MENGAPA PERIKSA GIGI KE THE SMILE DENTAL CLINIC?

 

    "Ngiing... ngiiiing...!" suara itu terhenti. Sejurus kemudian, suara drg. Kezia terdengar, "Ya, silakan kumur Ibu," Aku membuka mata. Ah, kupikir akan horor, eh ternyata tahu-tahu sudah kelar! Aku menurut, dan dibantu suster, aku berkumur. Ah, segar sekali rasanya!

    Ya, hari ini aku menjalani perawatan spa gigi, yaitu scaling dan dilanjutkan dengan polishing gigi. Sudah lama aku tak melakukan scaling, terakhir hampir 1,5 tahun lalu! Padahal, jelas sekali di kala konsultasi bersama dokter gigi yang cantik ini, beliau menyarankan agar aku memeriksa gigiku setiap 6 (enam) bulan sekali!

The Smile, Aesthetic & Orthodontic Dental Clinic BSD


    Menemukan klinik gigi di seputar Gading Serpong hingga BSD sebenarnya tak susah saat ini. Namun, ketemu dengan Klinik Dokter Gigi yang tetap buka hari Minggu, naaah... memang susah! Makanya senang sekali ketika tahu ada  The Smile Orthodontic and Aesthetic Dental Clinic BSD yang tetap buka di hari Minggu.

    Tentu saja, dibantu oleh google map andalan, aku menemukan lokasi klinik sekaligus review-nya. Lokasi The Smile BSD terletak di Jalan Jl. Letnan Soetopo, Ruko Golden Madrid 2 Blok F no. 05, Rawa Mekar Jaya, BSD, Tangerang Selatan. Jika dilihat, review klinik ini pun bagus, rata-rata bintang lima, soalnya kalau bintang tujuh itu obat sakit kepala!

    Karena berada di tepi jalan, persis sebelum masuk menuju pintu tol menuju Pondok Aren dan Jakarta, maka aku tak menemukan kesulitan saat mencarinya. Persis di seberang Pasar Moderen BSD, jadi pulangnya bisa mampir jajan *eeeh...

Perawatan Gigi Nyaman di The Smile BSD


    Reservasi adalah hal paling penting di Klinik gigi The Smile BSD. Kenapa? 
Karena, kita bisa menceritakan keluhan kita terlebih dahulu, sehingga saat tiba di sana, akan diberikan penanganan sesuai yang kita inginkan.

Cara reservasi Klinik Gigi The Smile ?

    Kita tinggal mengirimkan pesan ke Whatsapp The Smile BSD di nomor 0877-1200-0300.

Step by Step Perawatan Gigi


    Sebelum perawatan, maka kita harus mengganti sandal supaya tetap steril dan bersih. Setelah itu, perawat membantu menggunakan APD. APD yang diberikan di The Smile Dental Clinic ini gratis, ya gaes..

    Setelah itu, aku naik ke lantai 2, dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, walau tak terlalu lama, karena memang tak ada keluhan berarti di gigiku. Aku penasaran aja, bagaimana sih, perawatan gigi yang diberi tagline Dental Spa ini. 
    Jadi, dental spa adalah salah satu perawatan gigi dan gusi yang bertujuan untuk menghilangkan karang dan noda gigi seperti warna gigi yang kuning atau coklat. Dental Spa di the Smile BSD terdiri dari Scaling dan Polish Gigi.

Scaling di Klinik Gigi The Smile BSD

    Ruang tindakan The Smile sangat nyaman, tersedia sofa buat keluarga, dan sangat luas. Drg. Kezia terlihat sangat ramah, dan banyak bertanya tentang perawatan gigi yang selama ini sudah pernah kujalani.

Apa Itu Polishing Gigi?

Pemolesan atau polishing gigi adalah sebuah metode pembersihan yang dilakukan dokter untuk menjaga kesehatan gigi.

Biasanya polishing gigi adalah sebuah perawatan yang dilakukan sebagai tahap penyelesaian dari scaling maupun bleaching.

Tujuan dilakukannya polishing gigi adalah untuk menghilangkan noda di permukaan, baik setelah perawatan seperti scaling, bleaching, hingga operasi.

Di samping itu, polishing gigi adalah perawatan yang dapat membuat kamu tampil lebih percaya diri. Sebab, metode ini membantu mengeluarkan kilau alami dari gigimu.

