ASUS, THE TECHNOLOGY HELPING US REACH THE STARS

Credit :Wikipedia.org
Space, also known as outer space, is the near-vacuum between celestial bodies. It is where everything (all of the planets, stars, galaxies and other objects) is found.

The beginning

    Ketika Neil Armstrong mendarat di bulan pada tanggal 20 Juli 1969, tentu saja aku belum lahir. Tapi, sejarah kemudian mencatat bahwa apa yang tampak mustahil pada saat itu untuk manusia, ternyata bisa terjadi.

    Program pertama bernama Apollo telah dimulai hampir dari nol. Pada saat itu, kita baru terpikir tentang peralatan dan teknologi luar angkasa yang diperlukan - monitor, pakaian luar angkasa, pesawat ulang-alik itu sendiri, dan banyak lagi. 

    Ilmuwan dan teknokrat mulai memperhatikan kebutuhan para astronot. Apa saja komposisi bulan? Akankah logam pesawat ruang angkasa bereaksi secara kimia dengan permukaan bulan saat mendarat? Apakah gravitasi nol memiliki efek pada otak manusia - dan, apakah para astronot dapat berpikir? 

    Satu dekade kemudian, dikutip dari Voice of Youth, Charles Fishman, seorang penulis yang mendokumentasikan perjalanan NASA ke bulan, menyatakan bahwa program Apollo berhasil karena “pengembangan dan kemajuan komputer”, dan saya dengan sepenuh hati setuju. 

Hambatan yang digeluti NASA diatasi dengan inovasi teknologi, dan ini diikuti dengan industri eksplorasi ruang angkasa modern!

The Most Reliable Equipments, Zero Defect for More than 600 Days in Space. And yes, it is ASUS!




    Tak pernah kusangka, ternyata laptop ASUS kesayanganku memiliki seri yang terpilih sebagai perangkat pendukung untuk misi di stasiun luar angkasa MIR pada 1997!

    Yes, Laptop ASUS P6100 terbukti mampu bertahan di lingkungan gravitasi mikro yang penuh dengan radiasi kosmik selama 600 hari tanpa masalah!  
Pembuktian tersebut menjadi momentum sejarah ASUS, dan menjadi motivasi untuk terus mengedepankan inovasi serta kualitas di setiap produknya.

    Kosmonaut Russia bernama Sergei Avdeev menyebutkan, selama 600 hari penggunaan di stasiun ruang angkasa tersebut, laptop ASUS P6100 tidak pernah overheat seperti device dari produsen lain. Sebuah testimoni tersebut menunjukkan kualitas ASUS Laptop memang tidak sembarangan!

LAUNCHING ASUS ZENBOOK 14X OLED SPACE EDITION



    ASUS melangkah jauh lebih maju, dengan meluncurkan laptop yang dipakai untuk misi luar angkasa. Tentu saja, berbasis teknologi informasi bahwa  di l
uar angkasa tidak dapat diprediksi dan berbahaya - satu kesalahan kecil dapat menyebabkan bencana, maka terbayang apa saja poin yang ditanam oleh ASUS untuk itu.
  1. Material apa yang digunakan?
  2. Bagaimana ketahanannya saat melintasi ruang hampa udara dan keluar dari radar bumi? 
  3. Uji coba apa saja yang diberikan terhadap laptop tersebut?

    Maka, hadir di acara peluncuran Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (Zenbook SPACE EDITION) di Ballroom Jakarta Theater pada  Kamis, 15 September 2022,  lalu sungguh sebuah momen yang membanggakan untukku. Apalagi, laptop  spesial ini digadang-gadang bakalan dijual hanya pada tahun ini saja. Yuk, mari kita bahas pertanyaan-pertanyaan para netijen yang budiman!

    Sebelum memasuki venue acara, para tamu undangan dimanjakan dengan beberapa fitur techno. Antara lain, sebuah ruangan berdinding - beratap dan berlantai kaca, dengan permainan lampu LED. Kami merasa memasuki sebuah dunia metaverse.

    Di area lobby, tersedia beberapa game berhadiah, cukup dengan scan barcode yang tersedia, maka semua bisa berkesempatan memenangkan aneka hadiah yang .. woow! Apa saja hadiahnya? Nanti ya aku bisikin!

Ruang lobby dengan aneka game menarik 


Aku di area outer space


    Dipandu oleh MC sekaligus moderator,  Veronica Felicia Kumala yang akrab disapa Cici Panda, maka acara peluncuran kali ini sangat meriah. 


