LUKISAN YANG DIANGGAP RONGSOKAN INI, TERJUAL 150 MILIAR!

Lukisan yang sempat dianggap sebagai rongsokan,
terjual sebesar 150 miliar rupiah

    Walau masih dianggap sebelah mata,  ternyata ada 7 rekor lukisan termahal yang pernah terjual buatan Maestro Indonesia, kawan!

Yuk kita list di sini, mulai dari lukisan dengan harga ke-7 termahal hingga the highest price-nya ya.

1. Lukisan ke 7 Termahal 

Borobudur dan Matahari, by Affandi


    Lukisan termahal ini dibuat pada tahun 1984 dan terjual pada Oktober 2016 di Balai Lelang Shotebys di Hongkong dengan harga 1,26 juta dolar atau sama dengan 13,4 miliar rupiah.

    Yang menarik dari karya ini, karena salah satu karya yang besar ukurannya, dan ada dua objek ikonik di dalamnya. Yang pertama adalah Borobudur yang kedua adalah matahari! 

    Matahari ini adalah salah satu objek yang paling berpengaruh buat Pak Affandi, semacam iconic-nya beliau. Ini adalah salah satu rahasia Affandi, yaitu matahari adalah lambang dari energi, yang dibutuhkan tiap hari karena Pak Affandi adalah seorang seniman. Di gambar ini, ada gambar matahari tangan dan kaki. Matahari adalah energi - tangan digunakan untuk melukis- dan kaki untuk bergerak.

2. Lukisan ke 6 Termahal 


Women Around the Lotus Pond


    Lukisan termahal ke 6 ini dibikin pada tahun 1950 - 1951 dan terjual pada tanggal 30 Mei 2016 di Balai Lelang Christy Hongkong dengan harga 3,91 juta dolar atau sebesar 53,48 miliar rupiah.

    Le Mayeur seorang seniman asal Belgium yang menetap di Bali dan beliau itu terkenal dengan karya-karyanya yang sangat rare (langka). Lukisan yang satu ini, beda banget sama lukisan lainnya, karena ada banyak banget objek wanitanya, biasanya hanya ada satu atau dua wanita.

    Modelnya adalah Nyi Polok, istri dari Le Mayeur yang digambarkan dengan kecantikan elegan. Nyi Polok selama hidupnya tak pernah punya anak, gara-gara Le Mayeur tidak mau Nyi Polok hamil, karena takut kecantikan dan keelokan tubuhnya berkurang! 

    Selain objek wanita, di lukisan ini yang spesial juga adalah tempatnya, yaitu pohon dan danau yang ada di dalam rumah. Ini adalah rumah yang sekarang jadi museumnya Le Mayeur, jadi bisa terlihat banget dari detailnya.  

3. Lukisan Termahal ke 5 


A View From the Height

    Agak gemes gak sih, karena seniman yang mengerjakan lukisan termahal dengan view Bali ini, masih orang luar negeri juga?

    Yaa... Walter Spies datang ke Indonesia pada tahun 1923, saat masih bernama Hindia Belanda. Konon, beliau adalah salah satu yang melahirkan tari seni KECAK bersama seniman wayang lokal.

    Lukisan termahal ini, dianggap sebagai transisi antara gaya Eropa dan eksotisme budaya Asia Tenggara. Dan, kenapa mahal? Karena ... tragis sekali nasibnya, Walter Spies ini mati muda dengan banyak lukisannya hancur berantakan!  Kapal yang ditumpangi Walter ditembak dengan roket luncur oleh tentara Jepang. Rumornya, 10 lukisan karya Walter Spies sisa 10 di dunia, itu sebabnya karya Walter Spies jadi sangat mahal.

4. Lukisan Termahal ke 4 

Ali Sadikin Pada Masa Kemerdekaan
Hendra Gunawan

    Lukisan termahal ini dibuat pada tahun 1978 dan terjual pada tanggal 5 Oktober 2014 di Balai Lelang Sothebys Hongkong dengan harga 4,29 juta dolar atau sekitar 52,19 miliar rupiah!

