KEKUATAN YANG BAIK, BERASAL DARI INNER STRENGTH BERSAMA BISKUAT ACADEMY 2022


"Dulu, mimpi kami kecil. Tendangan kami pendek. 
Seperti gang sempit di kampung kami. 

Hingga satu hari, dia datang. Saat tempat bermain kami menyempit, dia membawa kami ke lapangan yang lebih besar. 

Saat cita-cita kami mengecil, dia menunjukkan cita-cita kami bisa lebih tinggi. Bahkan saat kami hampir kehilangan harapan, dia percaya untuk kami selalu ada jalan!

Kami jadi punya mimpi besar di masa depan, dan kami jadi percaya
di dalam diri kami ada kekuatan. Agar kami bisa menendang lebih jauh, dalam pertandingan yang lebih besar."


Tepuk tangan membahana di teras rumah Wafi sore itu. Wajah empat  bocah laki-laki itu terlihat sumringah. Ya, mereka baru saja mendengar tayangan tentang Biskuat Academy dari satu-satunya hape android milik kakak Wafi. 

Keempatnya baru saja bermain sepak bola di sepetak tanah beraspal di samping RPTRA. Tanah yang disediakan oleh Pemda itu, tentu saja tak menampung kebutuhan bermain anak-anak untuk olahraga sepak bola. Sesekali 
Wafi, Dido, Dimas dan Daffa harus puas bermain hingga ke jalan raya, dan tentu saja jauh dari kata aman.

Sumber : Tempo.co.id


Keempat anak laki-laki ini, representasi potret marginal kehidupan di perkotaan. Mereka merindukan bermain sepak bola di tanah lapang, yang sekarang jumlahnya sangat langka di kota-kota besar. 

Boro-boro bicara tentang hak anak dalam Pasal 32 dalam Konvensi Hak-hak Anak, yang menyatakan bahwa anak-anak mempunyai hak untuk beristirahat, bermain dan turut serta dalam kegiatan- kegiatan rekreasi yang sesuai dengan usia anak (Storer, 1994). Pada kenyataannya, bermain adalah sebuah kata yang bahkan sulit terwujud di keluarga tidak mampu,  yang memiliki hunian dengan fasilitas umum lahan bermain terbatas.

Sepak Bola, Surga Tersendiri Yang Diciptakan Dunia

Anak-anak suka bermain sepak bola,
karena bisa membuatnya terus bergerak, berlari, dan menendang!


Untuk sebagian anak-anak, lapangan hijau adalah tempat mereka mengaktualisasi diri. Selain itu, dilansir dari jurnal kesehatan Pusat Jurnal Ilmiah Universitas Medan Area, salah satu olahraga terpopuler di dunia, sepak bola, memiliki enam alasan untuk pantas menjadi aktivitas fisik utama bagi anak-anak demi meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh mereka. 

Sepak bola adalah olahraga yang merakyat. Kebetulan, Indonesia sendiri merupakan negara yang sangat mencintai sepak bola. Bahkan, kita sering menjumpai suporter fanatik, baik itu fans timnas Indonesia, atau fans klub liga-liga lokal seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, dan lain-lain.


6 Alasan Mengapa Sepak Bola Adalah Aktivitas Fisik Yang Disukai Anak-anak

Tak terkecuali anak-anakku di rumah, dilansir dari laman portal berita olahraga Sempre Inter, ada enam alasan kenapa sepak bola adalah olahraga yang sangat cocok untuk menjadi salah satu aktivitas fisik utama anak-anak, khususnya anak laki-laki.


1. Murah 

Sepak bola bisa dilakukan hanya dengan membeli bola sepak. Tidak perlu membeli sepatu khusus atau seragam klub, setiap anak sudah mampu bermain sepak bola, entah itu menggiring atau menimang bola. Kalau ingin lebih lengkap, anak bisa membeli sepatu bola dan kaus kakinya. 


2. Mudah 

Setiap anak bisa bermain sepak bola tanpa teman, artinya sendirian. Sepak bola adalah olahraga yang sangat mudah dan tidak perlu membutuhkan banyak syarat untuk memainkannya. Bahkan, anak-anak bisa bermain sendiri di dalam rumah mereka jika ruangannya cukup lebar. 

3. Fisik jadi terlatih

 Sepak bola adalah olahraga yang membutuhkan pemainnya untuk berlari. Bahkan, seorang kiper pun juga harus menjalani latihan lari untuk bisa tampil gemilang. Sehingga, olahraga ini sangat melatih kekuatan fisik, khususnya otot kaki. 


