Proses kreatif Dibalik Aku dan Alam Semesta

Pinjam fotonya teh Nchie Hanie
Hari masih pagi. 
Jam di gadget yang kutaruh di atas tempat tidur, berdentam-dentam karena kusetel tepat pukul 04.30. Seharusnya aku sudah bangun dari tadi, tapi karena sedang alergi, aku minum obat, alhasil mataku sepet. 


Kupaksa mata membuka. Yuk, yuk, mataku, ini hari bahagia, loh! 

Bismillah, hari ini aku dan teman-teman akan berangkat ke Bandung. Tujuannya tentu saja launching buku Aku dan Alam Semesta, yang memang diterbitkan oleh penerbit ITB Press. 

Kami berangkat pukul 06.00 dan alhamdulillah lancar jaya, sehingga tiba di Bandung pukul 09.30. Karena masih pagi, rencanaku yang tadinya ingin sowan ke rumah salah satu saudara dibatalkan. Ya kali, menggedor rumah orang pagi-pagi minta sarapan hi hi..

Akhirnya melipir ke Pasar Cisangkuy untuk sarapan yoghurt dan aneka jajanan uenaaak! Betul saja, aku dan mbak Ajeng aka Laras masing-masing memesan segelas yoghurt murni dengan tambahan buah dingin. Buncha memesan segelas strawberry milk shake.

Sebelum duduk, 
aku berkeliling dan memesan gandos keju, sepiring lumpia basah ala Bandung dan sepiring batagor yang akhirnya tak kunjung tiba (thank God karena akhirnya kami semua kekenyangan!). Mbak Laras dan Buncha memesan seporsi sate dengan lontong.




Perpustakaan ITB
Kami disambut oleh pak Eki dan kawan-kawan mahasiswa mahasiswi. Dibantuin bawa segambreng roti dan pernak pernik yang dibawa khusus dari Tangerang. Nantinya, sebagian akan menjadi isi dari goody bag yang dibagikan.



Gedung perpustakaan 4 lantai ini, terlihat megah dari luar. Bahkan sejujurnya, sejak masuk ke halaman ITB memang sudah terasa kemegahan, keindahan area kampus ini.

Aku langsung melantunkan doa, 
semoga satu saat anak-anakku juga bisa menjadi salah satu mahasiswa ITB amiiiin..




Akhirnya...
dibantu oleh Efi Fitriyyah dan teh Nchie Hanie -perwakilan dari Komunitas Emak Blogger kami menyusun tempat acara. 

Seperti biasa, karena acara dimulai pukul 14.00 teng teng, maka kami sempatkan diri dulu untuk mandi - ganti pakaian - menyusun goody bag, dan mengecek persiapan makanan untuk coffee break.

Siapa saja para sponsor di balik launching buku Aku dan Alam Semesta?


Deretan goody bag merah yang mewah dari  Faber Castell - (pic by Nchie Hanie) menjadi sponsor acara peluncuran buku 


Sedikit cerita tentang Faber Castell, sebagai ilustrator, aku bekerja menggunakan pensil warna aquarelle dan cat air serta marker, dan kenyamanan saat bekerja ini didukung penuh oleh Faber Castell.

Warna-warna dasar menggunakan Faber Castell paintcake, lalu setelah kering aku berikan detail menggunakan Faber Castell acrylic, dengan kebanyakan warna dasar yang dicampur dengan acrylic putih Sakura.

Detail terakhir biasanya aku menggunakan  Faber Castell Albrecht Durer yang ada di tin, isinya 72 warna sehingga aku leluasa menggunakannya.


Musafir guest house Solo  
Untuk Musafir GH Solo sudah aku ulas di blog. 

Dunkin Donuts 
Red Doorz 
Tak lupa, MQTV - menjadi media mainstream yang meliput acara peluncuran buku.

Kisah Proses Kreatif Buku Aku dan Alam Semesta
Buku “Aku dan Alam Semesta” adalah buku solo yang ke-8 (atau buku ke-25) mbak De Laras - nama pena Diadjeng Laraswati H.  

Saat pembuatan buku ini, terus terang sangat menyenangkan buatku.


Sebagai ilustrator yang dipercaya mbak Laras dan pak Prof Bambang Hidayat, tentu saja aku merasa sangat dihargai. Kadang, kami bertiga diskusi "tek-tokan" dari jauh, karena keterbatasan waktu ketiganya. 

Yang dimaksud tektok, mbak Laras dan pak Prof saling mengirimkan naskah dan aku menerima masukan dari email, whatsapp dan ngupi bareng di rumah Mbak Laras. 

