MENIKMATI TEMPE MENDOAN DI ROOFTOP JAVA HERITAGE HOTEL PURWOKERTO



Yeaay .. jalan-jalan tipis ke Purwokerto, nih! 

Dalam rangka pernikahan keponakan bang Dho yang domisili di Purwokerto, maka keluarga besar (ini beneran besar loh, jumlahnya jika ditotal 49 orang) memutuskan untuk menyewa sebuah bus 3/4 menuju ke sana.

Tadinya sih aku ingin ajak anak-anak naik kereta, tapi berhubung anak-anak keberatan meninggalkan kegiatan sekolah dan kuliah mereka, maka aku pun setuju hanya berangkat berdua bang Dho saja. Anak-anak dititip ke Eyang, jadi Eyang yang rela "jalan-jalan" jagain cucunya ke Tangerang.

Sayang, kali ini kami hanya PP langsung ke Purwokerto, padahal tahun 2018 lalu aku keliling ke Yogya Solo tapi sempat mampir juga di Semarang. Ah, kebayang bakalan ketemu teman-teman Blogger Semarang!

Siapa aja sih Blogger Semarang? Ada Ika Puspita, Mbak Wati yang sering nulis tentang kesehatan, mbak Uniek, Dedew.. yang semuanya fun, fearless and fantastic.. ihiiy.... 

Okeh lanjooot!

Transportasi Nyaman dengan Medium Bus TRAC

Berangkat pukul 05.00 WIB after subuh, aku dan bang Dho masuk ke bus yang sudah menanti di depan Petamburan, Slipi. 

Pukul 06.30 tepat kami pun berangkat menuju ke Purwokerto. Dalam perjalanan kali ini, keluarga Taufik (nomor 7) dan keluarga Ari (nomor 9) berhalangan datang, karena kedua istrinya sakit. Jadi bus agak lega.

Kali ini kami naik TRAC medium bus (35 seat), karena sebagai bagian dari Grup ASTRA, TRAC menawarkan solusi transportasi yang aman dan nyaman, full fasilitas dengan AC yang dingiiin (bikin tidur jadi nyenyak) dan free Wi-fi.





Luxurious Hotel di Jantung Kawasan Bisnis

Aku tiba di Java Heritage Purwokerto, Jl. Dr. Angka No. 70, pukul 15.00. Kondisi jalan memang sangat kondusif, jadi tidak terlalu lelah. 

Sebagai salah satu luxury hotel di Purwokerto, Java Heritage terkenal karena memiliki kolam renang terbesar di Jawa Tengah dengan lebar 96 meter! Pemandangan dari kolam renang ini langsung ke kaki Gunung Slamet. 

Kalau dulu, di awal berdirinya tahun 1997 kita kenal hotel legendaris ini sebagai Hotel Dynasty, lalu berganti nama di tahun 2015 menjadi hotel Horison.  Pada tahun 2016 mereka berganti kepemilikan dan menjadi Java Heritage Hotel.


Area Java Heritage Hotel Purwokerto lebih dari 3.5 hektar dengan 169 kamar terdiri dari berbagai tipe dari Deluxe, Suite hingga Cottage.

Area outdoor ini juga memiliki area bermain untuk anak-anak, labirin, kafe kolam renang serta go cart dan trek skuter. 

Masuk ke tempat parkir yang luas (dapat menampung hingga 500 mobil) kita akan melihat sebuah bangunan terpisah yang digunakan untuk ballroom atau konvension.

Adikku Evi, breakfast dengan
view swimming pool di kaki Gunung Slamet


Interior Klasik dan Elegan


Java Heritage memang terkesan classy, yet classic.

Kami masuk bukan dari lobby utama, tapi dari pintu barat dan disambut hangat oleh petugas yang sigap membukakan pintu. Lobbynya sangat luas dan nyaman, terdapat dua  sofa empuk round shape persis di depan receptionist, dengan welcome drink teh serai yang segar, sehingga tak canggung menunggu saat check in di area ini. 