4. Melatih kerjasama 

Sepak bola adalah olahraga yang melatih kerjasama antar pemain. Gol tidak akan tercipta jika semua pemain hanya memikirkan dirinya sendiri. Sehingga, anak-anak bisa berlatih sepak bola dengan saling mengumpan bola demi mencetak gol ke gawang lawan. 


5. Siapapun bisa bermain 

Sepak bola bukan olahraga untuk golongan tertentu saja. Setiap anak dari tingkat ekonomi apapun bisa bermain sepak bola asalkan memiliki bolanya. Bahkan, banyak penyandang disabilitas (kekurangan fisik) yang ternyata mampu bermain bola dengan sangat baik.

6. Berpotensi jadi megabintang 

Banyak pemain yang sukses menjadi megabintang di dunia sepak bola hanya karena mereka sudah berlatih sejak kecil, seperti Zlatan Ibrahimovic. Karena, berlatih sejak dini akan membuat otot dan tulang kaki menjadi kuat. Sehingga, anak-anak akan tumbuh menjadi sosok yang pantas bermain sepak bola.

Biskuat Academy, Menjadi Fasilitator Impian Anak-anak


Roda kehidupan akan berputar, karena memang kehidupan itu sendiri adalah roda yang selalu berputar. Maka, bergeraklah selaksa air.
Aku suka sekali dengan peribahasa itu. Tampaknya, peribahasa ini menjadi pemantik dan penyemangat, terutama untuk semua anak di dunia. Sudah terbukti, bahwa tak semua manusia nasibnya akan selalu berada di bawah. Semesta memberikan bukti, banyak sekali para pesepak bola dunia yang merangkak dari kehidupan yang miskin. Mereka yang awalnya miskin, kini punya kehidupan yang berbalik 180 derajat.

Pesan semesta yang kuat inilah yang kemudian ditangkap oleh jenama biskuit Biskuat, sebuah brand yang dimiliki oleh perusahaan Mondelēz International yaitu perusahaan makanan dan minuman yang berkantor pusat di Northfield, Chicago, Illinois, Amerika Serikat.

Mereka percaya bahwa setiap anak memiliki kekuatan baik dari dalam yang penting untuk perkembangan masa depannya. Tugas orang tua untuk mendukung hal terbaik dalam diri anak di masa pertumbuhannya. Biskuat mengajak orang tua Indonesia untuk menciptakan #GenerasiTiger, generasi yang memiliki karakter Tangguh, baik hati, pemberani, dan percaya diri.
Itu sebabnya, aku lebih suka menyematkan fasilitator pada Biskuat Academy, yang dengan berani memberikan wadah untuk mengembangkan skill pada anak-anak, mendukung potensi dan bakat mereka.


Selayang Pandang Tentang Biskuat Academy

Biskuat Academy adalah serangkaian acara tahunan dari Biskuat untuk memberikan pembelajaran olahraga bagi anak Indonesia yang bertujuan mengembangkan tidak hanya kekuatan fisik tetapi juga kekuatan baik dari dalam untuk menciptakan #GenerasiTiger Indonesia.

Tak hanya itu, guna memberikan wadah yang menginspirasi anak Indonesia dalam mengembangkan kekuatan baik dari dalam, Biskuat kembali menyelenggarakan Biskuat Academy 2021 bertajuk “Menjadi #GenerasiTiger di Biskuat Academy” agar dapat menjadi Generasi Tiger Indonesia sekaligus mengembangkan skill yang dibutuhkan untuk menjadi pemain sepak bola handal. 

Dilansir dari beberapa media online, Andhika Lestari selaku Brand Manager Biskuat menjelaskan, salah satu cara untuk menciptakan Generasi Tiger Indonesia yang berkarakter kuat dan positif adalah melalui pengembangan potensi anak dalam bidang olahraga, contohnya olahraga sepak bola. 

Sebagai sebuah program yang berkelanjutan, Program Biskuat Academy 2021 percaya melalui olahraga sepak bola, anak dapat mengembangkan berbagai karakter kuat dan positif saat berinteraksi dengan orang lain ataupun sendiri, seperti bekerja sama, tangguh, disiplin, dan saling menghargai.

Tak berhenti hingga di situ, Biskuat Academy yang telah berdiri sejak tahun 2019 untuk menciptakan kekuatan karakter pada setiap anak, mendapat dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dan pada tahun 2021, dukungan yang lebih besar datang dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Tak dinafikan, program Biskuat Academy 2021 telah menjadi inspirasi bagi anak Indonesia untuk mengembangkan kekuatan baik dari dalam sekaligus skill yang dibutuhkan untuk menjadi pemain sepak bola handal!