    Lukisan ini tentu saja punya story yang mendalam banget, karena di lukisan ini digambarin tindakan Pak Ali Sadikin selama menjabat. Memang, bapak gubernur yang satu ini, sangat spesial kok!

    Tahu nggak sih, Pak Hendra Gunawan ini pernah masuk penjara selama 13 tahun pada masa Orde Baru? Saat itu, yang men-support beliau dalam bentuk kanvas ataupun finansial adalah Pak Ali Sadikin. Makanya,  lukisan ini emang didedikasikan buat Pak Ali Sadikin itu sendiri. Lantas, apa keistimewaannya sehingga dihargai sangat mahal?

    Secara visual dari lukisan termahal ini, bisa dilihat sendiri Ali Sadikin sang Gubernur legendaris digambarkan lagi duduk gagah di atas motor Harley-nya dan dikelilingi oleh para tentara yang sedang membawa senjata. Lebih kerennya lagi digambarkan Jenderal Gatot Subroto di sebelah Pak Ali, dan di lukisan ini ada Pak Hendra Gunawan di dalamnya. Posisinya ditaruh di bawah Pak Ali Sadikin. Ini adalah sebuah simbol penghormatan buat sang gubernur yang digambarkan dengan jenggot, rambut yang panjang dan di depannya  ada dua wanita membawa senjata tapi merokok dengan santai!

Hmmm... apa kata kunci dari karya termahal? Aku pernah bahas di beberapa tulisanku dulu ya... antara lain :


APA YANG BISA MEMBUAT SEBUAH LUKISAN MENJADI MAHAL?

BAGAIMANA SIH, CARA MENILAI SEBUAH KARYA SENI?


Yes, salah satu keyword-nya adalah : abstrak.

Karena abstrak membuat karya ini tak ternilai. Tak ada yang bisa membuatnya sama serupa, dan goresannya tak ada duanya. Selain itu, interpretasi orang terhadap gambar di dalamnya pun, berbeda-beda, sesuai dengan suasana hatinya saat itu!

Nah... bingung kan? Coba tanya para kurator seni ya!

    Eh tapi khususon pak Hendra, beliau memang dikenal sebagai seorang Seniman yang membuat karya wanita dengan elegan, dan lukisannya yang lain pun sangat berharga. Menjadi incaran para kolektor! 

    Contoh karya pak Hendra yang berjudul Mandi di Pancuran yang terjual sebesar 18 juta dolar di Balai Lelang Shotebys Hongkong.


Lukisan Pandawa Dadu sebesar 3,39 juta Dollar terjual pada bulan April 2015 



4. Lukisan Termahal ke 3  

Lukisan Bali Life karya Lee Man Fong ini ternyata ada dua yang dilukis dalam kurun waktu berjauhan. Yang satu ini, dibuat pada tahun 1967.


Dan yang di bawah ini adalah karya Lee Man Fong di tahun 1974. 


Kedua karya ini terjual dengan harga yang fantastis. Bali Life tahun 1974 terjual pada tanggal 24 November 2013 di Balai Lelang Christie Hongkong sebesar 33 juta dolar Hongkong atau sekitar 50,92 miliar rupiah. Bali Life tahun 1962 terjual di hari yang sama sebesar 54,30 miliar rupiah!

Bayangin, dalam sehari lukisan beliau terjual lebih dari 100 miliar rupiah! Lukisan ini sempat menjadi rekor termahal di Indonesia dan di Asia Tenggara.

Eh tapi kalian kenal nggak sih sama Lee Man Fong? Beliau itu adalah seorang seniman dari Guang Zhou Chinese,  yang tadinya bermukim di Singapura dan kemudian tinggal di Indonesia. Ia adalah salah satu seniman istana favoritnya Bung Karno, bahkan sampai diberi anugerah warga negara Indonesia sama presiden pertama kita. Lee Man Fong adalah orang yang membuat buku berjudul Lukisan dan Patung koleksi Soekarno - yang berjumlah 5 volume.

Apa cuma itu karya beliau yang berharga mahal? Tidak.

Salah satu lukisan termahalnya, adalah lukisan yang berjudul 15 ikan emas yang terjual di Balai Lelang Christy Hongkong sebesar 16 miliar rupiah.