Receptionist


Welcome drink di depan meja receptionist
berupa Teh Sere (lemongrass tea)

Di area lobby juga ada lounge yaitu Srikandi Lounge, nah di sini kami disambut oleh putra yang empunya hajat, Kariman Ghofur. Ia sudah membawakan beberapa snack box sebagai suguhan selamat datang. 



Terasa dimanjakan sekali yaaa kunjungan kali ini!

Kita spill pengantennya yooo...




Kamar yang Luas dan Nyaman



Kamarku dan bang Dho terletak di lantai 3, yaitu kamar no 323 - tipe kamar Deluxe. Oya fyi, di sini hanya ada 3 lantai jadi jangan heran kalau masuk lift hanya terlihat angka 1 - 3  dan 5.

Yang agak kurang nyaman, ketika keluar dari lift, menuju kamarku harus masuk di labirin yang remang-remang itu. Untung ga sendirian .... kalau sendirian mungkin aku akan berlari sprint saat mau masuk ke sana! 

*Psst... Java Heritage, bisa ngga sih di labirin yang ada sofa itu lampunya diterangin sedikit?

Konsep modern, luas, bersih dan terang langsung terasa ketika membuka pintu kamar. Jauh dari kesan creepy seperti kalau masuk hotel tua.
Suka banget sih, karena kamar tipe Deluxe Java Heritage ini sangat luas dengan lantai laminated vinyl motif wood. Terkesan lebih bright.

Semua amenitiesnya juga didesain cantik, berwarna hitam dengan logo emas. Lovely!


Paling senang kalau di hotel itu, apa neng ? Yes, tentu saja kelengkapan fasilitas, selain yang utama : kebersihan!

Kebersihan ini terasa jika kita masuk kamar, dan tercium bau segar - kebetulan aku agak peka sama debu ya, jadi kalau kamar lama tidak dihuni atau jarang dibersihkan biasanya hidungku langsung gatel.

Lalu cek debu, tentu saja selewatan dengan mengusapkan jari di permukaan yang agak tersembunyi. Jika di situ saja "lolos pemeriksaan", bisa dipastikan area yang lain juga bersih. 



Hotel Jave Heritage juga menyediakan hair dryer di kamar mandi, dan TV dengan channel lumayan lengkap.

Sayang kulkas kosong dan tidak dingin, mungkin harus minta tolong ke room service ya, tapi berhubung aku ngga bawa makanan yang harus masuk kulkas ya sudahlah yaa...

Lalu, penting banget nih : ada teko pemanas air lengkap dengan teh kopi,  dan gulanya juga ada tiga jenis, gula putih, brown sugar dan diet sugar.

As always
aku memastikan "kebersihan" teko dengan kembali mencucinya di wastafel, begitu pula dengan gelas yang tersedia.  Make sure is never wrong. Kan males aja mikirnya, karena liat di Tiktok, petugas hotel aja curhat kalau .... ya begitulah...

Tempat tidurnya jelas sangat memuaskan, bersih kinclong, wangi, tanpa noda seperti cintaku pada-NYA. Karena kami berdua hobi peluk guling, yeesss.. seneng banget karena bantal-bantal di sini ada dua jenis, yang satu panjangnya melebihi standar jadi bisa dipake untuk guling.




Paling sebel kalau masuk kamar mandi, terus kamar mandinya sempit dan gelap. Tapi di sini terpuaskan karena kamar mandinya cukup luas, shower terpisah dan dilengkapi dengan sabun dan shampoo di botol besar. Dan, shampoonya ngga bikin rambut kering! Penting itu!

Handuk hanya tersedia dua handuk besar, biasanya kan hotel suka royal ya .. ada handuk sedang buat ngeringin rambut segala, tapi ini cukup lah. Selama aku di sini dua hari, juga handuknya langsung diganti yang baru, that's good.

