BAGAIMANA MENGOPTIMASI KONTEN AUDIO DAN VISUAL, BELAJAR DARI KELAS DIGITAL BCC X YIB

OCEAN'S 8 ALA YIB

    Minggu pagi, enaknya ngapain?

    Biasanya, kalau tidak ada acara jalan pagi dengan anak-anak, aku di rumah saja. Lanjut beberes dan.... tidur lagi! Tapi tidak kali ini. Memenuhi undangan untuk program BloggerCare bersama BCC yang kali ini akan kolaborasi bersama @indahberbagifoundation dalam rangka BloggerHangout ke-73.


    Sepagi mungkin, aku sudah berangkat dari rumah. Bagai pucuk dicinta ulam pun tiba, alhamdulillah perjalanan dimudahkan untukku di pagi Minggu, 2 Juli 2023 lalu.

    Karena tidak macet, aku tiba di tikum KFC sebelah MRT Lebak Bulus dan langsung bersua #BCCSquad.  Di sana sudah menanti Pak Lur dan Bu Lur, panggilan kesayangan untuk founder BCC, Wawa & Satto Raji.

    Mau ke mana sih?

    Kali ini, BloggerHangout ke-73 Bloggercrony bersama Yayasan Indah Berbagi akan mengadakan pelatihan bertajuk;

Optimasi Konten Audio Visual Platform Digital

Dengan fasilitator Akbar Muhibar, Dosen Praktisi Multimedia & Fasilitator Literasi Digital Bloggercrony!

    Bertempat di Rumah Pemberdayaan Indah Berbagi, Yayasan Indah Berbagi, Desa Jabon Mekar, Parung Kabupaten Bogor, kami akan belajar bareng para milenial Relawan Medsos YIB. 

Rumah Pemberdayaan Desa Jabon Mekar YIB



    Tiba di lokasi cukup cepat, karena tidak macet. Saat berdiri di depan gerbang yayasan ini, aku merasa dihadapkan pada potensi luar biasa karena seolah berada dalam sebuah digital transformasi. 

    Desa Jabon Mekar terkenal sebagai surga pedesaan yang memesona. Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan keramahan penduduknya, desa ini telah menarik perhatian banyak orang dari berbagai penjuru.

    Rombongan kami disambut dengan senyum ramah Ibu Ruben, salah satu owner YIB yang kemudian memandu kami masuk ke dalam Rumah Pemberdayaan. Sepanjang jalan, terlihat ada beberapa budidaya, seperti tanaman hias, ternak ikan lele. Karena  sedang dibangun, maka sudut-sudut yang biasanya untuk mengolah sampah plastik dan perpustakaan mini, tak terlihat rapi.

    Setelah masuk ke dalam, baru terasa ruang belajar moderen dan apik, full AC. Di Rumah Pemberdayaan ini, memang telah berdiri kelas-kelas di lantai 2 dan di lantai dasar adalah untuk belajar digital dan media sosial.

    Sebagai informasi, YIB Jabon Mekar memang memberikan beberapa fasilitas belajar mengajar, sekaligus praktik baik menjadi UMKM loh. Ini terlihat dari beberapa produk yang telah mereka hasilkan.

    Bersyukur sekali, saat ini Bloggercrony Community berkolaborasi bersama YIB untuk skill upset  Pelatihan Literasi Digital seperti writing, public speaking, optimasi konten audio visual dan media sosial.


    Penasaran kaaan, teknik apa yang kudapat kali ini? Eits, tunggu dulu, kita kenalan dulu sama para BCC Squad dan Bloggercrony Community. Here we go.

Tentang Bloggercrony Community


    Bloggercrony Community (BCC) adalah komunitas blogger Indonesia, multiplatform. Berdiri pada 24 Februari 2015 dan berpusat di DKI Jakarta, dengan anggota terdaftar lebih dari 2.500 dari berbagai kota di Indonesia dengan lebih dari 450 blogger aktif berkomunikasi secara online melalui grup percakapan. 

    Organisasi sosial ini berbadan hukum terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI bernama resmi Komunitas Bloggercrony Indonesia sejak 2018. 

    Bloggercrony lahir merespons dinamika, perkembangan blogging dan pertumbuhan blogger sekaligus mewadahi dan memfasilitasi bloggers dalam mengembangkan kualitas diri (capacity building), bertumbuh dengan membangun jejaring (networking), dan berkegiatan khusus untuk blogger agar dapat memproduksi tulisan-tulisan yang informatif, bermanfaat,
dan inspiratif (blogging) bahkan membuat berdaya secara moral dan material (empowering) melalui sejumlah program. 