Salah satu mahakarya lainnya (menurutku) adalah lukisan yang berjudul margasatwa dan Puspita Indonesia, dengan diameter  4 meter x 10,85 meter 

Karya ini terdiri dari tiga panel dan tiap panelnya itu berbeda-beda, di mana sisi kirinya itu menggambarkan binatang domestik, sisi tengahnya menggambarkan binatang air, dan sisi kanannya menggambarkan binatang liar. Ini adalah satu mahakarya yang dibuat selama 1 tahun dan kita masih bisa melihat karya ini langsung di hotel Kempinski (Hotel Indonesia dulunya).



6. Lukisan ke 2 Termahal 

Pasukan Kita yang Dipimpin Pangeran Diponegoro,
oil on canvas, 100 x 199,5 cm, 1979

    "Pasukan Kita yang Dipimpin oleh Pangeran Diponegoro" by S. Sudjojono ini dibuat pada tahun 1979 dan terjual pada bulan April 2014 di Balai Lelang Sothebys Hongkong dengan harga US $ 7,53 juta atau sebesar 100 miliar rupiah!

    Karya Sudjojono terkenal karena menggambarkan kondisi masyarakat atau politik pada masa itu dengan gaya yang dramatis, menggambarkan reality sosial di masa itu buat membakar jiwa-jiwa rakyat Indonesia.

7. Lukisan Termahal Pelukis Indonesia


    Rasanya sih, hampir seluruh rakyat Indonesia tahu siapa itu Raden Saleh . Ia adalah pelukis terkenal dengan gaya naturalis dan romantisme (aliran seni yang menonjolkan emosi), dan ini adalah karya termahal yang Indonesia miliki : Perburuan Banteng. 

    Karya yang dibuat oleh Raden Saleh pada tahun 1855 ini menggambarkan perburuan banteng, yang dimiliki oleh seorang pedagang kopi dan gula dari Prancis dan karya ini turun-temurun dikoleksi oleh keluarga.

     Sampai suatu saat, karya ini sudah dianggap hilang hingga pada tahun 2017 seseorang dari Perancis ingin menjual rumah, dan dia menemukan lukisan di gudang. Awalnya,  beliau menganggap lukisan ini tidak ada harganya, untunglah ia membawa lukisan ini ke ahli atau kurator seni, dan saat para ahli melihatnya, ternyata ini adalah harta karun yang sudah lama hilang! 

    Pada 2018 di satu Balai Lelang di Paris karya ini terjual sebesar 150 miliar rupiah dan yang bikin kerennya lagi, rumornya karya ini dibeli oleh salah satu kolektor dari Indonesia!

    Wondering apa yang bikin karya ini sampai seharga 150 miliar rupiah ?

Sebetulnya ada beberapa hal menarik di dalamnya. Yuk kita bahas! 

1. Karya sangat keren ini adalah salah satu dari empat lukisan series perburuan banteng. Dua diantaranya dimiliki oleh Istana Negara dan kalau kita sadar, ini adalah self portrait dari Raden Saleh sendiri! 

2. Raden Saleh adalah seorang seniman dengan aliran romantisme dan simbolik. Raden Saleh menggambarkan lukisan ini sebagai simbol kerasnya perjuangan manusia untuk bertahan hidup.

3. Karya-karya lukisan dari Raden Saleh menyindir sifat nafsu dari manusia yang terus mengganggu kehidupan makhluk lain seperti berburu banteng, rusa, singa, dan sebagainya. Dalam membuat sebuah karya, ia tidak segan-segan untuk mengembara ke berbagai tempat agar ia dapat menghayati unsur-unsur dramatis yang ia butuhkan.

Pengamatannya tersebut membuahkan sejumlah lukisan perkelahian satwa buas dalam bentuk pigura­-pigura besar.


3. Karya-karya beliau yang indah memang dihargai sangat tinggi karena ia adalah orang pertama yang mengenalkan seni modern di Indonesia. Saat itu, lukisan di Indonesia kan belum seperti ini. 