Sejarah Biskuat, Tak Kenal Maka Tak Sayang



Biskuat adalah merek biskuit yang dipasarkan oleh Mondelēz Indonesia. Merek ini juga dikenal sebagai Tiger di negara-negara Asia Tenggara selain Indonesia. Target konsumen terbesar yang mengonsumsi Biskuat adalah anak-anak usia 5-11 tahun. 

Seluruh produk Biskuat diperkaya 9 vitamin dan 6 mineral. Varian pertama Biskuat, yaitu Biskuat Energi, diluncurkan pada tahun 1999 oleh Danone Biscuits Indonesia. Merek ini diakuisisi oleh Kraft Foods pada tahun 2008.


Apa Saja Kegiatan Biskuat Academy?

  • Di tahun 2019, sebelum Covid-19 datang, kegiatan yang diadakan adalah lomba Sepak Bola, Latihan Bersama Pemain Nasional diadakan secara luring.

  • Di tahun 2020-hingga saat ini, kegiatan Sekolah Bola Online, Press Conference, 3 Bintang Garuda sebagai Ambassador. Sekolah Bola Online, School visitation, Latihan bersama Evan Dimas .

  • Terakhir di tahun 2022, ada Sekolah Bola Online, Workshop Guru Olahraga, School Visitation: Grand Prize: Win International Soccer Stadium Tour.

Biskuat Academy juga memberikan apresiasi kepada para coach yang telah memberikan dukungan penuh untuk melatih anak-anak menjadi pesepakbola handal. Dua coach yang sangat berjasa adalah Coach Timo Scheunemann dan Coach Aji.

Biskuat Academy juga menghadirkan inisiatif terbaru untuk pengembangan kompetensi guru Penjasorkes di seluruh Indonesia.

Peserta dari Biskuat academy dari 2019 hingga 2022 mulai 9.6K peserta hingga 50K peserta.

Yuk, Kita Nonton Bersama Video Singkat yang Menginspirasi Wafi dkk

Setiap anak, tak terkecuali memiliki impian. 

Walau tak setiap anak memiliki orangtua yang mendukung, Biskuat Academy berusaha menebar pesan positif yang mereka unggah melalui sebuah video singkat di beberapa media sosial.

Hal ini diharapkan akan dapat menginspirasi orangtua untuk bisa melihat potensi anak dan merealisasikannya lewat Biskuat Academy 2022.


Keuntungan Anak mengikuti Biskuat Academy 2022

1. Belajar Teknik sepakbola dari pelatih bersertifikasi UEFA A
2. Belajar langsung dari pemain nasional Indonesia
3. Menangkan Tour ke Stadion di Eropa dan ratusan hadiah lainnya
4. E-Certificate untuk seluruh peserta dan sertifikat fisik yang ditandatangani oleh Kemendikbud dan Kemenpora untuk finalis.

Cara mengikuti Biskuat Academy 2022


Mengembangkan potensi anak dalam bidang sepakbola dengan cara belajar di Biskuat Academy 2022 adalah pilihan dan pengalaman berharga bagi putra Bapak-ibu sekalian.

Jangan lewatkan kesempatan emas ini karena anak Anda akan mendapatkan pengembangan dan pelatihan bersertifikat dari UEFA coach Timo Scheunemann dan coach Aji,Pelatih inspiratif sebagai pelatih pembentuk watak putra Bapak/ibu sekalian.

Berikut adalah caranya untuk mendaftar


1. Beli Jumbo Biskuat : 1 pcs
Beli B 5000 : 1 pcs
Beli B 500 : 2 pcs
Beli B 1000 : 2pcs

2. Daftar via whatsapp Biskuat Academy. Validasi dengan kode unik

3. Hadiah langsung akses ke Sekolah Bola Online

Sudah siap untuk mencetak pesepak bola profesional bagi anak-anak juga?

Yuk kita daftarkan agar Indonesia bisa mencetak kader-kader pesepak bola profesional yang membanggakan dan membawa nama harum Bangsa Indonesia.