MC dan moderator cantik, Cici Panda

Regional Director Asus Southeast Asia, Jimmy Lin
review progres ASUS dari tahun ke tahun


Rizky Febian dan Tasya Kamila
mengapit Jimmy Linn dan Cekiel Danielson


Explore Vision, Beyond Imagination
Darien Theodric, PC Product Manager ASUS Indonesia

Mengintip teknologi canggih ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition  

    Ya, ASUS resmi mengumumkan kehadiran Zenbook 14X OLED Space Edition di Indonesia. Laptop ini hadir untuk menandai 25 tahun penggunaan laptop Asus dalam misi luar angkasa pada 1998.
"Zenbook Space Edition merupakan perangkat monumental yang juga dibekali fungsi, teknologi, fitur, serta durabilitas terbaik di kelasnya," tutur Regional Director Asus Southeast Asia, Jimmy Lin. 
    Zenbook SPACE EDITION tak hanya bernuansa luar angkasa yang sangat futuristik, tapi juga didesain sangat tangguh dengan durabilitas space-grade yang telah diakui melalui sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Space System Command (SMC-S-016A). 

     Di luar angkasa, setiap mikrometer penting. Maka, terobosan dalam teknologi ini membantu kita mencapai bintang-bintang galaksi jauh lebih cepat karena para astronaut lebih mudah dalam bekerja! 

Unboxing ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION Bersama Rizky Febian dan Tasya Kamila

    Guest speaker yang hadir di acara peluncuran ini, yaitu Rizky Febian serta Tasya Kamila tentu saja dipilih karena keduanya terkenal sebagai content creator. Keduanya mewakili gen Z sebagai sosok profesional yang kreatif sekaligus teliti dan detail. 

    Saat diinterview oleh Cici Panda, Rizky dan Tasya mengungkap cara ia memeriksa satu per satu fitur ASUS dengan rinci. Wow, cocok sekali keduanya merepresentasikan kecanggihan laptop ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition ini!      



1. Bodi Laptop yang Tangguh dengan Desain Unik

    Bodi laptop ini dibuat menggunakan bahan aluminium yang dibalut oleh warna eksklusif Zero-G Titanium seperti halnya yang digunakan pada desain stasiun luar angkasa serta dilengkapi ukiran kode morse yang memiliki arti khusus. 

    Laptop edisi khusus ini mampu lolos uji ketahanan ekstrem US Space Systems Command Standard (SMC-S-016A) yang di antaranya adalah uji operasional pada suhu 61 hingga -24 derajat Celcius. 

    Selain itu laptop ini juga tahan terhadap guncangan ekstrem berfrekuensi 20-2.000Hz. Untuk menyesuaikan dengan tema luar angkasa, Zenbook 14X OLED Space Edition dihadirkan dengan warna khusus Zero-G Titanium yang elegan.

    Karena mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H), Zenbook SPACE EDITION dapat beroperasi di lingkungan pada suhu -24⁰C hingga 61⁰C, serta tahan terhadap guncangan ekstrim berfrekuensi 20 – 2.000Hz .


2. Zen Vision

    Di balik layarnya terdapat layar OLED monochrome bernama ZenVision. Memiliki ukuran 3.5-inci, ZenVision berfungsi layaknya "jendela" pada stasiun luar angkasa.

    Layar OLED monochrome ukuran 3,5-inci ini, dapat menampilkan beragam hal seperti status penggunaan, animasi eksklusif, hingga dapat dikustomasi untuk menampilkan informasi pengguna beserta QR code.

ZenVision berfungsi sebagai fasilitas untuk mengetahui sosok sang pengguna laptop edisi spesial ini lebih jauh, dan membuat Zenbook SPACE EDITION semakin personal.


3. Kotak dengan Fitur Canggih

    Tak hanya laptopnya yang keren, tapi Zenbook SPACE EDITION hadir dengan paket penjualan yang istimewa. Kotak penjualannya didesain istimewa dan tetap mengedepankan konsep daur ulang sehingga ramah lingkungan.

    Pengguna Zenbook SPACE EDITION bahkan dapat memanfaatkan kotak penyimpan charger sebagai penyangga laptop. Selain itu, Zenbook SPACE EDITION juga ditemani dengan beragam pernak-pernik eksklusif, ASUS Pen 2.0 untuk memaksimalkan fitur touchscreen-nya, serta laptop sleeve dengan desain antariksa yang unik.