Ambalika Restaurant


Jujur aja, saking padat merayapnya aktifitas (karena kan acaranya fokus ke pernikahan dan kami sama rombongan yaa) jadi aku ngga sempat keliling. Tapi alhamdulillah terpuaskan selama di sini bisa ambil beberapa foto di lantai 5 yaitu Ambalika Restaurant.

Ambalika Restaurant ini memiliki tiga area terpisah. Yang pertama adalah restoran tempat kami breakfast dengan bahagia karena makanannya enak semua. Ini gak perez ya buuun, tapi beneran deh, aku pernah ke sebuah hotel bintang 4 yang makanannya alamaaak.... masak omelet aja bikin aku bete makannya!

Area kedua adalah rooftop Java Heritage Hotel Purwokerto dengan aneka snack dan menu tradisional. Guess what? Aku sukaaa pake banget karena ada tempe mendoan dong!

Dan digorengnya juga di depan kita, panas-panas, setengah matang, dengan daun bawang berlimpah dan dimakan pake cabe rawit!


Ambalika Resto ini seperti kubilang, ada smoking area, tapi bukan yang seuprit teras yaa, beneran luas sehingga tidak mengganggu jika kita juga tidak merokok. Bebas euy bisa milih duduk di spot mana sambil memandang Gunung Slamet yang terlihat jelas jika cuaca cerah.

Menu sarapannya sendiri sangat menyenangkan. Aku menemukan menu yang jarang aku jumpai, roti canai lengkap dengan kari. Wah ini sih kesukaan aku banget. Belum lagi ada sushi, pancake, aneka roti, kue, dimsum, dan panganan khas yang wajib kamu makan kalau ke Purwokerto, Mendoan!

Eh tapiii kalau mau makan mendoan yang asli, mendingan kalian ke Sroto Sokaraja Lama deh. Di sana, selain bisa menikmati semangkok sroto (soto) hangat yang dagingnya melimpah dengan taburan bawang goreng dan sambal kacang, juga bisa makan mendoan sepuasnya!



Fasilitas Lain Java Heritage Hotel

Luas Java Heritage Hotel Purwokerto dengan segala kelengkapan fasilitasnya, memang memungkinkan kita untuk staycation bersama keluarga atau untuk bisnis. 

Jika bersama keluarga, saat bersantai kita bisa menikmati swimming pool.  atau nge-gym yang juga dilengkapi oleh sauna. Tidak mau? Boleh kok jalan di jogging track-nya aja.

Sementara jika untuk bisnis, ketersediaan area parkir yang sangat luas ditambah Convention Center yang bisa memuat 150 peserta. Untuk meeting dengan peserta hanya sekitar 50 orang juga ada.

Tak heran jika Java Heritage Hotel Purwokerto sering jadi akomodasi dan tempat event-event dari kecil sampai besar. Arealnya luas, fasilitas memadai, kamar nyaman, lokasi strategis, dan rate bersahabat pula.

Mau liburan sambil staycation dan kulineran enak?  Cuus ke Purwokerto, dan 
staycation di  Java Heritage Hotel Purwokerto yaaa










54 komentar

  1. Wooooow, pilihan yang tepat nih menginap dan mengadakan acara di Java Heritage Hotel Purwokerto! Hotelnya klasik ya, keren dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Kolam renangnya kelihatan luas dan ga sabar ingin menceburkan diri hihihi :D Makanannya oke punya dan pada lahap menikmatinya. Itu tempe mendoannya gede juga. Mbak Tanti doyan banget ih, ga bagi2 wkwkwkwkw :D

    BalasHapus
  2. sepertinya sudah lama juga mba aku tidak ada acara pernikahan keluarga di hotel atau sejenisnya. Btw Java Heritage Hotel Purwokerto roof top-nya keren banget deh, terlihat nyaman dan cocok dijadikan tempat hang out

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya eya Ai sayang. Kan udah nyaris 3 loh tahun ini kita kehalang covid!