32 komentar

  1. Wah si anak laki hobi main sepak bola, jadi bangga lihatnya yang semangat dan kuat. Memang sebagai orang tua perlu mendukung mereka, salah satunya dengan biskuat. Dari dulu camilan satu ini disukai oleh anak, rasanya pun masih sama. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, anak anakku tiga kan laki laki ya, nah mereka suka pake banget main sepak bola, futsal gitu

      sayang ya pas mereka masih SD itu, Biskuat Academy belum ada

      Hapus
  2. Omar suka banget sm biskuat mbak. Dan dia jg hobinya berolahraga. Dari mulai sepak bola, buku tangkis, berkuda, memanah, dn panjat dinding. Alhamdulillah allah memampukan kita untuk memfasilitasinya. Spt mendaftarkan Omar ke biskuat academi, menyekolahkan di sekolah alam, dan memberikan ekskul panjat dinding.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masya Allaaaah Omaaar ... merinding euy membayangkan anak lanang ganteng udah bisa lari lari main sepak bola!

      Semoga sukses yaaa kakak Omar, salam sayang dari budhe!

      Hapus
  3. Hampir semua anak pasti suka lapangan, apalagi kalau dikasih bola..duh, pasti deh main bola sepuasnya. Entah itu bisa atau tidak yang penting nendang. Wah, keren banget ini Biscuat Academy. Lumayan banget lho bisa dilatih sama pelatih bersertifikat UEFA A

    BalasHapus
  4. keren banget sih program dari Biskuat ini untuk anak Indonesia, semoga dengan adanya Biskuat academy anak-anak Indonesia bisa meraih mimpinya

    BalasHapus
  5. Memang benar kok, sepakbola itu olahraga termurah, termudah buat anak-anak. Alatnya cukup bola doang, yah sama sediakan lapangan.
    Dengan adanya biskuat academy ini, bakat anak-anak bisa terasah dan tersalurkan ya. Saya sering lihat anak-anak kampung tu kalau main bola semangat banget, tahu istilah-istilah bola, tapi nggak punya coach dan masih ala kadarnya.

    BalasHapus
  6. Anak bungsuku demen banget main sepak bola. Memang menyenangkan deh. Walaupun sudah agak sulit menemukan lahan bermain seperti lapangan luas, anak2 kerapkali bermain bola di antara rumah-rumah warga, namanya hobi khaan? hehehe. Bagus banget nih kegiatan Biskuat Academy, bisa memberikan fasilitas bagi anak2 yang gemar berolahraga bola.

    BalasHapus
  7. kayaknya gak ada anak-anak yang gak suka sepakbola ya, mak. btw, duh biskuat tuh gak cuma disukai anak-anak, aku aja suka, hihi. Apalagi buat ngemil didampingi kopi.

    BalasHapus
  8. Biskuat ini favorit anak-anakku loh mom Tanti. Dari mereka masih piyek sampe sekarang sudah mahasiswa. Si kecil Glory senang juga lagi SMP main sepak bola, itu anak memang rada tomboy ya

    BalasHapus
  9. Aku senang banget kalau memang anak jadi dapat lebih maksimal mengembangkan kemampuan dirinya. Dengan adanya Biskuat Academy ini semoga muncul anak anak yang tangguh dan berprestasi ya mba

    BalasHapus
  10. Setuju sekali sepak bola emang salah satu olahraga yang muda, murah, pokoknya asal nemu tanah lapang ja dah hepi anak2, Apalagi kalau difasilitasi yaa.Wah seru banget nih Biskuat Academy buat anak2 apalagi bisa memfasilitasi yang jagoolahraga bola. Biskuat ini juga camilan yang disukai anak2. Keingetzaman di daycare aku suka kasi sangu biskuit ini hehe.

    BalasHapus
  11. Wuih keren, ada lagi ya Biskuat Academy. Semoga semakin banyak deh bibit-bibit berbakat yang bisa didapat di program ini. Mereka calon atlet yang bisa mengharumkan nama bangsa. Keren Biskuat!

    BalasHapus
  12. Hampir semua anak (laki-laki) menyukai aktivitas bermain sepak bola ini. Murah dan menyenangkan memang. Senangnya jika Mondelez Indonesia lewat Biskuat memiliki program Biskuat Academy yang bisa membuka peluang bagi anak-anak untuk mengembangkan potensinya di bidang olahraga khususnya sepak bola. Caranya mudah sekali pulaa...waah!