    Drg. Kezia bercerita sedikit, bahwa tak seperti klinik gigi lain, The Smile memang dirancang estetik dan tak seperti klinik gigi biasa. Hal ini karena orang cenderung takut melakukan perawatan gigi. 

    Sedangkan untuk spa gigi, sebenarnya sama saja dengan perawatan gigi konvensional. Spa gigi bertujuan untuk pencegahan, pemeliharaan, dan perawatan kesehatan gigi. Beberapa tindakan prosedur dental spa dapat berupa menghilangkan atau membuang biofilm, menghilangkan noda, membersihkan karang gigi, restorasi gigi, dan implan gigi.

    Dental spa juga tak hanya berkutat pada gigi semata, tetapi juga pemeriksaan gusi. Apabila ditemukan masalah pada gusi, maka dokter juga akan melakukan perawatan khusus pada area tersebut.

Perbedaan Scaling dan Polishing Gigi?

Dikatakan drg. Kezia, polishing gigi hanya bisa membersihkan plak, sisa makanan, dan noda gigi saja.
“Sementara itu, scaling gigi bermanfaat untuk menghilangkan karang gigi dan stain noda yang sudah lama menumpuk,” jelasnya.
Perbedaan lainnya, yaitu proses scaling pasien mungkin akan merasakan nyeri ringan. Tidak jarang, prosedur scaling gigi juga menyebabkan gusi sedikit berdarah.

Lain halnya dengan polishing gigi, yang tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali. Melansir WebMD, polishing dan scaling berjalan beriringan sekalipun tujuan dari prosedur tersebut berbeda.

Manfaat Spa Gigi

    Lebih jauh lagi, dokter gigi yang cantik dan ramah ini menerangkan, manfaat spa gigi lebih detail. Nih catatanku :
  • Membersihkan gigi dari berbagai kotoran sekaligus karang gigi yang kehadirannya kerap tidak disadari.⠀
  • Merawat sekaligus menjaga kesehatan gigi.
  • Menjaga enamel gigi agar tidak terkikis oleh banyaknya jenis makanan dan minuman yang dapat merusak enamel gigi tersebut.
  • Meningkatkan keindahan atau estetika gigi, sehingga seseorang bisa lebih percaya diri.
  • Mendeteksi gigi berlubang sedari dini, sehingga risiko masalah kesehatan mulut akibat gigi berlubang dapat diminimalkan.

    Dari obrolan santai kami, memang terasa bahwa dental spa membuat pasien lebih santai, aku tidak membayangkan gigiku akan "diodol-odol" tapi  malah membayangkan gigiku seolah sedang masuk salon!

    Dan terbukti, risiko cedera jadi lebih kecil karena aku sangat santai, sehingga dokter lebih mudah menangani. Tentu saja, aku tak bohong bahwa ada bagian gusiku yang ngilu, hal itu karena sudah menipis sekali, dan letaknya jauh di belakang. Aku cukup mengangkat tangan jika terasa sangat ngilu dan tak tertahankan.

Daftar asuransi yang bekerja sama dengan The Smile:

1. Owlexa healthcare
2. BNI Life Insurance
3. Medika Plaza
4. Halodoc
5. Admedika
6. Fullerton

Harga Perawatan

    Harga perawatan gigi di The Smile Orthodontic and Aesthetic Dental Clinic BSD menurutku sangat kompetitif.

    Untuk perawatan seperti dental spa, yaitu scaling dan polishing dibanderol seharga 800.000, itu sudah termasuk konsultasi dengan dokter. Tentu saja, harga ini bervariasi, tergantung tingkat kesulitannya.

Oya kalian juga bisa cek ada program kesehatan gigi apa saja di instagram The Smile @thesmile.dental 

Untuk pemasangan behel (dental or orthodontic braces) juga sedang ada promo loh, coba cek berkala di instagamnya yaaa!

Jam Operasional

The Smile Dental Clinic BSD buka setiap hari dari jam 10.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB, sementara untuk hari Minggu jam operasional berakhir pukul 15.00 WIB. 

Dokter gigi yang bertugas sekitar 13 dokter gigi, baik dokter gigi dan ortodontis.

Nah itu dia pengalamanku yang (sangat) menyenangkan di The Smile Dental Clinic BSD. Coba lihat, senyumku lebar banget kaaan!



