Kolaborasi JFC dan Esmod Jakarta Fashion Festival 2014!

JEMBER FASHION CARNIVAL, Buah karya anak-anak Jember!

Carnival atau karnaval... Yup! Ketika terlintas kata karnaval, aku membayangkan pesta besar, parade atau pawai dengan banyak penonton. Dengan baju berwarna-warni, mobil hias dan tarian heboh! Begitu pula Jember Fashion Carnaval. Aku mengakui bahwa salah satu karnaval paling megah dan terbesar di Indonesia, adalah Jember Fashion Carnaval (JFC) 2014.

SEJARAHNYA...
Dulu, karnaval ini hanya pekan mode sederhana. Diadakan di alun-alun Kota Jember untuk memeriahkan HUT Kota Jember! Muncullah gagasan dari Dynand Fariz seorang disainer sekaligus pendidik di bidang fashion yang bermukim di Jember untuk mengubah pekan mode ini menjadi sebuah karnaval besar. Sekarang kita mengenal festival ini sebagai Jember Fashion Carnaval


THE BIGGEST #4th CARNIVAL IN THE WORLD, BEIB!
Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2003 lalu, Jember Fashion Carnival terus mendapat sorotan dari media internasional di setiap perhelatannya. Bagaimana tidak, karnaval ini merupakan yang terbesar nomor empat di dunia setelah Mardi Grass di New Orleans di Amerika Serikat, Rio De Janeiro Carnaval di Brazil, dan Fastnatch Koln di Jerman. Wuiih .. mantap, kan? Gimana enggak, orientasi pada trend fashion dunia dengan dibalut pesona budaya Indonesia, membuat pelaksanaan JFC setiap tahunnya berjalan sukses.

Tahun ini, JFC mengadakan acara di beberapa tempat sekaligus, salah satunya di ....
PERFORMING ART Jember Fashion Carnaval 2014 @ ESMOD & Stars Lippo Mall KEMANG
Dibuka dengan press conference di Cafe Classified -yang pizzanya enak itu, belum apa-apa sudah terlihat semaraknya acara ini. Beberapa peserta JFC menunjukkan busana karnaval yang mereka kenakan. Dengan desain dan tata rias yang diberikan oleh team PAC Marthaa Tilaar, semua terlihat heboooh...
Eksis dan narsis itu perlu..
2014 mengangkat tema “Triangle” dan tetap menggunakan konsep 4 E yaitu Education, Entertaiment, Exhibition dan Economy Benefit. Untuk peserta akan mendapat in house training fashion design, fashion run way, dance, presenter, singer, make up, dan hair style tanpa dipungut biaya.
salah satu peserta JFC dengan wardrobe yang dikenakan
Beberapa isi dari goody bag, ada pashmina - dompet kartu nama dan sendal batik yang keren..
Proses persiapan menuju perhelatan spektakuler ini kurang lebih memakan waktu satu tahun. Peserta JFC berasal dari berbagai kalangan dan usia dari seluruh Nusantara, mereka umumnya adalah seniman, desainer, pemerhati fashion dunia, pecinta fashion, model, hingga pelajar.

ON STAGE.. 
Selain 2 buah stage untuk fashion runway, ada talkshow yang mengundang Irwansyah dan Zaskia Sungkar beserta Sophie Paris.
Setelah press conference usai, digelar fashion show di runway lobby area. Mengangkat tema Friction Bridges, menampilkan garis lengkung halus ibarat tapak tangan manusia, diusung oleh desainer Albert Yanuar
Terinspirasi dari kondisi mental disorder yang absurd adalah desainer Sisca Tjong dengan tema Insanity. Detail cutting abstrak dan tegas. 


Kegelapan namun dengan siluet romantis dan elegan ditampilkan desainer Eri Dani dengan tema Unspoken Lithany.

Desain hijab dari Ria Miranda dengan tema Haru. So sweet, dan bermain dalam warna pastel, ia menonjolkan pattern fabric siluet bunga sakura khas Jepang.

Nude, gold, broken white identik dengan wedding gown. Itulah yang ingin ditampilkan desainer Lubna Ibrahim. Sentuhan daun, ranting berguguran yang detail ia tuangkan dalam koleksinya bak putri raja. Tema yang ia pilih adalah Autumn Fairy Tale.




Sang desainer
Khanaan Shamlan mempopulerkan gaya retro back to 50's dengan tema Classic Chic.






TEMA BESAR JFC
JFC dalam event ini akan menampilkan JFC Percussion and talent dengan kostum unik dan spektakuler dengan tema Triangle - Dynamic in Harmony. 
Courtesy VSphotoworks.blogspot.com
Selain sub tema yang sudah ditentukan, peserta juga bisa menampilkan hasil karya imajinatif mereka berupa busana dari suatu negara, kelompok tertentu, film, kejadian atau peristiwa, animasi dan lain-lain. Semua busana yang dihadirkan dalam JFC tentunya akan dikompetisikan untuk meraih penghargaan untuk kategori JFC Award, Special Award, Best Performance, Best Costume, Unique Costume, dan Other Costume.
Courtesy of VSphotoworks.blogspot.com
Peserta JFC akan menampilkan 10 (sepuluh) defile dengan berbagai tema yang telah ditentukan oleh penyelenggara JFC. Kesepuluh tema tersebut adalah:
  1. Mahabharata
  2. Borobudur (Archipelago Defile)
  3. Tabora (Sumba Mountain)
  4. Phoenix (Firebird & Fantasy)
  5. Wild Deer (Unique Thorn)
  6. Stalagmite (Unique Nature Ice Phenomenon)
  7. Flying Kite (Colorful Kite Festival)
  8. Apache (Exotic Ethnic Indian Tribe Tents)
  9. Pine Forest (Wonderful Tree Texture)
  10. Chemistry (Atractive Color and Dance Party)
Untuk informasi lebih lengkap silakan kunjungi website resmi JFC di laman berikut. www.jemberfashioncarnaval.com

15 komentar

  1. wih ternyata, yg jember itu emang keren banget ya mak karyanya, saluttt :)

    BalasHapus
  2. Duh, mata gak kedip mak Dame... subhanallaah...

    BalasHapus
  3. berarti terbesar di indonesia yah... asik ih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Eh,sekarang ada lagi karnaval bunga di Menado, loh.. nanti kapan2 aku ikutan *lirik sponsor

      Hapus
  4. pingin liat dan jepret-jepret..hehehe
    saya salut banget deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas makasih ya untuk info yang di Jember

      Hapus
  5. :( ga ngerti fashion ane mh

    BalasHapus
  6. Meski saya nggak uodate soal fashion,tapi saya sukaaaaaaaaaaa liat orang yg jalan di atas catwalk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mbak, soalnya kok ya bisa peragawati itu pada kinyis-kinyis gitu yaa...

      Hapus
  7. keren, ada akunya. hihihi.. jadi kmrn itu sampe malam ya? karena pas press conf itu cuma 4 orang aja yg nampilin busana carnival.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak, buanyaaaak banget! Inspiratif! Amazing! Awesome!

      Hapus
  8. really wanna see it by myself one day ...mantaaap nih Jember :D..

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)