    Program BCC antara lain yaitu, BloggerView (kemitraan penulisan konten blog dan medsos), BloggerHangout (workshop gratis capacity building), BloggerCare (kegiatan sosial kerelawanan, kebencanaan, kepedulian sosial dan lingkungan), BloggerPreneur (kegiatan kewirausahaan blogger pelaku UMKM). 

Tentang Yayasan Indah Berbagi



    Yayasan Indah Berbagi adalah sebuah lembaga non profit yang berdiri pada 22 April 2018. Yayasan Indah berbagi berlokasi di desa Jabon Mekar, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor. 

    Dengan Visi lembaga sebagai Yayasan yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan, Yayasan Indah Berbagi memiliki tujuan kedepan untuk melahirkan sebuah ekosistem yang memberdayakan masyarakat pedesaan melalui program-program yang berperan di bidang Keagamaan, Sosial dan Budaya, Pendidikan, Ekonomi dan Lingkungan.

    YIB memiliki 4 program unggulan, yaitu :
  • program Anak Trampil Mandiri (ATM), 
  • Rumah Pemberdayaan, 
  • Sedekah 100 Sumur Bor Untuk Negeri, serta 
  • Sedekah Al-Qur’an, Iqra, dan Infaq Beras, Yayasan Indah Berbagi akan terus menebarkan kebaikan dan menyalurkan kebahagiaan-kebahagiaan kepada orang yang membutuhkan.
    Yayasan Indah Berbagi memiliki tujuan kedepan untuk melahirkan sebuah ekosistem yang memberdayakan masyarakat pedesaan. Yayasan berperan dalam memajukan dan memberdayakan masyarakat, mengadakan kegiatan pendidikan yang berkelanjutan, seminar keahlian dan juga pelatihan bahasa inggris, matematika, sains, teknologi yang diadakan secara rutin tiap pekannya.

Kegiatan ini terbuka untuk umum, dan dapat diakses oleh anak-anak mulai dari SD sampai SMA. Selain itu, yayasan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, mendirikan pusat kesehatan yang memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat, dan juga memberdayakan lingkungan dengan pengelolaan limbah dan sampah rumah tangga dengan melakukan daur ulang dan pembuatan kompos untuk tanaman.


    Selain program-program yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat, Yayasan Indah berbagi juga berperan aktf dalam pelestarian lngkungan, Yayasan Indah Berbagi memilik Greenhouse dan area pembudidayaan tanaman dengan teknik hidroponik. Lahan tersebut digunakan untuk melestarikan tanaman dan juga sebagai sarana peneltian dan pembelajaran.

    Yayasan Indah berbagi banyak berperan dalam menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah, dengan melakukan kegiatan pembersihan sampah secara rutin dan pengelolaan sampah menjadi berbagai jenis kerajinan dan perlengkapan dalam pembudidayaan tanaman hias.

    Yayasan Indah Berbagi Berjuang dalam setiap langkah dan tindakan dalam menghadapi Pencemaran Lingkungan dan juga Perubahan Iklim global, dengan memberikan berbagai edukasi kepada masyarakat dan juga turut berperan dalam program-program rutin Yayasan.

Kolaborasi Pelatihan Literasi Digital



    Seperti kusebutkan di awal, program BloggerCare kali ini, merupakan program kolaborasi BCC x YIB BloggerHangout ke-73 dengan tema Pelatihan Optimasi Konten Audio Visual Platform Digital.

    Sebagai BCC Squad, kami dapat membangun skill set literasi digital dan as a blogger tentu saja berkontribusi menjadi relawan YIB dengan mengikuti rangkaian Pelatihan Multidisiplin Ilmu sepanjang 2023-2024.

BELAJAR OPTIMASI KONTEN AUDIO DAN VISUAL


    Di era digital, istilah “Content is The King” semakin populer. Dan, the king of content, absolutely is a video! 

    Siapa setuju, angkat tangan!

    Yes, setiap harinya, kita banyak mendapat terpaan informasi berupa konten di internet. Dari konten bentuk visual, audio, maupun kombinasi konten audio-visual, tentu sudah akrab kita temui. 

    Tahukah kamu, siapa di balik para pembuat konten-konten tersebut? Sebagian besar mungkin hanya netizen, namun tak dapat disangkal, kegiatan Digital Marketing yang bisa menyampaikan informasi dan pesan kepada audiens dengan tepat adalah para Content Creator.

    Untuk itu, Akbar Muhibar, seorang Dosen Praktisi Multimedia & Fasilitator Literasi Digital Bloggercrony - yang juga dikenal sebagai content creator, berbagi teknik audio visual pada relawan YIB.

Apa yang dimaksud dengan Optimasi Konten Audio Visual?