      Hapus
  3. Mbak, lihat mendoannya kebayang ngebul anget..di kota asalnya, pasti istimewa. Asyik banget ini hotelnya, komplit juga kamarnya dan yang utama happy pasti perginya rombongan keluarga besar yang beneran besaaaar hahaha
    Doa terbaik untuk pengantin barunya, semoga Samawa juga buat pengantin lama yang datang ke acara:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiiin maacih mbak Dian, kapan ya kita ngobrol sambil mamam tempe mendoan juga

      Hapus
  4. Seru iiih kumpul keluarga besar kondangan gini mbaaa. Purwokertooooo. . pengantinnya syantiiik^^
    tempe mendoannya itu kok dadah2 ke akooh, mauu mbaa. Nggak cukup 1 deh klo tempe mendoan mah ya mba. Spot fotonya banyak ajaaaa, rooftopnya view adeeeem bener deh, ah ikuuut

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkkw iya spot foto - makanan semua juara di JAVA HEritage

      Hapus
  5. Java heritage purwokerto ini luas banget ya, sampai 3.5 hektar. Ih aku penasaran sama labirin yang di dekat kolam renang itu.
    Menu mendoannya bikin mupeng, disantap selagi hangat sambil menikmati pemandangan gunung slamet di kejauhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi kok iso ya mbak seluas itu di tengah kota pula

      Hapus
  6. Wahhhh luas bangettt. Emang cocok buat rombongan keluarga besar. Emang deh ya kalau ada acara nikahan dan bareng rombongan, jadi ngga smepat keliling2. Acara padet banget.
    Ngebayangin makan mendoan di rooftop pasti beda vibesnya yah wkwkwkw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal di Purwokerto itu luaaas banget dan tempat wisata kulinernya juga buanyaaaak

      Hapus
  7. Nyaman sekali dan serunya baeng rombongan keluarga seperti ini ya mba. Aku ingat waktu itu bareng rombongan keluarga ke nikahan keponakan di Magelang. Sapa tahu mampir lagi ke Purwokerto dan nginap disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya asik ya kalo pergi sekeluarga besar itu rameee

      Hapus
  8. Asik banget pergi berdua, kak Tanti..
    Menginap di hotel yang sesuai keinginan dengan fasilitas dan kenyaman maksimal di Java Heritage Hotel Purwokerto.

    BalasHapus
  9. Hadeeeeh...perutku meronta lihat gambar mendoannya huhuhu. Aku suka banget mendoan pwk dan aku belum bisa bikin yang mirip kek gitu. Kalo kata temen di sana, jenis tempenya juga ngaruh.. tapi kayaknya tanganku paling ngaruh sih hahaha. Duluuu banget pas kuliah, aku pernah nginep di Pwk. juga pernah nginep di Gunung Slamet. Jelas saja, ga senyaman kamar di Java Heritage Hotel Pwk lah hahahah

    BalasHapus
  10. Meriah bangeeet ini keluarga besar liburan bareng, nginep di hotel yang sama. Kayaknya sehotel dibooking keluargamu ya mbak.
    walau ada area yang rada remang-remang tapi overall oke yah menginap di Java Heritage apalagi view-nya Gunung Slamet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. qiqiqiqii sehoteeeeel! pancene keluarganya raksasa apa Helena

      Hapus
  11. Wawww cakep banget hotelnya...apalagi restaurant memiliki view gunung dan kolam renang syahduuu...

    Next ahh dicoba lamaa banget ga ke purwokerto, sewa busnya berapa bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Yen. kalo ga salah sekitar 10 juta untuk 3 hari ya - soalnya yang bayar adik ipar

      Hapus
  12. Beneran besar keluarganya Mak. Keseruannya pasti lebih terasa ya, apalagi tempat menginapnya nampak sangat nyaman.