Mbak Laras sih, sebenarnya yang pontang-panting ketemu pak Prof, lalu meneruskan oret oret revisinya. Ia juga yang mengurus ke penerbit ITB Press Bandung.

Apa saja kesibukannya?
  • Mbak Laras adalah perekayasa madya BPPT - kesibukannya sehari-hari di Balai Teknologi Polimer - Deputi TIEM, ia juga menulis dan aktif fotografi. 
  • Prof Bambang adalah saintis dan teknokrat yang aktif, dan pernah menjadi Kepala Observatorium di Bosscha - Lembang selama 31 tahun (1968-1999).  Beliau pun adalah mantan Wakil Presiden IAU, kamu mantan siapa?

    Kesibukan beliau kini adalah menulis di tengah ruang kerja yang asri. Penuh buku dan tanaman langka.
  • Neng Tanti - seorang emak yang sibuk ama anak-anaknya, sambil mencari jati diri dengan tangan berlumuran cat  ngeblog dan membuat beberapa ilustrasi untuk buku.
Sebenarnya, pada awal membuat cerita, mbak Laras hanya membutuhkan beberapa gambar saja. Namun, aku "memaksa" beliau untuk meneruskan cerita-ceritanya yang sarat bermuatan lokal. Aku melihat ada benang merah antara satu cerita dan cerita lainnya. 

Sayangnya, menurut Kang Ali Muakhir, "benang merah" ini akhirnya malah terlalu melebar dari cerita semula.

Seandainya nanti diedit, 
kang Ali dan mas Edi menyarankan agar satu buku ini hanya membahas tentang  satu - dua tokoh utama (siapa? Laras kecil atau Ucok?) serta astronomi saja. 

Barulah di buku lainnya, mbak Laras silakan menulis tentang tema tertentu.  Misalnya; kopi dari berbagai daerah, tenun dari berbagai daerah; sampah plastik dan cara penanggulanganan-nya; bunga-bunga langka yang bisa dibuat menjadi teh. 

OMG! Mbak, mbak, mbak Laraaaas... kita bisa bikin serial ini yaaa xi xi xi...

Kang Ali Muakhir
pakar buku anak - editor - Founder Komunitas Buku Anak - FLP

Kripik pedas lainnya, 
mbak Laras luput dari segmen usia, ada satu dua kata tentang body shaming -which is sedang disorot belakangan ini- serta kalimat yang digunakan masih tidak terlalu "meng-anak". 

Uuugh, sungguh berharga, kritik dan saran dari sang narasumber yang sudah memiliki ratusan buku ini yaaa!

*sekaligus bikin merah telinga, LOL.

Anyway..
kami bertiga, aku, Laras dan Prof Bambang Hidayat, yang telah memberi kata pengantar dalam penulisan buku “Aku dan Alam Semesta” - singkat kata menjadi akrab di dunia maya.

Sebagai ilustrator, tak lupa mereka memberi beberapa masukan, dengan sangat halus dan sopan dalam bertutur. Yang disorot adalah yang crucial, seperti jarak benda langit - susunan tata surya, dll.

Sementara, untuk semua gambarku yang lain diterima dengan tangan terbuka. Jujur saja, gambar dalam cerita Ucok (Aku dan Si Pemburu Koin dari Huta) itu masih berupa sketsa kasar! 

Mbak Laras ini juga cukup pengertian. Karena satu dan lain hal, saat gambar akan dibuat, beliau membelikan aku sekantong penuh aneka kertas gambar dengan spesifikasi yang kubutuhkan. Terharuuu...


Oya, kadang, karena mbak Laras ke luar kota, ia hanya berpesan poin-poin tertentu saja. Ceritanya masih di "alam semesta" beneran. Belum jadi!

Aku dengan senang hati membebaskan imajinasi dan jemari untuk bekerja sama, ha ha ha.. alhasil, gambar di cerita 4 itu sangat banyak! Ya, karena sebagian hasil imajinasiku, dan sesudah cerita diedit, baru kami bahas bersama!




Acara Launching Buku


Acara berlangsung dengan tepat waktu. MC sekaligus moderator yang ceria Buncha Elisa Koraag, membawakan acara dengan santai, karena kami semua yang duduk di depan tegang dan kaku kayak kanebo kering.

Oya, beliau juga siap angkat-angkat barang loh, ha ha haaa... 

Pada saat acara, Bapak Ir. Arief Arianto M.S.Ag, memberi kata sambutan, mewakili Prof Bambang Hidayat. Lalu ada Pak Edi Warsidi (ITB Press) dan Kang Ali Muakhir (Komunitas Penulis Bacaan Anak dan Forum Lingkar Pena) para emak blogger cantik dari Kumpulan Emak Blogger dan juga tamu undangan. 

