SANTIKA GARUT, HONEYMOON DI HALIMUN


Kenapa Garut? 

Jika pertanyaan diajukan kepadaku, tentu saja karena kali ini aku akan hadir di acara spesial. Salah seorang keponakan, akan mengadakan kunjungan balik setelah prosesi lamarannya.

Sebenarnya kami akan menuju sebuah desa yang letaknya dekat Gunung payung, Sukanagara, nun jauh masuk ke Tasikmalaya. 

Karena keluarga besar berada di Jabodetabek, sedangkan ortu calon pengantin wanita berada di Purwokerto, maka disepakati kami akan bertemu  dan menginap di Garut. 

Lokasi Garut dianggap ideal karena tidak terlalu jauh dari Jakarta dan Tasikmalaya. Berangkat dari Tangerang sekitar pukul 07.00 bbwi, kami tiba di Bandung persis sebelum adzan sholat Jumat. Para bapack bergegas menuju ke sebuah masjid, sedangkan aku dan beberapa saudara ipar serta seorang keponakan menunggu di resto. 

Sedikit cerita, resto Pesona Kampung Sunda ini unique!


Resto Pesona Kampung Sunda  mengusung konsep pedesaan, 
dan sistemnya disini prasmanan yaa. Jadi kita tuh diajak seolah-olah kayak ke dapurnya gitu, lengkap dengan nini-nini geulis depan tempat cobek sambalnya!

Mula-mula kita harus ambil nasi dulu (ada pilihan nasi putih, nasi liwet, nasi merah), lanjut pilih menu sayur-sayuran dan tumis-tumisan di sebelah si nini yang 'live streaming' nyambel dadak. Iya live! Bahkan kita bisa liat dia ngulek. Tiap sambelnya abis, dia langsung akan ngulek lagi!

Lanjut abis pilih sayur, pilih lauk. Oh ya, ingat yaa untuk lauk berupa sayuran dan tumisan dihitung per-porsi, jadi ambilnya ya dikira-kira aja, jangan kayak aku, ngambil sesendok, karena kupikir ambilnya kan harus dihabiskan!

Tips : satu orang ambil satu menu, nanti di-share di meja, okeh!

Pilihan lauknya banyakkk. Ambil di nampan dan minta digoreng lagi. Aku pilih tahu, jagung bakwan dan ayam bakar. Terus jangan lupa minumnya bisa milih mulai dari lemon haneut sampe es goyobod!













Udah kayak yang punya resto belum, LOL :)



Santika Garut, Lokasi dan View Cantik Pegunungan Papandayan

Usai jajan cantik (lanjut ke yogurt Cisangkuy, tentunya) maka kami melanjutkan perjalanan bersama Hi Ace bertulisan Marpaung Fam's!

Lokasi Hotel Santika yang berada di Jl. Cipanas Baru, Desa Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut Jawa Barat Kode Pos 44151. 

Karena rombongan bertolak dari arah Bandung menuju Garut (jika dari Bandara Husein Sastranegara 70 km), tentunya mudah sekali dalam menemukan lokasi Hotel Santika di Garut. Memiliki akses utama berupa jalur utama lintas provinsi dan akses transportasi umum dari dan menuju ke Terminal Garut (4.9 Km), Stasiun Kereta Api Garut (5.8 Km) dan Alun-alun Garut Kota (6.1 Km).

Santika Hotel Garut ini terhitung baru. Grand opening dan langsung beroperasi di bulan Agustus 2018, memiliki 102 Kamar terdiri dari tipe Superior, Deluxe, Family, Suite, dan Santika Suite.

Rate Harga 

Nah untuk harga, bisik-bisik tetangga mengatakan; Hotel Santika Garut yang  bintang tiga ini, selama promo sampai December  2022 adalah sekitar 600 ribu – sampai 1,5 juta. Yang memesan adalah adik iparku neng Rani, dan kamar di-booked jauh-jauh hari karena .. tepat! Ini liburan season dan banyak yang membawa keluarga liburan ke sini!