    BalasHapus
  13. seru banget mak Tanti acaranya bareng keluarga. makan mendoan sambil menikmati view yang cakep kayak gini sudah menghibur banget buat aku

    BalasHapus
  14. Hotelnya bagus ini mak Tanti, comfy sekali ya. Tapi aku mah tetep tujuan utama mataku sama si mendoan, kalau sama makanan yang satu ini bisa kalap sih. karena aku suka banget tapi gorengnya kudu kering sedikit jangan basah ahahahaha

    BalasHapus
  15. Jadi kangen ke Purwokerto lagi. Dulu nginep di tenda di kaki gunung. Mungkin lain waktu bisa tuh tidur cantik di Java Heritage Hotel. Suasana dan fasilitasnya mantap

    BalasHapus
  16. Seru bener naik busnya TRAC, saya belum pernah euy.. Baru pakai mobil rentalnya aja. Itu nyaman banget, bersih..harum. Tersedia air mineral, aneka snack, dan buah segar. Udah gitu drivernya benar-benar nyaman bawa kendaraannya, ramah pula. *lah malah fokus komen TRAC. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalo TRAC mungkin terjaminnya karena ini masuk kayak aplikasi gitu ya

      Hapus
  17. Senengnya kalau ada yang jd penganten gtu bisa kumpulin sanak saudara ya mbak :D
    AKu kebetulan berencana ke Purwokerto mak, nanti bisa masuk list nih hotelnya buat bahan pertimbangan menginap :D
    Aku setuju selain fasilitas lengkap, kebersihan hotel jg jadi pertimbangan utk memilih sebuah hotel ya.
    TFS reviewnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaa bener April - semoga nanti bisa ke sana yaaa pasti termehek mehek liat view gunung slamet

      Hapus
  18. Seruu banget, kumpul keluarga, hajatan sekalian staycation. Mau ku tandain nih Java Heritage Hotel kalau ada kesempatan ke Purwokerto. Lihat menu-menu makanannya banyak pilihan dan paling penting ada roti canai + kari yang favoritku juga! Karena recommended atau nggaknya hotel salah satu faktornya selain kamarnya yang nyaman, juga makanannya.

    BalasHapus
  19. Aduh seru banget nih MakNeng bisa nyobain hotel nyaman begitu bareng keluarga. Dan asyik banget itu nongki-nongki di sana. Eating mendoan with view ya di sana. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehhehehe aku sampe hampir 1,5 jam breakfast nya!

      Hapus
  20. Seru banget nih acaranya di Purwokerto mba. Nikmat yaa menyantap mendoan dan soto sokaraja dengan pemandangan Gunung Slamet yang memukau. Uwuwuuuu aku juga pengin dong ikutan ke situ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mendoan dan Gunung Slamet tuh gak boleh dipisahkan kalau ke Purwokerto. Kudu ada 2 hal ini ya

      Hapus
  21. Wooow seru banget perjalanan ke Purwokerto bareng keluarga besar naik Trac pasti nyaman banget di perjalananan apalagi di Purwokerto bisa nginap di hotel Java Heritage yang nyaman banget. Aku kudu noted sih nama hotelnya siapa tahu nanti kalau pulkam bisa singgah di hotel ini

    BalasHapus
  22. Langsung salfok sama soto sokaraja nya Mba. Auto cari resepnya, seger banget ini gak banyak bumbu, tapi mengandalkan kaldu daging sengkel. Makannya pakai kerupuk lagi, aku banget!

    Btw, hotelnya bersih banget Mba, lega kamarnya, jadi inget kalo udah lama gak staycation :(

    BalasHapus
  23. Jadi pengen nginep di situ masyaAllah mba Tan, nyaman sekali ya kelihatannya
    pemandangannya asik banget dan aku ngincar menunya hahaha

    BalasHapus
  24. Wuih... Kolam renang ya aja lebarnya segitu loh, lebih dari 50 meter. Pastinya hotelnya lebih luas lagi. Java heritage hotel purwokerto emang ciamik dah, mana bs makan enak sambil liat pemandangan gunung slamet yg memukau. Wah ini mah healing banget. Apalagi kalo rame2 sama keluarga

    BalasHapus
  25. Baca judulnya paduan antara rasa otentik dan gaya ( roodtop) kan kekinian buat hunian ya. Nice info iki mba nek satu hari sampai sini juga aku