Optimasi berarti : Memanfaatkan dengan lebih baik dari hal yang sudah ada sebelumnya, sehingga mendapatkan hasil yang ideal.

Jadi, optimasi konten audio visual berarti : 
Memanfaatkan konten audio visual yang sudah ada sebelumnya, dengan cara yang lebih baik, sehingga mendapatkan hasil yang ideal.


    Untuk memikat hati audiens, ada formula paten yang wajib diketahui para Content creator. Meski terdapat banyak variasi konten, semua mengarah pada tujuan utama yaitu : untuk mengonversi audiens menjadi konsumen.

    Walau waktu kami terbatas, namun ada beberapa poin penting yang aku catat, terkait konten audio sebagai media promosi. Audio merupakan konten yang berupa rekaman suara yang membahas berbagai topik dan dapat didengarkan oleh banyak orang.

    Dengan konten audio, audiens dapat mendengarkan konten kamu ketika mereka melakukan pekerjaan lain. Konten audio juga tidak akan menampilkan iklan yang bisa mengganggu calon klien ketika mendengarkannya. Untuk itu, Akbar berbagi tips tentang mengolah dan membuat konten audio.
  • Tentukan 1 topik yang ingin dibahas
  • Perhatikan durasi audio agar tempo bicara juga tepat
  • Gunakan teknik olah vokal  head voice, agar saat berbicara menarique dan tidak capek!
  • Perhatikan dimensi sudut pandang, karena beda sudut pandang akan menghasilkan konten yang berbeda!
  • Belajar membuat script berita
  • Presenting
  • Bagian konten yang dapat dimodifikasi untuk optimasi ( ini berlaku untuk video yang telah tayang di kanal Youtube)
    Dengan pembawaan Akbar yang ceria, ditambah beberapa teknik yang mindblowing, tak terasa kami sudah di penghujung acara. Makanan dan camilan mengalir, membuat suasana belajar mengajar seperti bermain. 

    Setelah menjalankan sholat ashar, kami diundang makan oleh Pak Ade di saung yang terletak di bawah bukit. Hmm... pecak ikan mas, tempe tahu, sayur, hingga sambal sudah tersedia! 

    Usai sudah kunjunganku ke Rumah Pemberdayaan YIB Jabon Mekar. Terimakasih banyak BCC dan YIB atas ilmu, sambutan dan jalan-jalan berkesannya. Thankyou so much for your hospitality. Semoga bisa berkunjung lain kali! Salaaam!



NGEEENG!

*foto diambil dari teman-teman blogger dan dokumentasi BCC

#BloggerHangout73
#BloggerHangout
#BloggerCare 
#BCCxYIB
#workshopgratis
#fasilitatorliterasidigital
#communitypartnership
#socialentrepreneurship 
#filantropiindonesia

24 komentar

  1. Informatif bangeet mbaaak makasih yaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terimakasih banyak BloggerCrony atas kesempatan yang diberikan. Senang bisa ikut dalam kegiatan BloggerHangout yang cetar kali ini

      Hapus
  2. Senangnyaaa ngumpul2 dapat ilmu begini. Sekarang aku baru mulai suka bikin konten video. Termasuk telat yaa dibandingkan emak-emak lainnya. Tapi nggak apa-apa deh heheh. Mudah2an suatu hari dapat juga pelatihan kayak Mak Neng, biar bagusan gitu video-video akuuh yg sekarang masih amatiran bangeeet.

    BalasHapus
  3. Seru nih belajar bersama apalagi tempatnya juga asik yah, jumpa teman2 blogger itu juga carging buat semangat kita ngeblog kan yah, ngonten juga dapat, hehehe

    BalasHapus
  4. Masyaallah penting banget nih ilmunya sekarang mau ga mau emang blogger harus bisa ya bikin konten video yg oke. Kumpul2 yg sangat berfaedah ya

    BalasHapus
  5. Iya ya, sekarang content digital marketing banyak beralih ke video. Saya mah masih aja di blog hehehe...Yah namanya juga perubahan zaman ya Mbak Neng, kudu wajib diikuti kalau gak mau terlindas. Nah agar lebih efektif, emang harus belajar optimasi konten suara dan visualnya nih. Biar maksud kita dijangkau lebih banyak audiens, jadi gak csia-sialah konten yang sudah dibuat susah payah itu

    BalasHapus
  6. Sekarang blogger harus serba bisa. Ga hanya bisa menulis saja tapi dibutuhkan juga keterampilan editing foto, bikin video termasuk editing nya, dan dunia seo serta analitik. Paket lengkap yang tidak mudah dimiliki tapi jika serius bisa kita pelajari ya

    BalasHapus
  7. Saya sebetulnya gak pede kalau membuat konten video yang ada voice over. Tapi, pelan-pelan berusaha belajar. Masih cukup nyaman bila bikin konten untuk YouTube karena gak ada batasan waktu. Nah, suka kelihatan ngebut ngomongnya kalau untuk IG. Masih belum terbiasa untuk tenang dengan durasi video yang pendek :D

    BalasHapus
  8. Seru banget ini mak Tanti acara bareng BCC, jadi selain belajaar bikin konten juga bisa mengenal Yayasan Indah Berbagi ya. Di jaman sekarang tuh kita memang harus mengusai skill digital, biar gak ketinggalan juga. Apalagi kalau kita tidak mau tergeser ya mak.