Skill yang dimiliki oleh Raden Saleh, antara lain karena beliau memang pernah tinggal dan belajar di Eropa. Guru melukisnya adalah A.A.J. Payen, seorang berbangsaan Belgia. Dia tinggal di Duesseldorf, Berlin hingga Dresden. Selama di Dresden, dia tinggal di rumah bangsawan Serre. Setelah itu, Raden Saleh sempat berkelana ke Austria dan Italia.

Peninggalan pribadi Raden Saleh pada bangsa Indonesia, tak lain tak bukan adalah Taman Ismail Marzuki. Itu adalah wakaf dari sebagian tanah pekarangan miliknya!



    Lukisan yang berjudul penangkapan Diponegoro, bahkan adalah salah satu lukisan pertama yang menggambarkan historical moment atau kejadian bersejarah di Asia Tenggara. 

Nah itu dia karya-karya para pelukis Indonesia yang berharga, bahkan saking mahalnya bisa dianggap sebagai harta karun dunia. Dari semua itu, mana yang jadi favoritmu?

Masih menganggap seniman dan pelukis adalah profesi ecek-ecek?

27 komentar

  1. Tapi kalau aku sebagai penikmat gambar, entah kenapa aku lebih suka yang kelima itu mak. Tapi yang punya Raden Saleh ini juga bagus banget, seperti hidup memang lukisannya beliau ini. Fantastis juga ya harga jualnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya "mata" kita beda kali yah sama mata orang penikmat dan penilai karya seni, aku pun masih gagal paham kadang...

      Hapus
  2. TAKJUB!!! wow, luar biasa untuk karya anak bangsa. Walaupun aku tidak terlalu paham karya seni lukis dalam penilaian. Namun aku selalu kagum. Dalam banget ya maknanya dalam setiap goresan mereka mak Tanti. Aku suka banget dengan karya Pandawa Dadu, eksotis tetapi bermakna

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiiih emang beda ya kalo seleranya mahal ... keren Dennise

      Hapus
  3. Wah banyak juga pelukis yang mengambil latar Bali, bahkan lukisannya terjual hingga milyaran kepada para pecinta seni, meskipun bukan penyuka lukisan tapi setiap kali memandang lukisan yang dipajang entah di restoran atau hotel, kayaknya ada nyess di hati seperti ada koneksi yang membuat kita terpaku dan mereka apa sih yang ingin digambarkan pelukisnya melalui karya seninya, usaha untuk memahami inilah yang bikin adrenalin penasaran kita terpicu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujurly, pelukis pelukis di Bali itu karyanya yang malah menurut aku bagus hahhaha... entahlah... apa seleraku aja yang masih mentah

      Hapus
  4. wah bali terkenal dan dikagumi dunia sejak zaman dulu rupanya ya, sampai2 berbagai lukisan tentang kehidupan dan keindahan bali yang dituangkan melalui kanvas ini juga dinilai sangat tinggi di kalangan pecinta seni. Lukisan Raden Saleh, kelihatan real banget yaa smpai ke hati... pantesan harganya juga ehem bangeet

    BalasHapus
  5. Kagum banget sama lukisan-lukisan sang maestro.
    MashaAllaa~
    Paling kagum sama lukisan Walter Spies. Karena terlihat sangat realis.
    Lukisan termahal Raden Saleh juga keren banget. Tapi kaya kudu diterjemahin sama kak Tanti dulu, baru aku paham maknanya. Nuhun, kak Tanti.

    Kadang becandanya "Jangan-jangan, lukisan di rumah tuh kalo dibawa ke kurator harganya milyaran yaa.."
    Hehhe... di rumahku ada lukisan kembang-kembang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qiqiqiiqii dont ask me Leeeen, aku pun seleranya terbatas, sumpah!

      Hapus
  6. Langsung terpukau dengan lukisan karya Lee Man Fong. Bukan berarti karya yang lain gak bagus. Semuanya justru sangat bagus. Hanya yg karya Mr Lee ini saya seolah melihat foto lama... Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah ini dia salah satu orang yang seleranya eksklusif! Menjura sama teh Okti

      Hapus
  7. Pantas mahal ya Mak, lukisan2 ini bener bener terkesan hidup, tiga dimensi dan padu padan warna2 nya terkesan hidup. Pasti pakai cat kualitas tinggi dan juga pakai racikan yg membuat kesannya jadi bright. Bagus banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener Nit, salah satu yang membuat karya itu eksklusif adalah karena elemen elemen yang mereka gunakan, eeeh boleh juga nih aku angkat jadi tulisan, "Kenapa elemen di lukisan kuno mahal?"

