Tuesday, March 25, 2014

MENGENAL GENRE MUSIK METAL DAN PERKEMBANGANNYA


Gara-gara menonton Indonesian Idol, dimana salah satu vokalisnya adalah Husein Alatas, yang kemaren menyanyikan lagu Skyfall.. ooh no! Rasanya aku pengen deh balik lagi ke masa agak mudaan gitu, trus.. duduk manis paling depan nonton Husein yang suara dan matanya sexxxyyy ituuu....haiisss.. nyebuuut Neeeng...nyebuuut

And, ujung-ujungnya aku jadi tertarik ingin tahu tentang genre musik di dunia, terutama METAL! 
             Take a look at Husein when growling and screaming...
Genre musik 
Genre adalah istilah serapan untuk ragam atau pembagian suatu bentuk seni atau tutur tertentu menurut kriteria yang sesuai untuk bentuk tersebut.

Jika kita kaitkan dengan pengelompokan musik, maka yang dimaksud adalah kemiripan musiknya satu sama lain. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik.

Beberapa Jenis Musik
Garis besarnya saja ya.. ada beragam jenis musik di dunia.
  • Musik klasik
  • Musik populer
  • Jazz (penggabungan blues, ragtime dan musik Eropa, terutama musik band. Beberapa subgenre jazz adalah dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, dan CafJazz.)
  • Gospel -- subgenrenya adalah contemporary gospel dan urban contemporary gospel.
  • Rock n Roll fusion atau gabungan dari Rock, Jazz, dan Gospel. 
  • Blues berasal dari masyarakat Afro-Amerika yang berkembang dari musik Afrika barat. Jenis ini kemudian memengaruhi banyak genre musik pop saat ini, termasuk ragtime, jazz, big band, rhythm and blues, rock and roll, country, dan musik pop.
  • Rhythm and blues 
  • Funk aliran musik yang mengandung unsur musik tarian Afrika-Amerika.
  • Rock berkembang menjadi psychedelic rock, kemudian menjadi progressive rock. Lalu menjadi hard rock, dan kemudian menjadi heavy metal
  • Ska, Reggae, Dub
    Dari perpaduan musik R&B
  • Hip hop / Rap / Rapcore
    Musik hip hop dapat dianggap sebagai subgenre R&B  
  • Pop
    Musik pop adalah genre umum yang batasnya kabur
  • Latin
    Musik latin ini memiliki subgenre Samba  
    Country
    Musik tradisional country dipengaruhi oleh blues
  • Dangdut
    Salah satu dari genre seni musik Indonesia yang mengandung unsur-unsur musik Hindustan atau India klasik
Now, Let's Talk About Heavy Metal! 
Metal yaitu aliran musik yang lebih keras dibandingkan dengan Rock walau terdapat juga band metal yang memiliki lagu dengan nyanyian yang terkesan slow. 
Ini aksi panggung rocker umumnya
Rock sendiri sudah mulai terdengar sejak akhir tahun 1950-an. Bunyi khasnya adalah gitar listrik atau gitar akustik, dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum, dan kibor seperti organ, piano atau sejak 70-an, synthesizer.

Hayoo.. ada yang tau gak, ini Band apa?
Di awal tahun 1980-an ini berkembang banyak genre alternatif musik rock, dari band underground. Disebut alternatif, yaa karena memang untuk mendeskripsikan beberapa jenis aliran yang kemudian timbul. Kalau kita ingat, saat itu ada band Nirvana yang terkenal. Band ini nge-blend musik heavy metal dan post-punk.

Oya, indie rock, grunge, gothic rock dan college rock antara lain adalah beberapa nama aliran rock ini.  Berkembang menjadi hardcore, thrash metal, glam metal, death metal, black metal dan grindcore. Ada pula british rock serta underground.

Kenapa tahun 1980 menjadi tahun kebangkitan musik punk dan heavy metal?

ini opini saya sendiri loh, kebenarannya belum terbukti hingga saat ini hihihi.. kalau melihat dari sejarahnya sih, musik ini satu pemberontakan terhadap sistem saat itu. Kan sebelumnya yang terkenal musik rock n roll yang 'pola'nya hampir sama dan monoton, tuh.. nah musik ini tampil dengan teriakan-teriakan dan gaya berpakaian yang merombak total sistem keteraturan!

Nama Heavy metal digagas oleh band Hard rock tahun 1960'an, Steppenwolf, dalam lagu mereka yang berjudul Born To Be Wild (terdapat di baris kedua bait kedua). "I like smoke and lightning Heavy metal thunder Racin' with the wind And the feelin' that I'm under"

Istilah tersebut belum dipakai secara tepat hingga pada tahun 1970, ketika Black Sabbath merilis debut album mereka yang berjudul "Black Sabbath". 

Dari tahun 1960-an atau bisa disebut masa Blues rock dengan contoh band seperti Led Zeppelin, AC/DC. Classic metal disekitar 60'an sampai 70'an atau disebut dengan masa Classic rock dengan contoh band seperti Black Sabbath, Blue Oyster Cult, Deep Purple, Alice Cooper. Permainan musik Classic metal dikendalikan oleh riff yang lebih bersifat Blues.

Terlepas dari lidah saya jadi belibet karena banyaknya genre dan sub-genre musik -yang notabene buat saya semua dinyanyikan oleh rocker, dan selalu mengangkat tangan kayak gini:
Ini identik dengan musik rock dan heavy metal
(eeh.. konon kabarnya ini lambang satanisme.. hiiy.. klik aja linknya itu!) .. sometimes I enjoy the music without hard feeling. Duduk manis nonton Husein lagi aah di youtube ^^. Klik.

Sumber : dari berbagai sumber  

8 comments:

  1. dulu saya suka banget sama musik Rock. Tapi, kl sekarang dengernya pusing hihi

    ReplyDelete
  2. Ehh.. tapii Husein pengecualian deh, kali ini mak Chi ^^... pe er numpuk nih maaak.. malah bikin posting kaga jelas begini >_< thx yaa

    ReplyDelete
  3. Wuih, cadas tulisannya :)
    Sekarang saya jarang nonton indonesian idol, kelamaan durasinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha... di tengah-tengah pekerjaan review yang membadai malh bikin tulisan ini mbak Indah :D

      Delete
  4. entah kenapa saya tidak bisa suka sama musik metal, mak.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak Damae, tapi begitu melihat Husein bernyanyi... rasanya mak jleb gituuuu

      Delete
  5. Hmm.. ini sih bkn suka musiknya. Tapi jatuh cinta ama huseinnya haha

    ReplyDelete
  6. Kalau mau tau EMO, Screamo, dan Post Hardcore itu sub genre dari apa?

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^