19 komentar

  1. Bisa pasang behel juga gak ya mba di smile dental ini? Aku juga tertarik dengan spa gigi, jadi bisa meminimalisir keluhan yang ada pada gigi kalau sudah terdeteksi lebih awal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok mbak, tarifnya juga bersahabat, sama kayak klinik lain


      Hapus
  2. ih mba akutuh mau pasang behel lagi hahahah gapapa lah ya usia segini pasang behel, supaya giginya makin rapi dan kalo senyum cakep kitu hehehe

    BalasHapus
  3. Kalo lagi sakit gigi atau perawatan, di bawa dan di rawat ke tempat kayak gini aku rasa semakin nyaman dan membantu mempercepat penyembuhan yah kan Mba

    BalasHapus
  4. Abis perawatan gigi di The Smile Dental Clinic BSD, lanjut cuci mata dan belanja, senyumnya bakal makin lebar nih.

    Iya, selama ini kalau dengar kata "klinik gigi" tuh udah keder duluan, tapi kalau dental spa jadi mengundang rasa penasaran untuk datang.

    BalasHapus
  5. Kliniknya cakep amaatt. Tapi berhubung namanya dental spa, dia jadi gak bisa melakukan tindakan kayak cabut gigi gitu kah? Atau pasang kawat gigi gitu? Jadi fokusnya memang untuk estetika gigi dan merawat gigi supaya tetap sehat yaa?

    BalasHapus
  6. Gigi nih komponen tubuh yg sering dianggap sepele.
    padahal urgent dan vital bgt ya.
    alhamdulillah ada rekomendasi klinik yg sip

    keren bgt ini yah

    BalasHapus
  7. Bulan ini juga jadwalku buat ke dokter gigi nih mba. Udah lebih dari 6 bulan sih, hihi
    Makasih rekomendasi dental kliniknya mba, cakeep kliniknyaa

    BalasHapus
  8. sudah lama nggak scaling diriku mba Tan,pasti segerluar biasa habis masukke dental ya. Makin percaya diri juga jadinya ya mba

    BalasHapus
  9. Wah, pantesan Tante Tanti murah senyum, pasti karena habis perawatan gigi di The Smile nih. Hihi...

    Btw, perawatan gigi tu banyak disepelekan ya, Tante.. Padahal, kalau udah sakit, biaya pengobatannya bisa sangat mahal.

    BalasHapus
  10. Waahhh ada spa gigi juga. Hmmm kapan ya aku terakhir scaling? Kayanya tahun lalu juga. The Smile BSD kayanya homey yaa. Sampe dapet APD juga lhooo. Keren amat. Jayanya aku juga butuh dental spa nih. Emang harusnya control gini minimal 6 bulan sekali yah mba.

    BalasHapus
  11. Senyum ceria kak Tantii...
    Rasanya memang perawatan gigi dengan teknologi terbaru seperti yang dilakukan The Smile Dental ini penting banget. Mengingat kondisi gigi dengan perawatan terbaik akan memberikan dampak percaya menambah kepercayaan diri seseorang.

    Apalagi bisa dibantu oleh asuransi.
    Kuylaa~

    BalasHapus
  12. Biasanya spa buat badan ya mba, dan kalau ga mampir ke artikel mba Tanti, aku ga tahu kalau ternyata ada yang namanya Spa Gigi! Keren banget inovasinya ya. Gimanapun juga gigi itu aset, harus dijaga agar sehat hingga kita lansia.

    BalasHapus
  13. Wah ternyata juga ada ya spa untuk klinik dental ini, sangat menarik

    BalasHapus
  14. Banyak banget nih ya kak manfaat ketika pergi ke spa gigi

    BalasHapus
  15. Memang sangat penting nih ya kak untuk pergi ke klinik gigi demi kesehatan gigi

    BalasHapus
  16. Lumayan juga nih ya kak harga untuk melakukan spa periksa gigi ini

    BalasHapus
  17. Jam bukanya lumayan lama nih ya kak, jadi bisa pergi ke sana jam berapa aja

    BalasHapus
  18. biar senyumnya secarah senyumnya mba tantiiiii aku juga perlu ini ke dokter gigi huhuhu bolongnya mengganggu banget apalagi usia makin umur huhu

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)