    BalasHapus
  13. Anak cowok pasti ga jauj2 dr sepak bola ya mbak. Harus didukung full siapa tau bisa jd.pemain profesional

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangankan anak cowok yah, bahkan anak cewek pun suka bola mba heheh, tp ketika anak punya hobi kt perlu mendukung ny

      Hapus
  14. Betul sekali, jangan pernah takut untuk bermimpi besar. Seringkali penghalang terbesar untuk meraih mimpi adalah diri sendiri yang tidak yakin dengan kekuatan yang ada. Kalau yakin, pasti akan selalu ada jalan. Nilai-nilai ini yang selalu aku tanamkan kepada anak-anak. Jangan bilang tidak bisa sebelum mencoba. Harus yakin bisa karena semua berawal dari kekuatan pikiran dan keyakinan..Btw, anak-anakku juga suka makan biskuat.. :)

    BalasHapus
  15. Aku jadi ngebayangin anak-anak di Biskuat academy ini suatu hari akan ikut main di laga world cup lho 😍

    BalasHapus
  16. Sepak bola olah raga berbagai kalangan alias olah raga merakyat, sejak anak cowok bayi mainan bola bola, mulai bisa berjalan belajar menendang bola dst.

    Semoga dg adanya biscuat academy banyak bermunculan atlit2 baru

    BalasHapus
  17. Waktu kecil, aku termasuk anak yang suka main bola. Asyik aja sih meski bukan pertandingan serius. Well mari kita dukung Biskuat Academy biar anak-anak yang memang passionnya di bola bisa dapat jalannya

    BalasHapus
  18. Wah jadi mau daftarin adek buat ikut biskuat academy deh. Tapi dia blm pernah main bola sih. Bisa g ya?

    BalasHapus
  19. Sepakat banget bahwa potensi anak sebaiknya didukung. Salah satunya dengan diikutkan ke biskuat academy. Bertabur hadiah pula

    BalasHapus
  20. anakku pun suka main sepak bola, tiap sore bersama temannya di lapangan. Alhamdulillah ada lapangan dekat rumah jadi gampang mainnya. Ya walau enggak luas banget, cukuplah untuk menyalurkan energi anak lanang. Coba deh aku tawarin ke dia untuk Biskuat Academy.

    BalasHapus
  21. Sepakbola adalah olahraga favorit anak anak ya mbak
    Olahraga murah yang bikin sehat
    Biskuat Academy ini membantu lahirnya bibit unggul di sepakbola

    BalasHapus
  22. sepakbola ini memang olahraga yang paling disukai di dunia yaa. murah juga olahraganya nggak perlu peralatan mahal. bagus banget nih programnya biskuat buat menjaring bakat-bakat pesepakbola negeri yang bisa mengharumkan nama bangsa nantinya

    BalasHapus
  23. Sepakbola itu olahraga yang bisa menyatukan anak-anak. Pagi-pagi sebelum bel masuk, guru-guru di TK si ngajak anak-anak main sepakbola di halaman. Ya memang nggak pakai tim-timan sih hi hi, pokoknya oper-tendang-oper-tendang haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahkan sampai dewasa tetep ya bisa menyatukan bapak-bapak. ya futsal lah ya bola lah, kalau diajak biasanya sih bapak2 gak bakal nolak yaa, hehehe

      Hapus
  24. Kayanya hampir semua anak laki-laki pasti suka main bola ya. Dan setuju banget, main bola itu mudah dan murah! Nggak perlu banyak perlengkapan, asal ada area yang cukup luas sedikit dan bola sudah bisa main deh. Keren banget programnya, yok bisa yok anak bangsa jadi pesepakbola internasional! Yakin deh banyak calon bintang sepakbola di Indonesia.

    BalasHapus
  25. Dengan bermain sepakbola, tubuh anak menjadi sehat dan bisa belajar banyak hal yang bermanfaat untuk melatih dari sisi emosionalnya. Ikut senang dan menyambut hangat kalau di masa kini masih ada program untuk anak-anak, Biskuat Academy. Semoga tidak hanya mencetak bakat-bakat terpendam untuk menjadi atlet sepakbola andalan, tetapi juga bisa jadi melatih anak menjadi sehat dan kuat.

    BalasHapus
  26. Aku colekin temen2 yg pada punya anak cowok. Kuduuu banget ikutan biskuat academy. Apalagi yg emang hobi main bola. Hmm hadiahnya soalnya menggiurkan. Hihi

    BalasHapus
  27. Banyak juga ya keuntungan yg didapat dgn ikutan biskuat academy, anakku sekarang masih 1 tahun 6 bulan, entar KL dia udah gedean mau nih kudaftarin ke biskuat academy

    BalasHapus
  28. Inner streng anak ini nih yg harus digali dikembangkan karena salah satu kunci kesuskesan seseorang ga hanya pintar akademis/kognitif juga kekuatan dalam diri

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)