jadi cemangat. Brokoliiii sukaaaa. Jajan dialokasikan ke buah-buahan selama pandemikk iniiii

    ReplyDelete
  6. Selain salmon dan paprika, bahan makanan lainnya cukup mudah diperoleh dan terjangkau ya mam. Memang harus pinter-pinter mengatur pola makan agar kita selalu sehat. Nampak sederhana, tapi nyatanya ngga setiap orang bisa.

    ReplyDelete
  7. sebenarnya semua makanan terbaik ini enak - enak yaaa mak ehehe.. aku senang semuaaa. Mulai dari all the green, salmon, paprika, tahu, alpukat dan semua itu. I can eat them all day

    ReplyDelete
  8. Bapak manajerku sempat kena nih, Mak Tanti. Mau ngeshare ini tapiiiii nanti aku dikira sotoy. Hmm..

    Tapi diperhatikan itu emang kayaknya makanan di atas itu penampakannya enak banget ya 😄

    ReplyDelete
  9. Tahuu...kesukaan anak-anakku.
    Tapi kak Tanti, perlu diperhatikan cara mengolahnya jugakah?
    Bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar kita, ternyata bagus sekali manfaatnya untuk mencegah kanker prostat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bener nih. Sepertinya memang ngga cuma memperhatikan bahan-bahan saja ya, tapi cara pengolahan juga penting. Makanan yang dibakar kalau keseringan di makan bisa jadi pemicu kanker juga.

      Delete
  10. Uh! Segar-segar sekali dan mantap foto makanannya.
    Semua makanan di atas sangat baik untuk semua orang dan memang seharusnya jadi penunjang nutrisi. Yang punya masalah kesehatan dan butuh lebih banyak porsi seperti penderita kanker prostat bisa mengkonsumsi lebih banyak.

    ReplyDelete
  11. wua menu menunya enak enak semua, dan ini rata-rata makanannya ada di sekitar kita ya mbk. Nggak sulit buat nyarinya gitu. TErnyata gejala kanker prostat susah buang air kecil, kayak gejala ISK ya mbk

    ReplyDelete
  12. Saya baru tau, ternyata tahu dan paprika bsa jadi sumber gizi yang baik ntuk mencegah kanker prostat. Noted nih ilmunya kak

    ReplyDelete
  13. Tahu juga ternyata bisa mencegah kanker prostat ya mak. Dan semua makanan di atas kesukaan semua, apalagi alupkat. Suka banget

    ReplyDelete
  14. Kalau makanannya sih udah setiap hari dikonsumsi ya mbak, apalagi tahu nih haha.. cumaa.. cuma nih, olahraga yang perlu dikoreksi, soalnya hampir nggak pernah huhuh..

    ReplyDelete
  15. bagus nih ulsannya mak, saya infokan deh buat suai dan juga bisa jadi bahan menu juga, yang jarang itu makan paprika

    ReplyDelete
  16. Bahan makanan murah dan mudah diperoleh semua ini ya, bahkan beberapa sayuran dan tomat bisa ditanam sendiri.

    ReplyDelete
  17. Kalau ga salah kita punya ikan kembung yg lebih original Indonesia :) nutrisinya juga ga kalah dengan salmon.

    Waah iya ya, baru tau moringa mahal di luar negeri. Berarti di sana ga ada yaa

    Suka liat makanan warna warni gini, makin semangat mau makan

    ReplyDelete
  18. Wah, suamiku tidak suka makan ikan salmon deh. Mungkin bisa diganti dengan ikan bandeng kali yaah. Pernah baca kalau ikan bandeng tuh banyak juga mengandung Omega 3. Nah kalau ikan bandeng sudah pasti disukai suami.

    ReplyDelete
  19. Masyaallah kalau bahan makanannya di Indonesia sendiri aman ya banyak dan berlimpah. Selain ikan salmon tentu bisa diganti sumber protein hewani lainnya ya Mak. Hal terpenting gizinya tercukupi. Gak kebanyakan makan camilan manis dan gurih.

    ReplyDelete
  20. Kuncinya memang hidup sehat ya mba.. bahan makan di Indonesia begitu melimpah dan sehat2. Kesadaran dari kita pribadi memang yang perlu dipertanyakan

    ReplyDelete

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)