    BalasHapus
  9. Acaranya kereen dan seruu bunda tanti, itung-itung jalan jalan dapat ilmu maak....maakasih dapat cipratan ilmu tentang konten audio visual

    BalasHapus
  10. Wah seru kali mba Tanti jadi tambah pinter mesti bikin konten abis ini. emang penting banget buat selalu upgrade ilmu aku jadi malu dah lama ga belajar-belajar apa-apa lagi

    BalasHapus
  11. Iya juga ya, the king of content is a video. Sekarang ini, video lebih menarik daripada tulisan ya, Tante.. Cuma nih, Arin tu belum jago bikin video. Huhu..

    BalasHapus
  12. Seru banget ya acaranya. Biasanya training online sekarang online jadi bisa lebih kebayang dan nanya langsung. Saya juga baru belajar nih bikin konten video, ngeditnya yang kadang lumayan lama. Bisa karena terbiasa, memang harus sering dilatih sih biar lebih expert.

    BalasHapus
  13. wah menyenangkan sekali mba bisa belajar bersama untuk mengoptimasi konten audio, yes i agree content is a king

    BalasHapus
  14. Keren nih materi BloggerHangout ke-73 Bloggercrony bersama Yayasan Indah Berbagi . Pelatihan bertajuk 'Optimasi Konten Audio Visual Platform Digital' pas banget diadakan seiring tumbuh pesatnya konten audio visual saat ini

    BalasHapus
  15. Wah jadi keinget lama gak ikutan blogger hangout, apalagi bisa mendapat kesempatan pelatihan ttg konten khususnya audio dan visual gtu trus jadi tahu tentang yayasan YIB. Iya zaman sekarang makin banyak org terbiasa bikin video lalu upload trus viral. Jd kadang malah gk sengaja jd pemasaran digital tak langsjng. Aplagi kalau nurni pengalaman pribadi yaa.ujung2nya malah jd kesempatan buat jd konten kreator hehe.

    BalasHapus
  16. Aahh seru banget sih BloggerHangout ke-73 Bloggercrony, apalagi dengan tema Optimasi Konten Audio Visual Platform Digital oleh fasilitator kereeen beut.
    Mauu ikutan juga atulaah, tapi makasih juga sharingnya Makneng , aku turut ikut serta juga niih .

    BalasHapus
  17. super banget deh ya blogger bisa semakin kece nih dengan kolaborasi, apalagi Yayasan Indah Berbagi pasti memerlukan konten untuk mengenalkan kegiatannya. Mantap deh Blogger Crony

    BalasHapus
  18. Seruuuu banget mbak bisa scale up ilmu dan belajar bareng-bareng blogger lainnya. Makasih juga udah sharing ilmunya di blog untuk kami yang ga bisa ikutan. Semoga berjodoh di acara Blogger Crony selanjutnya

    BalasHapus
  19. Bersyukur sekali loh dapat ilmu sekaligus ngumpul untuk memperpanjang silaturahmi. Saya pun lagi belajar bikin video, tapi belum percaya diri pakai suara sendiri, soalnya suaraku cempreng hahaha. Kalau ada pelatihan begini di Makassar, saya pastikan akan ikut.

    BalasHapus
  20. Bagus banget nih temanya. Pengen ikutan juga tapi lagi sibuk-sibuknya urusan wisuda anak. Makasih sharingnya ya Mak Tanti yang selalu bersemangat.

    BalasHapus
  21. Salfok sama tempatnya yang asik sampai nyeker gitu ngasih penjelasannya, ahaha. Seru ya acaranya, bisa terus belajar ilmu baru tentang perkontenan :D

    BalasHapus
  22. seru sekali acaranya mak, sambil belajar optimasi konten bisa sekalian jalan-jalan dan lihat-lihat pohon jabon

    BalasHapus
  23. Belajar di tempat yang menyenangkan bersama tutor yang handal ini emang top banget. Aku jadi ikut belajar nih Mak neng. Lihat foto fotonya seru banget ya. Suasananya juga mendukung banget nih

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)