Aku beruntung mendapat view pegunungan dengan tipe kamar single bed deluxe (Room #122). Kalian bisa request ya kalau mau dapat view pegunungan, karena berasa honeymoon vibes (^_^) 

Dan... kami tiba di hotel sekitar pukul 16.00 ketika halimun (kabut) mulai turun melintas di kaki pegunungan! Ah, cantiknyaaa... can you imagine why I choose this title?

Menurut aku pribadi, sih view pegunungan lebih bagus dari view pool. Semua tipe kamar tersebut dilengkapi dengan shower tapi jika mau bathtub bisa pesan yang tipe suite. Anyway, room rate suite disini juga harganya masih reasonable.

Hotel ini hanya terdiri dari 3 lantai dengan bangunan lumayan luas, modern dan elegan. Semua staff ramah, dan helpful

Oya masukan sedikit, 

saat aku menginap, electric water jug tutupnya tidak berfungsi dengan baik, jadi ya agak sedikit dicongkel ketika mau dibuka. Dan jalan masuk ke arah kamar di lantai 1 dari lobi, harus melewati undakan! Which is akan menyulitkan jika kamu bawa koper beroda, atau untuk manula yang membawa hand bag. Semoga bisa diberi jembatan sedikit, karena kok ya tanggung amat .. pas di pintu masuk lorong!


Oh ya, kedalaman kolam renang hanya 0,60 meter untuk kolam anak dan 1.2 meter untuk kolam dewasa. Airnya hangat cenderung panas karena belerang, namun untunglah tidak berbau belerang sama sekali. Jadi untuk anak-anak, harus "diperkenalkan" dulu, celup-celup dikit.

Yang paling menyenangkan, di samping pool dengan latar belakang pegunungan ini, tersedia mesin pembuat es krim dan ada bakso! Jadi kalau bawa anak-anak dijamin hepi!




Terima kasih untuk staff hospitality dari Santika Garut semoga ke depan semakin baik ya!

Hotel Santika Garut
Jl. Raya Cipanas Baru, Tarogong Kaler, Garut 44151, Jawa Barat, Indonesia
+62-262-280 5990
garut@santika.com

21 komentar

  1. Waaaa mupengg staycation d sana jugaaaa

    Santika nihh d mana aja selalu cihuyy.

    Yg jelas, menu2nya endeuss pol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa staycation yuuuk!

      menunya yang enak lebih ke western ya? kalo yang lokal aku ga suka :(

      Hapus
  2. Berkah dan sehat selalu mba sayaang

    BalasHapus
  3. Mantap ini booking hotelnyaaa. Suasana staycation nyaman di Santika Garut bersama keluarga yang banyaaaaak. Pasti berkesan sekali ya mbak Tanti :D Itu lantai dasar kolam renangnya kelihatan banget, kotak2 biru, cakep deh. Makin semangat berenangnya. Makanan yang disajikan juga melimpah dan kelihatan nikmat yach.

    BalasHapus
  4. Wahh ini mah recommeded banget apalagi viewnya Gunung Papandaya. Asli berasa honeymoon banget dong. Ratenya juga masih aman di kantong lah kalo bisa dapet viewnya. Pengen buru2 nyemplung kolam juga hehe.

    BalasHapus
  5. Hotel Santika terkenal memuaskan fasilitas dan pelayanannya, tapi mungkin di tempat-tempat tertentu seperti di Garut ini pengalaman yang didapat bisa lebih istimewa karena suasana dan pemandangan yang didapat beda dari yang lain. Aku pun terpesona liat view dari kamarnya. Bagus banget dikasih nomor kamarnya ama Mbak Tanti, jadi bisa dicatat siapa tahu suatu waktu mampir ke sana, bisa pesan kamar yang sama. Info lainnya komplit, terima kasih sudah berbagi mbak Tanti :)

    BalasHapus
  6. mbaa aku nih ya udah lama merencanakan ke Garut buat menikmati berbagai wisata yang menarik di sana, tapi ya selalu belum kesampaian

    BalasHapus
  7. Aduh MakNeng, seru banget ini bisa nginep di Garut. Di hotel asyik nan adem. Jadi sekalian honeymoon ya. Hehehe. Btw, makanannya bikin ngiler. Bikin kepengen segera makan siang deh. Huhu kangen juga ih main ke Garut.