Alhamdulillah, selama acara ini, banyak yang membeli buku dalam edisi warna (150K) dan hitam putih (50K).

Cara Memesan Buku Aku dan Alam Semesta
Cukup DM di instagram @nengtantiamelia atau @dlaraswatih atau boleh juga di facebook Tanti Amelia dan Diadjeng Laraswati H. Jika kenal pak Edi, boleh langsung ke ITB Press Bandung. 






Alhamdulillah,
tepat pukul 16.00 kami sudah selesai, dan merapikan diri.

Kami pun bersiap untuk makan cemilan sore yang lezat di ruang makan. Selanjutnya, kami menuju ke rumah Profesor Bambang Hidayat, dan.... tiba di sana, adegan epik pun terjadi! 

Kami - 5 orang dewasa usia separuh baya - mendapat sedikit "arahan tegas" dari pak Prof yang gesit, karena Alaika..... ngggg.....

Bersambung ya gengs!

58 komentar

  1. Wah kelihatannya seru banget nih Mbak acara peluncuran bukunya. Semoga sukses selalu

    BalasHapus
  2. Hoalah Mbaknya punya alergi tah? Alergi apa Mbak. Semoga sehat selalu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alergi cuaca dan alergi makanan laut mbake.. makasiiiih mbak .. luv luv

      Hapus
  3. Saya jadi tergoda sama kulinernya nih Mbak hihi. Apalagi yang donat tuh, menggoda banget hihi

    BalasHapus
  4. Wah sepertinya bagus banget nih Mbak buku yang sudah melakukan launching ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah saya bangga loh terlbiat jadi pelukisnya

      Hapus
  5. Alhamdulillah nih ya Mbak acaranya berjalan lancar. Selain itu juga nggak sampai larut malam

    BalasHapus
  6. Mbak maau dong bukunya, temanya menarik dam kalo ilustratornya mbak tanti pasti kece deh. Mo ordèr pie caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaaaah mbak Munaaaa

      yuk yuk yuk kita kolab yuuuk

      Hapus
  7. Dari ulasannya aja bagus, ngga salah kalau buku ini emang recommended banget sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah tersanjung banget mendengar tanggapan teman teman ternyata positif, agak deg degan sih awalnya

      Hapus
  8. Penasaran sekali aku sama bukunya
    Pasti apik kalau neng Tanti yang gambar ilustrasinya huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa Allaaaah aku tersanjuuuunggggg

      terimakasih banyak Ammah sayaaaang

      Hapus
  9. Aku mantan pacar akuuu, hihihi. Duh aamiin, Mak. Semoga anakku juga bisa kuliah di ITB. Enjee, aku sukaa sama ilustrasinya. Ngingetin sama ilustrasi di buku Hutan Keramunting yang kerrn banget. Ini sudah dijual bebas kah, Mak? Pengen baca ihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah, siapa hayooo mantan pacarmu? mas mas ganteng yang mana? Kang ALi ? Mas Ari? mas Edi? wkwkwkkwk

      ooh Hutan Keramunting kayak gini toh? sudah dijual online gak bebas bebas amat, nanti dibuat GA di Instagram juga

      Hapus
  10. makk ikut seneng dengan peluncuran bukunya. selamat yaaa... pasti keren banget pake ilustrasinya mak tanti. moga sukses buat bukunya

    BalasHapus
  11. Waaah keren ini dari Jakarta juga pada berangkat ke Bandung ya Mbak. Ada Buncha soalnya.

    Saya ikut mengaminkan semoga anak-anak Mbak ada yang lolos ke ITB.

    BalasHapus
  12. Seneng deh bandung kedatangan emak-emak keren dari jakarta...
    Ternyata ada sambungannya ya, penasaran deh...

    BalasHapus
  13. Maakkk....aku padamuuuu
    Bangga bangett akuuu
    Selamaattt ya.. MasyaAllah TabarokAllah

    BalasHapus
  14. Bunsayyyyy selamat ya untuk bukunya. Keren ikh. Baca ini bikin aku ikut bahagianya ��. Bunsay kalau ngegambar gitu untuk buku pake yang manual atau pakai aplikasi gitu bun? *katro ini aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pake manual aja jeng, aku ga bisa pake digital, feeling-nya gak dapat soalnya

      Hapus
  15. Bagian akhirnya bikin penasaraaaann ... Kepo aja ya saya hahaha. Ilustrasi bukunya udah pasti saya suka deh meskipun belum baca. Selalu suka dengan gambar Mbak Tanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi alhamdulillaaah nanti kalo ada GA di instagram ikut yaa Chi

      Hapus
  16. Wah..ternyata sebelum acara bedah buku, narasumbernya ke Cisangkuy dulu ya...? Tau gitu, disamperin ke sana deh hihihi

    Jadi penasaran dengan adegan epik di rumah Prof Bambang, ada apa, Maak? #kepo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkkwk iya nih tersasar sampe CIsangkuy itu amazing, kagum dan salut ama urang Bandung tea

      bentar yooo tak tulis

      Hapus
  17. Seru amat acaranya. Gak cuma bedah buku doang ini mah, hehehe..