    BalasHapus
  26. Widihh interiornya bagus banget dan syahdu, Otentik dan khas banget 🤗💆‍♀️

    BalasHapus
  27. Wah ini judulnya kumpul keluarga besar sambil staycation nih. Seru pastinya ya, bisa silaturahim sekalian refreshing. dan saya juga setuju banget kalo menu sarapan di hotel itu penting banget. Duh tempe mendoan, one of my favorite food, yummy dimakan panas2 pake rawit dan sambal kecap

    BalasHapus
  28. Pertanyaan receh aku, kan si hotel 3 lantai. Nah lantai 5 resto. Lantainya 4-nya kemana, Teh?

    Haduuu kebayang sih yummy-nya maem mendoan yang beneran baru matang di tempat nyamaaannn gini. Kamarnya juga berasa luasnya. Tapi aku penasaran sama jalan dari pas keluar lift sampai kamar yang Teh ceritain, kayak apa penampakannya.

    Suka banget deh aku kalo hotelnya bersih udah gitu handuknya rajin diganti. Jadi punya rekomendasi tempat nginap nih kalo ke Purwokerto. MakasihTeteh.

    BalasHapus
  29. Demen banget senja-senja nge-roof top sambil ngopi dan nyemil mendoan. Ini hotelnya ngingetin sama D Java di Sukajadi Bandung, mungkin satu grup yaa. Purwokerto here I coooomeee!

    BalasHapus
  30. Wahh asik banget kalau bisa jalan bareng dan kumpul-kumpul bareng keluarga besar ya. Apalagi bareng-bareng menginap di Java Heritage Hotel.
    Saya sudah lama gak mengunjungi Purwokerto nih. Mungkin lain waktu main ke sana bisa lah ya staycation di Java Heritage Hotel.

    BalasHapus
  31. penasaran saya kalau tempe mendoan di hotel berbintang harganya jadi berapa. hihi. tapi pastinya seru ya mbak pengalaman menginap di hotel ini buat keluarganya

    BalasHapus
  32. Sores-sore makan mendoan di rooftop hotel. Beuuughh! Nikmat ya, Mbak. Gak kalah sama anak senja yang ngopi di rooftop hihihi. Gorengan memang gak ngebosenin. Selalu semangat untuk menikmatinya

    BalasHapus
  33. Nah, itu baru tempe mendoan. Tepungnya nggak crispy, masih basah dan empuk, penampangnya lebar. Asyik banget sewa bus TRAC sendiri, mantep!

    Btw menurutku itu bukan klasik mbak, udah minimalis modern, meski iya dengan sedikit sentuhan tradisional. So mungkin lebih pas dibilang, "Classy yet modern". Pola "blabla yet blibli" biasanya mencantumkan 2 hal yang berbeda sifat.

    BalasHapus
  34. Ya ampun, kebayang serunya keluarga besar berangkat bareng naik bis dan nginep bareng di hotel. Hotelnya asyik banget sih, kolamnya view Gunung Slamet? 😍😍

    BalasHapus
  35. wait ... di hotel ada go kart dan track buat skuter segala? penasaran deh sama Java Heritage Hotel Purwokerto. Di sini bisa banget staycation sama anak-anak, bakal betah lah mereka dengan aneka fasilitas yang ada.

    BalasHapus
  36. tempe mendoan emang ngga pernah gagal dinikmati dimana aja ya mba, entah itu di rumah, di pasar, di hotel pisan, eh pernah jg sih nyantap mendoan di resto wkwkw berasa sayang tapi alhamdulillah rasanya setara dengan harga

    BalasHapus
  37. Keren ya hotelnya ada unsur modern dan jawam nya,, Mendoan versi restoran keliatan jadi makin elit ya tampilannya hhehe

    BalasHapus
  38. Saya salfok sama teman yg pakak kacamata batik abu-abu kak. Hehehe saya kira teman yg dikenal. Ternyata diperhatiin lagi hampir mirip teman saya hihihi

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)