4. Resolusi 4K

    Layar sentuh Zenbook SPACE EDITION menggunakan resolusi 4K (16:10) dan telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata. 

    Layar sentuh pada Zenbook SPACE EDITION ini sudah mendukung 4096 pressure-level, dan dilengkapi dengan fitur ScreenXpert yang inovatif, dimana akan membuat pengalaman penggunaan layar sentuh yang lebih interaktif. 

    Rasio layar pada Zenbook SPACE EDITION ini dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih produktif.

    ASUS OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Berkat Eye Care, insya Allah sih, mata jadi lebih terjaga meski sedang sibuk dan harus banyak menatap layar laptop.

5. Prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series

    Zenbook SPACE EDITION merupakan laptop modern yang telah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series. Berbeda dengan sebagian besar ultrabook lainnya, Zenbook SPACE EDITION mengusung prosesor powerful yang biasanya digunakan di laptop gaming. 

    Varian tertingginya menggunakan prosesor 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dengan TDP hingga 45W. Berkat konfigurasi tersebut, Zenbook SPACE EDITION dapat tampil sebagai laptop modern yang powerful untuk berbagai kebutuhan komputasi.

    Prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series tidak sendirian. Terintegrasi di dalam prosesor tersebut adalah chip grafis Intel® Iris® Xe yang dapat menghadirkan performa grafis mumpuni tanpa menguras banyak daya baterai. Chip grafis ini juga telah dibekali dengan hardware encoding serta berbagai teknologi grafis modern lainnya untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari.

6. Keyboard ASUS ErgoSense

    Zenbook SPACE EDITION tidak hanya tampil dengan desain yang sangat tangguh, tetapi juga nyaman digunakan berkat teknologi keyboard ASUS ErgoSense. 

    Teknologi keyboard tersebut dirancang khusus agar aktivitas mengetik menjadi lebih nyaman dengan pengalaman seperti menggunakan keyboard PC desktop premium. 
    
ASUS ErgoSense memiliki jarak antar tombol yang tepat untuk mengetik, serta tombol yang permukaannya dirancang agar jari dapat menyentuh secara lebih akurat. Keyboard ASUS ErgoSense juga memiliki jarak tekan yang tepat, yaitu sejauh 1,4mm, sehingga memungkinkan penggunanya mendapatkan pengalaman mengetik terbaik.

    Zenbook SPACE EDITION juga memiliki touchpad berukuran besar dengan permukaan yang dirancang khusus agar penggunanya dapat mengontrol laptop ini secara lebih nyaman sekaligus akurat.

    Tidak hanya itu, touchpad Zenbook SPACE EDITION juga dilengkapi dengan NumberPad 2.0, yaitu fitur yang memungkinkan touchpad berubah menjadi numpad hanya dengan satu sentuhan. NumberPad 2.0 membuat input angka menjadi lebih mudah pada laptop super ringkas seperti Zenbook SPACE EDITION.

7. Ice Cool Technology

    ASUS Ice Cool Technology memberikan kenyamanan dalam menggunakan notebook berbeda dari yang lainnya, dengan desain komponen yang dirancang untuk meredam suhu panas yang tinggi pada saat notebook digunakan.

    Cara kerja kipas (fan) di komputer membantu mensirkulasikan udara untuk menjaga suhu sistem internal yang stabil dan aman. Kecepatan fan akan berubah dengan suhu CPU/GPU.

    Temperatur CPU/GPU akan meningkat, saat menjalankan program besar dan intensif, seperti game dengan beban berat, pengeditan video, transcoding, dan pengoperasian data besar. Temperatur juga meningkat saat debu, rambut atau kotoran menghalangi ventilasi udara. Maka, di sinilah kipas termal akan mempercepat dan membiarkan lebih banyak udara dingin melewati modul termal untuk mencapai tujuan pendinginan. 

Harga Zenbook 14X OLED SPACE EDITION



    Berapa sih, harga ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITON? 

Ada dua tipe, yaitu untuk ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITON Core i7 / 16GB RAM dibandrol seharga Rp26.999.000 
Untuk ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION Core i9 / 32GB RAM dibandrol seharga Rp30.999.000.

    Di akhir acara, seperti tadi kubilang akan ada banyaak bertabur hadiah, salah satunya adalah... ada dua buah laptop ASUS Zenbook OLED 14x Space Edition ini yang diberikan sebagai door prize!

    Walau belum berkesempatan memiliki, namun aku bangga bisa hadir dan menjadi saksi kecanggihan teknologi yang menjadi milestone manusia di bumi meraih bintang di galaksi!