    Btw aku mau beli bukunya aahh buat anak2 dan sodaranya :)

    BalasHapus
  18. Kreatif sekali Mak Tanti seneng deh lihatnya. Aku gak bisa gambar nih kudu latihan dan kerja keras

    BalasHapus
  19. Ilustrasi Mak Tanti selalu keren. Selamat ya atas buku barunya dengan Mak Tanti sebagai ilustratornya..Waah bukunya dicetak 2 macam ya. Satu berwarna satu hitam putih. Selisihnya lumayan juga ya 100 ribu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak akujuga kaget kok selisihnya buanyak, insya ALlah sih tetap sama bagusnya ya

      Hapus
  20. Aaah kece nian ilustrasinya
    Sudah ga diragukan karena pernah liat hasilnya juga di Surabaya
    Yuk Neng Tanti bisikin harganya dooong
    Kasih diskon ya hahaha

    BalasHapus
  21. Buku yang bikin penasaran. Anak2 pasti suka nih karena ada gambarnya juga. Aku pribadi masih PR banget kalau mau nukis cerita anak, apalagi gambarnya juga. Salut buat mereka yang bisa buat cerita kaya gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah .. coba liat aslinya proses kreatif itu kayak apa,

      mual wkwkwkkkwkkww

      Hapus
  22. Kalau nggak salah, Kang Ali karyanya juga cukup banyak ya Mak? Penasaran deh sama rahasia produktif beliau dalam menghasilkan karya. Buat nulis blog post aja masih suka males malesan diriku ini huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhuuuuu kang ALi mah super duper otaknya

      aku kadang bingung ada orang orang dengan otak sekeren itu

      Hapus
  23. Udah lama banget ga nyicipin yoghurt ci sangkut. Lihat ini aku jadi pengen ke sana lagii.

    Oke, pertanyaan ku terjawab di sini. Nanti aku DM Mbak Tanti buat beli bukunya ya. Semoga pas pesen ada rezekinya ��

    BalasHapus
  24. wahh bersambung... hehe... Congrats aniway ya kak... semoga berkah laris manis bukunya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheheh kepanjangan say, dan emang kudu ditulis terpisah yake

      Hapus
  25. Ini kemarin heboh di grup KEB Bandung buat hadir ke acara launching buku Aku dan Alam Semesta.
    Lalu karena aku gak ikut (sebab acaranya weekend), khusus di DM sama salah satu sahabat blogger yang hadir.
    Kata beliau, "Rugi berraaat, Len...kamu gak dateng. Acaranya serius, asik banget..."

    Huwwaaa~
    Pengiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaaaa siap nanti dikirimin ya Lendy biar direview

      Hapus
  26. SAyang sekali pas acara ini saya berhalangan hadir, padahal ingin sekali huhuhuhh. Mupeng ingin beli bukunya ah buat neng Marwah

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaaah oke oke Tian, semoga neng Marwah suka yaaaa

      Hapus
  27. Kebayang nih keseruan Mak Tanti membuat ilustrasi buku ini dengan berkomunikasi bareng Mba Diajeng Laraswati dan Prof Bambang Hidayat. Keceee lho mak ilustrasimu, as always. Semoga bukunya laris manis yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru lucu nyolot wkwkwkwkwwk

      amiiin makasih doanya mbak Uniek

      Hapus
  28. Ikut seneng San bangga punta kakak kyk mba Tanti sukses terus berbagi ya mba,, duuh andai bisa ikut kmarin k Bandung tambah ilmu lagi akuh kpingin bngt bisa blejar nulis cerita buku anak

    BalasHapus
  29. kece banget ilustrasinya mba :) meski review ceritanya bikin kuping merah yah hahaha...tapi akhirnya jadi buku mantul

    aku suka yang berwarna pasti anak2 suka deh kalau aku beli ni

    BalasHapus
  30. Wah, bukunya bagus. Bisa nih dimasukkan TBR bulan depan. Buat mendongeng ke ponakan, hehe

    BalasHapus
  31. Wah seru banget kisah penulisan dan ilustrasi buku ini, selamat ya makneng dan Mbak Laras..keren! Ditunggu serialnya..

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)