    BalasHapus
  8. Uwaaa tempatnya asik banget mbak, mana makanannya prasmanan ya jadi bisa pilih sesuka hati. Ya berasa di rumah nenek ya hahaha. Seru banget buat kumpul keluarga ya

    BalasHapus
  9. View-nya itu lho bikin mupeng meskipun untuk ke Garut butuh effort dan alasan spesial juga hehehe, tapi kadang lelah selama diperjalanan terbayar saat sudah sampai di lokasi dan melihat pemandangan seperti di Santika Garut ini, memang cocok buat honeymoon, berdoa dulu ah siapa tahu dapat kesempatan staycation di Santika Garut. Makasih Mak Neng referensi hotelnya.

    BalasHapus
  10. Wah asyik banget kalau view hotelnya bisa lihat gunung Halimun :D
    Ahahaha asyik banget pas makan bisa liat orang bikin sambel live :D Mana lauknya boleh minta diangetin lagi ya biar puas.
    Aku belum pernah ke Garut nih, pengen ke sana ah kapan2, denger2 juga udah enak karena ada kereta. Santika ini bisa menjadi pilihan penginapan TFS :D

    BalasHapus
  11. Ini baru perjalanan awal, belum pernikahan dan lainnya ya. Bakalan ada banyak cerita lainnya lagi dong nih. Ditunggu Mak Neng, suka dengan cerita perjalanan yang mengalir begini...

    BalasHapus
  12. Aku senang banget view pegunungan begini ya ampun berasa bener honeymoon vibesnya. Apalagi habis makan sambel dadakan tuh ya, langsung menikmati kamar Santika Garut cocoknyaaa

    BalasHapus
  13. hotelnya cakep banget, mbak. memang cocok nih buat pengantin baru. apalagi di bandung kan suhunya juga dingin yaa

    BalasHapus
  14. Cantik dan nyaman berlibur di Hotel Santika Garut.
    Dengan semua fasilitas dan pelayanan yang terbaik, bisa jadi healing.
    hehhee...hilang-hiling dulu kuuyy~

    BalasHapus
  15. Wah, ini mah asyik kalau Staycation di sini. Udah view cakep, anak-anak pasti juga bakalan seneng. Dan jujur ya Mak,aku suka dengan view pegunungan gini.

    BalasHapus
  16. Seru banget sih itu makannya, ngambilnya berasa lagi ngambil makanan di dapur sendiri.. Hhahaha. Di Mataram sini juga ada hotel Santika, tapi sayangnya konsepnya hotel bisnis. Letaknya di tengah Kota Mataram, desain hotelnya pun ya emang bukan konsep hotel wisata.

    BalasHapus
  17. Enak banget ya menginap di sini Makneng, soalnya pemandangannya cantik, pegunungan indah gitu jadi beneran refreshing ya kalau staycation di sana, fasilitasnya juga lengkap..

    BalasHapus
  18. Ngiler sama makanannya terutama sambalnya...enak banget pasti, porsinya juga sesuai kita karena ambil srndiri..mantaplah

    BalasHapus
  19. Cakep banget deh mba... Jadi pengen liburan ke Garut. Sebelum merambah Eropa #tsah rasanya pengen banget deh ke kota-kota di Indonesia dulu. Garut bisa jadi pilihan, apalagi ada Hotel Santika Garut, liburan makin nyaman.

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)