    Thankyou ASUS, keep moving forward and success!


#ZenbookSpaceEdition
#ExperienceTheDIFFERENCE
#12thGen #Intel #QuizSpaceEdition



Main Spec.

Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (UX5401ZAS)

CPU

Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (up to 5.0 GHz, 6P+8E cores)

Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

32GB LPDDR5

16GB LPDDR5

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

14-inch, 4K (3840 x 2400) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 400nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics

Intel® Iris® Xᵉ Graphics

Input/Output

1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, Micro SD card reader

Connectivity

Wi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Camera

720p HD camera with electronic privacy shutter

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified, Dolby Atmos

Battery

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension

31.12 x 22.11 x 1.59 ~ 1.59 cm

Weight

1.4 Kg

Colors

Zero-G Titanium

Price

Rp26.999.000 (Core i7 / 16GB RAM)

Rp30.999.000 (Core i9 / 32GB RAM)

Warranty

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty


15 komentar

  1. Luar biasa sih memang kekuatan asus sampai bertahan lama di luar angkasa, enggak heran kalau sampai mengangkat konsep space diedisi terbarunya. Makin keren desainnya dan performanya pun makin bagus. Acaranya menarik, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ternyata desain dan kualitas sama sama mumpuni

      Hapus
  2. Baca tulisan ini ,jadi tahu bagaiman sebuah produk uji coba dulu ya sebelum di lempar ke pasaran...eh malah bikin beberapa buah dulu ya mba e, produk yg rasanya byk org cari dari berbagai aktivitas.

    BalasHapus
  3. Mantap nih asus laptopnya tahan sampai dua tahunan di ruang angkasa. Pantas sering liat di film hollywood, ternyata emang udah setinggi ini prestasinya ya

    BalasHapus
  4. Semoga tahun ini bisa ada rejeki meremajakan laptop ASUS lagi. Saya penggemar setia ASUS sejak tahun 2010-an. Kalau lihat review-review yang keluaran sekarang ini, tertarik sama fiturnya yang kokoh banget. Dengan performa yang mumpuni.

    BalasHapus
  5. Wah baru tau Asus itu jd laptop pendukung untuk misi di stasiun luar angkasa. Keren mmg inovasinya, sejak dulu sampe sekarang

    BalasHapus
  6. Entah kapan saya bisa jalan-jalan ke bulan. Tapi, boleh deh berharap pengen punya 1 unit laptop ini. Apalagi kualitasnya udah terbukti, ya

    BalasHapus
  7. Duhhh, ASUS ini ngga pernah gagal ya bikin ngiler. Hahah.
    Terbaru malah launching produk ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition ini. Ngeliat aja udah berasa dibawa ke hawa hawa Space sana, gimana kalau liat dan pake langsung yaa. HIhihi

    BalasHapus
  8. ASUS keren dengan segala inovasinya, bahkan ketahanannya sampai teruji di luar angkasa. Senang dengan ASUS keyboardnya lembut, desain stylish

    BalasHapus
  9. Ngga salah memang ya namanya "space edition", selain komponen bahannya, memang sudah teruji di luar angkasa

    BalasHapus
  10. Omg, ASUS selalu inovatif ya mbak
    Selalu hadir dengan produk baru berteknologi tinggi
    Nggak heran banyak yang setia sama ASUS

    BalasHapus
  11. asus emang keren banget, jadi bahan masukan buat upgrade laptop asus yang terbaru agar bekerja semakin cepat tanpa hambatan

    BalasHapus
  12. Aku tadinya sempat berpikir, kak Tan.. kenapakan ASUS sampai out of the box begini idenya?
    memangnya penting banget keluar angkasa bawa laptop, ehehe.. kan kebayang ada internetnya atau engga.

    Tapi memang dunia masa depan dengan segala dinamikanya, pasti apa yang saat ini dipikirkan tidak mungkin, bisa menjadi mungkin.
    Seperti di drakor "The Silent Sea", ilmuwannya bawa-bawa laptop untuk penelitian dan ini membuktikan ketangguhan dari produk ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition.

    BalasHapus
  13. Wuih hadir juga pas launching ZenBook 14 OLED Space Edition kemarin mba? Emang keren acara sama laptop nya tuh hehehe

    BalasHapus
  14. Ganteng banget Mak ini laptop. Harganya ga kuat deh. Tapi memang memakain laptop ASUS selalu memudahkan penggunanya.

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)