      Hapus
  8. Hanya orang-orang berjiwa seni dan menghargai karya seni yang bisa memaklumi kenapa sebuah lukisan bisa terjual hingga milyaran rupiah. Dan itu tak ada dalam jiwa saya.
    Ternyata beberapa lukisan termahal, dengan setting Indonesia (Bali) dihasilkan oleh pelukis yang berasal dari luar negeri

    BalasHapus
  9. Setiap jiwa seni akan melahirkan karya yang luar biasa. Agar karya itu bernilai, memang harus ke tempat yang menghargai itu.

    Mantap banget sih, lukisan bisa bernilai ratusan miliar.

    BalasHapus
  10. Keren-karen banget karyanya, harganya sangat fantastis dan memang nilai abstrak nya itu sih yg ngga bisa ada duanya. Kalau liat lukisan Raden Saleh itu sih keren bgt, secara sampai dibuat film di Indonesia

    BalasHapus
  11. Aku suka aja lihat lukisan, tapi emang gak paham sih gimana nilai yang mahal itu. Mungkin emang jiwa seniku agak kurang, hehehe

    BalasHapus
  12. Masyaallah... jadi tahu lukisan-lukisan ini dan cerita di baliknya. Value sebuah lukisan memang tak ternilai sih ya, makanya kalau ada yang terjual di nominal sekian tuh ya wajar-wajar aja meski bagi yang lain mungkin nggak paham.

    BalasHapus
  13. Aku suka speechless kalo lihat lukisan2 gini, anteng menikmatinya kalo pas di pameran2.
    Btw, wow banget tuh Mak, rongsokan gitu jadi harga yang fantastic, luar biasa banget.
    Aku suka lukisan yg Raden Saleh itu,Makneng. Maknanya yang dalem banget.

    BalasHapus
  14. Gila aja ya sampai ratusan milyaran nilai sebuah lukisan, gini masih banyak calon mertua yang menganggap calon mantu yang seniman hanya ecek-ecek duh...P

    Favoritku karya Raden Saleh dong..ya ampun 150 M! Keren!

    BalasHapus
  15. Di balik karya lukisan yang indah ada banyak cerita di baliknya, ya, Mbak.
    Bagi pecinta seni, pastinya gak perhitungam dalam membeli sebuah karya seni, berapa pun pasti dibeli

    BalasHapus
  16. MasyaAllah ya karya-karya pelukis Indonesia, terutama Raden Saleh. Takjub bahwa ternyata beliau salah satu pelukis legendaris, dari abad 18 sdh menghasilkan karya luar biasa. Aku hanya penikmat lukisan yang nggak tahu makna yang tersirat dalam lukisan.

    BalasHapus
  17. Saya suka melihat semua lukisan yang mba post di sini, menurut saya yang orang awam, wajar aja harganya mahal karena itu gak mudah bikin nya apalagi menanamkan nilai di dalam lukisannya

    BalasHapus
  18. Dari banyak sisi yang dinilai sehingga terlahir karya yang sangat mahal harganya, tapi kenapa ya harus eksploitasi tubuh wanita

    BalasHapus
  19. Lukisan "Perburuan Banteng" adalah lukisan yg paling banyak ditiru dan dijual dalam bentuk poster di pasar. Sekalipun tidak persis sama karena kebanyakan lukisannya sudah dalam bentuk foto dan ada sentuhan-sentuhan tersendiri yg menjadi ciri.khas sang pelukis yg tidak bisa ditiru sama sekali.

    BalasHapus
  20. Itu semua lukisan aku sukaaaaaaaaa dan memang the legend banget, Mak. Di rumahku dan rumah beberapa temenku punya yang KWnya wkwkkw. Asli, memang mahal karena proses dan sejarahnya, juga buatku itu lukisan luar biasa sampai banyak KWnya

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)